Forum > Atlet Bulutangkis

Tontowi Pamit

Senin, 18 Mei 2020 23:24:40
3845 klik -- 23 respon
Oleh : ngistora
Versi cetak

Putuskan Pensiun, Tontowi Ahmad Pamit

Kabar mengejutkan datang dari Tontowi Ahmad yang menyatakan gantung raket atau pensiun dari dunia bulutangkis. Senin (18/5), pebulutangkis ganda campuran peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 ini secara resmi telah mengumumkan hal tersebut dan menyampaikan surat pengunduran dirinya kepada Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Pagi tadi, Tontowi juga berpamitan di akun Instagram pribadinya, @tontowiahmad_.
“Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk sesuatu yang saya tekuni lebih dari setengah umur saya. Yang membuat hidupku menjadi lebih berwarna. Kadang susah kadang senang, tapi saya bangga dengan apa yang sudah saya capai, dimana saya bisa meraih puncak prestasi yang saya dan orangtua juga keluarga harapkan. Memang saya mengharapkan bisa menyudahi ini di puncak podium. Tapi inilah hidup, tidak selalu apa yang kita inginkan bisa tercapai seperti situasi dan kondisi saat ini. Tapi apapun yang terjadi, saya sangat bersyukur bisa berada di posisi saya sekarang ini. Saya juga mau berterimakasih untuk semua yang sudah mendukung karier saya di bukutangkis selama ini, yang tidak bisa saya sebut satu per satu. Dan sekarang waktunya saya melanjutkan hidup untuk meraih kesuksesan di bidang lain,” tulis Tontowi Ahmad.

Respon

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : ngistora
    Senin, 18 Mei 2020 23:25:21

    Atas unggahan tersebut, kolom komentar Tontowi pun dibanjiri ucapan selamat dan terima kasih dari para penggemar serta rekan-rekan bulutangkisnya. “Well done bro! Proud of you. Sukses selalu di kehidupan yang selanjutnya bersama @michelleahmad30 (Istri Tontowi) dan anak2!” ucap Greysia Polii, @greyspolii di kolom komentar.

    “Happy retirement @tontowiahmad_ all the best!” kata Sapsiree Taerattanachai, @popor_sapsiree.

    “Terimakasih atas dedikasimu untuk Indonesia. Semoga sukses dalam kariernya mas owix,” tulis Fajar Alfian, @fajaralfian95.

    “@tontowiahmad_ happy retirement my legend. BarakALLAH,” kata Mohammad Ahsan, @king.chayra.

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : ngistora
    Senin, 18 Mei 2020 23:28:45

    Sementara itu, dilansir situs resmi PBSI, badmintonindonesia.org, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti mengatakan bila gantung raket adalah momen yang akan dialami setiap atlet, termasuk Tontowi. Di mata Susy, Tontowi merupakan salah satu pemain ganda campuran terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Sepanjang kariernya bersama Liliyana Natsir, Tontowi/Liliyana sukses mendulang satu medali emas Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, dua titel Juara Dunia (2013 dan 2017) serta tiga gelar hattrick di All England (2012, 2013 dan 2014).

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : ngistora
    Senin, 18 Mei 2020 23:29:57

    “Tiap atlet pasti punya batas waktu untuk mengakhiri kariernya. Tontowi menyadari hal ini, setelah mempertimbangkan, melihat situasi dan kondisi, dia memutuskan untuk mundur selamanya dari bulutangkis,” kata Susy Susanti.

    “Tontowi adalah salah satu atlet terbaik di sektor ganda campuran. Dedikasi, disiplin dan komitmennya luar biasa. Ini yang membuat dia bisa meraih banyak gelar juara dan masuk dalam jajaran elit dunia,” sambungnya menambahkan.

    Susy pun berharap semangat juang seorang Tontowi bisa menular ke atlet-atlet muda yang ada di Pelatnas, sehingga roda regenerasi di ganda campuran bisa terus berjalan. (*)

    Sumber:
    https://www.djarumbadminton.com/nasional/berita/read/putuskan-pensiun-tontowi-ahmad-pamit/

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : ngistora
    Senin, 18 Mei 2020 23:33:37

    PBSI: Terima Kasih Tontowi

    Pebulutangkis spesialis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad secara resmi menyatakan gantung raket atau pensiun pada Senin (18/5). Tontowi juga telah menyampaikan surat pengunduran dirinya dari tim nasional bulutangkis Indonesia kepada Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

    Tidak hanya menyampaikan pengunduran diri, dalam surat yang ditujukan kepada Ketua Umum PP PBSI, Wiranto itu, pebulutangkis kelahiran Banyumas, 18 Juli 1987 ini juga tidak lupa mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada PBSI atas bimbingan serta kesempatan yang telah diberikan untuknya selama menjadi pebulutangkis.


    “Tontowi telah mengajukan surat pengunduran diri per hari ini. PBSI mengucapkan terima kasih kepada Tontowi yang sudah berjuang dan berkontribusi dengan membawa banyak gelar juara serta mengharumkan nama bangsa Indonesia,” kata Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto dalam siaran pers yang diterbitkan PBSI, Senin (18/5).

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : ngistora
    Senin, 18 Mei 2020 23:34:19

    Bersama mantan pasangannya yang sudah lebih dulu gantung raket, Liliyana Natsir, Tontowi merupakan pahlawan bulutangkis Indonesia ketika sukses mempersembahkan medali emas ganda campuran di ajang Olimpiade Rio de Janeiro 2016 lalu. Bahkan pada saat itu, Tontowi/Liliyana merupakan satu-satunya penyumbang medali emas untuk Merah Putih.

    “Puncak prestasi Tontowi adalah di Olimpiade Rio 2016. Setelah di Olimpiade London 2012 kita gagal menyumbang medali dari bulutangkis, di 2016, bersama Liliyana, Tontowi berhasil mempersembahkan medali emas. Itu adalah jasa yang sangat dihargai PBSI dan seluruh bangsa Indonesia,” ungkapnya.

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : ngistora
    Senin, 18 Mei 2020 23:35:24

    Sepanjang kariernya bersama Liliyana, Owi/Butet, julukan keduanya, merupakan andalan Indonesia di berbagai turnamen bulutangkis level dunia. Tak hanya emas Olimpiade, Tontowi/Liliyana juga merupakan Juara Dunia 2013 dan 2017 serta pemegang titel hattrick All England pada 2012, 2013 dan 2014. Selain itu, Owi/Butet juga pernah menduduki ranking satu dunia.

    “Tontowi adalah seorang pekerja keras, tekun, tidak pernah mengenal lelah, terutama kalau dia sedang dapat tantangan. Saya kira ini bisa menjadi contoh teladan bagi atlet-atlet muda, kerja keras dan disiplinnya patut dicontoh,” tutup Budiharto.

    Sumber:
    https://www.djarumbadminton.com/nasional/berita/read/pbsi-terima-kasih-tontowi/

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : ngistora
    Senin, 18 Mei 2020 23:37:51

    Cerita Richard Mainaky Soal Perjuangan Tontowi Ahmad

    Pasca pengumuman pensiunnya Tontowi Ahmad, Senin (18/5), Kepala Pelatih Ganda Campuran Indonesia, Richard Mainaky kemudian bercerita soal perjuangan yang telah dilalui salah satu anak asuhan terbaiknya itu hingga sukses mengantongi sejumlah prestasi bergengsi, diantaranya ketika sukses mengalungkan medali emas di ajang Olimpiade Rio de Janerio 2016 lalu.

    Richard ingat betul saat pertama kali menduetkan Owi, sapaan Tontowi dengan Liliyana Natsir sepuluh tahun lalu, tepatnya 27 Juli 2010. Debut mereka langsung berbuah manis dengan menjuarai Makau Open 2019. Atas bekal tersebut, akhirnya Richard Mainaky pun bulat menentukan Owi sebagai pasangan baru Liliyana Natsir setelah berpisan dengan Nova Widianto. Saat itu, umur Tontowi baru menginjak 23 tahun.

    “Waktu itu Nova yang berpasangan sama Liliyana memutuskan pensiun dan saya harus cari pemain muda buat dipasangkan sama Butet (Liliyana Natsir). Pilihannya waktu itu ada Owi, Muhammad Rijal dan Devin Lahardi. Saya coba ketiganya dipasangkan dengan Butet dan memang hasilnya bagus semua. Tapi feeling saya mengatakan Owi yang paling cocok sama Butet, dan Butet sendiri juga paling sreg sama Owi. Saya bersyukur juga PBSI waktu itu percaya dengan keputusan yang saya ambil,” cerita Richard Mainaky dikutip dari Badmintonindonesia.org.

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : ngistora
    Senin, 18 Mei 2020 23:40:49

    “Sempat banyak pertanyaan kenapa saya pilih Owi, karena memang saat itu dia tidak begitu meyakinkan, terutama footwork-nya yang kurang. Owi memang berkharisma, tapi lainnya masih nol waktu itu,” lanjutnya menambahkan.

    Seiring berjalannya waktu, pasangan Tontowi/Liliyana semakin menjadi. Mereka bahkan sempat menjadi ganda campuran nomor satu dunia. Kesuksesan itu, dikatakan Richard tak lepas dari hasil jerih payah dan perjuangan Tontowi dalam berlatih maupun bertanding.

    “Kerjasama saya dan Owi jadi lebih mudah karena Owi itu penurut, dia mau menjalankan apa yang dianjurkan pelatih. Saat tahu kekurangan di footwork, maka itu yang dilatih terus supaya menunjang bola-bola atasnya juga,” katanya.

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : ngistora
    Senin, 18 Mei 2020 23:43:06

    “Kemudian Owi bisa menjadi pemain yang tekniknya di atas rata-rata, penempatan bolanya bagus. Tapi Owi memang paling bagus itu bola-bola atasnya. Beda sama Praveen Jordan yang sekali smash lawannya langsung tumbang karena power-nya, kalau Owi itu serangannya lebih tajam dan cepat. Owi juga pemain yang pintar, kalau smash itu dia bisa incar lawannya, dia smash di waktu yang tepat dan mengarah,” tambah Richard menjelaskan.

    Setelah sukses meraih medali emas di Olimpiade Rio de Janerio 2016, Tontowi/Liliyana kemudian merebut titel Juara Dunia untuk kedua kalinya pada 2017 di Glasgow, Skotlandia. Pada 2018, Owi/Butet akhirnya berhasil menjejaki podium tertinggi di Istora Senayan saat menjuarai Blibli Indonesia Open 2018 BWF World Tour Super 1000. Namun pada Januari 2019, Liliyana memutuskan untuk gantung raket dan harus berpisah dengan Tontowi. Dari situlah Owi mulai memikirkan kembali masa depannya di dunia bulutangkis.

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : ngistora
    Senin, 18 Mei 2020 23:46:14

    “Setelah Butet mundur pun, Owi sudah bicara juga gimana baiknya untuk dia. Waktu itu saya bilang kalau kamu masih mau, ayo kita coba sama pemain muda, lalu dicobalah sama Winny (Oktavina Kandow). Sebenarnya hasil mereka tidak jelek. Belum setahun mereka sudah masuk peringkat 16 besar dunia. Owi sudah coba. Dulu dia di latihan sudah sangat luar biasa, menurut saya komplit, dia ikuti semua program latihan yang diberikan,” tuturnya.

    Awal 2020 lalu, sempat ramai dikabarkan bila Tontowi telah mengirimkan pesan singkat kepada Richard yang isinya mengacu kepada pengunduran diri dan pensiun. Menurut Richard, keputusan pensiun memang akan diambil seorang atlet, cepat atau lambat.

    “Sebetulnya sudah jauh-jauh hari kami diskusi panjang lebar, saya bilang keputusan ada di tangan dia, kalau sudah bulat keputusannya, segera ajukan ke PBSI. Tadi pagi dia kirim pesan di Whatsapp dan menunjukkan surat yang sudah disampaikan ke PBSI hari ini,” ujarnya.

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : ngistora
    Senin, 18 Mei 2020 23:47:07

    Keputusannya keluar dari pelatnas dan pensiun dinilai sangat wajar. Mengingat bahwa secara usia, kata Richard, Tontowi menang sudah tidak berada di level terbaiknya. “Dulu waktu masih pasangan sama Butet, dia mau latihan seberat apapun, apa yang dilatih hasilnya menunjang sekali di pertandingan. Tapi tantangannya jadi lebih banyak saat pasangan sama Winny. Motivasi sebetulnya ada, sudah dicoba dan dia mau latihan dengan durasi panjang,” katanya.

    “Tapi faktor usia memang tidak bisa dipungkiri. Kedua, Owi dari atas turun ke bawah, ini jadi pergumulan buat dia dan saya rasa ini manusiawi. Nggak gampang, dari juara olimpiade, lalu harus meng-cover pemain muda, latihan mulai lagi dari nol,” beber Richard.

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : ngistora
    Senin, 18 Mei 2020 23:49:48

    Meski harus ditinggalkan salah satu anak didik terbaiknya, namun Richard tetap bersyukur karena sektor ganda campuran Indonesia masih bisa bersaing di level atas dunia.

    “Saya bersyukur tim ganda campuran punya feel di kejuaraan-kejuaraan itu (olimpiade, kejuaraan dunia dan All England, red). Mudah-mudahan tren di kejuaraan-kejuaraan bergengsi ini bisa dilanjutkan pemain-pemain ganda campuran lainnya. Sudah ada Praveen yang dapat dua gelar All England ketika bersama Debby Susanto dan Melati Daeva Oktavianti. Semoga ke depannya bisa dapat hasil bagus di kejuaraan dunia dan Olimpiade,” katanya.

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : ngistora
    Senin, 18 Mei 2020 23:50:55

    Sebelum resmi pensiun, Tontowi sempat mencoba peluang dan berpasangan dengan Apriyani Rahayu. Turun di ajang Daihatsu Indonesia Masters 2020 BWF World Tour Super 500, Januari lalu, duet Tontowi/Apriyani harus terhenti di 16 besar setelah berangkat dari babak kualifikasi.

    “Saya berharap, apapun yang dilakukan Owi setelah ini, lakukan lah seperti dia berjuang di lapangan bulutangkis, berjuang dari nol sampai jadi seseorang. Owi harus bisa tetap jaga reputasi, rendah hati dan jangan sombong. Di dunia bulutangkis, orang lihat kita ada di atas, begitu keluar dari bulutangkis, kita bukan siapa-siapa lagi, bukan bintang lagi, jadi harus pintar-pintar membawa diri dan pintar bergaul juga,” tutup Richard.

    Happy Retirement Tontowi Ahmad! Terima Kasih. (*)

    Sumber:
    https://www.djarumbadminton.com/nasional/berita/read/cerita-richard-mainaky-soal-perjuangan-tontowi-ahmad/

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : ngistora
    Senin, 18 Mei 2020 23:54:07

    Keluarga Jadi Alasan Terbesar Tontowi Untuk Pensiun

    Peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dan pemegang dua titel juara dunia (2013 dan 2017), Tontowi Ahmad telah mengeluarkan keputusan besar dengan menyudahi karier bulutangkisnya pada Senin (18/5). Ingin dekat dengan keluarga menjadi alasan terbesar Owi, sapaan akrab Tontowi untuk pensiun dari dunia yang telah membesarkan namanya itu.

    “Salah satu alasan terbesar saya karena ingin lebih dekat dengan keluarga. Saya mau lebih banyak waktu untuk mereka,” ungkap Tontowi Ahmad dikutip dari pbdjarum.org.

    “Selain itu saya pikir cepat atau lambat bakal pensiun, dan saya sudah nggak muda lagi. Saya juga sudah mendapatkan gelar Olimpiade dan menurut saya itu puncak prestasi yang sudah saya capai, karena targetnya di situ,” sambungnya menambahkan.

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : ngistora
    Senin, 18 Mei 2020 23:55:01

    Pebulutangkis spesialis ganda campuran binaan PB Djarum Kudus kelahiran Banyumas, 18 Juli 1987 ini mengatakan bila rencana pensiunnya sudah terpikirkan sejak lama. Namun tekad Owi untuk gantung raket baru bulat saat ini.

    “Sebenarnya rencana sih sudah sejak lama, bahkan ada kepikiran waktu Ci Butet (Liliyana Natsir) memutuskan gantung raket di awal 2019 lalu. Hanya waktu itu keluarga belum mengijinkan dan saya pribadi ingin menunjukkan bahwa saya bisa apa tidak tetap bermain walau tanpa Ci Butet. Setelah mencoba main lagi, sampai pada akhirnya hari ini, saya memutuskan untuk benar-benar gantung raket,” jelas pencetak hattrick All England 2012, 2013 dan 2014 itu.

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : ngistora
    Senin, 18 Mei 2020 23:56:29

    Sementara itu, mengutip dari Jawapos.com, Kepala Pelatih Ganda Campuran Indonesia, Richard Mainaky membeberkan pesan singkat dari Tontowi yang mengatakan bila dirinya ingin mengundurkan diri alias pensiun.

    “Saya rencana kontrak abis, mau ngundurin diri. Mau pensiun. Makasih ya K Icat (Kak Icad, sapaan buat Richard Mainaky, Red) sudah bantu saya selama ini. Dari saya belum jadi apa-apa sampai sekarang,” tulis Owi dalam pesan Whatsapp yang ditunjukkan Richard dilansir Jawapos.com.

    Richard memberitahu bila ia menerima pesan tersebut pada 11 Februari 2020 pukul 22.37 WIB. “Nanti saya ke Cipayung ya K Icat. Sekali lagi terima kasih banyak. Sampai saya menjadi seperti ini tidak lepas dari bantuan K Icat,” sambung pesan Owi kepada Richard. (*)

    Sumber:
    https://www.djarumbadminton.com/nasional/berita/read/keluarga-jadi-alasan-terbesar-tontowi-untuk-pensiun/

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : jouando
    Rabu, 20 Mei 2020 14:31:48

    Sukses buat owi pastinya ke depan nya,,
    Sayang banget ya pas lagi di puncak puncak nya pamit,
    Kenapa ya ga tunggu ada regenerasi dulu baru pamit,,
    Inget banget waktu itu taufik hidayat,, pas udh sampe di puncak,, langsung ngundurin diri,, ga ada buat bimbing junior dulu apa gimana,, tau nya mundur,, dan seolah hilang tanpa meninggalkan jejak,, tau tau muncul udah jadi pemilik Taufik Hidayat arena,, tampa menularkan ilmu bulutangkis nya sebagai senior di pelatnas waktu itu,, atau setelah pamit dari badminton sebagai pelatih...
    Sekarang owi juga terkesan seperti itu,, pamit saat di puncak,,, dan seolah menunggalkan tanpa jejak,, semoga owi setelah pamit dari badmin,, masih mau menjadi pelatih,, biar bisa nularin ilmu nya,,
    Ga tau ya mungkin jalan pikir orang beda beda,, seorang susi susanti juga setelah pamit dari badminton ga nularin ilmu nya sebagai pelatih, apa yang legend legend ini ga mau kesaing prestasi nya,, atau memang pure udah tidak mau lagi bersinggungan dengan badminton

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : yuda_20
    Jumat, 22 Mei 2020 06:03:19

    @jouando
    alasan mundurnya TH dgn Owi gak sama kalau baca di media-media. TH dulu gak lagi di puncak karirnya, sdh menurun. saat dia diluar pelatnas kan coba mengikuti turnamen tapi memang kalah bersaing dgn yg lebih muda

    kalau Owi, ada kesan kurang sreg dgn PBSInya, seperti Jouando bilang Owi msh di puncak karirnya. tapi perlakuan PBSI kepada dia dirasa kurang adil, merasa langsung tdk dihargai. ini senada dengan curhatnya Sony dan Ricky Karanda di IG.

    ini mungkin perlu jd perhatian PBSI dalam pendekatan ke atlet. di sisi lain membuktikan peran psikolog dalam karir atlet tidak ada. PBSI jg harus memikirkan bgm agar atlet juga bisa sukses setelah keluar dari Pelatnas saat menjalani kehidupan sbg manusia biasa.

    ada preseden buruk, Owi aja yang sukses karir bulutangkisnya bisa diperlakukan begitu, gimana atlet lain yang cuma berstatus magang atau belum mencapai prestasi bagus. :-(
    #cmiiw

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : kopipanas
    Rabu, 27 Mei 2020 18:15:05

    wow....
    indikasi distrust
    ke sebuah organisasi
    episode ke 100 brapa ya....?
    wkwkwk

  • Re: Tontowi Pamit
    Kamis, 28 Mei 2020 19:49:13

    Iya ya penasaran,
    Heboh pamit via WA, tempohari
    Kaya ada sesuatu... kompor mledug
    Mungkin jeng @iyap bisa kasih pencerahan?

    ====
    kalau Owi, ada kesan kurang sreg dgn PBSInya, seperti Jouando bilang Owi msh di puncak karirnya. tapi perlakuan PBSI kepada dia dirasa kurang adil, merasa langsung tdk dihargai. ini senada dengan curhatnya Sony dan Ricky Karanda di IG.

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : Johantjun
    Minggu, 31 Mei 2020 18:19:42

    Tdk bagus cara keluarnya owi dari pelatnas..
    Padahal owi peraih banyak gelar bergengsi dan terutama peraih emas olimpiade yg jadi prestasi tertinggi atlet..

    Ko bisa keluar pelatnas dlm posisi sbg pemain magang?
    Padahal owi pemain senior yg sudah banyak sumbang gelar, kalopun owi saat ini tdk punya partner itu kan karena pbsi yg salah kasih partner dulu saat butet pensiun.. maksain tandem sama winny berakhir ambyar padahal skill owi masih cukup bagus tapi winny gk bisa mengimbangi.
    Padahal saat indonesia master dadakan partner sama Apri yg tanpa latihan saja bisa tembus perempatfinal.. sayangnya gk dilanjut duet owi/apri..

  • Re: Tontowi Pamit
    Oleh : Ikra4433
    Senin, 08 Juni 2020 21:38:25

    Nasib Owi gak jauh beda sama Zhang Nan di XD,.selepas ditinggal partner sudah gak dapat pasangan yg bisa up lagi ke level elite,.roh permainan jadi hilang seiring dengan pergantian pasangan. Owi sudah coba dan sempat ada harapan dgn winny,tp makin kesini winny gak bisa berkembang dan terbebani.Tapi memang agak susah krn sudah terlalu nyaman bersama Butet,jadi begitu ditinggalin jadi merangkak dari awal dan membentuk pola dengan pemain baru..

  • Re: Tontowi Pamit karena SK MAGANG?
    Kamis, 30 Juli 2020 14:01:19

    Tontowi Ahmad diketahui memutuskan mundur dari Pelatnas Cipayung setelah merasa diperlakukan tidak seperti seharusnya karena diberi SK magang oleh PBSI. Tetapi setelah itu, ia memutuskan untuk pensiun dari dunia bulutangkis.

    Link :
    https://www.indosport.com/raket/amp/20200718/respons-susy-soal-pemain-yang-mundur-dari-pelatnas-disorot-media-asing

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


PB Djarum



@portalbulutangkis

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru