Forum > Atlet Bulutangkis

Butet vs Richard dan Problema Team XD Indonesia

Sabtu, 02 September 2017 20:06:22
4592 klik -- 35 respon
Oleh : chico_aura
Versi cetak

Tidak ada kata lain selain luar biasa atas pencapaian Butet (dan juga Owi) meraih gelar juara dunia 2017. Di tengah keterbatasan gerak karena cidera lutut yang belum sepenuhnya pulih, Butet bersama Owi berhasil menyingkirkan segala rintangan untuk meraih gelar juara dunia ganda campuran untuk yang ke empat kalinya.

Bukan perkara yang mudah untuk Butet mempertahankan momentum puncak karir ini dan meraih gelar ke empat kalinya ini setelah meraih puncak karir Gold OG 2016 dan hampir semua gelar besar lainnya (kec gold Asian Games). Terbukti ke empat peraih Gold OG 2016 lainnya semua dalam tren menurun (kec Fu Haifeng yang memang sudah retired). Belum lagi tantangan dari pasangan2 muda China yang berlapis dan menyulitkan. Butet bersama Owi yang juga kini bertransformasi menjadi pengcover lapangan yang handal dan bertambah matang sukses menambah gelar juara dunia dalam koleksi gelar besar mereka.

Puja dan puji pun mengalir deras untuk Butet (khususnya) dan Owi dari para pecinta bulutangkis Indonesia. Namun hampir tidak ada yang memuji keberhasilan orang dibalik sukses Butet/Owi ini. Coach Richard Mainaky.

Respon

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : chico_aura
    Sabtu, 02 September 2017 20:07:02

    Mempersiapkan Butet baik secara fisik di tengah kendala fisiknya, pasti membutuhkan ekstra pelatihan. Demikian juga mempersiapkan Owi untuk bertransformasi peran menjadi “pelindung” Butet pasti bukan hal yang mudah. Dibutuhkan pemikiran pelatihan yang jeli dan strategi yang tepat. Dibutuhkan usaha/pelatihan yang ekstra dari sang pelatih yang pasti tidak kalah kerasnya dari perjuangan Butet/Owi itu sendiri.

    Namun bukan hanya Richard minim pujian tapi juga banyak yang menyebut bahwa seorang Butet adalah sapi perah, korban, dipaksa, terpaksa dan sebutan2 lainnya bahwa Butet seseorang yang patut dikasihani, korban dari ambisi Richard Mainaky meraih gelar. Separah itukah seorang Richard Mainaky?

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : chico_aura
    Sabtu, 02 September 2017 20:07:47

    Banyak para pecinta bulutangkis tanah air yang menyayangkan/kasihan kalo Butet masih ingin bermain (di tengah kendala fisiknya). Dan menginginkan Butet pensiun. Sudah cukup pengorbanan Butet katanya.
    Konsep seorang Butet adalah seorang Korban atau seseorang yang seolah olah dipaksa dan menderita adalah sebuah konsep yang jauh dari tepat.

    Butet adalah seorang petarung. Seorang juara sejati. Tidak ada bedanya dengan seorang Lin Dan, Lee Chong Wei ataupun Roger Federer yang juga di tengah kendala cidera mereka dan usia mereka yang menua masih lapar gelar. Masih lapar akan rekor2 baru untuk diciptakan. Mereka tidak dapat dihentikan kecuali oleh diri mereka sendiri.

    Dan di sisi lain juga, Butet, Lin Dan dkk adalah juga manusia biasa. Gelar juara memberikan mereka materi yang berlimpah. Gelar juara memberikan mereka kejayaan, nama besar, sejarah untuk dikenang dan dibanggakan baik untuk dirinya, keluarga maupun bangsanya. Manusia mana yang tidak menginginkan hal hal seperti ini?

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : chico_aura
    Sabtu, 02 September 2017 20:08:19

    Kembali kepada Butet VS Richard, saya merasa Coach Richard telah diperlakukan tidak fair disini. Keberhasilan Butet dan Owi tidak bisa dilepaskan dari kerja keras Richard. Coach Richard patut mendapat apresiasi kita semua. Hanya apresiasi yang dapat kita berikan. Karena semua gelar dan sejarah yang tercipta adalah milik seorang Butet dan Owi.

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : chico_aura
    Sabtu, 02 September 2017 20:08:56

    Tentu saja Coach Richard juga memiliki kekurangan yang terpampang nyata. Regenerasi penerus Owi/Butet yang tersendat. Namun ini satu hal yang patut kita bedakan permasalahannya dengan berlanjutnya Owi/Butet meneruskan karir mereka.

    Saya penganut paham bahwa juara sejati itu sesuatu yang di perjuangkan, direbut, bukan diberikan. Tidak ada jaminan jika Owi/Butet “berkorban” mengundurkan diri lalu karir Praveen/Deby atau yang lainnya langsung melesat. Mungkin iya, tapi mungkin juga tidak. Sama juga seperti jika Lee Chong Wei menyerahkan tahta tunggal putera Malaysia kepada Lee Zii Jia, lalu karir Zii Jia akan melesat. Demikian juga dengan Lin Dan dan Shi Yuqi.

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : chico_aura
    Sabtu, 02 September 2017 20:09:24

    Yang menjadi permasalahan disini adalah fokus Richard pada pasangan Owi/Butet dan juga Ucok/Deby, yang memang memerlukan perhatian/perlakuan khusus. Sehingga bisa dibilang mengabaikan/tidak fokus dengan para pelapisnya.

    Selama di Kudus, pemain lebih banyak berlatih hal teknis. Saya sampai kewalahan meladeni latihan mereka sehingga meminta bantuan Nova (Widianto, asisten pelatih), ucap Richard.
    Kutipan Richard diatas jelang Kejuaraan Dunia lalu menggambarkan habisnya fokus Richard hanya kepada Owi/Butet dan Ucok/Deby.

    Dan ini dipastikan akan terus berlanjut karena Owi/Butet dan Ucok/Deby memiliki target besar menanti AG 2018 tahun depan.

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : chico_aura
    Sabtu, 02 September 2017 20:10:11

    Disinilah peran Kabid Binpres Susy Susanti untuk turun tangan memecahkan persoalan ini, karena ini bukan kesalahan coach Richard semata yang memiliki kemampuan/waktu yang terbatas.

    Pemikiran saya:
    Yang paling krusial adalah Menambah atau mengganti Asisten Pelatih Ganda Campuran
    Tambah pelatih satu lagi, karena sekarang bisa dibilang Richard adalah pelatih khusus Owi/Butet dan Ucok/Deby.
    Jika tidak memungkinkan untuk menambah jatah pelatih, ganti Asisten Vita dan Nova dengan asisten pelatih yang kemampuannya mendekati pelatih utama seperti Aryono Miranat dengan Hery IP. Kandidatnya bisa Flandy, Trikus dll

    Masalah tersendatnya regenerasi ganda campuran bisa dibilang juga karena memang lemahnya kemampuan pelapis.
    Rombak squad pemain pelapis ganda campuran yang mentok dengan amunisi baru. Ini bisa diambil dari sektor ganda putra/putri. Bisa dicoba dengan memasukan Ricky Karanda dan Tiara yang permainannya kurang maksimal di tengah persaingan keras ganda putra/putrid dunia.

    Semoga Kabid Binpres Susy Susanti dapat memecahkan persoalan tersendatnya regenerasi pasangan pelapis Owi/Butet ini dan tetap menjaga kejayaan Indonesia di sektor ganda campuran dunia tanpa terputus. Semoga!

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : senaraket
    Sabtu, 02 September 2017 20:28:03

    Tugas terpenting dan terakhir Butet untuk raih emas Asian Games karena belum pernah dapat. Selebihnya jangan terlalu dipaksakan. Dubai SSF juga tapi itu nggak sepenting emas Asian Games. Butet seharusnya bisa lebih nyantai dan ikut yg SSP aja karena wajib. Owi bisa gandeng yg lain selain Glo yg sudah pernah.

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : Ikra4433
    Sabtu, 02 September 2017 22:15:44

    Dilema memang,tp sepertinya mmg Richard agak mengabaikan pemain pelapis sehingga tidak berkembang maksimal,dan hasilnya sudah nyata di SeaGames kemarin.Skuad XD hancur lebir bahkan sebelum babak SF..
    Untuk memaksimalkan dan menjaga performa 2 XD utama (0wi/butet dan praven/debby) ada baiknya mmg pelapis ditangani khusus oleh pelatih lain,kemarin di SG didampingin oleh vita..
    Terlepas dr agak terabaikannya tim pelapis,semuanya kembali lagi ke pemain itu sendiri,sejauh mana mereka berusaha dan mengejar ketertinggalan mereka dgn 2 pasangan senior tersebut..motivasi dan tekad mereka seharusnya lebih tinggi ingin menyamai prestasi yg ditorehkan owi/butet dan praven/debby yg sdh meraih gelar AE..tp kalau melihat penampilan mereka (shela,glow,annisa,edi,hafiz,alfian,melati) sepertinya tidak terlihat tekad dan mental juara,tidak ada semangat dan ambisi juara seperti yg ditunjukkan oleh owi&butet..mereka hanya sebatas bermain,kalau kalah ya sudah mau gimana lagi,sudah berusaha..begitu saja

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : WaHyOe
    Sabtu, 02 September 2017 22:43:09

    Kalo menurut gw karir Richard Mainaky sebagai pelatih akan menjadi antiklimaks pada Olimpiade 2020. Besar kemungkinan bakalan OUT dari pelatnas karena gagal mempertahankan medali emas Olimpiade 2020. Nominasi terkuat utk meraih medali emas Olimpiade 2020 ada di pundak Zheng Siwei/Chen Qingchen, Lu Kai/Huang Yaqiong, atau Zhang Nan/Li Yinhui. THE POWER OF ZHANG JUN 👏

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Sabtu, 02 September 2017 23:38:06

    Ricat aja ngaku klo angkatan melati cs sedikit diabaikan semenjak persiapan OG.

    Mampu gak besok melati cs yg dia abaikan bisa paling tidak juara SS SSP?

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : Johantjun
    Minggu, 03 September 2017 00:41:36

    Coba itu Praveen kasih ke butet ditraining butet biar erorrnya berkurang..

    Trus itu Debby sebenernya masih akan lama di pelatnas atau bakal pensiun dlm waktu dekat??

    Cuma deby yg skill dan daya juangnya mendekati butet. Masihkah deby di pelatnas sampe 2020??

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : runeback
    Minggu, 03 September 2017 08:48:11

    hapus aja pelatih XD yg bikin gak bs lintas sektor kan sektor ini.

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Minggu, 03 September 2017 08:55:20

    OOT dikejuaraan india junior tim kita ada 3 slot di final

    Sama dgn seniornya, andalan msh di ganda

    Msh belum ada bibit bagus di MS dan WS

    Thailand, india dan jepang seperti para seniornya bagus di single

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Minggu, 03 September 2017 09:25:52

    pelatih XD kan gak cuma 1 ya.. ada asisten juga..
    di MD pelapis jalan cukup baik, karena aryono mampu mengimbangi herry ip..

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : beko
    Minggu, 03 September 2017 09:37:08

    Nice thread @chico_aura

    Negative thinking ke richard ya apalagi kalo bukan regenerasi yg mandek, bayangin aja bintang junior indo semua ke ganda campuran: edi, alfian, shella, melati, glo. Tapi udah dipegang doi malah melempem semua.

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : ttebayo
    Minggu, 03 September 2017 11:15:35

    Ganda putra performanya di kejuaraan besar juga nggak bagus, di Olimpiade Rio untuk pertama kalinya nggak lolos ke perempat final dan di SEA Games gagal memenuhi target emas di perorangan bahkan nggak ada yang ke final. Jadi sektor ganda putra yang biasanya jadi andalan juga perlu jadi perhatian. Buat yang bilang pelapis ganda putra berjalan cukup baik, nggak juga ya, buktinya di SEA Games, bahkan di pratama sampai sekarang nggak ada yang menonjol.

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : ttebayo
    Minggu, 03 September 2017 11:21:10

    Edi ini juara asia junior ganda putra, sayang banget nggak dirangkap ganda putra dari dulu, terlalu lama ngehabisin waktu jadi pemain mentok di ganda campuran.

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : qlal
    Minggu, 03 September 2017 11:30:00

    Ya betul setidaknya ditambah minimal 1 orng lagi pelatih dgn kredibilitas setara dgn pelatih utama... Flandy misalnya.
    Ricky Karanda coba dipasangin dgn Gloria... Begitu pun Dilain kesempatan Gloria dicoba jg dgn Ronald utk tau formasi mana yg lebih bagus Ronald/Anisa atau Ronal/Gloria... Soalnya ketika QF NZL GPG ketika Ronald/Anisa vs Edy/Gloria, saya liat Gloria lebih baik dari Anisa. Dan klo boleh sekalian dirangkapin satu paket mereka Ronald/Ricky dan Glora/Anisa. Utk melatih mereka ketika rangkap MD/WD cukup dari pelatih XD tu aja kecuali ketika sparing dgn MD pelatnas. Teringat dgn WD Sea Games Hana/Dinar dan Minarti yg tetap duduk di kursi coach

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Minggu, 03 September 2017 15:18:27

    @ttebayo : kalo dibanding XD, jelas MD masih lebih baik LAH di sea games (1 perunggu).. Lagian hasil di level SS/SSP/GP/GPG, MD pelapis juga unggul jauh dr XDpelapis..
    .
    .
    saya memandang sea games 2017 agak berbeda, karena thailand mengirimkan semua pemain utama dan sarat pengalaman mereka di sektor XD dan MD..
    .
    .
    sementara di 2015 kita diperkuat angga pratama dan debby susanto yg sebelumnya sudah sarat pengalaman dan mondar mandir di 10 besar dunia..

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : kingbaka
    Minggu, 03 September 2017 22:16:53

    Kegagalan di SEA games 2017 juga tidak luput dari faktor non teknis, sih cideranya Rosyta di babak SF beregu tentunya mempengaruhi pikiran pemain Indonesia untuk bermain sangat hati-hati. Apalagi ditambah dengan cidera Edi di R1 individu kemungkinan juga mempengaruhi pikiran Hafiz/Shela pada saat bermain di babak R2 yang kelihatan kurang perlawanan.

    Sekarang nasib Gloria menunggu Edi pulih cidera bakalan gimana yah. Bakalan off dr lapangan beberapa saat dimana harus terpaksa WDN dari Korea SS dan Japan SS bulan ini. Bakalan dipasang sama siapa? Pindah ke WD bareng Ketut yang pasanganya sama2 cidera? Atau ambil cowok MD? Sementara utk XD yang lain sedang dalam perombakan. Kita lihat minggu ini ada pasangan baru Alfian/Melati di Vietnam GP. Selain itu Ronald/Annisa dan Yanthoni/Marsheilla juga turut andil disini. Dari non pelatnas, ada Riky/Masita juga. Semoga mendapat hasil yang bagus karna CHN dan KOR tidak turun lapangan kali ini.

  • Re: Butet VS Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : WaHyOe
    Senin, 04 September 2017 08:11:10

    @kingbaka penampilan Hafsel bukan karena takut cedera emg udh full kemampuannya segitu ajah. Suka atau tidak suka regenerasi sektor xd udh di lampaui oleh Thailand dan Malaysia bentar lagi juga bakalan di lampaui oleh Singapura dan Vietnam. Utk turnamen Vietnam GP 2017 wajib minimal dapat 3 gelar Juara dari sektor ganda campuran (Ronald/Annisa, Alfian/Melati, Yanthoni/Gischa), ganda putri (Della/Rizki, Tiara/Nisak, Anggia/Yulfira) dan ganda putra (Ahsan/Rian Agung, Wahyu/Ade). Kebangetan utk sektor ganda campuran atau ganda putri kalo tidak bisa dapat gelar karena semua lawan2nya di bawah kemampuan mereka. Semoga Hanna, Dinar, Ihsan, Firman, dan Panji bisa dapat gelar Juara meskipun persaingan merata pada sektor ini.

  • Re: Butet vs Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : chico_aura
    Senin, 04 September 2017 12:05:24

    Gw pikir flandy limpele juga akan bagus. Tp kalo ngga salah dia ngelatih di jepang. Alternatif lainnya trikus.....

    Ricky Karanda pemain bagus tapi sayang gw rasa permainannya ngga maksimal di ganda putra.
    Mustinya bisa dicoba di ganda campuran utk menemukan permainan terbaiknya apakah memang di ganda putra apa siapa tau moncer di ganda campuran.
    Kalo dibandingin sama praveen aja mah gw rasa ricky ngga kalah.

    Tp sekali lg ini masalah lintas sektor/koordinasi yang semustinya dibawah kabid binpres Susy Susanti.
    Yang entah kenapa kayanya sulit sekali di PBSI ini untuk bisa lintas sektor....


    ===============

    Oleh : qlalMinggu, 03 September 2017 11:30:00
    Ya betul setidaknya ditambah minimal 1 orng lagi pelatih dgn kredibilitas setara dgn pelatih utama... Flandy misalnya.
    Ricky Karanda coba dipasangin dgn Gloria... Begitu pun Dilain kesempatan Gloria dicoba jg dgn Ronald utk tau formasi mana yg lebih bagus Ronald/Anisa atau Ronal/Gloria... Soalnya ketika QF NZL GPG ketika Ronald/Anisa vs Edy/Gloria, saya liat Gloria lebih baik dari Anisa. Dan klo boleh sekalian dirangkapin satu paket mereka Ronald/Ricky dan Glora/Anisa. Utk melatih mereka ketika rangkap MD/WD cukup dari pelatih XD tu aja kecuali ketika sparing dgn MD pelatnas. Teringat dgn WD Sea Games Hana/Dinar dan Minarti yg tetap duduk di kursi coach

  • Re: Butet vs Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : chico_aura
    Senin, 04 September 2017 12:08:57

    Kadang gw suka waswas/prihatin sama pemain Indonesia yang kena cidera tapi terus maksa untuk bertanding......
    Yang akhirnya malah cideranya berkepanjangan.....

    Seperti Butet di China/Hongkong taun lalu. Yang akibatnya sampe sekarang cideranya blom pulih2.....


    ------------------------------------

    Di game pertama poin 19-19, lutut saya ketarik dan membengkak. Lumayan sakit sehingga saya jadi lebih hati-hati ngelangkahnya, kurang yakin dan akhirnya banyak mati sendiri. Sementara mereka main nekat dan lebih percaya diri, kata Fadia kepada badmintonindonesia.org.

    Setelah cedera di ganda campuran, saya mencoba fokus saja saat bermain ganda putri tadi. Melupakan rasa sakit dan terus berjuang, terang Fadia.

    Beruntung saya dan Agatha tidak menemukan kesulitan berarti karena lawan kami juga banyak mati-mati sendiri, lanjutnya.


    Besok main lepas saja, rasa sakitnya nggak boleh dirasa. Kalau sudah di lapangan tidak ada yang tidak mungkin, ujar Fadia.

  • Re: Butet vs Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : Johantjun
    Senin, 04 September 2017 14:00:34

    Tdk ada pengaruhnya kegagalan sea games dgn cidera rosyita.. kalopun dia fit jg tdk akan mampu bersaing dengan putisap dan jongkoraw. Kecuali rosyita masih sama della yg sudah lebih padu mungkin ada harapan

    Kegagalan Sea jelas karena salah kirim pemain.. tdk melihat kekuatan lawan yg tampil penuh harusnya diantisipasi memasukan jg Angrick dan Pradeb di team sea games

  • Re: Butet vs Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : Johantjun
    Senin, 04 September 2017 14:01:36

    Ricky karanda disuruh main xd??

    Lha trus yg jadi penggebuknya sapa?? Wkwkwk

  • Re: Butet vs Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : abc123
    Senin, 04 September 2017 14:44:32

    iyeee gue stuju Trikus..
    Trikus ini pemain safe indonesia...
    gak dahsyat2 amat smashnya kayak zhang jun tapi lumayan bersih mainnya....
    defensenya juga ok...

    mungkin ini yg diperlukan pemain indoensia

  • Re: Butet vs Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : dennu98
    Senin, 04 September 2017 18:27:51

    Trikus bukan pemain safe
    Dia suka tricky ala ala dia sigit
    Sigit 10 trikus 7-8 lah

  • Ganda Putri Tidak Semudah Ganda Putra/Campuran
    Oleh : chico_aura
    Selasa, 05 September 2017 08:13:58

    Harapan saya melakukan pergantian pasangan ialah mencari hasil yang lebih baik, ucap Eng Hian kepada JUARA.net melalui sambungan telepon, Senin (4/9/2017).

    Harus saya akui, menggali potensi dari nomor ganda putri tidak semudah nomor ganda putra atau ganda campuran, kata pelatih yang akrab disapa Koh Didi ini.

    Percobaan ini hanya akan sampai akhir tahun. Saya akan mencoba pada 3-4 turnamen, tutur Eng Hian.

    Namun, kalau dari 1-2 turnamen hasilnya sudah jeblok, tentu ada pertimbangan lain, ucap Eng Hian lagi.

    Meski mengirim barisan pasangan baru ke turnamen level Grand Prix (GP) tersebut, Eng Hian mengaku tetap memberi target kepada ketiga wakil itu.

    Tetap ada target untuk mereka, ucap Eng Hian kepada JUARA.net melalui sambungan telepon, Senin (4/9/2017).

    Della/Rizki di sini memang menjadi unggulan ketujuh, tetapi secara individual mereka punya potensi. Untuk mereka, targetnya harus masuk final, kata Eng Hian lagi.

    Berbeda dengan Della/Rizki yang diberi target tinggi, duet senior-junior Nisak Puji Lestari/Tiara Rosalia Nuraidah cuma dipatok menembus semifinal.

    Sementara itu, tandem senior-junior lain, Anggia Shitta Awanda/Yulfira Barkah, belum diberi target spesifik meski mereka menjadi unggulan kedelapan.

    Untuk Anggia/Yulfira, saya masih harus melihat progress mereka, mulai dari penampilan, hasil latihan, usaha, dan mental bertandingnya di lapangan, tutur Eng Hian.

  • Re: Butet vs Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : abc123
    Selasa, 05 September 2017 08:31:57

    iya trikus tricky tapi gak eror kayak XD indnesia sekrg ini..

  • Re: Butet vs Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Selasa, 05 September 2017 08:33:38

    ngakak online sma yg masih berharap della rosita. wkwkwkw ngakak kak .

  • Re: Butet vs Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : senaraket
    Selasa, 05 September 2017 16:17:28

    Della Rizki dikasih target tinggi sebagai peringatan juga. WD kadang ribet bgt di nonteknis.

  • Re: Butet vs Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : WaHyOe
    Selasa, 05 September 2017 21:14:57

    Secara logika wajib hukumnya ganda putri terjadi ALL INDONESIAN FINAL sebab level permainan Della, Rizky, Tiara, dan Anggia yang sudah bukan lagi di kelas grand prix karena udh wara wiri di turnamen kelas super series walaupun keseringan jadi penghias draw R1/R2 ajah. Justru kalo bisa tiga wakil wajib masuk Semifinal Della/Rizky, Tiara/Nisak, dan Anggia/Yulfira. Jangan mau kalah sama Junior kalian lainnya Fadia/Agatha yang sejauh ini konsisten hingga babak akhir turnamen entah itu Semifinal ataupun Final.

  • Re: Butet vs Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : Izoel
    Selasa, 05 September 2017 22:09:35

    Capek ah ngomongin yg berhubungan ama icad, lol

  • Re: Butet vs Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : WaHyOe
    Rabu, 06 September 2017 07:26:05

    Semoga jadi nge-hitz sebutan yang gw sematkan ke Yulfira/Anggia (BakWan) dan Tiara/Nisak (TiPu). Klo Della/Rizky emg udh biasa di panggil DeRiz.

  • Re: Butet vs Richard dan Problema Team XD Indonesia
    Oleh : dennu98
    Rabu, 06 September 2017 08:49:12

    ?

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Audisi Umum Bulutangkis




Japan Open Superseries 2017

Seeded Entries
Players
Draws
Matches
Visual LiveScore
Website

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru