Forum > Kesehatan & Kebugaran

Waspada HNP mengintai!

Kamis, 04 September 2014 19:10:05
8173 klik -- 16 respon
Oleh : ngakak
Versi cetak

Bagi para atlit atau orang2 yg gemar main bulutangkis khususnya, tentunya harus mewaspadai penyakit yg satu ini yaitu HNP (Hernia Nukleus Pulposus) atau yang biasa di kenal dgn 'syaraf kejepit'. oleh karena bermain bulutangkis yang banyak melakukan gerakan, terutama gerakan yang melompat/jumping smash, terjatuh di lapangan, yang membuat beban tulang belakang menjadi berat. HNP adalah luruhnya nukleus pulposus sehingga menonjol melalui anulus fibrosus ke dalam kanalis spinalis dan mengakibatkan penekanan radiks saraf. HNP paling sering terjadi di daerah punggung bawah atau disebut HNP lumbalis, paling sering (90%) mengenai diskus invertebralis L5-S1 dan L4-L5. HNP di daerah punggung atas sampai leher jarang terjadi hanya sekitar 8% dari seluruh kasus HNP. HNP lumbalis akan membaik dalam waktu kira-kira 6 minggu. Tindakan pembedahan jarang diperlukan kecuali pada keadaan tertentu.

Penyebab HNP adalah : cedera, postur tubuh yang buruk, osteoartritis, stres dari pekerjaan yang berulang, kegiatan olahraga dan juga obesitas.

Respon

  • Re: Waspada HNP mengintai!
    Oleh : ngakak
    Kamis, 04 September 2014 19:10:28

    HNP ada beberapa jenis :

    HNP pada punggung bawah di daerah yang disebut L1-L2 dan L2-L3 menyebabkan nyeri dan rasa tebal pada sisi depan-samping luar paha. Juga dapat terjadi kelemahan otot-otot untuk menggerakkan sendi paha ke arah perut. HNP di daerah ini jarang terjadi dibandingkan daerah punggung bawah yang lain.

    HNP di daerah L3-L4 menimbulkan nyeri di daerah pantat, sisi samping luar paha dan sisi depan betis. Rasa tebal atau kesemutan dapat dirasakan pada sisi depan betis.
    Di daerah L4-L5, HNP menyebabkan nyeri di daerah pantat, sisi belakang paha, sisi depan samoing luar betis sampai daerah punggung kaki.

    Sementara HNP L5-S1 mengakibatkan nyeri di daerah pantat, sisi belakang paha dan betis sampai ke tumit serta telapak kaki. Rasa tebal dan kesemutan terasa di daerah betis sampai telapak kaki. HNP di kedua daerah ini (yaitu, L4-L5 dan L5-S1) paling sering terjadi.

    Pada penderita HNP bisa dilakukan penerapan terapi yang bersifat konservatif : istirahat mutlak di tempat tidur, terapi farmakologis, fisioterapi, latihan, traksi, dan korset pinggang. apabila dengan terapi konservatif tidak berhasil, maka jalan terakhir yang di tempuh adalah operasi. Jenis pembedahan yang bisa dilakukan pada pasien HNP adalah Laminotomi (pemotongan sebagian lamina di atas atau di bawah saraf yang tertekan), Laminektomi (pemotongan sebagian besar lamina atau vertebra), dan Disektomi (pemotongan sebagian atau keseluruhan diskus intervertebralis). Sementara, ada juga yang disebut Minimally Invasive Operation atau MED (Micro Endoscopic Discectomy)

  • Re: Waspada HNP mengintai!
    Oleh : becak
    Kamis, 04 September 2014 20:08:47

    Nice info bung @ngakak. Btw, ada sumbernya nggak tulisan ini?

  • Re: Waspada HNP mengintai!
    Oleh : ngakak
    Kamis, 04 September 2014 20:45:31

    infonya bnyk di google, gw olah dari berbagai sumber. search aja di google dgn keyword : HNP. nah skrng gw jg lg kena penyakit siallll ini. gw kena yg HNP L5-S1.

    nih penyakit HNP gak terbatas pas lg olahraga aja, tp tanpa disadari misalnya salah duduk, salah posisi tidur, atau kecelakaan pun misalnya jatuh dari tangga, kepeleset, kecelakaan motor, bisa jg kena HNP. faktor lain kegemukan jg bisa kena, duduk yg terlalu lama, misalnya org yg kerja di back office, salah satu contohnya staff administrasi yg waktu kerjanya di habiskan di belakang meja, duduk di depan komputer selama 7-8 jam sehari rawan kena penyakit HNP ini!

    misalnya fisioterapi sama berenang udah di jalanin, trus gak kunjung sembuh, jalan terakhir adalah operasi. skrng teknologi kedokteran udah canggih. ambil operasi dgn metode MED (Micro Endoscopic Discectomy). operasi MED ini gak menimbulkan sayatan yg besar, sayatan hanya sekitar 1,5 CM, pendarahan jg bisa di minimalisir. waktu perawatan jg singkat, sekarang operasi, lusa udah boleh pulang. tapi biayanya msh terbilang mahal sekitar 40 jutaan...

    trus klo udah kena HNP, udah gak boleh lg melakukan aktivitas yg sama. misalnya dia hobi maen bulutangkis salah satu contohnya, dokter malah menganjurkan jgn maen bulutangkis lg. makanya gw curiga atlit2 yg ada cedera di pinggang sama punggung, yg cederanya kambuhan/kumat lg. kemungkinan dia kena HNP

  • Re: Waspada HNP mengintai!
    Oleh : becak
    Kamis, 04 September 2014 21:00:44

    @ngakak Sebelumnya saya tahunya kalau memang syaraf tulang belakang ini sangat vital, tapi baru tahu istilah-istilah kedokterannya dari sini. Beberapa minggu yang lalu pas saya opname, saya satu kamar dengan orang tua yang kena penyakit penyempitan tulang belakang. Penyebabnya karena dulu pas mudanya pernah jatuh dari motor, tapi efeknya baru dirasakan sekarang. Terima kasih dan semoga segera diberi kesembuhan bung!! *amin*

  • Re: Waspada HNP mengintai!
    Oleh : ngakak
    Kamis, 04 September 2014 21:03:57

    penyakit HNP sulit sembuh 100% meskipun sudah operasi sekalipun! gak boleh teledor dgn aktivitas2 yg menyebabkan kambuhnya HNP itu. krn akan kumat HNP itu tapi di bagian yg lain!!

  • Re: Waspada HNP mengintai!
    Oleh : ngakak
    Kamis, 04 September 2014 21:09:36

    memang penyakit HNP ini sifatnya jangka panjang, misalnya jatuh/kepelesetnya udah dari 2 tahun yg lalu misalnya, rasa sakitnya baru bisa terasa pas 2 tahun kemudian. lebih sialnya lg, klo kita jadi anggota/nasabah asuransi p**den*ia* di saat kita setelah jatuh tadi. contoh : kita jatuh misalnya bulan januari 2011. trusss kita jadi nasabah asuransi februari 2012. & sakitnya baru terasa juni 2014. asuransi gak akan mengcover penyakit HNP kita itu. krn alasan gak di cover di saat kapan kita jatuhnya bukan di saat kapan kita terasa sakitnya.

  • Re: Waspada HNP mengintai!
    Oleh : ngakak
    Kamis, 04 September 2014 21:21:39

    misalnya udah kena HNP, pemeriksaan lanjutannya adalah MRI (Magnetic Resonance Imaging). MRI ini biayanya jg gak murah jauh lebih mahal dari rontgen. biayanya sekitar 2,5 juta. klo misalnya ada kesemutan yg menjalar sampai telapak kaki di anjurkan utk pemeriksaan Magnetoencephalography (MEG). dan ini biayanya jg gak murah, sekitar 1 jutaan. klo hasilnya udah di ketahui, & ternyata sakit HNPnya udah terbilang parah, dokter syaraf bakal merekomendasikan ke dokter bedah syaraf buat di operasi.

  • Re: Waspada HNP mengintai!
    Oleh : bd709jng16
    Kamis, 04 September 2014 22:14:15

    Saya doakan semoga lekas sembuh ya @ngakak. Ayo para BL juga mendoakan :)

  • Re: Waspada HNP mengintai!
    Oleh : prietess
    Kamis, 04 September 2014 22:59:32

    Astaga........
    walau disini banyak yang ga suka dengan comment2 kamu, saudara @ngakak.
    Semoga Tuhan memberkati..... lekas pulih.....

    Btw beneran terkena? Semoga bung @ngakak sadar dan bertobat untuk tidak membuat banyak orang keki....mulai sekarang jalinlah banyak jodoh baik dengan banyak orang di forum... sedikit banyak akan membantu penyembuhan.... it's up to you whether you want to trust it or not~

  • Re: Waspada HNP mengintai!
    Oleh : Rjob
    Kamis, 04 September 2014 23:33:26

    Amin..@ bd709 ..cepet sembuh bung@ ngakak...

  • Re: Waspada HNP mengintai!
    Oleh : sbpo
    Jumat, 05 September 2014 00:23:29

    Ini mah taon maren udah d bahas juga kan bung @ ketawa

  • Re: Waspada HNP mengintai!
    Oleh : mustfell
    Jumat, 05 September 2014 09:25:54

    ciee ngakak dah tobat

  • Re: Waspada HNP mengintai!
    Oleh : hadeh
    Jumat, 05 September 2014 13:11:55

    Cepet sembuh @om

  • Re: Waspada HNP mengintai!
    Oleh : fildan
    Sabtu, 06 September 2014 14:44:11

    turut berduka cita ya ngakak :D

  • Re: Waspada HNP mengintai!
    Sabtu, 06 September 2014 15:03:56

    sekuntum mawar dan kesembuhan

  • Re: Waspada HNP mengintai!
    Oleh : badrut
    Senin, 08 September 2014 00:16:57

    Sebenarnya tdak ada penyakit yang sial, krn semuanya baik dan buruk itu berasal dr Tuhan. Tinggal kita yg pintar2 berhubungan dg Tuhan.

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


HSBC BWF World Tour Finals 2020



@portalbulutangkis

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru