Forum > Kesehatan & Kebugaran

Treatment Pasca Cidera

Selasa, 22 April 2008 09:42:48
12991 klik -- 33 respon
Oleh : bOzZio
Versi cetak

teman2 skalian......
ada yang tau ga gimana perawatan cidera yang baik???
minggu kmaren angkle kanan saya keseleo ( klo kata orang2 kecenglak ) sakit nya bukan maen, alhasil kaki nya bengkak dan hari senin kmaren ijin ga masuk kantor.
ada yang tau ga gimana penyembuhan yang relatif cepat?? (2 ato 3 hari) coz saya ngebet banget pengen mabar (mabar jonex) ama temen2 skalian.

trims

Respon

  • Treatment Pasca Cidera
    Oleh : sifuyono
    Selasa, 22 April 2008 10:32:58

    @ bozzio
    sebenarnya tidak ada cara cepat buat memulihkan cidera.

    1. jangan dipijat
    2. dioles pake voltaren
    3. minum ibuprofen (beli di apotik) 250mg (diminum 1 hari 2 kali)
    semoga cepet sembuh.
    makanya lain kali sebelum main pemansan yang betul....
    GBU,
    sifu

  • Treatment Pasca Cidera
    Oleh : bOzZio
    Selasa, 22 April 2008 10:39:18

    iya neh suhu....
    kayanya emang kurang pemanasan,
    trus kenapa ga boleh di pijat???kmaren temen ada yang nyaranin di pijat tapi saya ga mau!!!coz pasti sakit, saya cuma kompress pake es biar mendingan.

  • Treatment Pasca Cedera
    Oleh : nurman
    Selasa, 22 April 2008 10:43:15

    u/ Bozzio
    Bung, ikut prihatin atas kejadian yg menimpa saudara. Cedera memang faktor yg paling menakutkan buat pemain badminton.
    Kalau dilihat dari kronologis cederanya sepertinya termasuk kategori lumayan serius dan cara penyembuhan paling efektif harus diurut (minimal 2x) dan dikompres terus menerus (jgn pakai air dingin lebih baik pakai air hangat lebih efektif). Dan paling lama butuh waktu 2 minggu utk kembali normal (jgn dipaksakan utk main jika masih terasa nyeri, akibatnya bisa lebih fatal).

    FYI, utk sekedar sharing kejadian Bung Bozzio pernah juga saya alami beberapa tahun lalu pd waktu saya melakukan overhead jumping smash sisi kiri mendarat tdk sempurna & kejadian lebih fatal lagi setelah beberapa kali urut tdk sembuh juga saya ke dokter syaraf, setelah di CT Scan divonis ada urat saya yg putus, saya diminta utk tdk main selama min 2 bulan. Sampai sekarang saya masih trauma jika mau jumping smash dari sisi kiri dan masih agak nyeri kalau ambil bola dari sisi dalam sebelah kiri.

    Semoga lekas sembuh..:)

  • Treatment Pasca Cedera
    Oleh : nurman
    Selasa, 22 April 2008 10:49:00

    u/ Bozzio
    Dipijat memang gak boleh.

  • Treatment Pasca Cidera
    Oleh : sifuyono
    Selasa, 22 April 2008 10:57:51

    @ semua
    tuh om nurman dah kasih tahu kelemahannya, tinggal manfaatin aja nti...

    @ bozzio
    kompres pake air dingin ato dikasih kemangi yg diparut, trus ditempelkan ke bagian yg bengkak.
    dah coba aja semua cara saya, khan tinggal 3 hari toh.... nothing to lose..

  • Treatment Pasca Cedera
    Oleh : nurman
    Selasa, 22 April 2008 11:13:18

    u/ Bozzio
    Udah ikutan aja saran suhu kita, pokoknya tokcer lah..

    u/ Sifuyono
    Sekalian mau tanya nih, berkaitan dg keluhan saya tadi, ada cara gak ya mengurangi beban kaki kiri jika kita mau ambil bola2 forehand sebelah kiri (jgn saranin ambil backhand lho...) bagaimanapun pukulan forehand lebih kuat dr backhand.
    Makasih sebelumnya ya suhu..

  • Treatment Pasca Cidera
    Oleh : sifuyono
    Selasa, 22 April 2008 11:30:01

    @ nurman
    jujur yah... aku juga pernah ngalamin cidera sama seperti om nurman, waktu itu yg kena di atas betis lutut kaki kiri.
    disarankan juga berhenti main selama paling tidak 6 bulan.
    sampai sekarang masih terasa 5-10 % cideranya.
    jumping ke kiri, yg jatuh kaki kiri dulu trus bunyi cetakkk...
    berbagai pengobatan mulai terapi sampai tusuk jarum aku coba.
    yang paling mujarab akhirnya dikasih voltaren selama 6 bulan (tanpa dipijat)+ pemanasan yang baik sebelum main.
    semoga lekas sembuh juga yach...

  • Treatment Pasca Cidera
    Oleh : bOzZio
    Selasa, 22 April 2008 14:04:06

    SIAP SUHU .........
    semua saran akan saya coba,mudah2an ada manfaatnya.....
    trims.........

  • Treatment Pasca Cidera
    Oleh : alpino
    Selasa, 22 April 2008 14:13:02

    Nambahin aja, coba di pasang support, seperti elastis perban ( bisa beli diapotik or toko obat) yg ukuran 10 cm , di balut dari atas ankle sampai ke pertengahan telapak kaki,tp jangan terlalu kencang, juga kurangi gerakan pd kaki yg cedera, supaya recoveri nya cepat

    Semoga lekas sembuh

  • Treatment Pasca Cidera
    Oleh : jae
    Selasa, 22 April 2008 15:04:33

    Keseleo beda dengan terkena benturan yg menyebabkan bengkak.

    Keseleo karena bergesernya persendian sehingga menyebabkan urat2 yg mendukung tulang2 itupun ada yg ikut bergeser.

    Treatmentnya yang paling cocok adalah di URUT.
    Baik di olah raga bela diri, sepak bola, badminton, pinpong, renang dsb urut mengurut adalah treatment yg utama bagi olahragawan. Untuk menahan sakit baru boleh minum pain killer, seperti panadol, voltaren, neuralgin, ibuprofen dsb. Obat2 itupun bisa meredakan pembengkakan selain membuat darah lebih encer untuk memudahkan mengalir didaerah yang bengkak.

    Jadi jika terkilir gosok2lah bagian terkilir dengan minyak kayu putih, arak gosok, minyak angin dan obat2 khusus untuk ini. Pengurutan umumnya mengambil garis urut yg lurus dan mengikuti lekukan persendian yg terkilir. Untuk telapak kaki dan telapak tangan setelah diurut dengan lembut harus mendongakkan telapaknya (kaki atau tangan)sekitar 2 menit. Sambil diurut perlahan jari2nya. Jangan keras mengurutnya, kecuali ada yang akhli urut. Jika tidak menolong carilah yg akhli.

    Bisa juga disiram dengan air es segera, jangan menunggu lama baru disiram air es. Tujuannya mengurangi inflamsi di urat2 yg terkilir. Setelah itu biasanya di urutlah.

    Jika dibawa ke dokter, sembuhnya lama dan hasilnya belum tentu sempurna. Adik aku saja bengkok jarinya sampai sekarang karena gak percaya urut.

    Aku sudah lebih dari 35 tahun di bela diri jadi sudah mengerti masalah urut sangat bermanfaat. Maka om bOzzio bisa mencobanya ke akhli urut (khusus sport kalo ada) atau ke chiropractor (urut medis). Pasti jauh lebih cepat sembuhnya sehingga bisa ikut mabar.

    Maka untuk menghindari terkilir pakailah supporter untuk ankle, lutut, siku dan pinggang, ketimbang terkena dulu baru menyesal.

    Jangan lupa pemanasan sebelum maen bultang.

  • Treatment Pasca Cedera
    Oleh : rhz
    Selasa, 22 April 2008 15:12:03

    pertama2 kudu dibedakan antara diurut dan dipijat,karena hasilnya akan lain. aku pernah beberapa kali mengalami keseleo di ankle dan sembuhnya dengan diurut.
    memang kalo diurut sakit tapi itu paling efektif dan biasanya salep seperti voltaren ato rhetoflam itu bisa membantu mengempiskan bengkaknya dan menahan sakit, maka beranikan lah dong supaya bisa ikutan mabar ntar hahaha, oh iya tiap malem coba kakinya direndam di air hangat yg ditambahi garam dan param kocok terus diputer2 dibagian ankle nya supaya otot dan uratnya lemas.

  • Treatment Pasca Cidera
    Oleh : sifuyono
    Selasa, 22 April 2008 16:54:49

    @ bozzio
    deadline tinggal 3 hari, tambah pusing ga kamu sekarang..... bingung yach hehehe...
    support ankle wajib dipake loh!!

  • Treatment Pasca Cidera
    Oleh : bejorio
    Selasa, 22 April 2008 17:10:29

    @Bozzio
    Saran ane nich, lebih baik ente ga usah main dulu (Mabar) deh, jgn korbankan jangka panjang bermain ente dg maksain main 1 malam, cidera ente ga main2 tuh.
    Lebih baik ente makbar bebek goreng aja sama om H4nsip sambil setor muka lihat temen2 main...:) :)

    @Semua
    Selamat mabar ya, semoga sukses mabarnya ane pantau via satelit aja deh bareng om Jae (betul ga om Jae...)

    Salam MaBar & MakBar

    Bejorio

  • Treatment Pasca Cidera
    Oleh : Eltom
    Selasa, 22 April 2008 18:03:04

    Cepat atau tidaknya cidera tergantung keparahannya. Yang dianjurkan oleh sifuyono sudah benar

    1. Jangan dipijat - karena ada jaringan yang rusak (adanya bengkak) jadi kalau dipijat akan memperparah cidera.
    2. Kompres es yang dimasukkan dalam kantung plastik, diperban pada bagian yang cidera selama 20 menit, dapat diulang 5 kali sehari sampai bengkaknya berkurang atau selama 3 hari.
    3. Minum obat pengurang rasa nyeri dan mengurangi pembengkakan seperti ibuprofen, atau ponstan (3x/hari sesudah makan)sampai keluhan nyeri hilang.
    Peregangan dan pemanasan sebelum main sangat penting untuk mencegah cidera.
    Setelah bengkak berkurang dan ingin main pake ankle suporter, tapi pastikan keluhan nyeri sudah hilang.

    GBU,
    Eltom

  • Treatment Pasca Cidera
    Oleh : bOzZio
    Selasa, 22 April 2008 18:22:06

    @sifuyono
    iya neh suhu,ane puyeng antara keinginan mabar sama rasa nyeri di kaki, mudah mudahan cepet sembuhnya...

    @Bejorio
    Saran Om Bejo oke juga...saya usahain setor muka skalian makbar bebek goreng, tapi yang terpenting silaturahminya, lagian saya pengen ktemu bli putu yang baik hati mau direpotin bkin kaos,hehehhe

  • Treatment Pasca Cidera
    Oleh : jae
    Selasa, 22 April 2008 19:55:09

    om bejorio, setuju kita nonton via satelit. Kita2 cuma bantu doa agar kalian yang ketemuan pada hepi, dan gak ada yang keseleo sewaktu mabar dan makbar.

    Om seb sudah gak tahan tuh, nasi lengko mau diapakan saja tetap saja lengko rek. Bawa tahu pasar pagi saja, biar di mabar pada nyobain enaknya makanan Tegal. Om Hansip lagi latihan lompat pagar di tol tomang. Inget om bisa keseleo kalo lompatin pagar tol!

    Opa Sifu lagi indehoi yah di surabaya, maka gak ada arek2 yg turun. Lha pasukan gentong semedi semua yah termasuk gentong pasar pagi om Stan. Piye toh mas ??? Om Cornell seharusnya juga turun dong .. titip saja dengan om stan tokonya. Mabar seru lo.

    Om Putu pasti kalah deh, matane sudah capek liatin kaos tiap hari. Habis namane aneh2 ya om! Om bOzzio jangan kuatir, perkara keseleo itu normal. Biasanya 3 hari seharusnya sudah sembuh pasti bisa mabar deh. Kalo masih ga sembuh panggil om alpino, beliau punya trik yg tokcer dari alibaba. Jangan dimanjain keseleonya, jadi cepat sembuh.

  • Treatment before Mabar 25
    Oleh : seb
    Selasa, 22 April 2008 23:42:02

    @Bozzio....
    Emang kalo dah kebelet maen, ini yg paling susah... kebayang2 jumping smash melulu ya... apalagi menjelang mabar. Si om Jae aja bolak balik mondar mandir ngeliatin kalender melulu..., mestinya mau balik nonton Thomas, malah sekarang pengen ikutan mabar serpong...

    Kalo emang elo prefer urut, ini ada info2 tukang urut (bukan mak erot lho....) disekitar jakarta barat, ga jauh2 dari rumah elo. Tukang urut juga mirip ama tarikan senar.... pegangan tangan mereka itu cocok2an ama anatomi urat/otot kita, hahahaha.... Kalo dapet yg pas, biasanya cespleng bro
    1. Ibu Teguh, dibelakang ruko interkota, deket Semanan, tapi masuk2 gang. Telpon 5445762, entar elo dipandu. Langganan dia banyak pemain2 badminton juga, krn deket gor si icuk yg di kosambi. Juga pemain tangkas bimantara
    2.Ibu Sri, di belakang taman aries yg menuju sekolah noterdam puri indah. lokasinya dijalan yg satu arah. telpon 9257088 or 081398708120
    3.Om Hema, ada disunrise garden, deket sekolah BPK, telpon 5800648, mesti nelpon dulu tanya jam berapa. biasanya ngantri
    4. Om Apiao, nah yg ini jauh, tapi gua paling cocok ama tangan si om ini... dia ada di kelapa gading dekat Al Azhar... praktek selasa kamis sabtu jam 9-5, harus telpon dapet nomor dulu 4600439 or 4603881

    Kalo yg no. 4, urutnya cuman 30 menit, kalo gak salah 100rb. Antrinya mesti sabar..., dia ngerti banget soal urat/tulang

    Kalo yg no. 3, lumayan'lah... apalagi gak jauh..., bayar juga sekitar 100rb, sekitar 15 menitan doang

    Kalo yg .no 2, tenaganya manteeeeep ama ngerti urat, cuman tempatnya kurang bersih, lumayan'lah, biaya sukarela... bisa 90menit sambil urut pinggang

    Yg no. 1, tenaga kurang tapi ngerti urat, biaya sukarela

    Sementara 4 diatas itu dulu cukup kalo cuman angkle... entar kalo udah kaya om jae (angkel, dengkul, sikut, boyok, ... kalo ini kebanyakan kolestrol ama asam urat) nah gua kasih 40 alamat, kekekekekeke

  • Treatment Pasca Cidera
    Oleh : jae
    Rabu, 23 April 2008 08:05:40

    om seb ngawur saja, aku nda ada kolesterol tinggi atau asam urat. urat dipinggang kejepit sejak 6 tahun lalu, karena gak ada tk pijit yg tokcer disini maka ke dokter. Sampai hari ini gak sembuh padahal bini gw juga dokter.

    Dipijit di Indo tiap tahun dengan syarat gak boleh angkat berat atau kerja keras, yah gw gak pernah santai sehari-hari maka gak baek2. Kalo tinggal di Indo sebulan pasti sembuh total deh, karena yg mijit jago2 disana. Sama dokter gw di recomend untuk operasi tapi gw gak mau, sereem bos. Nyatanya sejak main badminton pinggang gw jauh lebih enak 65%, jadi gw maen terus deh. Dulu dokter selalu suruh minum pain killer ( sehari bisa 4 kali), sejak badminton sakitnya berkurang dan gak makan pain killer kecuali sakit sekali. Maka gw gak recomend keseleo ke dokter untuk di Indo. Buang duit dan buang waktu serta sembuhnya lama.

    Dengkul gw kena karena bertahun-tahun gw terima kerjain pasang tegel, porselen tegel dan marmer. Dan selalu kerja sendiri. Jadi ringsek tuh dengkul. Sekarang agak mendingan, gila sakitnya minta ampun. Tapi tetap saja kalo maen bultang not badlah.

    Ankle, no problem. Maka lebih baik aku pake protector untuk persendian dan umur juga mulai lanjut toh. Yg laen2 juga harus menjaga yah terutama untuk lutut, makan dijaga mulai sekarang. Jangan terlalu banyak makan bebek kalo pecel lele gak pa2.

  • Treatment Pasca Cidera
    Oleh : romli
    Rabu, 23 April 2008 08:27:55

    @ bozzio.....
    kebetulan aku dah pernah ngalami,klo emang bener2 enkle kaki yang kena, jangan diurut.yang ini lain dari kasus kesleo or terkilir sebagai dampak dari kurangnya pemanasan. mungkin perlu waktu relatif lama untuk bener2 pulih, cuman saran saya :
    1. setiap malam sebelum tidur direndam air
    panas + garam kira2 10 min.
    2. menjelang tidur diolesin parutan jahe
    3. hindari dulu gerakan yang beresiko thd
    enkle.
    semoga lekas sembuh

  • treatment pasca cidera
    Oleh : h4n5ip
    Rabu, 23 April 2008 09:06:22

    waduh kayaknya ane udah gak ada komentar lagi nih, udah pada komplete.

    ane termasuk beberapa kali ke cengklek di engkel kaki kanan, tp puji tuhan tdk apa2 tuh, mungkin karen udah biasa loncat pager tomang kali yah, kekekek

    Utk Bozzio mending langsung di kontak tuh nomor2 anak2 nya mami seb, wakakakak
    kalo kurang minta lagi yg banyak.

    Tetep ditunggu kedatanganya di mabar, mungkin setelah liat kt2 maen jd langsung sembuh.

    Org jawa bilang *maen tdk maen yg penting ngumpul*. bener yah Seb.

  • treatment pasca cidera
    Oleh : alpino
    Rabu, 23 April 2008 20:48:49

    Tambahan dari saran2 teman yg laen, buat mastikan tidak adanya struktur tulang yg rusak, bisa juga ke dokter minta di ronsen, supaya jelas cderanya bagian apa, hanya otot or jaringan yg lain.
    Baru setelah itu; bisa ke tukang pijit ( saran om seb) or ke dokter ( orang pinter)

    Semoga lekas sembuh yah..

  • Treatment pasca cedera
    Rabu, 23 April 2008 23:41:52

    wah, lumayan nih, ada daftar tukang urut. Saya udah cedera bahu bertahun2...sekarang kalo main badminton ya main gitu2 aja, gak pake smash, kecuali kalo lagi tournamen. Itu juga pemanasannya mesti 30 menit, and besoknya, bahu gak bisa diangkat, hehe.

    U/ Seb: Kira2 kalo buat cedera yg udah tahunan gini, dari 4 tukang urut yg diatas, mending yg mana? Saya udah kena semua d, dari bahu, pinggang, ankle
    hehe
    thank you Om Seb

    Sander Wales

  • kutukan thread
    Oleh : gendruw
    Kamis, 24 April 2008 08:49:33

    Ini trit bagai kutukan buat saya. Sore kemaren baca ini trit, eh malemnye pas maen, cletek!.... engkel kanan kena dah :(
    Di lapangan gak ada es batu, jadi dikompress pake kaleng pocari dingin... pulang bengkak membesar, langsung pergi ke tukang urut dah (jadi bingung nie, ada yg bilang urut, ada yang bilang jangan......) alhasil pagi ini jalan terpincang2 :(

  • Treatment pasca cedera
    Oleh : zatara
    Kamis, 24 April 2008 08:59:48

    Saya pernah baru-baru ini,kena engkle. Pas gitu orang2 pada berusaha nolong (maksudnya baik) dengan cara mijit kaki saya.
    Saya ngeri banget waktu itu karena mereka (menurut saya) gak/kurang ngerti tentang urut-mengurut. Udah sakit dipijit lagi.
    Keesokan harinya gue bawa ke tukang urut yg ngerti ttg urat. Alhamdulillah saya libur hanya seminggu padahal prediksi gue sih 1 bulan (dulu pernah kejadian,gak diurut kurang lebih 1-2 bulan libur).
    Tapi sampe sekarang masih pake pelindung engkle.

  • Treatment - Dokter or Urut??
    Oleh : seb
    Kamis, 24 April 2008 10:49:44

    Dokter atau urut ato cukup oles2 painkiller, voltaren, feldene??? Kembali lagi itu ke masing2. kalo memang dirasa cederanya lumayan berat, mending dirontgen shg tau pasti. Emang kalo ke dokter (tulang/syaraf/chiro), mayoritas mereka bilang NO urut. Kalo ke tukang urut, pasti mereka ngomong ini mah gampang, telaten aja 3-5x sembuh... Kompres es biasanya efektif buat cedera dgn bengkak/inflamasi yg baru, inipun tdk boleh more than 15mins.kompres selanjutnya pake air hangat plus garam, kmd baluran jahe or arak gosok. Kalo ane cocoknya diurut ama om Jae...bekas ahli beladiri...
    @gajelasboy, soal tkg urut - ane prefer ke no 4, doi sdh pengalaman handling yg kasus2 berat
    Enjoy urut sambil merem melek makan bebek si Hans

  • Treatment acute injury
    Oleh : Eltom
    Kamis, 24 April 2008 12:01:34

    Untuk panduan penanganan cedera akut yang mempengaruhi otot, tendon, atau ligamen yang robek coba lihat website ini:

    http://www.sports-injury-info.com/rice.html

    Disitu ada penjelasannya kenapa harus dilakukan. Saya pribadi sudah praktekkan pada teman, saat dia cedera ankle. Langsung dikompres es selama 20 menit diulang 3-5 kali sehari, hanya dibutuhkan 1 hari dia sudah bisa lari-lari.
    Selamat mencoba.

  • treament! thanks all!!!
    Oleh : bOzZio
    Kamis, 24 April 2008 14:43:37

    thanks atas masukan teman2 semua, kaki saya udah agak enakan,mudah2an besok bisa hadir.
    pengen nya sih ikut maen tapi liat kondisi besok saja, alat tempur + kaos baru (hehehe) pasti dibawa,sapa tau liat pertarungan seru sakit nya jadi ilang.

    keep fight, never give up!!!

    salam.....

  • Treatment Pasca Cidera
    Oleh : sifuyono
    Kamis, 24 April 2008 16:13:47

    @ bozzio
    sekedar pengen tahu aja yah, kamu jadinya pake caranya siapa??
    di-mix gitu yah...

  • Treatment Pasca Cedera
    Oleh : nurman
    Kamis, 24 April 2008 16:37:55

    Selain hobi badminton, om Bozzio ini profesinya DJ...hehe

  • treatment pasca cidera
    Oleh : h4n5ip
    Kamis, 24 April 2008 17:02:23

    @Eltom
    waduh om eltom masa sih bisa sembuh pake es doang.
    Kacian dong anak2 didik nya seb, bisa gak ada kerjaan tuh. wakakakak.

    Tuh bozzio, pake no 4 yah (liat2 dulu di aquarium kali aja yg no2 laen lebih ok)
    huahuahuahua

  • Treatment - urut vs es
    Oleh : seb
    Kamis, 24 April 2008 21:26:04

    @Bos Hans,
    Bener2 hebat teman2 forum ini... Gak ada matinye info2 yg ilmiah maupun yg engga.... Berart mulai besok, mesti disaranin di tempat tempat urut agar mulai jualan es, dari es lilin, tungtung, oyen, kopyor ampe haagendaz. Yg urut dapet bonus es disamping bebek. Jadi sinergy pengobatan ala eltom, seb dan tukang bebek.

    Yg no 2 udah dibooking ampe bubar Hans, jadi tinggal sisa no.4. Elo mesti pagian datengnya, jd komplit ama masih fresh fresh kaya ikan di muara karang, daleeeeeem banget yak. huahahahahaha

  • Mixing Treatment Pasca Cidera
    Oleh : bOzZio
    Jumat, 25 April 2008 08:49:59

    @sifuyono
    saya minum ibuprofen 1 x sehari,trus diurut sama tukang urut rekomen teman saya, namanya zeni,lumayan sakit tapi sehari setelah nya ga berasa berat lagi,cuma tinggal nyeri2 dikit. malem jam 7an saya rendam pake aer anget + garam dikit sekitar 15 menitan trus pas mau tidur saya gosok pake minyak batu dikasi temen dari malaysia. sekarang udah bisa jalan dan ga pincang lagi tp nyeri nya masih ada dikit.

  • Bagaimana ?
    Oleh : seagate
    Selasa, 30 Desember 2008 19:27:41

    @ Om Seb.

    Tukang urut yang nomor:
    2. Nomor telpon yang tercantum kedua-duanya belum terpasang.

    1. Yang angkat telpon bilang bahwa tukang urutnya sudah meninggal...???

    Padahal lutut saya cidera sudah 1 bulan lebih tidak sembuh2, jadi tidak bisa badminton ria lagi

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru