Forum > Kesehatan & Kebugaran

tumit kapalan

Kamis, 18 Juni 2009 13:04:49
2820 klik -- 4 respon
Oleh : weng
Versi cetak

permisi... mau tanya nih, apa temen2 di forum bisa kasih saran tentang tumit yg kapalan krn main bultang? obatnya apa, dan bgmn cara mencegahnya? trims.

Respon

  • kapalan juga
    Oleh : howie
    Kamis, 18 Juni 2009 13:33:21

    masalah kapalan saya juga mengalami problem yg sama, tetapi bukan di tumit melainkan di telapak kaki yg searah jempol kaki. setiap bermain enak (seru) selalu berair, bahkan tempat yg tdnya berair dan sudah kering bs berair lagi dilapisan dalamnya (pernah hingga 4 lapis kapalan kulit mudanya ikut juga berair.
    ada solusi dari rekan2. thx

  • Kapalan? Kikir aja (serius lho...)
    Kamis, 18 Juni 2009 19:12:20

    Hampir dua tahun Aku kapalan berat sampai tumit pecah-pecah. Ngilu sekali. Segala scrub udah kucoba tak ada yang berhasil. Kalo di dunia perawatan tubuh (medicure/pedicure) kapalan tidak dibiarkan tebal, tipis-tipis udah dikerik dengan batu apung khusus. Pernah kucoba tapi gak mempan karena kapalanku nyaris sekeras tanduk kerbau.

    Batu apung kuganti kertas ampelas. Bisa menggerus sedikit. Tapi kertas ampelas susah megangnya, ..pegaaal. Giliran kikir besar kucoba, karena gak terlalu tajam jadinya lamaaaa…

    Akhirnya suatu hari habis membetulkan pipa ledeng di rumah kutemukan jawaban masalahku selama ini: mata gergaji besi. Iseng-iseng kukikirkan gergaji besi di kapalanku yang udah luar biasa keras itu, eh mau. Jadinya keterusan.

    (bersambung)

  • Kapalan? Kikir aja 2 (serius lho...)
    Kamis, 18 Juni 2009 19:13:40

    Karena mata gergaji besi halus-halus jadinya nggak sakit sama sekali. Namun cukup tajam menggerus kapalan sedikit demi sedikit. Cukup bekerja setengah jam kapalanku bersih total. Hanya saja ada tiga hari telapak kaki jadinya geli-geli nikmat karena kulitnya udah tipis lagi. Sejak itu aku rutin mengikir tapak kakiku.

    Mata gergaji (gak usah dipasang gergajinya, matanya aja) diguratkan dengan kemiringan tertentu. Jangan tegak lurus (khan kita gak bermaksud memotong sampai ke tulang). Pokoknya seperti tukang tempel ban menggurat ban motor/sepeda/mobil dengan mata gergaji inilah.

    Pengikiran itu jadi lebih mudah kalo kaki udah terendam cukup lama sehingga zat tanduknya udah empuk. Pagi minggu habis nyuci (motor, mobil atau baju) adalah waktu ideal untuk mengikir si kapalan, atau habis berenang lama.

  • Kapalan? Kikir aja 3 (serius lho...)
    Kamis, 18 Juni 2009 19:16:10

    Itu kapalanku yang keras. Tapi aku gak tahu kalo seperti Howie yang kapalannya berair bisa gak cara ini dipakai.

    Eh ngomong-ngomong, kapalan kok berair sih? Apa melepuh maksudnya barangkali?

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru