Bulutangkis.comForum / Pelatih Bulutangkis
Antara Rexy Mainaky dan Li Yongbo
Oleh : bocahbajang Rabu, 22 Januari 2014 12:45:55
Dalam suatu wawancara, Li Yongbo pernah berujar, sebuah squad memerlukan peran bad-guy, dan biarlah saya yang mengambil peran itu dalam bulutangkis China. Dan di tangan dinginnya lah, Ye Zhaoying harus gigit jari karena dipaksa mengalah pada Gong Zhi Cao. Dan hal itu pulalah yang melahirkan generasi WS bulutangkis tak tertandingi hinggal saat ini. Tercatat, sejak tahun 1999 setelah Camilla Martin menjadi tungal putri non-China yang berhasil menjadi juara dunia, China hanya gagal 1 kali di tahun 2013 kemaren karena Li Xuerui dikalahkan Inthanon.
Kita tidak bisa mengelak bahwa keberhasilan China menyapu bersih emas Olimpiade London 2012 adalah karena andil Li Yongbo, seorang ambisius yang ternyata dalam karirnya sebagai pemain gagal meraih emas Olimpiade Barcelona, tetapi sebagai pelatih ia menunaikan ambisinya melahirkan 100 juara dunia. Tak masalah bila dalam perjalanan itu banyak hambatan dan caci maki menghadangnya. Wang Xiaoli bahkan sempat berujar akan pindah ke negara lain karena kecewa pada hasil Olimpiade London yang membuatnya harus pulang tanpa medali, yang belakangan diakui sebagai kesalahan strategi Li Yongbo.
Saat ini Rexy mengemban tugas yang tidak mudah. Kabid Pembinaan dan Prestasi, sebuah jabatan yang dalam bayangan saya akan memposisikannya sebagai Li Yongbo nya bulutangkis Indonesia. Memang tak harus meniru semua yang dilakukan Li Yongbo, tetapi Rexy bisa belajar banyak dari hasil yang dicapainya.

Bulutangkis.com : http://bulutangkis.com
Online version: http://bulutangkis.com /mod.php?mod=diskusi&op=viewdisk&did=13031