Forum > Atlet Bulutangkis

Belajar Serve Greys!

Senin, 13 Februari 2017 19:34:03
3093 klik -- 39 respon
Oleh : chico_aura
Versi cetak

Memasuki 2017 ada yg berubah dr greys. Nama panggilannya Kak Ge. Tp ngeliat penampilannya di Thai GPG ada yg masih blom berubah. Servicenya masih buruk!
Gw ngga abis pikir kenapa servicenya ini seperti bawaan yang ga bisa diubah? Bahkan setelah bertaun2 bermai n dan berlatih…
Berbeda dengan pukulan lain spt netting, smash ato drop shot yg tergantung byk factor, pukulan dr lawan, arah angin dll. Service itu kan pukulan pertama yg hanya tergantung dr diri kita sendiri.
So what’s wrong kalo service masih nanggung terus?
Mental
Pada turnamen2 penting, saat2 genting ato lawan2 yg mengintimidasi mungkin masuk akal kl service pemain jd error ato nanggung. Tp ini gw liat dir babak2 awal Thai GPG dan lawan pemain non unggulan Thai service greys ini masih naggung jg. Jd mungkin bukan mental problem.
Tehnik
Gw curiganya sih sesuatu yg salah dengan tehniknya. Tp kl ini masalahnya kok coach Eng Hian ga bisa ngatasin “masalah sepele” ini? Kok latihan tiap hari dan pengalaman bertanding bertaun2 ngga bisa ngerubah ini?
Entahlah...

Respon

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : chico_aura
    Senin, 13 Februari 2017 19:35:06

    Coba perhatiin pic greys lg service ini:

    http://www.juara.net/read/raket/bulu-tangkis/168997-pengalaman.rosyita.bertandem.dengan.greysia

    Posisi tubuh greys ini terliat berdiri tegak sempurna, tangan jg lurus sempurna. Tp ini jd terlihat kaku. Walo cm satu gambar tp bisa ketebak pasti pas di foto itu servicenya nanggung. Koreksi gw kl salah. Tp ini terliat jelas something wrong banget. Begitu susah kah service yg “standard”???

    Satu lg kekuranganan parah dr service greys ini. Service lambungnya. Udah tau ga bisa service tipis coba alternatifnya belajar service lambung yg tinggi dan dalam ke belakang model2 service panjang gaby/chris Adcock yg praven aja ga bisa smash. Tp ini service panjangnya jg nanggung dan kebaca bgt gesture tubuhnya kalo greys ini mau colongan service panjang….

    Di Kejurnas beregu 2016 kmrn ada kejadian memalukan (buat gw). Greys maen XD sama alfian lawan Praven/Deby dan satu kali service tanggungnya disamber praven kena jidatnya. Tp greys dengan cool seyum2 aja :P.

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Senin, 13 Februari 2017 20:14:29

    Greysia mah sudah maksimal perjuangannya. Dia pemain yg gak cerdas tapi pemain yg bekerja keras. Dari yg dulu gendut kayak kebanyakan pemain pelatnas sampai badannya bisa kurus kayak sekarang. Pencapaiannya udah baguslah ngelihat cara bermainnya. Yang dipermasalahkan pemain dibawah Grey, gak ada kemajuan gitu2 aja. Ckckc

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : Imeyz
    Senin, 13 Februari 2017 21:19:09

    Kalau udah jadi kebiasaan apalagi udah bertahun-tahun susah sih buat benerin. Diliat karakter Greys selama ini yakinlah dia pasti udah berusaha rubah. Cuma kayaknya itu udah jadi kebiasaan. Yah mirip-mirip aja sama kalau kita punya kebiasaan jelek yang udah lama melekat. Rubahnya pasti susah. (Bukan maksud ngebela ya). Lagipula sulit bukan berarti gak bisa kan? Nah makanya untuk pemain muda, sebaiknya sih bisa melakukan teknik dengan benar (exs, serve, smash dll) itu prioritas utama. Seiring waktu baru belajar yang lain.

  • Kuruskan WD gembrot!!!!
    Senin, 13 Februari 2017 22:12:06

    Pekerjaan Rumah bagi Ganda Putri Indonesia

    Pelatih kepala ganda putri nasional, Eng Hian memaparkan hasil evaluasi anak-anak didiknya selama mengikuti Thailand Masters 2017 yang berlangsung di Nimibutr Stadium, Bangkok, 7-12 Februari.

    Untuk Rizki/Tiara, saya melihat tidak ada fighting spirit sama sekali. Sekali lagi, saya tidak melihat hasil, kalau kalah tetapi perjuangannya luar biasa, saya bisa maklumi. Saya menyoroti Tiara, dia butuh perhatian khusus dan harus berjuang lebih keras lagi dalam segala hal, disipilin, attitude di lapangan dan luar lapangan.

    Catatan tersendiri untuk Apri, saya ada sedikit harapan sama dia. Penampilan Apri bisa dibilang bagus sebagai pemain muda yang baru masuk turnamen level senior.

    Apri bisa mengimbangi permainan seniornya. Saya harap Apri bisa menjaga dan meningkatkan kualitas latihan dan attitude-nya. Mudah-mudahan dalam satu sampai tiga tahun lagi akan kelihatan hasilnya.

    *Apa yang paling anda soroti dari tim ganda putri?

    Bisa dibilang fighting spirit untuk mencapai kemenangan itu saya belum lihat. Masih banyak PR di ganda putri untuk meningkatkan kualitas mereka dan mengharapkan jadi juara itu masih jauh sekali.

    Grup pelatnas utama ini berat. Bicara seorang juara itu bukan cuma sekali-sekali juara, tetapi konsisten. Misalnya pasangan Jepang yang juara Olimpiade kemarin (Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi). Kalau tidak ada kemauan dari diri sendiri untuk maju dengan disiplin disertai menambah porsi latihan, ya sulit.

    *Lalu apakah akan ada perubahan program pada ganda putri?

    Saya akan lihat selama enam bulan ini. Kalau tidak ada perubahan dan tidak ada perkembangan positif, akan saya rombak semua. Saya akan berharap kepada pemain-pemain pratama saja.

    sumber juara
    Admin Ibnu Aqil

    Hello Tiara, come on, kurusin badan! Cukup tau kan yang selama ini bermasalah? Ini udah pelatih yang ngomong

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Senin, 13 Februari 2017 22:25:11

    Anggi aja udah kurusan, Ti!!?
    Masa lo nggak?
    Masa lo pake rok kembang mulu?
    Lu mau main badminton atau mau gimana sih sebenarnya?
    Lain kali pake rok SMA gimana? Biar lebih kembang dan ayu lagi
    Biar lincah atuh Ti, biar cepat lari dari baseline ke depan net
    Biar ga angkat kok mulu
    Biar bisa ngadu di depan

    Samu juga ke Shela dan Melati

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : onepiece
    Senin, 13 Februari 2017 22:55:27

    Nah kan ini yang gw liat pas lawan Popor/Earth kemarin, Tiara kaya ga serius bertanding (seperti ajang hiburan) jika bikin kesalahan malah senyum-senyum sendiri. Setelah match kelar dia menghampiri coach Didi melakukan 'tos' seperti tidak punya kesalahan.

    Bagus!! lebih baik berharap pada pemain pratama.

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : Jouando
    Senin, 13 Februari 2017 23:26:01

    Seriusin aja anggia/ni ketut,, kayanya ini yang paling progress nanti nya,, apriani aset tapi belum ada yang pas pasangan nya, rosyita liat match terakhir standaran aja main nya,, pratama ga tau siapa yang menonjol ganda putri nya,,

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : senaraket
    Selasa, 14 Februari 2017 00:58:44

    WD memang terlihat ingin banyak berubah. Beruntung ada Pak Chafidz (pindahan dari MD) yg kabarnya tegas banget. Yg manja-manja nggak mau berubah siap-siap terlempar. Della dan Tiara skill oke tapi banyak hal yg entah apa membuat tidak maksimal. Apriani semoga tetap kuat dan fokus.

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : runeback
    Selasa, 14 Februari 2017 04:44:49

    mau latihan ribuan kali juga gak bakal berubah, coba cara lain lah. mgkn gres ada trauma serve. coba di cariin psikiater supaya traumannya ilang.

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Selasa, 14 Februari 2017 08:43:55

    Entahlah, WD Pratama siapa yg bagus?. Cuma Tania yg paling mendingan sama OCHA, sisanya dibawah standar. Ribka dan partner juga kayaknya bagus tapi belum pernah lihat langsung mereka main.

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : pradebb
    Selasa, 14 Februari 2017 10:37:42

    Ya jadi intinya balik ke pemain itu sendiri sih, kalau pelatih udah gonta ganti ngerubah program latihan tapi pemainnya sendiri ngk ada keinginan untuk berubah ya samanya aja bohong, fighting spirit aja ngk punya, gimana mau menang, aneh

    Btw, Tiara/Rizky selama dipasangkan ada gelar juaranya kah?

    Tapi gue apresiasi tim WD yang berani berbenah, semoga ada hasil positifnya, suksesss



  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : admin
    Selasa, 14 Februari 2017 10:39:51

    @chico_aura
    Thread yang positif banget. Kritik yang provokatif menantang untuk merubah kebiasaan buruk. Bila ada yang berbeda pendapat, tak masalah. Rasanya bermanfaat sekali.

    Ijin ya kami angkat jadi artikel. Ada perbaikan sedikit redaksinya, semoga tak mengurangi rasa. :)

    Artikel bisa dibaca pada link di bawah ini, judul artikel dengan judul yang sama dengan thread anda. Di bawah juga kami posting kembali komen yang ada di artikel, untuk jadi bacaan teman-teman fordis, bagaimana penilaian yang ada. Tks

    Salam bulutangkis.
    http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=2&artid=103977

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : admin
    Selasa, 14 Februari 2017 10:46:55

    Santai Aja Man ·
    Tondano, Sulawesi Utara, Indonesia

    Kritik membangun sih oke, tapi saya melihat tulisan ini lebih ngejudgenya daripada memberikan solusi, kalo memang service merupakan skil pribadi (tdk tergantung faktor lain), kayaknya agak mengherankan jika pemain tersebut bisa stabil bertahan di jajaran 8 besar dunia.

    http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=2&artid=103977

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : admin
    Selasa, 14 Februari 2017 10:48:18

    Petrus Uda Lisulembang ·
    Atma Jaya University

    tapi saya setuju dengan artikel diatas,, harusnya pemain sekelas greys ini nggak ada masalah dengan service tapi kenyataan belakan ini kok malah tambah hancur service nya,, tanggung dan pasti poin buat lawan,, kalau skill yang lain sich dipelatnas untuk ganda putri paling ok,, mudahan pelatih bisa memberi solusi,, sebelas duabelas sama peng son chan,,,

    http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=2&artid=103977

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : admin
    Selasa, 14 Februari 2017 10:49:23

    Apandi Al Shirazzy
    Jakarta, Indonesia

    saya juga sangat setuju dengan artikel diatas, jujur dari dulu tiap sy liat greys main selalu heran kok pemain dunia sekelas dia servicenya sangat buruk ,pernah dalam satu pertandingan dia di foult gara2 servicenya, ini PR besar untuk pelatih agar service dia benar & karena kalau wasitnya jeli dia bisa sering di foult, ini faktor mental dan kebiasaan, sy ada teman sama kalo service gak nyampe, nyangkut atau out, ini faktor mental dia & kepercayaan diri dia takut servicenya nyangkut atau tidak sampai.....

    http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=2&artid=103977

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Selasa, 14 Februari 2017 12:01:28

    oot ah... ini lomba robot Asia Championship kok gak update2. Panitia asia selalu lambat terkait live score n live streaming. Kalah jauh sama Eropa atau Australia yg bahkan level IS pun ada strramingnya. ini boro2 streaming, jadwal aja update males

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : Zhao
    Selasa, 14 Februari 2017 12:10:41

    Menurut gw yg salah dari serve greys itu dari sisi ketenangan dalam melakukan serve seolah2 ingin cepat2 menyelesaikan tugas sebagai server dengan buru2 tersebut antara tangan dan oikiran gres belum balance, gres seolah berfikir posisi tanganya lebih tinggi dari standar yg semestinya sehingga dia haruis buru2 buang service agar tidak terlalu terlihat oleh wasit. Semua masih bisa diperbaiki apabila saat latihan hal ini ditekankan kembali, yg kita takutkan pada saat latihan tidak ada wasit sehingga gres sellu membiasakan servenya.


    berharap gres bisa belajar serve dari ganda yng tingginya juga standar kyk misaki ketut dll. Cukup fokus dan tenang dalam melakukan serve pasti serve akan lancar.

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : chico_aura
    Selasa, 14 Februari 2017 12:21:39

    Ok @admin
    Rada provakitif emang. Krn gereget dgn kebiasaan yang kayanya susah diperbaiki ini. What's wrong?

    Sebenernya mau ditambahin nulis jg, bukan berarti greys ngga ada kelebihannya. Seperti emas AG 2014 yg fenomenal.

    Tapi masalah service ini tantangan buat greys. Pemain sekaliber greys mustinya bisa ngatasin masalah ini. Suatu saat....

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : Ikra4433
    Selasa, 14 Februari 2017 12:22:23

    Greys ini sering curi2 serve juga.,biasanya lawan blm nurunin tangan tanda udah siap.,udah di flick serve aja ama dia..

    Sepertinya masalah ketenangan dan percaya diri dlm serve..

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : chico_aura
    Selasa, 14 Februari 2017 12:26:48

    @zhao mungkin perlu belajar meditasi : )

    Ato tiru ketenangan cara servenya christinna pedersen.
    Yg kalo mau serve bisa lama bgt sampe semenit dulu baru service dilepas

    ==========================

    Oleh : Zhao
    Selasa, 14 Februari 2017 12:10:41
    Menurut gw yg salah dari serve greys itu dari sisi ketenangan dalam melakukan serve seolah2 ingin cepat2 menyelesaikan tugas sebagai server dengan buru2 tersebut antara tangan dan oikiran gres belum balance

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : meichan
    Selasa, 14 Februari 2017 13:12:24

    Kalo ga bisa servis pada umum nya , kenapa ga coba servis seperti jwala Gutta. Servis jwala meski begitu , sangat jarang tanggung . Dan servis seperti jwala sangat mudah mengecoh lawan ketika mau di flik servis

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Selasa, 14 Februari 2017 13:46:35

    Kurang suka dengan tema topik pembahasan kali ini, min tolong di hapus.

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : admin
    Selasa, 14 Februari 2017 14:14:53

    @Chico Aura
    Provokatif tentunya tidak harus bermakna negatif, tapi justru di thread ini adalah provokatif positif.

    Kami ambil definisi provokasi positif dari satu sumber,
    Provokasi Positif… tindakan yang dihasilkan adalah sebuah respon positif yang sifatnya konstruktif dan kondusif. Para motivator ulung, konsultan marketing, psikiater biasanya menggunakan provokasi positif untuk membelokkan kecenderungan negatif klien maupun pasiennya.

    Tentunya pembelajaran pada thread ini tidak hanya kepada Greysia semata, mungkin banyak pebulutangkis ataupun kita-kita yang suka bermain bulutangkis bisa menjadi memahami tentang service di bulutangkis.

    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : chico_aura
    Selasa, 14 Februari 2017 12:21:39

    Ok @admin
    Rada provakitif emang. Krn gereget dgn kebiasaan yang kayanya susah diperbaiki ini. What's wrong?

    Sebenernya mau ditambahin nulis jg, bukan berarti greys ngga ada kelebihannya. Seperti emas AG 2014 yg fenomenal.

    Tapi masalah service ini tantangan buat greys. Pemain sekaliber greys mustinya bisa ngatasin masalah ini. Suatu saat....

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : admin
    Selasa, 14 Februari 2017 14:18:18

    @Ikra4433

    Betul sekali, selain suka kena fault ama wasit, dan ini sebenarnya merugikan juga buat partner kita. Kadang partner kita belum sipa juga, sehingga bila lawan berhasil mengembalikan serve, tetapi jadi bumerang bagi partner kita.

    +++++++++++++++++++++++

    Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : Ikra4433
    Selasa, 14 Februari 2017 12:22:23

    Greys ini sering curi2 serve juga.,biasanya lawan blm nurunin tangan tanda udah siap.,udah di flick serve aja ama dia..

    Sepertinya masalah ketenangan dan percaya diri dlm serve..

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : admin
    Selasa, 14 Februari 2017 14:20:59

    @ardiansyah49
    Wah, asyik gene.
    Yah udah deh, kalo gak menarik tinggal tidur aja sonoan. :D

    +++++++++++++++++++++++++++

    Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : ardiansyah49
    Selasa, 14 Februari 2017 13:46:35

    Kurang suka dengan tema topik pembahasan kali ini, min tolong di hapus.

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : johantjun
    Selasa, 14 Februari 2017 15:44:32

    sebenernya ini bukan pertama pemain besar kita yg tdk bisa serve.. Ricky subagja pun dulu begitu, servenya jelek dan selalu buru-buru kelihatan sekali tegang dan tdk percaya diri. apalagi dalam pertandingan besar. tapi toh buktinya Ricky yg berpasangan dengan Rexy mainaky banyak meraih gelar di berbagai event bahkan emas olimpiade atlanta juga digondol.
    Begitupun dengan greys yang memang servenya lebih jelek tapi mampu hadi wd papan atas bahkan meraih emas AG.
    mungkin memang perlu dilatih khusus servenya dan dicarikan pembimbing mental kalo itu ada masalah dengan kepercataan diurinya

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : senaraket
    Selasa, 14 Februari 2017 15:48:38

    maaf oot. Draw All England udah keluar. http://bit.ly/2lEQyFI

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : pradebb
    Selasa, 14 Februari 2017 17:11:10

    chan peng soon juga servenya jelek tapi bisa dapet perak OG

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : pradebb
    Selasa, 14 Februari 2017 17:21:33

    makasih @senaraket, kalau draw german gpg udah keluar belum? ada linknya kah?

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : chico_aura
    Selasa, 14 Februari 2017 18:14:52

    OOT, Kompas TV akan nyiarin kejuaraan beregu asia mulai QF.

    Mudah2an INA ngga ketemu japan/thai di QF. Biar ngga sia2 kompas tv nyiarin sampai final...

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : senaraket
    Selasa, 14 Februari 2017 18:53:01

    draw german gpg https://bwf.tournamentsoftware.com/sport/draws.aspx?id=620C95A0-5886-44BA-A773-260A5EC078D6

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : johantjun
    Selasa, 14 Februari 2017 19:31:23

    pesimis dengan kekuatan yg dibawa indonesia terutama di sektor ms dan ws. ada yg punya link jadwal matches asia championship?

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : Imeyz
    Selasa, 14 Februari 2017 20:28:41

    OOT : Mix team asia. Alfian fix gak ikut. Sempet gabung ke Vietnam tapi balik lagi ke Jakarta. Ketut tetep stay disana sambil dipantau keadaannya, kalau kondisi fit bisa turun. Gimana jadinya ya? Apa pelatih berani utak atik anggota buat back up? Misal Annisa atau gloria atau siapa yang di XD yang kebeneran gak diturunin bantu WD? Atau ada strategi lain?

    Info: PBSI

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : Aqilla
    Selasa, 14 Februari 2017 20:50:50

    WD anggia / tiara dan XD ricky / gloria ( coba2 )

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : kopipanas
    Selasa, 14 Februari 2017 21:02:05

    komen aku

    Inilah Greys! :-)

    1 kasus yg tak bisa di genelarisir
    anomali kali ya

    Sipp buat ts

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : senaraket
    Selasa, 14 Februari 2017 21:19:18

    jadwal bamtc http://bwf.tournamentsoftware.com/sport/matches.aspx?id=50706AE1-774D-4E28-8E91-3150EB93200F

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : johantjun
    Selasa, 14 Februari 2017 23:06:06

    wah sudah mulai toh..
    ko belum ada tread penyisihan??
    skornya smua 5-0 gak ada perlawanan
    besok seru tuh taiwan vs hongkong.. tebak menang mana?

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : admin
    Rabu, 15 Februari 2017 18:35:37

    Wiira Hrp
    Financial Adviser at PT. Bank Sinarmas, Tbk

    Coba mnt bljr sm butet, klo aq liat grey klo mw service sllu gugup gk bs tenang.... Klo aq liat fto di atas posisi raket terlalu tinggi dr pinggang hrs ny agk turunin dikit, dan posisi raket dari badan jg jgn terllu lebar....

    http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=103977

  • Re: Belajar Serve Greys!
    Oleh : admin
    Jumat, 17 Februari 2017 08:42:51

    Santai Aja Man
    Tondano, Sulawesi Utara, Indonesia

    Kalian setuju sah2 saja, saya pun akan setuju selama itu kritik membangun karena tentu saja itu akan memotivasi lebih maju org yg di kritik, tapi kalo mengarah pada ngejudge seseorng, saya kurang setuju. perhatikan saja paragraph ke-5 yg secara langsung menyampaikan jika pelatih dan yg bersangkutan tau akan hal ini, tetapi di paragraph selanjutnya langsung memberikan contoh lain yg menyatakan penilaian persepsinya, tanpa membahas penyelesaian masalah (solusi awal). Entahlah, kata yg disampaikan penulis, apakah ini berarti pelatih dan pemain masa bodoh dan tdk ada strategi yg dipersiapkan???

    http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=103977

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Audisi Umum Bulutangkis

www.flypower-arbi.com




TOTAL BWF Sudirman Cup 2017

Teams
Players
Draws
Team Matches
Visual LiveScore
Website

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru