Forum > Kesehatan & Kebugaran

Gangguan pada persendian lutut

Senin, 21 Januari 2008 21:25:27
18047 klik -- 27 respon
Oleh : jae
Versi cetak

Maklum da 50 tahunan jadi lutut rasanya ngilu dan berat manggul tubuh yg gembur ini. Jadi keadaan persedian lutut jika telapak tangan ditaruh diatas tempurung lutut lalu lututnya digerakkan kedepan dan belakang terasa sekali gesekan antara pangkal tulang dan tempurung yg agak berantakan ibarat engsel pintu sekrupnya pada kendor (spt naik bajaj di jalanan rusak).

Aku sih minum glucosamin tiap hari plus minyak ikan. Adakah diantara kalian yg bisa memberi saran agar lututku jadi oke banget dan ga brenti main bultang ? Maklum banyak saran agar aku brenti bultang. Makasih sih ye buat temen2 yg mau kasih masukkan ke aku. Fyi, Aku bermain double dengan type offensive jadi mau ga mau harus lincah, inilah yg kata orang hrs dikurangi.

Respon

  • u/ jae
    Oleh : sifuyono
    Selasa, 22 Januari 2008 08:20:54

    1. coba diet, berat badan berkurang maka beban pada persendian berkurang.
    2. minum glucosamin sudah, minum kalsium belum yah? kalo bisa sekalian ada chondroithinnya juga. dosis glukosamin sekitar 1000-1500mg/ hari, jangan lebih yah..
    3. ganti sepatu, pilih yg bahannya bisa meredam berat badan
    4. pemanasan yg cukup sebelum bermain, sekitar 20-30 menit.

    terutama yg no. 1, kecuali kalo cidera baru istirahat aja dan berhenti dari maen.

  • Kalau saya minum madu
    Selasa, 22 Januari 2008 08:32:05

    Untuk Pak Jae
    Untuk menambah kebugaran (stamina) selama latihan badminton, saya selalu minum madu asli satu teguk (sendok makan) satu jam sebelum latihan dimulai dan malam setelah latihan minum/nelan vitamin untuk penganti energi yang telah terpakai. Oh yaa, usia saya 45 tahun, perokok 1,2 bungkus perhari(sedang mencoba berhenti). Dari pengalaman tersebut, saya masih cukup terampil mengejar kok dan bunyi lutut agak berkurang meski kadang-kadang masih ada.

  • Maen Malam = Pagi Lesu
    Oleh : dudy
    Selasa, 22 Januari 2008 13:11:32

    Salam,
    Sy biasa maen badminton dr jam 8 s/d 12 malam (stp senen-rabu-jumat)& maen 3-4 game/hr, biasanya sampe rumah jam 00.30 WIB & baru bisa benar2 tidur +/- jam 2 pagi sdgkan jam 07.30 hrs ngantor & sampe kantor badan sdh loyo & lesu, mata berat (pengennya cari bantal aja) ga ada gairah u/ kerja & kejadian tsb selalu berulang (sy pun tak kapok2, abiz hobi sih hehe..)
    Mungkin rekan2 ada yg bisa kasih solusi (mgkn P' Sifu) u/ mengatasi problem sy sebelum sy di pecat Boss hehe...

    Tks

  • u/ duddy
    Oleh : sifuyono
    Selasa, 22 Januari 2008 13:30:03

    sebelum maen mungkin bisa tidur dulu... ato pulangnya jangan kemalaman.
    bangun pagi neguk pocari + kopi aja, tapi kalo lama-lama yah bahaya juga.
    ga ada solusi nih kalo dah begini.
    maaff.. hehehe...

    saran saya, hobi sih boleh aja, tapi ada yang lebih penting daripada hobi. Jangan sampai memuaskan hobi terus akibatnya berpengaruh terhadap pekerjaan. Trus mau makan apa ntar kalo ga kerja? makan aja susah apalagi buat hobi, malah keduanya ga dapet khan?
    Jadi orang harus yang bijak okay...

  • u/ duddy - tambahan
    Oleh : BEJORIO
    Selasa, 22 Januari 2008 14:36:29

    Tambahan :

    Saran saya :
    1. Kurangi jam mainnya, kalo bisa s/d jam
    10.00 aja, yg penting kan kualitas permainan bukan kuantitas, tujuan utama kan cuma menyalurkan hobi bukan buat prestasi.
    2. Setelah sampai di rumah, mandi dg air hangat, karena akan berefek dari kualitas tidurnya & bangun pagi akan lebih bugar.
    3. Jgn paksakan main hingga larut malam karena secara biologis tubuh juga butuh istirahat setelah bekerja seharian, tujuannya olahraga bukan siksaraga.

    Pertanyaan saya kenapa harus rutin 3 hari main bulutangkis pd jam 8 malam s/d 12 malam??

  • u/ P' Sifu & P' Bejorio
    Oleh : dudy
    Selasa, 22 Januari 2008 16:40:49

    Sebelumnya Terima kasih atas saran2nya.
    Kebetulan di GOR tempat saya maen bg member yg mulai dr jam 8 malam diwajibkan menyewa selama 4 jam (krn GOR-nya tutup smp jam 12) jd waulaupun kita sdh selesai sblmnya jam 12, tetap aja kita bayarnya full 4 jam (ya sayang jg rugi hehe...). Mgkn saran P'Sifu u/ neguk Pocari stp pagi bisa sy lakukan krn stp abiz maen pasti pulangnya bawa 1-2 kaleng gratisan (bukannya nyombong nih hehe...)
    Sekali lg thank's atas saran2nya.
    GBU

  • Saran diterima
    Oleh : jae
    Rabu, 23 Januari 2008 04:51:41

    Thanks, memang berat badan harus dikurangi. Sudah aku lakukan tapi kalo lagi stress nambah lagi deh. Makan madu apa ga nambah badan semakin subur pak David ? Anyway aku akan coba juga. Aku juga main min 2X seminggu, klub mulai jam 8-10 malam. So far problemnya cuma di nafas saja. Itu jika menghadapi grade A, nafas cepat habis karena speed permainannya jauh lebih cepat. Untuk lutut dan pinggang masih bisa di tolerensi. Aku terbalik, jika selesai badminton justru tidak makan hanya minum saja. Karena eman2, fatnya sudah terbakar moso harus di supply lagi. he 2X. Kalsium bisa nambah gendut tidak ? Sejak main badminton dari 95 kg aku sudah turun sampai 83 kg. Sekarang rasanya naik lagi sebab istri baru balik dari Indo dan bw martabak manis banyak. Glucosamine aku cuma makan 1000mg/hari dan juga minyak ikan. So far tidak mengalami cidera, maklum dulunya atlit karate jadi soal berguling di lapangan sudah ada tekhniknya. Makasih berat untuk semua teman yg prihatin utk menolong lututku. Ada yg pernah dengar LINGZHI ? Katanya juga bisa meredam sakit di lutut ? Apa benar...

  • u/ jae
    Oleh : sifuyono
    Rabu, 23 Januari 2008 08:13:42

    madu malah buat lebih gemuk nantinya.
    yg benar setelah olah raga jangan makan at least 3 jam setelahnya baru boleh.
    kalsium ga masalah, asal minum airnya yg banyak dan jangan minum waktu mau tidur.

  • u/jae
    Oleh : Eltom
    Kamis, 24 Januari 2008 08:09:19

    Saran bang Sifu sudah benar terutama untuk mengurangi berat badan.
    Saat kita berdiri beban di persendian lutut 4x lipat berat badan kita, bayangkan kalau main badminton maka bebannya lebih berat lagi.

    Overweight bisa menyebabkan tulang rawan di lutut aus, keadaan ini namanya osteoartritis lutut (OA). Pengurangan berat badan akan sangat menolong mengurangi nyeri di lutut, pemakaian glucosamine, minyak ikan dan obat-obat lain untuk OA menurut penelitian hasilnya bervariasi, ada yg cocok dan ada yg tidak.

    Untuk mengurangi nyeri juga bisa dibantu dengan suporter lutut yang berlubang didepannya.

    Latihan untuk menguatkan otot paha juga baik untuk menguatkan otot paha jadi beban ke lutut akan berkurang.

    Sepatu yang bisa meredam berat badan juga penting dalam kondisi ini, jangan pakai sepatu yang sudah lama dan insole nya sudah aus.

    Kalsium penting untuk tulang tetapi untuk tulang rawan jika sudah rusak belum ada terapi yang bisa mengembalikan keadaan itu.
    Pada OA yang berat, jika nyerinya sudah sangat mengganggu dan susah bergerak maka dilakukan operasi penggantian sendi lutut atau arthroplasty.

    Bung jae sepertinya belum separah itu tetapi dengan menjaga berat badan yang ideal maka kondisi lututnya tidak semakin parah.
    Selamat bermain.

  • u/eltom
    Oleh : jae
    Jumat, 25 Januari 2008 09:57:28

    Akan saya perhatikan. Sepatu memang sudah mulai aus insolenya. Padahal baru berumur 3 bulan. Mungkin terlalu berat bebannya, walau hanya dipakai untuk bultang saja. Saya baru beberapa hari makan kalsium spt yg om sifu sarankan. Tapai ada problem baru nih. Telapak kaki atas kenapa jadi keram yah ? Padahal udah pemanasan. Biasanya ga sampai keram, itupun paling hanya 5 menit lalu hilang sakitnya. Rabu malam keramnya sejam, aku sih paksa main. Jadi setengah diseret kaki kanannya. Kaki kiri 10 menit sudah normal. Setelah 90 menit baru kaki kanan normal lagi. Membaca beberapa artikel, Lingzhi katanya bisa menyembuhkan kaki dan lutut model aku. Sebab fungsi lingzhi adalah mengembalikan fungsi dan memperbaiki 5 alat vital di tubuh. Maka otomatis segala racu, kolesterol, gula dsb bisa dijadikan normal lagi. Selain itu juga untuk mengurangi lemak di tubuh. Aku sudah pesan sih dari Ebay thailand. Problem utama adlh lutut dan pinggang sudah injured sejak 6 tahun lalu. Naik dan turun tanggapun sudah ga bisa lurus krn sakit. Knee support sll dipakai jika main. Utk OP, ga deh. Trauma dg yg namanya operasi. Semoga lebih baik dan memang lebih baik sejak main bultang. Tadinya jalan saja setengah mati.

  • u/jae
    Oleh : Eltom
    Sabtu, 26 Januari 2008 20:53:25

    Pak jae minum calciumnya berapa dosisnya? Rekomendasinya 500mg/hari kalau kelebihan namanya Hypercalcemia (tingginya kadar kalsium di dalam darah) salah satu gejalanya bisa muscle twitching (kram otot). Kalsium diserap dengan bantuan vit D jadi kalau minum supplement kalsium perlu juga minum supplement vit D. Untuk orang berusia > 50 tahun maka dengan dosis kalsium yang lebih rendah gejala hypercalcemia sudah terasa. Effect samping supplement kalsium yg berbahaya adalah serangan jantung.
    Saran saya kalau pak jae mengkonsumsi makanan yg cukup kalsiumnya tidak perlu supplement, kecuali setelah diperiksa ada gangguan osteoporosis. Kram telapak kaki bisa karena insole yang sudah rusak, atau bentuk lengkungan kaki (foot arch) yang terlalu tinggi (pes clavus), telapak kaki rata (flat feet). Untuk orang yang gemuk sepatu yang baik sangat penting kalau bisa pakai yang sole bagian tengahnya cekung kedalam supaya mengurangi nyeri di lengkungan kaki karena beban yang berat.

    Lingzhi adalah jamur yg salah satu efeknya sebagai anti-inflammatory (mengurangi peradangan)jadi efeknya sama dengan makan obat anti-inflammatory konvensional (paracetamol).Di klaim juga bisa mengencerkan darah dan menurunkan cholesterol dan gula darah. Katanya bisa juga sebagai obat kanker, tapi semua itu masih harus diteliti lagi. Kalau mau coba boleh-boleh saja, siapa tahu memang cocok.Kalau mau tahu efeknya yang sebenarnya untuk bapak, sebelum minum Lingzhi periksa kadar cholesterol total, HDL dan LDL. setelah minum selama paling tidak 1 bulan periksa lagi apakah ada penurunan.

    GBU.

  • tny tentang persendian lengan
    Oleh : neo
    Minggu, 27 Januari 2008 19:32:36

    mau tny nih, udah sekitar 2minggu ini otot bisep saya waktu maen badminton, rasa nya RUUUUUAAAAAARRRR BIAAASAAAAA sakit...apalagi waktu melakukan smes...

    klo udah sakit gitu rasanya dari persendian siku sampai ke jari...

    bagamana solusi nya???
    klo minum obat, obat apa???apakah perlu ke dokter ato fisioterapis???

    juz information, umur saya baru 20thn, dan maen badminton udah dari umur 8 taon...

    thx...atas solusi n bantuan temen2...

  • nyeri siku
    Oleh : Eltom
    Minggu, 27 Januari 2008 21:48:44

    neo nyerinya siku bagian mana? dalam atau siku luar.Kalau siku luar namanya tennis elbow (lateral epicondylitis), bisa liat di internet tentang itu. Obatnya pake paracetamol(panadol)dan dikompres es pada waktu nyeri selama 20 menit, dan bisa dilakukan 3-4 kali sehari sampai nyerinya hilang atau selama 3 hari. Selama penyembuhan kalau bisa jangan dulu main karena nyerinya akan kembali.Sembuhnya kira-kira 4-6 minggu tergantung keparahannya. Dibawah siku bisa dipasang bandage untuk mengurangi nyeri.
    Setelah sembuh supaya tidak terjadi lagi harus pemanasan dan peregangan sebelum main terutama lengan kanan, bahu,dan kaki.

  • Coba minum GENTIAN
    Oleh : djeeto
    Selasa, 29 Januari 2008 14:23:58

    Pakabar om Jae, mudah2an selalu sehat. Saya pernah juga mengalami sakit di persendian lutut, dan saat ini sedang proses penyembuhan. Awal2 sakit, setiap meluruskan kaki atau bangun dari jongkok, naik tangga, berdiri lutut saya terasa sakit dan nyeri. Hal2 tersebut kemungkinan dikarenakan kurang pemanasan/peregangan otot2 dan sendi sebelum kita main bdminton. saya sudah pijat dan dicek gak ada yg salah dengan uratnya, kemungkinan kurang kalsium dan harus diperbaiki sel2nya. Dan disarankan minum GENTIAN (Jamu China), diminum 3 x 2butir sehari selama 3 hari,setelah 3 hari cukup minum 2 kapsul/hari sebelum tidur. Dan alhamdulillah sakitnya udah berkurang, lebih bagus lagi kalo istirahat dr bultang beberapa hari ditambah minum susu kalsium. Mudah2an cepet pulih lagi.Btw, harganya cuma RP 7.500 per botol. Good luck ya Om ... mudah2an cepet sehat lagi dan tetep bermain bulutangkis. GBU

  • u/ bung eltom
    Oleh : neo
    Selasa, 29 Januari 2008 18:27:33

    thx bung eltom atas saran n solusinya...

    sekarang sedang saya coba...
    iya, benar d bagian belakang siku, tetapi juga d bagian dalam agak ke atas, tetapi hanya terasa kalau d tekan...

    skali lg thx...

  • ....pengobatan alternatif - uncle jae
    Oleh : seb
    Kamis, 31 Januari 2008 22:42:32

    uncle jae,
    selain obat2an tsb, kalo pas dijakarta, coba2 aja dibantu ama alternatif...ada beberapa tukang urut yang pinter.... tapi cocok2an juga sih ama pegangan tangannya mereka...yg saya tau beberapa di jakarta barat/tangerang:
    didaerah semanan - deket lap bultang pelita, ada tukang urut Ibu Teguh, biasa pegang pemain badminton,..., di sunrise ada pak hema ahli patah tulang, di gading serpong deket islamic - pak wim, juga yg dikota (depan pom bensin gajahmada) trus masuk jalan kecil...yg ini susah parkir ama antri...terakhir yg lagi ngetop di taman alfa joglo - pak kelana namanya, kita bisa tunggu 3-4 jam kalo pas rame...

  • om Eltom dan om Seb
    Oleh : jae
    Jumat, 01 Februari 2008 06:22:18

    Makasih banyak atas perhatiannya. Calciumnya mungkin yg 500mg (punya istri), so far aku baru makan 3 kali dalam seminggu ini. Karena sering lupa. Sebenarnya aku terkena salah urat sejak 7 tahun lalu. Dikarenakan pekerjaanku sebagai pemasang jubin/tiles dan saat itu malas bangun jadi ambil porselen jubinnya asal saja sehingga terkilir dan semakin parah disebabkan tidak pernag istirahat dan angkat berat terus (mungkin 500kg per hari). 2 thn terakhir sih pekerjaan lebih banyak di meja dan ga angkat berat lagi. Sejak mengenal badminton, sakit salah urat yg di bagian pinggang tsb berkurang 60% tapi tetap sulit tidur karena sakitnya yg super sakit. Urut kalo ke Indo pasti diurut, tapi selalu akan koper yg berat. Maklum ke Indo juga dalam rangka pekerjaan dan tugasnya di banyak tempat di Jawa. Memang diet adalah solusi utama serta minum pain killer dan olah raga teratur. Thanks again yah atas saran2nya, aku coba perhatikan semua itu.

  • u/om Djeeto
    Oleh : jae
    Jumat, 01 Februari 2008 06:37:39

    Baik om djeeto kabarku. Batok lututku kalo digoyang akan berbunyi krok3 dan jika dipegang akan terasa engselnya ga mulus alias gradakan ayunan persendiannya. Jika turun tanggapun, terasa tak kuat jika turun dg tubuh lurus maka aku turun dg kaki miring serta langkah satu persatu secara perlahan. Kalo naik tangga tersa sakit tapi mendingan dibanding turun tangga. Pernah sengaja ga main badminton dan merasa enakan lututnya dan jika turun tanggapun agak normal (bisa lurus tubuhnya). Mulai hari ini aku akan mengurangi badminton sebab tanggung jawabku di pekerjaan semakin banyak. Kalo survey harus berjalan ber-jam2. Tapi aku cinta banget sama badminton, maka aku mendalami cara bermain dan hasilnya puas banget. Di klub masih belum ada yg maju seperti aku saat ini, padahal lutut bermasalah. Jadi harus milih rasanya saat ini untuk mengurangi badminton atau lutut semakin parah. So far obat yg diminum hanya kategori umum saja, belum menemukan yg intensif. Ronsen terakhir dari dokter menyatakan tempurung lutut dan ujung persendian mulai aus. Jadi ujung2nya mulai tajam. Jika di operasi, pasti ga bisa main badminton lagi. Gitu kira2 kondisi lututku saat ini.

  • Gangguan pada persendian lutut
    Oleh : dudy
    Jumat, 29 Agustus 2008 19:13:10

    Dulu sewaktu membaca postingan dr Bung Jae mengenai Ganguan pd persendian lutut, sy ga tertarik krn sy tdk mengalaminya, ttp sialnya skrg sy mengalaminya. Dokter memvonis sy kena OA (Osteoarthritis)& dilarang maen badminton lg.Mgkn teman2 badminton mania ada yg bisa kasih info, obat/treatment apa yg paling ampuh u/ menyembuhkan OA shg sy bisa kembali maen tepok Bulu lg (krn bg sy dilarang maen badminton = vonis mati hehe...).
    Fyi, usia sy 35,BB 65,TB 172, maen double (3x seminggu), sy dihrskan oleh dokter minum obat Oste Forte (mengandung glucosamin & kondroithin --sama spt saran Bung Sifu)setiap hari seumur hidup, apakah perlu? Sebelumnya terima kasih banyak klo ada yg bisa bantu.
    GBU

  • Osteoartritis
    Oleh : Eltom
    Jumat, 29 Agustus 2008 22:24:47

    @Dudy
    Kalau boleh tahu dr. spesialis apa yang memberikan diagnosa OA (osteoartritis)? Apa diperiksa dengan x-ray juga? Sebaiknya yg memeriksa dr. spesialis orthopedi. Kalau memang OA harus dicari penyebabnya, kalau berat badannya sih normal,jadi bukan karena kegemukan. Apa dulu pernah cedera di lutut yang sama? Apa dalam pekerjaan atau sehari-hari sering angkat yg berat? Kalau main badminton sering lompat? atau sering paksa ambil bola net? Cedera lutut pada pemain badminton ada beberapa macam. Bisa cedera tendon (yg menghubungkan otot dan tulang), ligamen (menghubungkan tulang dgn tulang), meniscus (bantalan di lutut), atau tulang rawan yang aus (Osteoartritis). Kecuali dulu pernah cedera lutut, atau lutut sering mendapatkan stress (tekanan) yang kuat, atau riwayat penyakit sendi di keluarga, sepertinya sih bukan OA. OA sering pada orang yg sudah lanjut usia > 50 th, atau pada orang yg gemuk akan didapat pada usia lebih muda (40 an). Jadi saran saya pastikan dulu diagnosanya.
    GBU

  • Gangguan pada persendian lutut
    Oleh : hdyming
    Jumat, 29 Agustus 2008 22:49:07

    @Dudy

    Saya sarankan untuk menghubungi Dokter Sadoso (spesialis olahraga) di Tomang, Jakarta Barat. Praktek setiap hari Senin Rabu Jumat 18.00-20.00. Saya pernah mengalami robek ligamen dan dokter spesialis ortopedi memvonis saya harus dioperasi. Ketika saya mencoba konsultasi dengan Dr. Sadoso, beliau hanya memberikan obat. Sekarang sudah sembuh walaupun harus absen 8 bulan.
    Saran lain, saya mengkonsumsi tahitian noni (jus mengkudu) yang diimpor dari Amerika. Sejak menkonsumsi noni saya stop konsumsi kalsium dan glucosamin. Noni juga telah mendapat paten di Amerika untuk penanganan Osteoarthitis no.7033624 pada April 2006. Sekarang saya sudah tidak pernah mengalami masalah pada lutut lagi sejak mengkonsumsi noni. Semoga membantu.

  • Re : Gangguan pada persendian lutut
    Oleh : dudy
    Selasa, 02 September 2008 13:10:42

    @ Bung Eltom

    Sblmnya thanks atas infonya (maaf baru bls skrg). Dokternya bukan spesialis tulang hanya stlh memeriksa langsung lutut sy & menyebutkan gejala2 OA ternyata sama persis spt yg sy alami (spt ; kaku, sakit waktu naik/turun tangga & bunyi di lutut)& stlh lutut sy disuntik 2x serta diberi obat 3 macam (salah satunya Oste Forte) besoknya sakitnya lgsg hilang. Memang lutut sy belum di X-Ray (rencana dlm minggu2 ini) spy lebih jelas cedera apa yg sy alami.

    @ Bung Hdyming
    Boleh tau alamat & No. Tlp Dr. Sadoso, kebetulan lokasinya tdk terlalu jauh dr rumah sy.

    GBU All

  • Re : Gangguan pada persendian lutut
    Oleh : hdyming
    Selasa, 02 September 2008 14:13:47

    @Dudy

    0215600767 atau 0215671562
    Beliau praktek persis di dalam apotik Tomang. Nomor telepon di atas adalah nomor apotik tomang. Letaknya persis di seberang Hero dan sebelum restoran sentral tomang.

    Semoga cepat sembuh. Regards.

  • Gangguan pada persendian lutut
    Oleh : sifuyono
    Selasa, 02 September 2008 15:15:40

    @ dudy
    sebenarnya saran dokter itu merupakan yg terbaik bagi keselamatan lutut, tapi khusus bagi yg seperti anda yg bisa mati kalo ga maen badminton, saya kasih deh beberapa tips...
    1. kurangi frekuensi maen, kalo bisa cukup 1 kali seminggu seperti saya ini
    2. pake deker, bukan yg 1 piece tapi yg cara pemakaiannya dibalut seperti pake perban (warna dekernya coklat, mirip perban tapi ada kait penguncinya)
    3. minum suplemen glukosamin, msm, condroitin (kecuali anda punya diabetes maka ga boleh)
    4. pemanasan yg cukup sekitar 15-20 menit khusus buat kaki doank

    semoga bisa membantu

    ga ada cara lainnya, sori.... kecuali kalo anda mau 5 tahun lagi ga bisa jalan, maka jangan ikutin nasihat dokter dan terus bermain bultang.
    ganti main anjing aja seperti saya hahaha....
    GBU,
    sifu

  • Bls : Gangguan pada persendian lutut
    Oleh : BliPutu
    Selasa, 02 September 2008 15:38:21

    He..he..he....
    Temen di sini pada lupa atau mungkin memang gak tahu.

    Salah satu member kita di sini adalah dokter spesialis yang berkaitan dengan olah raga.

    Monggo silahkan pak ''Dokter'', saya persilahkan untuk bisa memberikan komentarnya kepada para member yang sudah mulai ''manula''.

    Sekalian ''konsultasi'' sesama member forum gitu loh.

    Salam teman dekat sang dokter tsb

  • Dokter di Sby?
    Oleh : go-matic
    Kamis, 19 November 2009 09:28:40

    Saya mengalami hal yg sama seperti oom Jae, ada ga yg bisa ngasih rekomendasi dokter spesialis olahraga / dokter tulang yg praktek di Surabaya?

    Ditunggu masukannya.

    Makasih Banyak...

  • Re: Gangguan pada persendian lutut
    Oleh : Ulix
    Kamis, 07 Desember 2017 20:39:26

    Saya sudah dua kali cedera bagian lutut. Ahir2 ini saya latihan lagi. Tapi saya ragu untuk bermain seperti semula takuty cedera lagi. Tolong kasih solusi?

    Makasih banyak salam olahraga badminton.

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Audisi Umum Bulutangkis




Blibli.com Superliga Junior 2017

Draws
Clubs
Draws
Team Matches

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru