Forum > Pelatih Bulutangkis

Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas

Jumat, 15 Maret 2019 16:24:35
1660 klik -- 23 respon
Oleh : ngistora
Versi cetak

Lama merantau di Negeri Sakura, Rionny Frederik Lambertus Mainaky akhirnya kembali pulang ke Tanah Air. Menariknya, kepulangan Rionny yang pernah dipastikan pulang saat ''Sang Adik'' Rexy Reonald Mainaky menempati posisi Kabid Binpres PP PBSI tahun 2012-2016 masa kepengurusan Gita Wirjawan.

Seiring pergantian kepengurusan, Rexy digantikan Susy Susanti mengisi pos yang sama di masa kepengurusan PBSI tahun 2016-2020 yang dinakodai Wiranto, kabar kembalinya Rionny tak lagi terdengar. Walau penggemar bulutangkis di Tanah Air masih banyak yang berharap Rionny bisa ditarik mengisi pos kepelatihan di Pelatnas PBSI Cipayung.

Rupanya, kabar itu akhirnya tak lagi cuma sebatas impian. Setelah dua tahun di pos Kabid Binpres, Susy pun akhirnya menarik Rionny sebagai pelatih utama tunggal putri Pelatnas Cipayung.

“Sudah diputuskan Rionny Mainaky menjadi pelatih utama tunggal putri. Resminya mulai melatih tanggal 1 April. Tapi di akhir bulan Maret ini, Rionny sudah ada di Cipayung,” kata Susy, dalam obrol-obrol yang kami lansir dari situs resmi PBSI siang tadi (Jumat, 15/3).

Mengisi posisi kepala pelatih tunggal putri, Rionny bertugas didampingi oleh Minarti Timur sebagai asisten pelatih utama sektor ini dan Herli Djaenudin, pelatih atlet pratama.

Respon

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : ngistora
    Jumat, 15 Maret 2019 16:25:20

    Lebih jauh disebutkan Susy, pasangan medali emas Olimpade Barcelona 1992 bersama Alan Budikusuma, yang juga meraih suami tercinta, bahwa pemanggilan pelatih PBSI sendiri sebelumnya sudah dilakukan sejak awal tahun, pada bulan Januari. Namun nama Rionny baru diumumkan sekarang, karena menunggu kontraknya dengan Jepang selesai. Susy mengatakan tak ingin mengganggu komitmen Rionny dengan Jepang yang baru berakhir setelah All England 2019 pekan lalu.

    “Kami mau saling jaga. Dengan dia masih terikat kontrak dengan Jepang, kami tidak mau mengganggu. Kami ada kode etik juga. Kami tidak mau kontrak Rionny dengan Jepang kemarin, terganggu di tengah jalan. Kami dari PBSI dan Rionny juga sepakat hubungan kami dengan Jepang kedepannya akan tetap baik,” ungkap Susy.

    Proses pencarian dan pendekatan calon pelatih utama tunggal putri sudah terjadi sejak tahun lalu. Susy mengatakan, ia cukup selektif dalam mencari sosok yang tepat untuk menggembleng Gregoria Mariska Tunjung cs. Sebelumnya Susy dan tim PBSI sudah mengantongi beberapa nama pelatih. Namun dengan berbagai pertimbangan dan kebutuhan, nama Rionny akhirnya diputuskan untuk mengisi posisi pelatih utama tunggal putri.

    “Jadi memang dari tahun lalu kami mencari-cari orang yang tepat. Sebenarnya ada banyak sekali calonnya, ada yang mengajukan diri, ada yang kami pantau juga. Tapi kami kan juga mencari yang sesuai dengan kebutuhan. Kami tidak menutup mata kalau putri-putri Jepang saat ini bagus-bagus dan kuat. Sementara tunggal putri kami memang paling ketinggalan dibanding sektor lain. Kami mau menciptakan yang terbaik seperti di Jepang. Kami melihat karakter, tekad, semangat dari atlet-atlet Jepang. Ternyata kan ada pelatih Indonesia di sana, Rionny Mainaky. Kami lakukan pendekatan dan akhirnya beliau setuju,” jelas Susy.

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : ngistora
    Jumat, 15 Maret 2019 16:26:40

    “Sebelumnya sudah sempat ada beberapa nama, tapi mungkin belum sesuai, ada juga yang nggak masuk dengan kriteria kami, atau ada juga yang kontraknya belum selesai. Banyak hal. Yang kami mau ternyata belum pas, ada juga yang mengajukan diri tapi belum pas juga sama kami. Yang mengajukan diri sih ada banyak, lebih dari sepuluh. Memang mencarinya gampang-gampang susah. Kalau melatih kan bukan cuma chemistry, tapi juga kami melihat program, kebutuhan, pastinya pengalaman dan mencetak prestasi. Dari semua penilaian itu, disaring, didiskusikan, ada kesepakatan, kecocokan dan visi misi, akhirnya kami putuskan, sepertinya yang paling cocok adalah Rionny,” ungkap peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992 tersebut.

    Pengalaman Rionny yang sudah menjadi pelatih di klub dan tim nasional Jepang diharapkan mampu meningkatkan kualitas tunggal putri Indonesia. Susy juga berharap Rionny bersama pelatih tunggal tunggal putri lainnya bisa saling bersinergi.

    “Background Rionny yang lama di Jepang kan sudah paham mengenai karakter dan kebiasaan atlet sana. Lalu juga untuk penanganan dia juga untuk semua lini. Sebelumnya di klub Jepang sudah memegang ganda campuran, tunggal putri, tunggal putra. Saya pikir dia bisa combine untuk melatih di sini. Kebutuhan kami saat ini semuanya ada di Rionny. Dan dia mau pulang (ke Indonesia) juga. Pas juga kontrak dia selesai. Bukan suatu kebetulan, tapi saya pikir memang jodohnya,” sambung Susy.

    “Di sisi lain, visi misi Rionny dengan para pelatih tunggal putri Indonesia saat ini cocok. Sekarang kan tunggal putri juga menunjukkan ada kemajuan. Jadi saya mau Rionny dan Minarti menjadi satu tim yang solid,” tutup Susy. (*)

    Sumber:
    http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=106669

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : ngistora
    Jumat, 15 Maret 2019 16:30:10

    Reony Mainaky Klaim Siap Berbakti untuk Tim Bulu Tangkis Indonesia
    Mantan pelatih tim bulu tangkis Jepang, Reony Mainaky dikabarkan resmi menjadi pelatih bulu tangkis Indonesia, terutama di sektor tunggal putri. Seperti diketahui, tunggal putri Indonesia tak punya pelatih utama sejak setahun lalu.

    Reony sendiri mendeklarasikan kalau ia sangat siap berbakti untuk bulu tangkis Indonesia. “Pastilah saya bersedia kalau untuk Indonesia. Saya siap berjuang dan berbakti untuk Indonesia. Saya ingin balik ke Indonesia. Pulang tanah air beta.”

    Sebelum ia diresmikan hari ini, Reony pernah paparkan kelemahan bulu tangkis Indonesia terutama di sektor tunggal putri yang memble sejak lama.

    “Kalau yang saya pantau saat ini, persoalan tunggal putri Indonesia lebih cenderung ke stamina daya tahan dan daya juang. Saya melihat daya juang tunggal putri Indonesia belum maksimal,” lanjutnya.

    Reony sendiri adalah pelatih ganda campuran Indonesia, Richard Mainaky dan ia sempat berkarier di tim Jepang dan klub bulu tangkis Jepang sejak tahun 2010 silam. Tak mengherankan jika bulu tangkis Jepang melaju pesat dalam satu dekade terakhir ini di level dunia.

    Sumber :
    https://www.foxsports.co.id/bulu-tangkis/89903/reony-mainaky-klaim-siap-berbakti-untuk-tim-bulu-tangkis-indonesia/amp/

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : ngistora
    Jumat, 15 Maret 2019 16:31:06

    Congrats Rionny!

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : Ginkev
    Jumat, 15 Maret 2019 16:43:08

    sy maunya pelatih bulutangkis di setiap sektor
    1. MS : Taufik hidayat, marleve mainaky
    2. WS :Reony Mainaky, Hendrawan
    3. MD : Herry IP, Markis kido
    4. WD : Liliyana natsir, Tony gunawan
    5. XD : Richard Mainaky, Nova widianto.

    Yg pelatih ga disebutin di atas, smoga dilenyapkan dr pelatnas.

    Yg sy ajukan pelatih di atas udh sesuai pelatih setiap sektor ada yg kalemn galak. Biar pemainnya tau diri n kapok.
    Wassalam

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : blidot
    Jumat, 15 Maret 2019 17:02:58

    bro Ginkey,
    jika tidak lupa, dlm satu wawancara TH pernah nyebutin atlet sukses belum tentu sukses jg jd pelatih, dan dia menyebutkan dirinya gak cocok sbg pelatih. #cmiiw
    marleve mainaky pernah mendapat kesempatan di pelatnas, belum ada hasilnya

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : kopipanas
    Jumat, 15 Maret 2019 17:12:27

    lebih dr 10 ya yg mengajukan
    tp ga pas ma ibu susi dan tim
    termasuk om mulyo ya ?

    harus yg pas
    untuk percaya

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : iyap
    Jumat, 15 Maret 2019 17:18:50

    Semoga dengan kehadiran om Rionny WS jadi makin disiplin dan Ulet seperti atlet² Japan.

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : admin
    Jumat, 15 Maret 2019 17:26:18

    Selamat ya buat bung Rionny Mainaky.

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : rudal
    Jumat, 15 Maret 2019 18:29:25

    yakin aryono miranat mau dilenyapkan ? jelas2 salah satu pelatih top jg. selalu suka arahan2nya pas interval, beda gaya ngomong sama herry ip tapi sama2 detail di setiap analisisnya.

    btw, selamat buat bung rionny...semoga bisa membawa WS indonesia ke arah yg lebih baik.

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Jumat, 15 Maret 2019 19:41:57

    Kapan pelatih tunggal putra ditukar? Semua MS Indonesia semua udah stagnan. Masih dibiarkan? Semua pemain MS di Lingshui China Masters 2019 kalah di R1 dan R2. Tiada yang menang untuk main di QF hari ini walaupun cuma Tour 100. Jadi MS Indonesia harus main level apa untuk menang? Main Tour level 10 kah? Takkan Bu Susy tidak nampak MS Indonesia stagnan dan masih enggan tukar pelatih?

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : Ginkev
    Jumat, 15 Maret 2019 20:47:52

    Hmm, bukannya dia pelatih yg mendampingi ratu MKY dpt medali perunggu olimpiade bukan??🤔
    Cba deh liat betapa pintarnya marleve membawa MKY yg ga di anggap jd bs ciamik permainannya atas tuntunan bung marleve..wkt itu MKY rangking 30an tp bs dia menghempaskan lu lan smpe berdarah2 n lu lan nangis dipermalukan..

    Adakah pelatih kyk si marleve itu bs menghantarkan MKY ke puncak tertinggi.
    Smtra skrg pemain INA kyk WS, WD bahkan MS rangking aj yg tinggi tp klo kejuaraan2 besar kehilangan nyali smua. U know..


    Oleh : blidotJumat, 15 Maret 2019 17:02:58
    bro Ginkey,
    jika tidak lupa, dlm satu wawancara TH pernah nyebutin atlet sukses belum tentu sukses jg jd pelatih, dan dia menyebutkan dirinya gak cocok sbg pelatih. #cmiiw
    marleve mainaky pernah mendapat kesempatan di pelatnas, belum ada hasilnya

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : iyap
    Jumat, 15 Maret 2019 20:53:33

    Sepertinya kakak BL baru ya ada kerana euforia AG kah?
    Pelatih MKY saat meraih Bronze itu Abang Iparnya Kokoh Hendra Setiawan bukan Marleve😂 sebelum mencaci, menghina dan menghakimi atlet/pelatih kita sebaiknya cari fakta dulu.

    =======

    Oleh : GinkevJumat, 15 Maret 2019 20:47:52
    Hmm, bukannya dia pelatih yg mendampingi ratu MKY dpt medali perunggu olimpiade bukan??🤔
    Cba deh liat betapa pintarnya marleve membawa MKY yg ga di anggap jd bs ciamik permainannya atas tuntunan bung marleve..wkt itu MKY rangking 30an tp bs dia menghempaskan lu lan smpe berdarah2 n lu lan nangis dipermalukan..

    Adakah pelatih kyk si marleve itu bs menghantarkan MKY ke puncak tertinggi.
    Smtra skrg pemain INA kyk WS, WD bahkan MS rangking aj yg tinggi tp klo kejuaraan2 besar kehilangan nyali smua. U know..

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : Johantjun
    Sabtu, 16 Maret 2019 00:31:05

    Diih iyap smeshnya kenceng amat 😄

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : Johantjun
    Sabtu, 16 Maret 2019 00:43:11

    Gak yakin sih Riony bisa mengangkat Ws kita..
    Ngelatih MD jepang jg belum ada yg wow bgt
    Apalagi Ws yg tentu kudu adaptasi lg dari awal
    Kalo ngambil Park jo bong atau pelatih tim putri jepang baru dah ada harapan lebih buat Ws kita..

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : senaraket
    Sabtu, 16 Maret 2019 02:46:13

    Semua perlu proses yg penting tim kepelatihan WS udah lengkap.

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : mide
    Sabtu, 16 Maret 2019 12:54:08

    Selamat datang Om Riony 🎉🎉🎉
    Biarkan beliau berusaha dan mencoba dulu. Beliau menyanggupi dan berkomitmen akan mengusahakan yg terbaik. Saya sebagai BL sih tetap support penuh. Yg terpenting, semoga Om Riony, Cik Mei serta Cik Susy bisa benahi mental dan mindset nya anak2 WS supaya lebih ngotot lagi mainnya di lapangan. Kalo dari diri sendiri udah ngotot, rajin, latihan macam apapun, lawan siapapun , akan bisa mengerahkan seluruh kemampuan terbaik

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : Imeyz
    Sabtu, 16 Maret 2019 19:23:59

    Selamat datang dan selamat melatih coach. Set ekspetasi sewajarnya. Jangan harap ada perubahan yang langsung signifikan untuk WS karena semua butuh proses. step by step aja yang penting terus berubah ke arah yang lebih baik.

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : chemile
    Senin, 18 Maret 2019 15:42:11

    Merubah WS ini tidak seperti membalikkan telapak tangan. Butuh waktu dan mungkin kesiapan dari atletnya sendiri untuk menerima semua program latihan yang dilakukan. Mau pelatih sebagus apapun kalau atletnya gak mau berubah percuma juga. Park Joo Bong aja waktu di Malaysia bagus tapi atlet2nya masih kalah dari Indonesia. Dan di Jepang pun, beliau butuh waktu beberapa tahun untuk sampai pada level yang sekarang. Kalau liat dari sejarahnya, WS Indonesia itu bersinar karena mereka memang spesial, Susy spesial karena disiplinnya yang luar biasa. Mia spesial karena bakatnya yang luar biasa. Lainnya masih medioker. Kalau sekarang sebetulnya WS yang cukup spesial ada pada Gregoria Mariska. Mirip2 Mia Audina. Semoga Rionny bisa mengasahnya. Begitu pun dengan Fitriani, jika lebih disiplin dan lebih 'pintar' lagi dalam bermain, bukan tidak mungkin bisa seperti Susy Susanti.

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : chemile
    Senin, 18 Maret 2019 15:44:32

    Ruselli sebetulnya mungkin yang paling cocok dilatih oleh Rionny, karena tipikalnya mirip pemain2 Jepang, tinggal staminanya aja harus digojlok terus. Lainnya? Dulu waktu junior berharap dari Aurum, tapi sepertinya salah asuh, jadinya kayak sekarang yang gak maju2.

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : dennu98
    Senin, 18 Maret 2019 16:35:02

    MS juga skrg payah mental dan fisiknya..

    jgn sampe deh dialem jadi salah asuhan ..lagi

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : arifzai
    Senin, 18 Maret 2019 20:09:54

    Bukannya Susy sudah bilang, selalin faktor kecocokan, prestasi, calon pelatih juga tidak sedang dalam kontrak pihak lain. Mulyo Handoyo bisa jadi karena kontrak dg Singapura yg baru mulai.
    Bisa jadi, yg diperlukan juga pelatih utama mesti bisa bekerja sama dg asisten yg dirasakan susi sudah cocok seperti Minarti. Sy merasa Minarti ini punya sifat rendah hati (bhs jawa: lembah manah) dan kebesaran jiwa yg luar biasa. Sudah mengasuh WS dua tahun tapi masih mau bertahan sebagai asisten pelatih dr pelatih utama yg baru datang. Semoga ini sebagai tanda kondisi bagus khususnya untuk WS.
    Saya sendiri minimal, berharap Reony mampu membawa WS memiliki semangat dan mental seperti pemain Jepang. Karakter dasar WS Jepang bisa jadi berbeda dg WS kita baik dari faktor rata2 pendidikan mereka serta budaya kerja keras yg sudah diakui dunia sehingga setidaknya, jika ingin menangani WS Indonesia maka diperlukan usaha yg lebih keras lagi. Fitriani kalau dari berita sebelumnya terkesan orang yg penurut sehingga semoga lebih mudah diarahkan dan dibentuk karakter dan kondisi fisiknya.

  • Re: Rionny Mainaky Resmi Pelatih Utama Tunggal Putri Pelatnas
    Oleh : arifzai
    Senin, 18 Maret 2019 20:11:38

    Park Jo Bong saat ini bagaikan nyawa dari Tim Jepang. Tidak mungkin dg mudah dilepas Jepang, bahkan Park sendiri bisa jadi sudah sangat cocok dg pemain Jepang. Bukan sekedar fulus saja, tapi kenyamanan melatih belum tentu diperolehnya kalau dia menerima tawaran melatih untuk non Jepang.

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


PB Djarum 50 Tahun





TOTAL BWF Sudirman Cup 2019

Players
Draws
Team Matches
Live Score

@portalbulutangkis

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru