Forum > Pelatih Bulutangkis

Mimpi Bulutangkis Indonesia yang Disegani Dunia

Senin, 13 Maret 2017 13:00:37
2128 klik -- 4 respon
Oleh : chico_aura
Versi cetak

“Indonesia pernah jadi negara bulutangkis yang ditakuti karena kita sangat hebat, kalau pemain-pemain kita datang (mau bertanding), rasanya sudah separuh menang. Para pengurus baru bertekad untuk mengembalikan kejayaan bulutangkis seperti dulu,” .
“Pengurus, pemain dan pelatih punya mimpi yang sama yaitu Indonesia harus kembali menjadi negara yang disegani dan ditakuti di bulutangkis,”
Sambutan Pak Wiranto tsb ketika mengunjungi pelatnas Cipayung Januari lalu sangat relevan dengan kondisi bulutangkis Indonesia saat ini.

Diluar hasil spektakuler Kevin/Gideon memanangi gelar MD All England 2017 (Selamat untuk Kevin/Gideon!) sesungguhnya hasil keseluruhan team Indonesia di AE 2017 ini bisa dibilang cukup menyedihkan. Mengirimkan total pemain dalam jumlah besar di 20 nomor, bisa dibilang hanya Kevin/Gideon yang sesuai target. Beberapa pemain berhasil mencapai hasil yang “pas-pas an” sebagaian besar lainnya kalah secara tragis menyedihkan.
Dimulai dari gugurnya Praven/Debby yang telah disiapkan secara khusus selama 2 bulan terakhir oleh pasangan non unggulan di babak pertama, Ricky/Angga yang kata sang pelatih “kalah segalanya” dari ZhangNan/Cheng Liu, Greysia yang hilang kepercayaan diri melawan WD pelapis Jepang sampai Dinar yang dibantai habis oleh Sindhu dan kekalahan lainnya.

Indonesia yang disegani dan ditakuti adalah tinggal masa lalu. Saat ini justru tipikal pemain Indonesia adalah takut-takut. Tidak percaya diri dan mental mudah menyerah.
“Di game kedua, kepercayaan diri kami sudah hilang setelah kalah di game pertama. Sampai akhir kami tidak bisa bangkit, walaupun sudah mencoba menenangkan diri. Permainan kami nggak keluar walaupun sudah diberi instruksi oleh pelatih,” Pernyataan Greys yang jujur ini mungkin mewakili rata-rata pemain Indonesia lainnya yang kalah.

Respon

  • Re: Mimpi Bulutangkis Indonesia yang Disegani Dunia
    Oleh : chico_aura
    Senin, 13 Maret 2017 13:01:49

    Bagaimana PBSI akan mengembalikan kejayaan bulutangkis Indonesia ini?

    “Caranya bagaimana? Kerja keras, bibit-bibit dilatih dengan cara khusus, benar dan modern, sehingga nantinya bisa mengalahkan siapapun. Saya yakin yang ada di pelatnas ini pasti sudah punya bakat, namun bakat saja tidak cukup kalau tidak ada kemauan, lalu harus ada kesempatan, kesempatan bertanding, kesempatan berlatih dan sebagainya,” Kata Pak Wiranto.

    Tapi saya rasa ini tidak akan semudah itu. Perlu perubahan system kepelatihan yang mendasar dan sistimatik untuk menumbuhkan etos kerja keras kepada semua pemain. Ketangguhan mental dan kerja keras Kevin/Gideon, juga Hendra dan Butet bisa dibilang pengecualian pribadi tengah lingkungan pemain yang rata-rata etos kerjanya mental mudah menyerah.
    “Yang penting kami tidak mudah menyerah. Karena di awal-awal saya merasa kaya susah banget buat lawan mereka. Mau main gimana juga mereka bolanya dapet terus, masuk terus. Tapi kami terus mencoba dan nggak menyerah. Akhirnya bisa dapat,” ujar Marcus mengenai kunci kemenangannya . Kunci kemenangan ini yang tidak dimiliki kebanyakan pemain Indonesia lainnya.

    Namun tidak mudah bukan berarti hanya mimpi. Memang benar2 butuh kerja keras. Saya percaya PBSI yang dipimpin seorang Jenderal dan Kabid Binpres seorang juara Olimpiade (seharusnya) mampu membuat system yang dapat menghasilkan pemain-pemain dengan mental juara yang akan membuat Bulutangkis Indonesia kembali disegani dunia bukan hanya mimpi belaka!

  • Re: Mimpi Bulutangkis Indonesia yang Disegani Dunia
    Oleh : the_zedo
    Senin, 13 Maret 2017 14:03:58

    solusinya sih itu tu pemain ganda yg gagal berkembang selama 2 tahun di pelatnas wajib main rangkap sampai mereka bisa berprestasi di salah satu nomor yg di rangkap..jika masih blum ada prestasi jg y wajib degradasi..klo untuk nomor tunggal biasanya atlet nomor tunggal indonesia yg bagus itu udh berprestasi di usia belasan sampai awal 23an..jd klo dah lewat dri umur 23 tp blum ad peningkatan wajib di tendang.

  • Re: Mimpi Bulutangkis Indonesia yang Disegani Dunia
    Oleh : misb4h
    Senin, 13 Maret 2017 17:01:25

    Masalahnya cuma Indonesia keKURANGan atlet bulutangkis. Beda dengan dulu banyak atlet bulutangkisnya, ditambah dulu sebelum bulutangkis dipertandingkan di olimpiade banyak negara yang kurang menSERIUSi olahraga bulutangkis. Sekarang beda, Indonesia keKURANGan Atlet bukutangkis, negara lain sudah SERIUS membina atlet bulutangkis negaranya.

  • Re: Mimpi Bulutangkis Indonesia yang Disegani Dunia
    Oleh : arif_azri
    Senin, 13 Maret 2017 17:08:05

    Tingkatkan disiplin para atlet. Seorang atlet punya tanggung jawab bukan cuma untuk dirinya, tetapi juga untuk negara.

    Selama ini saya melihat ada budaya yang sangat tidak bertanggung jawab yang tumbuh dalam internal PBSI. Budaya tersebut adalah kebiasaan mencari-cari alasan ketika tidak meraih prestasi. Dan itu bukan cuma dilakukan oleh atlet, tetapi juga pelatih. Kalau mereka merasa punya tanggung jawab terhadap negara, harusnya mereka lebih giat lagi latihan dan menargetkan untuk tampil lebih baik berikutnya.

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Audisi Umum Bulutangkis




Chinese Taipei Open 2017

Seeded Entries
Players
Draws
Matches
Visual LiveScore

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru