Forum > Pelatih Bulutangkis

Curhat Istri Sony Tentang Li Mao

Senin, 18 April 2016 22:45:27
8513 klik -- 31 respon
Oleh : QLAL
Versi cetak

Kemenangan Sony Dwi Kuncoro telah menunjukkan kepada kita sebuah akhir yg manis dari perjuangan semangat baja seorang Sony Dwi Kuncoro, dan tidak hanya itu... ini juga hasil dari perjuangan istri beliau yg selalu mendampinginya. Hal ini mengingatkan saya dengan Yayuk Basuki yang mengikuti tour tenis internasional dgn didampingi oleh Suami, manejer sekaligus pelatihnya. Akan tetapi terasa berbeda dgn Sony dan istri, karena mereka memulai lagi dari keterpurukan disaat orang-orang tidak menaruh harapan lagi kepada Sony. Cedera yang menghantui Sony pernah mendapat perhatian khusus dari Li Mao... berikut saya kopas Curhat Istri Sony tentang Li Mao di blog beliau ketika Sony Cedera tahun 2012 lalu....


http://gafisco.blogspot.co.id/2012/08/sony-dan-pelatih-li-mao.html?m=1

Respon

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : QLAL
    Senin, 18 April 2016 22:45:51

    Hari ini saya baca koran, setelah kegagalan Bulutangkis Indonesia di Thomas dan Uber Cup 2012, sekarang ditambah lagi gagal di Olimpiade sehingga tambah terpuruk lah Bulutangkis Indonesia. Begitu juga dengan nama Pelatih China, Li Mao. Sepertinya kegagalan Indonesia tidak juara sama sekali itu semua atas kesalahannya. Kasian.. kasian.. kasian..

    Saya sebagai istri Sony, yang pernah kenal dengan Li Mao sangat heran kenapa semua mengkambing hitamkan dia. Apa salahnya?? kali ini saya pengen bercerita tentang keberadaan Li Mao untuk Sony. Tentunya saya tidak akan membahas masalah tehnis tentang kepelatihan, saya hanya akan membahas tentang bagaimana Li Mao sangat perhatian pada atlitnya baik Sony maupun atlit tunggal putra junior lainnya.

    Klo tidak salah bulan Pebruari tahun 2011, Li Mao datang ke PBSI bersama shinshe. Pulang dari latihan Sony cerita kepada saya, yang, tadi pas ditempat pijet, aku ketemu sama pelatih cina, dia ngga bisa bahasa Indonesia tapi ada penerjemahnya, katanya dia optimis cedera pinggangku bisa sembuh. Rasanya klo ada yang kasih omomngan seperti itu, aku jadi semangat lagi untuk prestasi. Dalam hati saya alhamdulillah suamiku semangat lagi, kali ini ada orang yang jamin cedera suamiku bisa sembuh. Yaa.. sebagaimana semua tahu klo Sony sedang cedera pinggang mulai Agustus 2010.

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : QLAL
    Senin, 18 April 2016 22:46:04

    Sebelumnya memang kami usaha sendiri untuk menyembuhkan cedera. Suami saya pernah bilang kenapa saat aku sakit seperti ini tidak ada yang perhatian sama aku. jangankan di temani berobat atau di kasih tahu pengobatan mana yang bagus, ditanya tentang kondisiku aja ngga ada yang nanya. sungguh waktu itu posisi kami sedang terpuruk. di tengah pesimisme tentang cedera itu, ternyata PBSI mendatangkan pelatih dan shinse yang sangat hebat dari Cina. Kali ini saya mau bilang Terima kasih pada PBSI yang telah mendatangkan Li Mao dan khususnya Shinse. Kenapa saya berterima kasih?? ini ceritanya.

    Saat itu saya sedang hamil besar, Sony tidak bisa latihan maksimal, jadi yang kami fokuskan hanya penyembuhan. Shinse telah bergabung di PBSI, jadi pengobatan akan dilakukan oleh shinse. Setiap Sony berobat ke Shinse, saya selalu menemani. Mungkin semua pada heran, kenapa sih ini istri Sony ikut terus berobatlah, latihanlah, pertandinganlah.. mungkin ada yang sebel juga liat saya ada di sebelah Sony terus. Saya ikut karena saya sangat cinta pada suami saya, dia selalu mengajak saya kemanapun dia pergi. Saat semua orang sudah meremehkan, Sony tidak bisa berprestasi lagi, maka saya yang harus kasih semangat dan perhatian ke dia. Pernah saya tanya sama Sony yang, apa ngga malu klo kerja diikuti istri terus?, Sony jawab ngga yang, aku malah bahagia di temani istriku, itu berarti istriku mendukung penuh kerjaanku. hehehe happy.. happy.. Terima kasih sayang.. Love U

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : QLAL
    Senin, 18 April 2016 22:46:18

    Setiap berobat ke Shinse, Sony selalu di temani saya, Li Mao dan penerjemah. Menurut saya Li mao sangat setia menemani Sony. Sebetulnya Keberadaan pelatih selama mengikuti pengobatan atlitnya juga berguna untuk pelatih sendiri, karena dengan menemani pengobatan jadi dia tahu besok atlitnya bisa dilatih keras atau enteng atau tidak boleh latihan sama sekali untuk memaksimalkan pengobatan. Pernah suatu kali karena Sony kesakitan di tusuk jarum ama shinse, Li Mao memegangi daun telinga Sony, supaya rasa sakitnya berkurang. Hati saya terenyuh lihatnya, bagi Sony, Li Mao hanyalah pelatih dari negeri seberang tapi ketika moment seperti itu dia bisa menjadi bapak. Kira2 di Indonesia ada ngga ya pelatih yang bisa jadi bapak, kakak dan teman seperti itu?

    Oia saya ingat, dulu waktu masih belum ada shinse Sony pijet di Pelatnas dan dia bilang yang, tadi aku pijet, sebelahku ada Tontowi Ahmad (atlit ganda campuran) sedang pijet juga. enak banget ya dia pijet di temanin ka' Ricard (pelatih). terus ka' Ricard nanya ke Pak Acek (ahli pijet di PBSI) gimana pak, Tontowi bisa dilatih keras ngga?, lha kok aku ngga ada yang nanyain. Sungguh sedih dengar kata-katanya, sabar ya sayang, kita harus bisa mandiri sendiri, kondisinya memang seperti ini kita harus kuat. Kebanyakan atlit yang ada di Pelatnas jauh dari orang tua, mulai kecil hidup mereka untuk latihan dan berprestasi. setiap hari yang mereka lakukan hanya latihan latihan dan latihan, otomatis orang yang mereka temui setiap hari adalah pelatih. Oleh karena itu mereka tidak hanya butuh pelatih tapi juga butuh sosok seorang bapak sebagai pengganti orang tua. Suami saya bukan sosok yang manja, tapi entah karena cedera dan prestasi turun dia jadi sangat sensitif. Tapi ini ada benarnya juga, jadi besok2 klo Sony jadi pelatih harus perhatian ama atlitnya didalam atau diluar lapangan.

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : QLAL
    Senin, 18 April 2016 22:46:35

    Li Mao sebenarnya orang yang sangat humoris dan baik, cuma karena dia ngga bisa bahasa Indonesia aja jadi sepertinya komunikasi terputus. memang kadang dia cuek tapi menurut saya bukan karena dia sombong tapi ya karena ngga bisa bahasa Indonesia itu tadi. Saya dan Divya sering ke PBSI untuk lihat latihan. Selama saya di sana Li Mao selalu menyambut baik kami. berkat Divya dia jadi lebih ramah dan lebih lucu dari sebelumnya, kadang gayanya bikin kami tertawa. Selama latihan Li Mao juga sangat perhatian dengan Sony, dia memberi Sony ilmu dan trik2 baru yang sebelumnya selama puluhan tahun jadi atlit baru kali ini Sony dapat pengetahuan seperti itu. Li Mao menyarankan Sony untuk lebih efisien dalam permainan baik gerakan maupun pukulan. Memang selama Li Mao ngelatih jarang sekali dia ngasih latihan fisik, mungkin bagi dia latihan tehnik di lapangan juga sudah menguras fisik. Tapi namanya atlit Indonesia yang mulai dari kecil sudah terbiasa latihan fisik, sekarang jadi tidak pernah latihan sama sekali rasanya seperti makan tanpa nasi. Orang Indonesia belum bisa di bilang makan, klo belum makan nasi ya kaaannn...

    Jam latihan pun setiap anak tunggal putra di kasih privat latihan malam. Selama saya menjadi istri Sony sejak tahun 2009, baru kali ini ada pelatih tunggal yang memberi latihan privat di malam harii, bahkan satu anak satu jam setiap malam. Memang ada pelatih lain yang menambah jam latihan yaitu anak ganda campuran yang dilatih Ka' Ricard. Saya dan Sony pernah membicarakan Ka' Ricard, menurut kami dia adalah pelatih yang hebat, bisa menghasilkan seorang juara, Semangatnya luar biasa. setiap hari datang ke PBSI pagi buta naik mobil jeep dan ditambah suara audio. dia juga disiplin untuk kemajuan anak buahnya.

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : QLAL
    Senin, 18 April 2016 22:46:58

    Awalnya memang Sony tidak bisa menerima teori yang diberikan Li mao, katanya ngga cocok, aku bulutangkis sudah mulai kecil dan kebiasaan2ku ngga bisa di rubah lagi. Tapi setelah setahun saya lihat gaya permainan Sony mulai berubah. Dia lebih efisien tidak gerubak berubuk seperti dahulu. kurang dari 1,5 tahun Sony mulai mengakui, klo atlitnya cerdas ngerti apa yang Li Mao intruksikan dan praktekin rasanya ilmunya bagus dan tingkat tinggi. Hasilnya alhamdulillah Sony bisa juara di Thailad 2012 kemaren. Apalagi sebagai atlit yang pernah cedera, teori yang diberi Li Mao ada benarnya. Coba tanyakan sama atlit tunggal putra lainnya, apa ada perubahan permainan mereka setelah di latih Li Mao??

    Selain Li Mao, orang yang berperan penting adalah Shinse, maaf saya lupa namanya, pokoknya saya panggil Taifu. dia shinse hebat, tanpa di beri tahu bagian mana yang sakit dia sudah tahu dengan sendirinya. Sepertinya hanya dengan melihat saja dia bisa tahu keluhan sakit seseorang. Taifu juga orang yang ramah dan baik. Dia malah lebih sering kasih Sony masukkan dan wejangan untuk pertandingan. Saya yang bukan atlet aja sangat nyaman dengan dia. pernah waktu Sony belum juara dia bilang Sony sekarang tidak dilihat orang, dia ibarat berlian cuma sekarang masih kotor, nanti klo di gosok dengan bagus di akan menjadi berlian yang paling bersinar. Amiiiiinnnn......

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : QLAL
    Senin, 18 April 2016 22:47:16

    Jangan di tanya bagaimana rasanya di obatin Shinse, klo pengen tau rasanya saaaakiiiiiiittttttt.... tapi sembuh. kesembuhan Sony salah satunya berkat Shinse. Sony sangat rajin berobat ke rumahnya. Biasanya saya dan Divya ikut nemanin Sony. alhamdulillah Shinse juga sayang sama Divya. Shinse itu orang yang sangat rapi dan bersih, tapi klo Divya datang rumahnya jadi kotor. Untungya kami ngga pernah diusir hahahaha..... Setelah Sony juara Thailand Grand Prix 2012 kemaren, saya berterima kasih pada shinse karen berkat bantuannya dan Li Mao, Sony bisa sembuh. Tapi Shinse malah marahin saya, dia bilang belum saatnya kamu terima kasih pada saya, ini belum apa2. perjalananmu masih panjang. Oyyaaa.. ternyata dia ngga pamrih, hebaaat ya..

    Entah kenapa tiba2 Li Mao mengundurkan diri dari pelatnas. Jujur saja saya sedih, merasa kehilangan. kenapa di saat Sony akan menanjak prestasinya dia malah pergi. Padahal Sony pernah berjanji aku akan mempersembahkan juara untuk Li mao, Shinse, Wong Tat Meng dan Emil (si penerjemah). Kenapa mereka pergi, setelah ini sapa yang akan cocok ngelatih Sony?? Menurut saya, sebaiknya pengurus komunikasi pada atlit, tanya satu2 persatu jika ingin mengambil kebijakan yang berhubungan dengan atlit, karena atlit yang merasakan dampaknya langsung. Kalau situasi dan program latihan kurang menyenangkan, bagaimana mereka bisa meningkatkan kualitas?? datang kelapangan aja uda ogah apalagi ningkatin latihan. Yang kita bangun dari atlit itu semangatnya, bagaimana mereka enjoy di lapangan, jadi seluruh program bisa dijalankan maksimal.

    Gading Safitri, 12 Agustus 2012

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : nusa
    Senin, 18 April 2016 23:54:50

    inilah salah satu posting terbaik yg aku baca sampai habis..ini hampir sama dg penjaga makam yg telah bekerja 15 th..dg gaji 700.rb.ketika gubernur Ahok datang langsung bertanya padanya berapa gaji bpk? ketika Ahok mengetahui gajinya hanya 700.rb,Ahok pun segera memeritahkan stafnya utuk membantu admintrasi kenaikan gaji penjaga makam sebesar umr jkt.dg berlinang air mata sang penjaga makam berkata banyak gubernur sebelumnya juga berkunjung kesini tapi Ahok yg perhatian sama saya.padahal Ahok berbeda agama dg kita tapi justru dialah yg mau perhatikan nasib saya..sekarang saya bahagia dg gaji yg setara umr jkt .
    wasallam.

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : nusa
    Selasa, 19 April 2016 00:12:36

    hai manusia,sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki2 dan perempuan dan menjadikan kamu berbangsa bangsa dan bersuku suku supaya kamu saling kenal mengenal..
    wasallam

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : youmi
    Selasa, 19 April 2016 00:50:17

    Mantap. Menginspirasi. Ikut senang akhirnya menuai hasil, dr 'pengorbanan dan penderitaan' selama ini.

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : sagitarian
    Selasa, 19 April 2016 05:33:21

    berkaca2 baca nya, jd ingat juga komen enh hian yg bilang menangani atlet putri perlu pendekatan khusus. nah loooo.. ternyata semua atlet perlu pendekatan non tekhnis. bener, sosok keluarga diperlukan karena mereka sejak kecil berlatih keras. tuh para be el jgn terlalu keras mencaci maki atlet, kita gak tau apa yg terjadi dgn mereka. lebih baik doakan yg terbaik

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Selasa, 19 April 2016 07:56:18

    semoga atlet WS kita mendapatkan pelatih yang cocok, bisa dijadikan kakak/bapak, sehingga atlet menjadi nyaman dan lebih termotivasi

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : gw-alan
    Selasa, 19 April 2016 08:34:35

    wahai teman-teman forum semoga euforia pujian kepada Sony tidak langsung berubah menjadi hujatan dan pesimisme seandainya diturnamen berikutnya Sony belum bisa juara lagi, saya cuma berkaca dari Praven/Debby dimana sewaktu juara all england dipuji setinggi langit ke-8, dan dihujat dengan segala pesimisme ketika keduanya gagal di 2 turnamen berikutnya saat keduanya gagal meraih hasil yang diinginkan.

    Mari kita coba berpikir stabil.

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : UdinUdik
    Selasa, 19 April 2016 09:29:47

    Pantesan XD kita prestasinya stabil 8-10 tahun terakhir. Kak Richard orangnya disipilin tinggi luar dalam.
    Semoga Gading dan Sony sempat SMS Li Mao bilang thanks atas ilmunya taon 2012 lalu.

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : youmi
    Selasa, 19 April 2016 09:49:01

    @gw-alan
    Makanya sy salah satu yg tidak setuju kl Sony msk pelatnas lg. Biar dia di luar saja, tampil tanpa beban. Kl kalah ya gpp, dia pk duit pribadi kok ongkosnya. Tp rasa2 nya kita udah bs ngebedain kok, contohnya Kido dan Pia management tuh walau kalah berjamaah kemarin ga ada yg 'hujat2'. Kl juara pasti kita puji jg.

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Selasa, 19 April 2016 10:11:36

    Bikin terharu bacanya.. Terutama yg bagian mau mempersembahkan untuk pelatih peerrjemah taifu sma sinshe nya..

    Tetap semangat ya sonny !!!!

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : al_fian
    Selasa, 19 April 2016 11:15:54

    PBSI tarik kak sony jadi asisten pelatih, sy yakin kak sony bakal jadi pelatih hebat.

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : net123
    Selasa, 19 April 2016 11:41:45

    Yaelah masih aja pada bilang PraDeb gagal di Malay dan Singa. Maksudnya tuh pradeb mesti juara terus2an gitu abis All England dan tak terkalahkan? Namanya permainan ya ada menang kalah lah. Kamu bonton gak pradeb pas di Malay dan Singa. Ini lah bedanya pelatih dan beel sok tau. Pelatih tuh ngeliat nya Permainannya bukansekedar result di TS aja. Ayooo teman2 berpikir dewasa pradeb masuk 8 besar juga bukan perkara gampang. Persaingan XD tuh ketat. Mereka sampe harus ikut 20 tur dlm setahun agar bisa di 8 besar. Trus sekali kalah dibilang gagal. Huh sedih

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : arifzai
    Selasa, 19 April 2016 12:38:08

    Semoga curhatan ini (juga curhatan sony di media lain-detik.com) dibaca pbsi dan membuat PBSI semakin bijak dalam menangani atletnya. Terkadang, bagi sebagian atlet apalagi yg tengah terpuruk, yg diperlukan oleh mereka bukan sekedar perhatian dalam bentuk fasilitas namun sikap keseharian yang membuat mereka nyama untuk tetap berlatik, memiliki motivasi yg besar untuk tetap mencetak prestasi.
    Tentu saja ini tak berlaku pada PBSI saja. Untuk yg ngaku badminton lover juga. Sering kata-kata pedas (yg dianggap mencerminkan kejujuran tanpa peduli apakah itu melukai perasaan orang lain dan juga bisa jadi kontra produktif) dikeluarkan seolah itu akan membuat si atlet langsung sadar tanpa tahu justru mereka makin terpuruk. Lucunya, ketika prestasi diraih, tak jarang keluar akuan bahwa itu akibat kritikan2 pedas tadi tanpa menyadari bahwa proses untuk meraih prestasi tersebut sangat panjang dan melelahkan. Seperti yg dialami Sony di atas.

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : satrioHD
    Selasa, 19 April 2016 14:53:58

    adapula yang bawa2 Ahok kemari..haahahahah *ampun dah

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : nusa
    Selasa, 19 April 2016 15:17:09

    Janganlah kamu memberi nasehat kepada (Maaf) orang bodoh..karena mereka akan membencimu dan akan balas menyerangmu,tapi berilah nasehat kepada orang yg berakal karena mereka akan mencintaimu
    Imam Ali.As.
    Wasallam

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : nusa
    Selasa, 19 April 2016 16:16:09

    Ketika seseorang sedang marah, kadang-kadang diri sendiri tidak menyadari yang diucapkan karena pikiran kita dipenuhi dengan emosi yang kuat sehingga tidak dapat berpikir jernih. Ketika marah, seringkali seseorang melontarkan kata-kata kotor yang tidak seharusnya diucapkan. Oleh karena itu, diam menjadi langkah terbaik ketika rasa marah muncul. Nabi Muhammad saw. bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian marah, hendaklah dia diam.”
    Wasallam.

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : UdinUdik
    Selasa, 19 April 2016 16:35:58

    Doain Nusa dapat hidayah beneran. biar jadi yīsīlán jiào de rén. Hahaha. Abis quotenya itu mulu.

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : QLAL
    Selasa, 19 April 2016 18:39:24

    Sony Optimis Bisa Kompetitif sampai 4 tahun lagi (detik.com)

    Saya terinspirasi melihat pemain-pemain lain seperti Lin Dan, Lee Chong Wei, dan para pemain yang seumuran dengan saya atau yang lebih tua. Dalam periode sebelumnya saya mempunyai level yang sama dengan para pemain iitu atau malah lebih bagus. Kalau mereka saja bisa, kenapa saya tidak? Itu menjadi motivasi saya. Kalau kita mau bekerja keras maka akan selalu ada kesempatan, kata Sony seperti dikutip Badzine.

    Selama saya masih mempunyai motivasi yang kuat untuk berlatih dan bertanding saya memprediksi kalau saya masih bisa ikut kompetisi sampai usia 35 tahun. Ada banyak contoh kan, seperti Lee Hyun Il dan Boonsak Ponsana.

    Usia muda tak menjamin. Kalau para pemain muda itu tidak mempunyai motivasi kuat maka hasilnya tak akan ke mana-mana. Setelah juara ini saya berharap bisa meraih juara-juara lagi, ucap pemain 31 tahun itu.

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : youmi
    Selasa, 19 April 2016 19:05:28

    Mungkin ada hikmah dr semua kejadian ya. Demikian jg dengan yg dialami Sony. Kl di pelatnas mungkin tdk akan bs comeback seperti sekarang ini. Dr ujian ini jg, terlihat hubungan dengan sang istri semakin erat.

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : johantjun
    Selasa, 19 April 2016 22:53:54

    Cukup mengharu biru perjalanan sony di dunia bulutangkis.. Apa yg di tulis detik yg judul karena sony sudah terbiasa patah hati juga cukup menyentuh. Mudah-mudahan media bisa mengupas sisi humanis dr seorang atlet jd publik tau gimana perjalanan hidup seorang atlet.. tdk sembarangan mencaci bila sang atlet gagal.
    Beruntung sony punya istri yg setia, kuat, peduli dan tabah menemaninya di saat terpuruk bahkan bisa membangkitkan kembali semangatnya sehingga bisa kembali juara dan dipandang tinggi kembali

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Selasa, 19 April 2016 23:06:29

    Simon juara singapore open 2014 jg status out dr pelatnas,kini terulang lg pada sony..ada apa dg MS pelatnas? Tempat yg sdh pernah menggembleng legenda2 Rudi Hartono,liem swie king, heryanto arbi,alan ,joko,ardy,..misterius

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : jouando
    Rabu, 20 April 2016 03:19:43

    Sony D.K sempet kaget liat terakhir kali liat main di indonesia ssp 2015 lalu,, ga berkutik lawan anthony ginting,,, pas terakhir kali lagi liat sony main di semifinal singapura open lalu lawan lin dan,, takjub koq bisa sony main nya nyaman banget,,, sempet tertinggal 11-14 di set ketiga tapi sony main nya tetap tenang,, dan malah buat lin dan jadi serba salah,,, kalau bisa konsisten main nya seperti ini,, rasa-rasa nya tiket untuk olimpiade kasih ke sony lagi aja,,, kalau 2004 dapet perunggu,, liat penampilan sony terakhir di singapura open kemaren bukan tidak mungkin medali perunggu kembali di bawa pulang,,, atau mungkin bisa berbuah manis seperti paul erik hayerlarsen yang mendapatkan emas olimpiade justru di usia yang tidak muda lagi...

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : susi_alan
    Rabu, 20 April 2016 09:51:08

    ya elaah lg demam sony yah..ampe artikel jadul di 2012 di utak-utik lg...kita doain aja sony terus berprestasi dan menular di atlet tunggal lainnya...

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : QLAL
    Rabu, 20 April 2016 10:12:19

    Krn artikel jadul makanya kita jd tau apa yg dialami Sony....

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : jouando
    Rabu, 20 April 2016 10:51:17

    Masih mungkin ga yach sony ikut Olimpiade ?

  • Re: Curhat Istri Sony Tentang Li Mao
    Oleh : oki94
    Kamis, 29 Desember 2016 08:22:59

    Ada baiknya PBSI kembali merekrut Sony Dwi Kuncoro, dengan status kapten bermain. Maksudnya, sebagai asisten pelatih sekaligus sesekali ikut bermain di turnamen minimal level SS/SSP. Dengan begitu dia ikut memperhatikan perkembangan adik-adik junior nya di MS, dan turut andil dalam pembinaan mental para pemain muda, sebagai pihak yang benar-benar mengerti dunia para pemain tunggal, sekaligus sebagai penasehat di lapangan/strategi apa yang harus dilakukan sebelum dan sesudah pertandingan.

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Audisi Umum PB Djarum





Singapore Open 2019

Seeded Entries
Players
Draws
Matches
Live Score
Website

Ciputra Hanoi - Yonex Sunrise Vietnam International Challenge 2019

Seeded Entries
Players
Draws
Matches

@portalbulutangkis

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru