Forum > Kesehatan & Kebugaran

Jangan makan nasi!

Senin, 01 Juni 2015 20:08:33
4166 klik -- 11 respon
Oleh : opik_bidin
Versi cetak

Ini berkaitan dengan pola makan, Untuk kesehatan dan juga isi kantong. Meski disarankan untuk atlet2, alangkah baiknya kita juga coba2 mengganti makanan pokok dari nasi menjadi yang lain yang lebih sehat (dan juga lebih murah).

Bisa Singkong, sagu, Ganyong, Gembili, Gayam, atau ubi2an lain.

Alasan yang paling utama adalah kadar gula darah dan rasa kenyang. Kadar gula darah tidak akan naik secara tiba2 karena pencernaan lebih lama. Ini juga alasan mengapa rasa kenyang lebih lama. Kadar gula darah ini penting untuk pertandingan. Bisa dilihat orang yang terbiasa memakan singkong punya stamina dan tenaga lebih dibandingkan dengan yang terbiasa makan nasi.

kenaikan kadar gula darah diukur dengan Indeks glikemik (glycemic index/GI)GI yang merupakan ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah. semakin tinggi GI suatu makanan, akan semakin cepat dampaknya terhadap kenaikan gula darah.

GI suatu bahan makanan dikatakan cukup tinggi jika nilainya ≥ 70,
GI sedang antara 56 hingga 69
GI rendah ≤ 55

Respon

  • Re: Jangan makan nasi!
    Oleh : opik_bidin
    Senin, 01 Juni 2015 20:08:56

    suka dengar ungkapan orang yang intinya gini :Kita dan mereka sama2 makan nasi, masa takut kalah, kita ini sama2 juga kok

    hanya saja, begitu kita mulai berbeda dan memakan umbi2an sebagai makanan pokok, yang lebih murah dari nasi dan bisa ditanam dimana2, juga selapar dan sehaus padi yang butuh pupuk dan air banyak, dan dianggap makanan orang miskin, ya kita udah mulai berbeda dari mereka karena secara gizi dan stamina, kita udah diatas mereka.

    secara makanan udah unggul, ya tinggal gimana aktivitas kita (latihan dan taktik) agar kita bisa menang dari yang lain. dan ingat! kamu adalah apa yang kamu makan, makanan lebih bermakna dibandingkan aktivitas!

  • Re: Jangan makan nasi!
    Oleh : opik_bidin
    Senin, 01 Juni 2015 20:13:07

    Heran ama orang yang katanya miskin tapi maksa beli dan makan nasi, padahal ada singkong yang murah dan bisa tanam hampir dimana saja.

    Bahkan lebih heran ama yang disebut atlet tapi makannya nasi, buka sagu, singkong, ubi jalar, dll. Padahal atlet2 ini sering ngos2an pas tanding dan cepat habis staminanya.

  • Re: Jangan makan nasi!
    Oleh : opik_bidin
    Senin, 01 Juni 2015 20:23:28

    Yang paling sering terdengar adalah, mereka sudah berjuang memberikan yang terbaik dan melakukan sekeras yang mereka bisa.

    lah, ganti nasi dengan singkong aja ga bisa. apa itu bisa disebut berjuang sebaik mungkin? yang gampang saja tidak bisa dilakukan apalagi yang susah

  • Re: Jangan makan nasi!
    Oleh : bd709jng16
    Senin, 01 Juni 2015 21:16:34

    Bung Opik, tapi saya lihat di http://en.wikipedia.org/wiki/Rice nutrisi 100gram beras (bukan nasi) lebih baik daripada singkong dan ubi (sweet potato).

    Perbandingan
    Kandungan Nutrisi : Nasi / Singkong / Ubi

    1. Protein : 7,1gr / 1,4gr / 1,6gr
    2. Energi : 1528 kJ / 670kJ / 360 kJ
    3. Karbohidrat : 80gr / 38gr / 20gr
    4. Lemak : 0,66gr / 0,28 gr / 0,05gr
    dll

    Kalau makan singkong/ubi apakah bakal dengan porsi yg lebih banyak daripada nasi (bukan beras).
    Btw, kalau beras 100gram setelah dimasak bakal jadi berapa gram ya?
    Mungkin ada BL yg ahli gizi?

  • Re: Jangan makan nasi!
    Oleh : nofanda
    Senin, 01 Juni 2015 22:40:21

    Coba ditanya dulu sama legenda2 bultang jaman dulu. Apa mereka makan nasi/tidak? Kok bisa sampe juara gitu.

    Thanks.

  • Re: Jangan makan nasi!
    Oleh : nofanda
    Senin, 01 Juni 2015 22:43:35

    Nutrisi memang faktor penting. Tp yang utama adalah etos kerja sbg atlit sebesar apa. Selain mempertimbangkan beberapa faktor lain. Ex: bakat, mental, dll.
    Maaf hanya berpendapat saja. Thanks

  • Re: Jangan makan nasi!
    Oleh : opik_bidin
    Selasa, 02 Juni 2015 03:15:03

    Saat etos kerja dan bakat sama, maka faktor nutrisi menentukan. klo perbandingan, mendingan liat disini : http://en.wikipedia.org/wiki/Cassava , disitu dibandingkan singkong dengan yang lain, ada jagung, gandum, nasi merah, dll.

    Klo soal energi, nasi putih lebih besar, namun perlu diingat, GI-nya tinggi. Bandingkan dengan hanya makan gula pasir atau minyak goreng saja. Kalori dan energinya besar, iya, tapi kan tidak baik terhadap tubuh, karena lonjakan gula darah atau lemak darah yang tiba2 dan bisa mengakibatkan entah diabetes atau kolesterol tinggi.

    Efek GI tinggi bisa terasa saat memakan makanan ber GI tinggi sebelum main, badan akan terasa lemas

  • Re: Jangan makan nasi!
    Oleh : jocky93
    Selasa, 02 Juni 2015 09:40:39

    atket pelatnas rata-rata makan nasi merah deh, ahli gizi disana ga ngasih makan nasi putih, kecuali kalo diluar gatau ya

  • Re: Jangan makan nasi!
    Oleh : opik_bidin
    Selasa, 02 Juni 2015 12:16:37

    Menurut isu yang tersebar, si Owi pernah kepergok makan pizza hut pas mau tanding, kebenarannya ya wallahualam.

    saya sih lait dari kecilnya juga gimana, di klub2 kecil yang bina usia dini, itu makannya apa sih, jangan2 nasi+ayam goreng plastik di pinggir jalan, dan sama sekali ga ada sayur.

  • Re: Jangan makan nasi!
    Oleh : opik_bidin
    Selasa, 02 Juni 2015 12:18:46

    Etos kerja atlet ga cuma dari sekeras apa dia latihan, tapi juga disiplinnya dia dalam mengatur makanan. Sekeras apapun latihan, tapi pas mau tanding makan batang coklat atau pizza hut sesaat sebelum mulai, ya pasti ngerasa lemas dan lawan kemungkinan besar akan menang meski kemampuannya jauh

  • Re: Jangan makan nasi!
    Selasa, 02 Juni 2015 13:12:42

    @Novanda,,,
    Sekitar 3 th'an yg lalu,, Lim atau Bung.Chris Saya Lupa,, pernah diWawancara lho...

    Katanya pas di Platnas Jaman dulu,, Makanannya tetep Nasi (Gak dijelasin Nasi Merah/Putih),, truzz kalo lagi gak ada lauk,, katanya Jatahnya buat Pemain Putra, buat nyari Kodok diSawah2,, karna katanya Jaman dulu, di Jakarta masih Asri,, dan banyak sawah...

    Ngebayanginnya kok Lucu bgt yahh,,,
    Mau makan aja Harus keSawah2 dulu... Hahaa

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


HSBC BWF World Tour Finals 2020



@portalbulutangkis

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru