Forum > Tutorial Bulutangkis

Mengapa pemain depan ganda tidak mencegat pengembalian silang?

Jumat, 03 April 2015 21:31:24
6321 klik -- 22 respon
Oleh : opik_bidin
Versi cetak

Ini lagi-lagi kebiasaan buruk di ganda kita, ga cuma para amatiran, bahkan sekelas Ahsan Hendra juga sering melakukannya. Apalagi klo liat Tolyn, pasti si Butet marah2 ke owi karena ga bisa dapat bola.

Ini sering terjadi ketika kita dikasih bola lob di daerah sudut, dan kita smash lalu dikembalikan ke sudut sebaliknya (misal kita smash dari sudut kiri dan dibalikkan ke sudut kanan)

Si pemain depan cuma bengong dan ga ngapa-ngapin sedangkan pemain depan pontang-panting berlari dari depan ke belakang untuk dapetin bola. dan biasanya menghasilkan bola-bola tanggung yang mudah dimatikan lawan

Mestinya begitu tahu pemain belakang akan smash dari sudut, si pemain depan mundur selangkah, dan bersiap memotong bola silang.

Respon

  • Re: (Ganda) Mengapa pemain depan tidak mencegat pengembalian silang?
    Jumat, 03 April 2015 21:40:42

    Yagitudeh

  • Re: (Ganda) Mengapa pemain depan tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : QLAL
    Jumat, 03 April 2015 21:41:13

    udah nanya... trus dijawab sndiri. Selesai.......

  • Re: (Ganda) Mengapa pemain depan tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : opik_bidin
    Jumat, 03 April 2015 21:54:28

    Saya cuma kasih tahu cara menghadapinya. bukan jawaban kenapa kok ini sering terjadi, ini videonya :

    www.youtube.com/watch?v=Kc8IYi5MzU4

    liat dari menit 13. Ini dari Swedia dan kayaknya video lama. Ya sering kasihan aja liat pemain belakang ngos2an kejar bola kiri-kanan padahal sebenarnya pemain depan bisa lebih aktif dengan mundur sedikit dan mencegat serta bertukar posisi

  • Re: (Ganda) Mengapa pemain depan tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : Ayaka
    Jumat, 03 April 2015 21:55:55

    mungkin pemain depan gak tau, posisi rekannya ada dimna (di kiri atau di kanan belakang), masih terpaku di depan, nggak mau ambil resiko mundur,,,

  • Re: (Ganda) Mengapa pemain depan tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : opik_bidin
    Jumat, 03 April 2015 22:03:21

    pemain depan ga mungkin ga tahu klo dia liat dan mikir, posisi pemain belakang pasti sama dengan- arah kok. dan mereka berdua mestinya baca situasi.

  • Re: (Ganda) Mengapa pemain depan tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : arif_azri
    Jumat, 03 April 2015 22:21:36

    Gw pernah melakukan seperti apa yang ditulis TS. Malah gw bertabrakan dengan yang dibelakang karena biasanya pemain yang dibelakang tahu kalau kita fokus mengamankan posisi didepan. Dan yang lebih parah lagi, ketika lawan mengasih bola netting tidak ada yang menyelamatkan bola. Teman yang dibelakang tentu kesulitan mengejar bola kedepan. Selain posisinya jauh, tubuhnya belum begitu stabil setelah melakukan smash. Sementara kita yang didepan malah kesulitan memutar arah karena melakukan pergerakan kebelakang.

  • Re: Mengapa pemain depan ganda tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : arif_azri
    Jumat, 03 April 2015 22:24:01

    Ini bukan masalah tahu atau tidak tahu posisi teman yang dibelakang. Masalahnya tidak selalu bola hasil smash dikembalikan dengan lob kearah yang berlawanan.

  • Re: (Ganda) Mengapa pemain depan tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : opik_bidin
    Jumat, 03 April 2015 22:32:39

    @arif

    1. Ini memang kebiasaan di kita yang terlalu bagi depan belakang dan ga tahu soal rotasi. Mestinya bola pengembalian silang dari smash sudut menjadi milik pemain depan. Ini memerlukan pengertian dan latihan juga. Bilang ke teman anda bahwa klo pengembalian silang, itu menjadi milik anda dan teman anda harus maju ke bagian depan untuk mengamankan daerah

    2. Ini kan cuma untuk yang silang, klo pengembaliannya ke tengah atau posisi yang sama dengan teman anda, ya biarkan teman anda yang ngambil

    Klo udah mahir, nanti kerasa enaknya rotasi dan kita berada dalam posisi menyerang terus

  • Re: Mengapa pemain depan ganda tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : opik_bidin
    Jumat, 03 April 2015 22:41:13

    Dan pilihan mencegat itu selain smash atau dropshot adalah juga melakukan lob. Kalau memang tidak aman dan posisi anda dan teman anda tanggung ketika mencegat ya bolanya diumbul2kan saja ke atas.

  • Re: Mengapa pemain depan ganda tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : Rjob
    Jumat, 03 April 2015 23:07:55

    Mungkin jawabanya....
    1.pemain dpn tdk siap
    2.ragu..takut nyangkut/ out
    3.panik/takut jika bola dtg cukup keras
    4.pembagian tugas...jd fokus ddpn..
    5.pemain depannya pendek...
    6.insting utk mencegatnya kurang...
    Tp..klu untuk kelas atlit..profesional harusnya bisa diatasi..

  • Re: Mengapa pemain depan ganda tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : arif_azri
    Jumat, 03 April 2015 23:27:47

    @opik_bidin, coba perhatikan video dibawah ini. Mereka sering melakukan kesalahan versi anda.
    https://www.youtube.com/watch?v=fBatLABS6o4

    Bagaimanapun ketika kita melakukan smash dengan tenaga penuh dengan posisi depan belakang, teman kita yang didepan harus siap mengantisipasi pengembalian bola netting kendati lawan tidak mengembalikan bola dengan melakukan netting. Bagi kita yang habis melakukan smash, jelas lebih gampang mengamankan bola silang kebelakang daripada bola netting.

    Rotasi bisa saja terjadi ketika kita menyadari posisi teman yang melakukan smash nyaris sejajar dengan kita atau memang ada komunikasi sebelumnya. Misalnya dengan teriak awas ke teman.

    Satu pertanyaan gw, lu pernah main badminton gak? Tidak yang menjamin bola hasil smash selalu dikembalikan silang kebelakang. Makanya harus ada yang mengamankan posisi depan.

  • Re: Mengapa pemain depan ganda tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : arif_azri
    Jumat, 03 April 2015 23:34:42

    Kalau seandainya ada yang menjamin bola hasil smash bakal dikembalikan silang dan bukan netting, gw pasti akan selalu mencegat bola-bola muntahan smash teman gw kalau sedang bermain bulutangkis ^_^

  • Re: Mengapa pemain depan ganda tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : razhes
    Sabtu, 04 April 2015 03:34:06

    zzzz, bukan tidak mencegat pertanyaannya salah. hrusnya knapa ga dapat dicegat? klo mereka bisa udah psti dicegat lah.

    emangnya gampang cegat bola gitu -__-, pukulannya cepet arahnya ga bsa ditebak, blum klo pemain pro pnyak tipuannya. mana klo mw cegat gitu posisi tubuh hrus ngejangkau biasanya ngelengkung -__-

    pemain pro skelas hendra aj yg spesialis di depan ga selalu bisa antisipasi bola gitu.

  • Re: Mengapa pemain depan ganda tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : opik_bidin
    Sabtu, 04 April 2015 05:41:51

    Hendra memang jarang mencegat, tapi liat Ahsan yang sering mencegat bola2 pengembalian silang.

    Soal takut menghadapi netting, itu sih soal footwork dan posisi dari pemain depan. Pemain depan itu cuma mundur selangkah jadi mestinya klo reaksinya bagus, mau netting atau pengembalian silang bisa dapat bolanya.

    saya juga sering main Badminton dan klo saya jadi pemain depan, bola silang kiri kanan jarang terjadi karena saya biasanya sudah antisipasi, klo lawan netting ya tinggal maju 1-2 langkah terus pukul bola.



  • Re: Mengapa pemain depan ganda tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : arif_azri
    Sabtu, 04 April 2015 08:32:06

    Nah, kalau yang ente maksud hendra jarang mencegat bola yang masih dalam jangkauannya, itu gw setuju. Jangankan mencegat bola, bola yang tanggung didepan net pun juga sering tidak dia pukul langsung. Berbeda dengan Ahsan yang garang banget mematikan bola-bola depan.

    Ini judul threadnya rancu. Tidak selalu bola-bola silang bisa dicegat.

  • Re: Mengapa pemain depan ganda tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : jocky93
    Sabtu, 04 April 2015 08:33:15

    Richie Puspita dili itu patung didepan net kalo kata Morten Frost hahaha

  • Re: Mengapa pemain depan ganda tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : Frz
    Sabtu, 04 April 2015 09:01:15

    Sekelas morten frost aja setuju dg pemain2 amatiran macam BL kalo mbak dilli terlalu pasif :|

  • Re: Mengapa pemain depan ganda tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : ikram_rd
    Sabtu, 04 April 2015 14:27:37

    mungkin atlit indonesia ga sehebat @opik bidin
    mungkin ya mungkin

  • Re: Mengapa pemain depan ganda tidak mencegat pengembalian silang?
    Sabtu, 04 April 2015 17:42:30

    Karena posisi menyerang memang sebaiknya yg satu di depan untuk antisipasi defense yg di tarih depan atau bola muntah yg kemungkinan tanggung. Kalo yg depan harus ke belakang, pasti kejauhan ngejarnya, apalagi posisi mundur. Dan kalo udah gerak ke belakang, lawan bisa aja langsung ngubah arah ke depan net. Saat udah gerak mundur dan bola di taruh depan, malah akan banyak matinya karena salah langkah. Jadi emang sudah sewajarnya yg ambil adalah pemain belakang meski di sudut satunya, karena lari ke samping lebih enak dr pd mundur. Kalo biasa main, mungkin bisa ngerasain juga kalo bola seperti itu lebih enak diambil pemain belakang, kecuali pemain belakang melakukan lob, ya yg depan harus segera geser ke belakang.. Dan kalo pemain depan nyegat di depan net, biasanya pengembalian smash kan di lambung, gak nyampai lah pemain depan kalo mau ngeblok. Kalo sampe, pasti udah dilakuin

    Ini pendapat ane yg main abal abal antar kelas aja lho ya. Jadi pasti sangat beda dg jawaban yg udah suhu hihii

  • Re: Mengapa pemain depan ganda tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : teguh85
    Sabtu, 04 April 2015 18:13:20

    saya juga pernah mengalami ini dan bisa dibilang lumayan sering hehehe. Kalau ga kejangkau suka dibecandain * kenapa ga dikejar hehehe?*. saya berfikir saya ga bisa menjangkau pengembalian smash yang menyilang dari lawan karena saya ga bisa mengantisipasi arah bola ditambah footwork yang lemah. Seharusnya setelah melakukan smash di sudut belakang court, saya harus kembali ke tengah-tengah area belakang court supaya area jangkaunya imbang kalau misalnya lawan mengambalikan bola sejajar dengan arah smash saya atau ke arah yang berlawanan dengan smash saya
    -----------------------------------------------------------------------------------------------
    Oleh : Marcelloelaelo
    Sabtu, 04 April 2015 17:42:30

    Karena posisi menyerang memang sebaiknya yg satu di depan untuk antisipasi defense yg di tarih depan atau bola muntah yg kemungkinan tanggung. Kalo yg depan harus ke belakang, pasti kejauhan ngejarnya, apalagi posisi mundur. Dan kalo udah gerak ke belakang, lawan bisa aja langsung ngubah arah ke depan net. Saat udah gerak mundur dan bola di taruh depan, malah akan banyak matinya karena salah langkah. Jadi emang sudah sewajarnya yg ambil adalah pemain belakang meski di sudut satunya, karena lari ke samping lebih enak dr pd mundur. Kalo biasa main, mungkin bisa ngerasain juga kalo bola seperti itu lebih enak diambil pemain belakang, kecuali pemain belakang melakukan lob, ya yg depan harus segera geser ke belakang.. Dan kalo pemain depan nyegat di depan net, biasanya pengembalian smash kan di lambung, gak nyampai lah pemain depan kalo mau ngeblok. Kalo sampe, pasti udah dilakuin

    Ini pendapat ane yg main abal abal antar kelas aja lho ya. Jadi pasti sangat beda dg jawaban yg udah suhu hihii

  • Re: Mengapa pemain depan ganda tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : Denisyah
    Minggu, 24 Januari 2016 07:34:08

    Kebetulan nih saya baru nanya teman saya orang Jepang,Kalau Jepang cara rotasinya ada 2 agar yg posisi depan bisa mencegat bola silang.Sebenarnya bukan tugas yg di depan saja loh.Itu di lihat saat bola datang dan posisi yang nyemesh di sudut itu.1Kalau yg nyemesh di sudut(Misal sudut kanan) sebelum nyemesh posisi kiri kanan dan dia di kanan maka yang nyemesh punya tanggung jawab utk area belakang kanan dan depan kanan.Karena untuk kekiri akan kesulitan footworknya. jadi temannya menjaga area kiri , belakang dan depan kanan paling depan, jadi yg posisi depan sedikit luas areanya.Tapi kalau yang nyemess di sudut kanan yang saat bola datang posisinya depan belakan, otomatis yang nyemesh tanggung jawab daerah belakang penuh dan depan siap nunggu bola timbul dengan posisi raket atanby sejajar kepa minimalnya lebih tinggi dari net sedikit biar cepat pushnya atau smashnya.

  • Re: Mengapa pemain depan ganda tidak mencegat pengembalian silang?
    Oleh : Denisyah
    Minggu, 24 Januari 2016 07:39:05

    Jadi kalau nyemesh dari sudut manapun dengan pegangan grip kanan atau kiri tak masalah yang menjadi masalah utama adalah posisi si penyemesh itu dari mana saat bola datang sehingga saat bola datang posisi yang di depan itu harus dimana sudah harus tahu. Jaga depan penuh atau segi tiga depan, belakang dan paling depan (depan partner)..

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Audisi Umum PB Djarum





Badminton Asia Championships 2019

Seeded Entries
Players
Draws
Matches
Live Score
Website

@portalbulutangkis

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru