Forum > Kejuaraan Internasional

Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia

Senin, 06 Agustus 2018 13:56:42
1993 klik -- 26 respon
Oleh : Meichan
Versi cetak

Dimulai dari tahun Millenium yaitu tahun 2000, China Mengokohkan diri sebagai Negara Adidaya badminton bahkan sampai awal 2017.
Memasuki tahun tahun 2017 sampai sekarang, seakan akan gelar Adidaya China ilang seperti serigala tanpa taring. Tiada yang sangka Jepang masuk sebagai negara ancaman dan mengokohkan diri untuk menggantikan China.

Ku masih ingat sekitaran tahun, 2008-2012 dimana badminton china kala itu hanya sedikit yg bisa berbicara.
Sho Sasaki, miyuki maeda/suetsuna, fujii/kakiwa atau reiko shiota

Sekarang jepang menjelma menjadi kekuatan di setiap sektor dan menjadi momok nyata pembulutangkisan dunia.

Di kejurdun kemarin hampir semua pemain indonesia di kalahkan pemain jepang loh. Dan argumen mengenai hanya beberapa pemain indonesia alergi dengan pemain jepang harus mengubah midset nya, karena mengenai kata alergi sudah bisa di gunakan untuk semua pebulutangkisan dunia.

MS : the real F4 alias K4 ( kenta, kento, kanta, kazu)
WS : Akane nozomi, sayaka sato, sayaka Takahashi , aya,
MD : Kamura/sonoda, inoue /kaneko, endo/watanabe, Hugo /hoki
WD : misaya, yuki/hirota, yonemoto /tanaka, nagahara /Matsumoto, sakuramoto/takahata, fukuman/yonao
XD : Yuta /Aria, Yugo /Misaki

Ingin Perkembangan Bulutangkis Indonesia seperti Japan.

Respon

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Senin, 06 Agustus 2018 14:45:07

    Perbaiki lagi penulisannya. Tapi kalo mau dibuat tread banyak hal yang bisa dibahas tentang Jepang sampai bisa seperti sekarang.

    Overall Jepang emang luar biasa perkembangannya, target sapu bersih di OG Tokyo kali yah. MS, WS, WD peluang raih emas cukup besar, tinggal MD dan XD.

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Senin, 06 Agustus 2018 17:42:51

    Menurutku belum bisa dikatakan sebagai kiblat baru, karena baru beberapa bulan/tahun meraih gelar bergengsi. Mgkin pr3dikat itu akan didapat setelah OG Tokyo nanti jika tim Jepang masih berkuasa. Paling tidak butuh waktu 3 sd 5 tahun berkuasa barulah dikatakan sebagai kiblat baru bulutangkis dunia. Tapi jika dibilang Jepang bangkit saya setuju.

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Senin, 06 Agustus 2018 19:06:48

    Dengan materi pemain yang berkilauan hampir di semua sektor, bukan hal sulit bagi jepang untuk merebut Piala Sudirman untuk pertama kalinya tahun depan, justru kejutan jika jepang gagal bawa Piala Sudirman

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Oleh : runeback
    Senin, 06 Agustus 2018 20:58:34

    japan masih lemah di XD, salah satu kelemahan menurut gw berpasangan harus 1 club, stok cewe udah bnyk di wd mental juaranya pun udeh bagus2, tinggal nunggu cowonyanya di MD yg di mix ke WD. modalnya udeh dapet bgt fisik badak + mental juara, tinggal butuh junior potensial yg pnya bakat alami, ama skill2 teknik dewa ala2 indonesia.

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Oleh : moemoe
    Selasa, 07 Agustus 2018 11:00:16

    Kembalinya Jepang menjadi salah satu negara adidaya bulutangkis dunia memang sangat fenomenal. Mahkota sebagai ratu bulutangkis dunia hingga awal tahun 1980/1981 yang hilang direbut China dan tergeser dari hiruk pikuk prestasi putri-putri Korea Selatan, Indonesia, dan Denmark, saat ini bisa dibilang sudah dapat direbut kembali.

    Di bagian putra lebih dasyat lagi. Tidak pernah menjadi tim yang benar-benar diakui sebagai yang terkuat di dunia di era 50 atau 60-an, kini mereka tiba-tiba menjelma menjadi monster yang menakutkan.

    Rasanya pantas saja jika Jepang menjadi rujukan bagi Indonesia, khususnya bagaimana menciptakan atlet-atlet yang tidak saja kuat secara otot, piawai di skill, namun juga cerdas dalam menghadapi segala dinamika strategi yang terjadi di lapangan.

    Indonesia adalah gudangnya pemain dengan skill tinggi. Namun, dengan kondisi di mana skill antar pemain kelas dunia saat ini nyaris setara satu sama lain, maka kecerdasan dan intelejensia menjadi kunci. Barangkali pembinaan kita sudah usang karena tidak menyentuh pengembangan kecerdasan pemain. Akibatnya hanya pemain-pemain yang dari lahir sudah dianugerahi otak yang cerdas seperti Susi, Liliana, Gresya, Tony dan segelintir lainnya yang bisa melejit dan bertahan lama. Selebihnya, harus menyerah hanya gara-gara tidak bisa berpikir pintar di lapangan ketika lawan dengan skill sepadan bahkan dengan bakat jauh di bawahnya menggunakan kecerdikan akal pikiran.

    Mudah-mudahan PB PBSI menemukan formula yang jitu dan moderen untuk mengasah kecerdasan otak pemain. Jangan hanya fokus di otot saja.

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Oleh : moemoe
    Selasa, 07 Agustus 2018 11:11:37

    Kecerdasan juga akan membangun mental pemain menjadi lebih baik. Attitude seringkali terbangun kuat berkat kecerdasan yang tinggi. Kecerdasan juga akan menjadikan atlet mampu mengembangkan diri sebagai bintang di lapangan, insan sportif yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai olimpisme, dan mengerti bagaimana mengelola diri sendiri untuk menggapai prestasi yang lebih tinggi.

    Dalam perbincangan dengan wartawan senior, saya mendengar bahwa Kevin/Marcus tidak pernah merencanakan pola khusus ketika hendak bertanding alias hantam saja di lapangan. Tanpa pola, katanya mengutip ujaran pelatih. Sekilas ia mengernyit, tapi buat saya itu adalah hal luar biasa yang membutuhkan kecerdasan tinggi dari Kevin maupun Marcus. Hingga saat ini pun, saya masih berkeyakinan dua pemain tersebut memiliki kecerdasan yang luar biasa karena harus melakukan keputusan dan pukulan strategis dalam hitungan waktu yang sangat sangat cepat. Di satu sisi, saya semakin yakin bahwa kecerdasan pemain menjadi kunci utama saat ini.

    Menajamkan kecerdasan otak atlet tentu saja bukan melulu memaksa mereka untuk sekolah. Saya yakin, pasti banyak metode-metode yang seru, moderen dan inovatif yang bisa diterapkan. Tak ada salahnya menunjuk pakar olahraga kelas dunia yang mengadopsi IPTEK untuk terlibat dalam pembinaan prestasi atlet. Saatnya berpikir out-of-the box. Jangan konvensional. Dunia berputar cepat, dinamika terus terjadi, jadi berinovasilah PBSI, terutama dalam membina serta mencetak pemain-pemain tangguh sesuai zaman.

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Selasa, 07 Agustus 2018 12:06:37

    tidak lepas juga dari beberapa nama asal Indonesia yang mendidik skill mereka dari junior club...

    Reony Mainaki & Flandy Limpele

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Rabu, 08 Agustus 2018 09:01:35

    peringkat dunia bulutangkis 1. JEPANG, 2. CINA...indonesia ngak lama lagi akan kalah kekuatan nya ama thailand...tunggal putra putri indonesia bentar lg kalah ama thailand dan malaysia( dalam hal regenerasi pemain )...sangat2 miris sekali jika kita lihat prestasi bulutangkis indonesia di masa mendatang...suatu saat indonesia bisa kalah bersaing di sea games dengan ke 2 negara jiran tsb

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Oleh : Mide
    Rabu, 08 Agustus 2018 09:45:57

    Merasa serem liat masa depan bulutangkis Indonesia 😭😭😭

    Bukan salah atlet sepenuhnya. Tapi sistem pembinaan di Indonesia yang tidak adaptif dan inovatif yang membuat bulutangkis Indonesia pudar perlahan.

    Penerapan sport science aja masih simpang siur, padahal di negara lain udah jadi hal lumrah. Fisik atlet yg apa adanya bikin bertanya2 bagaimana pembinaan fisik dan asupan gizi. Peran psikiater entah benar ada apa nggak, ngeliat pemain kita berkali kali kehilangan fokus dan ketikung di poin2 kritis.

    Jadiiiii sebelum nanya kapan atletnya berbenah, saya lebih pengen teriak ke PBSI Kapan kebobrokan sistem pembinaan kita akan dibereskan?

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Oleh : pradebb
    Rabu, 08 Agustus 2018 11:56:11

    Mengenai Indonesia,
    Sebenernya tergantung mau menilai dari hasil pencapaian yang mana sih

    Kalau mau menilai berdasarkan hasil WBC, ya ngk salah memang kalau Indonesia dinilai memprihatinkan

    Tapi kalau mau dinilai berdasarkan pencapaian sepanjang tahun 2018, indonesia enggak separah itu

    Sejauh ini, di lever super 500 ke atas, indonesia sudah mengumpulkan 11 gelar, sama banyaknya dengan jepang, sedangkan china hanya 4 gelar
    Terus mau bilang, itu gelar hanya dari Kevin/Gideon ? Enggak, memang 4 diantaranya dari Kevin/Gideon, tapi lainnya juga ada dari Ginting Hendra/Ahsan Fajar/Rian Greys/Apri Owi/Butet Hafiz/Glo, ya setidaknya itu membuktikan bahwa Indonesia juga tidak hanya mengandalkan Kevin/Gideon

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Oleh : pradebb
    Rabu, 08 Agustus 2018 11:56:33

    Tapi permasalahannya yang gue heranin juga, entah kenapa pemain2 Indonesia ini sering banget kewalahan di turnamen besar, masalah mental kah?
    Sebelum di WBC ini, Indonesia juga gagal di TC, target juara tapi kalah di SF, juara di BATC ternyata belum cukup untuk naikin kepercayaan diri, terutama dari pemain2 MS

    Di WBC, sekelas Kevin/Gideon saja yang sudah naik turun podium berkali2 masih keliatan ngk enjoy main di turnamen besar

    Ya itu, menurut gue permasalahannya ada di mental pemain, kalau mau dibandingkan dengan China, yang hanya dengan modal 4 gelar super 500 ke atas, ternyata bisa dapat 2 emas 2 perak 3 perunggu di WBC, jauh lebih baik dari Indonesia yang hanya dapat 1 perunggu

    Dan agak sedih juga sih dengan MD Indonesia, padahal dulu gelar gelar prestisius sektor ini sering banget menyumbang gelar, tapi belakangan justru sering kepleset di turnamen besar
    Dimulai dari OG16, WBC 17-18,
    Di OG16, LeeYoo Ahsan/Hendra yang diprediksi dapat emas, ternyata emasnya China yang dapet, Fu/Zhang
    Di WBC17, Kevin/Gideon yang diprediksi juara, ternyata China yang juara, Liu/Zhang
    Di WBC18, Kevin/Gideon lagi yang diprediksi juara, ternyata China lagi yang juara, Li/Liu

    Yaaa semoga di Asian Games bisa lebih baiklahhh dari WBC18 minggu lalu, setidaknya mengulangi Asian Games 14 yang cukup sukses dengan 2 emas 1 perak 1 perunggu

    Dan ngk heran juga sih kalau banyak yang menilai perbulutangkisan Indonesia memprihatinkan, karena memang orang lebih tertarik dengan kejuaraan besar macam TC, WBC, dibandingkan turnamen reguler super 100-1000

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Oleh : pradebb
    Rabu, 08 Agustus 2018 11:58:50

    Dan untuk Jepang, gue akui memang perbulutangkisannya bangkit, cuma masih agak kurang memang di sektor XD

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Oleh : moemoe
    Rabu, 08 Agustus 2018 12:03:38

    Tidak bermaksud menggosip. Salah satu mantan pemain tunggal putri peringkat teratas Indonesia pernah bercerita tentang peran psikolog dan pola pikir dia ketika bertanding. Lumayan membuat saya tertegun prihatin dan sekaligus salut.

    Psikolog di PBSI yang saya simpulkan berdasarkan obrolan santai itu fungsinya adalah lebih untuk membantu pemain lepas dari persoalan personalnya terkait dengan kebeberadaannya sebagai pemain. Bukan berperan dalam menganalisa psikologi pemain-pemain lawan yang layak untuk dianalisa. Termasuk, bukan juga membahas bagaimana menciptakan tekanan psikologis kepada lawan. Itupun, sehabis curhat, pemain dipanggil dan ditegur oleh pengurus. Jadi, psikolog dipersepsikan oleh banyak pemain sebagai pengadu. Saya prihatin.

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Rabu, 08 Agustus 2018 12:36:26

    Duh, kok gitu. Turut prihatin kalau gitu, bukannya kode etik psikolog ga boleh ngasih tau orang lain soal persoalan pasien ya? Kalau gitu ga professional tuh.


    Setahu wa psikolog yg dipakai Axelsen juga lebih utk menghadapai tekanan di dalam lapangan. Dari segi awam sebenarnya ada kondisi mental yg kasat mata banget, misalnya Shixian yg suka gigit-gigit kuku, kepercayaan diri pemain yg hilang di tengah permainan, dsb.

    Bocoran dong siapa yg dimaksud? Bella/Linda?

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Rabu, 08 Agustus 2018 12:39:23

    Ups salah, Axelsen nyebutnya mental coach, bukan psikolog.

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Rabu, 08 Agustus 2018 14:02:20

    Klu menurut gua,..emang wajar jepang dijuluki Kiblat baru,....tapi utk 4 sektor saja,.sementara sektor XD kayaknya blm bisa dikatan superior, krn masih minim stok walaupun sering memberikan kejutan terutama pasangan yuta/arisha dlm thn ini, mungkin kedepan bisa jadi sektor ini yg akan di benahi jepang utk menjadikan mereka komplit disemua sektor,..
    untuk MS ------bayangkan klu Kento Momota tidak kena sanksi dr thn 2015 lalu mungkin gelar2 prestisiusnya bisa mengalahkan kegid di no MD dengan meraih gelar berturut2, krn mental, kesabaran , ketahanan fisik semua dimiliki kento momota
    WS ------nozomi dan akane paling sering mendapat gelar bergantian,..dan menjadi ancaman sendiri buat WS TOP 10,,...
    MD-----Jepang 2x mempecundangi Kegid di Dubai dan skrg di Kejurdun, bukti MD jepang sangat diperhitungkan,..MD jepang lain masih blm stabil tapi lumayan sering bikin kejutan, dulu ada pasangan endo/hayakawa zaman Ahend paling banyak gelar runner up nya,..
    untuk sektor WD saat ini memang jepanglah yang PALING MENONJOL DIANTARA WD kelas dunia lainnya,.....dan mungkin acuan nya no WD inilah menjadikan Jepang menjadi monster paling menakutkan spt zamnnya Yuyang/Xiaoli ,..
    Kalau utk XD baru bisa mengandalkan Yuta/arisha,......
    WASPADALAH JEPANG MENJELMA MENJADI NEGARA ADI DAYA DI CABANG BULUTANGKIS,.......dan akan menjadi ancaman di Utama di AG Jkt-PLG agust 2018, disamping china, Thailand, danKorea, serta Taipei,....semoga PBSI tidak lengah dalam ,...menurunkan atlitnya utk menjadikan Indonesia menjadi Juara umum cab. bultang yg sangat sangat berat

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Oleh : admin
    Rabu, 08 Agustus 2018 16:01:16

    Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Link:
    http://bulutangkis.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=2&artid=105828

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Oleh : nippon
    Kamis, 09 Agustus 2018 06:40:29

    Lebay lah beel yg bilang serem masa depan bulutangkis Indonesia.
    Dasarnya apa gitu lho kok bilang gitu.
    Saat ini menurut gua bulutangkis Indonesia masih di jln yg bener lah, walaupun nggk sefenomenal Jepang.
    Kita punya aset bagus semisal, juara dunia junior jorji dan rinov pita. Juara Asia junior rehan Siti dan ribka Febri.
    Saya kira Indonesia ada bibit2 baguslah yg siap menyongsong masa depan cerah.

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Oleh : Runeback
    Kamis, 09 Agustus 2018 07:08:11

    hasil sc, sea games, Thomas cup, WBC, ya liat aja nanti hasil Asian games, apakah blangsak LG, kpn mw berubahnya, bs2 OG zonk ini mah.
    Juara junior gak jaminan bs bersaing di level senior udah bnyk contohnya junior potensial yg PD dapet medali salah asuh di pelatnas akhirnya degradasi.

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Oleh : Senaraket
    Kamis, 09 Agustus 2018 10:38:48

    Baca-baca tweet @badminton_japan baru tahu jika klub di Jepang itu pelatihannya berdasar gender. Cuma sedikit klub yg lengkap putra putri (seperti Unisys, klub misaki ayaka yuta endo) tapi itu pun latihannya tetap dipisah antara putra & putri. Klub khusus putri banyak, nggak heran ws wd berlapis-lapis. Klub Tonami tematnya Kamsod cuma punya 1 pemain putri: Aya Ohori.

    XD bukan nomor prioritas karena hal tersebut. Jika XD beda klub, latihannya dua minggu sebelum turnamen. WD Jepang naik banget selain China lagi menurun, Korea juga menurun. Ditambah Tante Denmark rehat panjang. Jika sudah balik lagi, yakin lebih ramai. Ganda Jepang susah dirombak selain karena harus satu klub juga, biasanya nunggu ada pensiun/cedera parah

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Kamis, 09 Agustus 2018 11:42:00

    Kadang, karena ingin ngasih tau kalau Indonesia sudah harus waspada penilaian pun jd ga berimbang, serba dilebih-lebihkan kemajuan negara lain, dalam hal ini Thailand, wk.

    Junior Thailand mmg ada satu yg bisa dikatakan istimewa, tp kalau dibandingkan dg Indonesia di sektor yang sama (tunggal putra) justru kita yg sering keroyokan minimal untuk smp QF, biasanya sih tiga orang, tp kmrn di AJC ada nama-nama tambahan, sebaliknya utk Thailand jarang dengar nama lain selain Kunlavut itu. Selain itu, pemain junior skg bbrp sudah nampak versatile, disandingkan dg siapa aja ok, Fadia, Pram, Daffa, Ribka, dll. Jangan lupa, WJC 2017, AJC 2018, kita selalu menang lawan Thailand. Junior yg bagus saat ini justru dr China & Malaysia.

    Di level pratama (lepas junior, tp masih belum masuk senior lvl tinggi) mmg cukup mengkhawatirkan, MS lesu padahal ada modal, WS jarang turun turnamen, MD baru ada dua nama. Tapi di level ini sebenernya yang kelihatan galak baru China, itu juga sudah berani masuk level atas (He, Tan, Du, Li, Cao, Ou, dkk). Jepang di turnamen level rendah selain WD & Sayaka yg usianya sudah senior (ibaratnya ya spt WahDe/Bento yg ga bs naik level dan akhirnya mondok terus di level rendah), ya masih biasa-biasa aja sebenernya, masih banyak diisi pemain usia senior.

    Jadi enggaklah kalau Indonesia dikata udah ini itu, tapi untuk bersiap ya memang harus, melihat sudah ada negara yg regenerasinya bagus (China), dan progressnya bagus (Jepang), Indonesia jangan serba lambat, ini yang mengkhawatirkan, bahkan ada statement negara ini aja membentuk kekuatan perlu 50 tahun~ duh, ga visioner blas, cenderung sante

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Kamis, 09 Agustus 2018 12:05:56

    Ngomong2 tournament besar, emang mental pemain indonesia skrg msh kurang di kejuaraan2 besar...dalam 10 tahun terakhir tiap kejuaraan major jg indonesia bergantungnya sama butet lagi hendra lagi, tanpa mereka indonesia blm bs mengibarkan bendera merah putih di tempat tertinggi lagi. paling sekali greysia/nitya yg membuat kejutan di asian games 2014, tp selain itu hendra lagi butet lagi. kenapa ya pemain2 skrg keliatan mentalnya tidak sekuat mereka di tournament besar ? dulu butet di usia 20 saja main di kejuaraan dunia ga keliatan nervous sama sekali, begitupun hendra...sekarang keliatan pemain seperti kevin dengan bolak balik naik podium aja mentalnya keliatan goyang di kejuaraan besar, tidak bs menampilkan penampilan terbaiknya.

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Oleh : Senaraket
    Kamis, 09 Agustus 2018 12:10:44

    Jepang juga banyak kok yg tenggelem setelah AJC WJC. Nami Matsuyama juara WJC beruntung sudah balik lagi, Sayaka Hobara tenggelem. Junior Jepang juga belum berbicara banyak begitu pun saat masa transisi. Jepang termasuk kaku jadi yg junior susah naik. Yg ganda ya jarang bgt dpt bimbingan senior kecuali dibongkar permanen dan ini nggak masuk Timnas.

    Thailand jeleknya itu terlalu banyak ngirim pemain ke turnamen dan rentan cedera (kambuh). Indonesia memang harus lebih luwes: rangkap, utama/pratama, ada psikolog, pelatih fisik yg oke

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Oleh : admin
    Kamis, 09 Agustus 2018 12:11:13

    Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia (Bagian 2)

    Link:
    http://bulutangkis.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=2&artid=105834

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Kamis, 09 Agustus 2018 13:28:56

    Satu hal yang wa suka dr junior sekarang, nyalinya bagus, bahkan kalau boleh jujur lebih suka Agatha/Fadia/Rehan pas lawan senior dibanding pas mrk ngelawan Liu XuanXuan and the gank, ha ha ha. Kemarin di IO Virni/Jauza juga impresif, meskipun kalah kelas tp ga ada kecing alias kecil hati blas, lawan salah satu WD terbaik loh. Belum lagi Ribka, ini pede banget anaknya.

  • Re: Jepang Sebagai Kiblat Baru Badminton Dunia
    Oleh : Mide
    Kamis, 09 Agustus 2018 16:39:49

    Suka baca komen2 di sini 💖💖💖💖
    Pemerhati bulutangkis masih banyak 😆😆😆

    Ya itu hanya ketakutan saya pribadi sih. Tapi suka gak suka ya memang permasalahan PBSI dan atlet masih berkutat di tempat yg sama: fisik, psikologis, sistem pembinaan

    Ya semoga PBSI cepat berbenah dan nggak lengah lagi. Masa iya sih kita harus tenggelam 50 tahun dulu baru jaya lagi 😂😂😂

    Terkait mental atlet2 junior sekarang emang saya akui lebih gahar di lapangan. Sejauh yg saya liat itu ada Siti, Agatha, Ribka, Putri KW, Rehan, Daffa, Ana

    Semoga modal mental yg udah bagus ini diiringi dengan fisik dan teknik yg mumpuni sehingga mereka sudah siap jadi ujung tombak Indonesia dalam waktu dekat

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Audisi Umum PB Djarum




Vietnam Open 2018

Seeded Entries
Players
Draws
Matches
Live Score

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru