Forum > Kesehatan & Kebugaran

Cedera dalam Bulu Tangkis

Senin, 28 September 2009 21:43:07
6065 klik -- 11 respon
Oleh : will
Versi cetak

Saya sangat punya banyak cidera dalam bermain...
Mulai dari elbow, pergelangan saya yang mulai menggeser sehingga tulang mulai menonjol di depan tulang hasta, Ankle kaki yang bekas keseleo. Yang menjadi pertanyaan saya untuk para suhu dan pendiskusi...Apakah sakit yang saya rasakan itu ngilu namun jika di tekan saja tapi dalam gerak saya rasa sakit itu tidak keluar. Apakah itu harus di cek atau bagaimana?
Dan bagaimana cara menghindari cedera saat latihan?

Respon

  • Cedera dalam Bulu Tangkis
    Oleh : Titanium
    Selasa, 29 September 2009 01:10:22

    cukup pemanasan otot2 dan stretching kunci utama. mungkin kamu latihan gerakan yang sama berulang-ulang / repetitif dan agak diforsir walau sudah capek. itu yg membuat berbagai macam cidera

  • re: Cedera dalam bulu tangkis
    Oleh : robby
    Selasa, 29 September 2009 01:39:40

    @Will
    bro cidera dlm badminton itu biasa, 2 kaki ku dah keseleo beberapa kali..sampe skrg keseleo nya bosen sendiri hehehe, tp bener yg di bilang bro Titanium pemanasan sblm main itu wajib, kalo perlu pake conterpain atau balsam biar menghangatkan otot2 yg membuat aliran darah lancar. Jangan malu melakukan pemanasan untuk keselamatan dan kenyamanan kita sendiri dlm permainan.

    Konsumsi minuman ber-kalsium jg penting untuk kekuatan tulang, terutama bagi mereka yg porsi latihannya cukup banyak

    Jika bro keadaannya sperti diatas mending di periksa ke dokter kalo2 ada otot yg kejepit yg efeknya baru muncul beberapa tahun ke dpn. Saya punya temen yg cidera waktu forsir lari dg beban, dia meremehkan cidera nya, stlh 8th ada perubahan kaki nya mengecil dan lama2 dia bahkan tdk sanggup main badminton, skrg hanya melatih ksh instruksi aja..bukan menakut2i tp alangkah baiknya di cek aja..goodluck bro

  • Cedera Latihan
    Oleh : will
    Selasa, 29 September 2009 06:22:50

    @Titanium
    Wah betul...saya bermain tidak pernah stretching karena saya tidak merasa ada gangguan tanpa strechting sehingga saya bermain tanpa banyak strecthing.
    @Robby
    Wah seram sekali bung...tampak nya memang harus di cek jika sedikit banyak...hahaha

  • re: cidera latihan
    Oleh : sharahlee
    Selasa, 29 September 2009 09:01:31

    Jangan lupa pola makannya mas.....
    ibarat mesin diberi oli top 1, dan oli eceran...bukan promosi lho he he he.....

  • Cedera dalam Bulu Tangkis
    Oleh : will
    Selasa, 29 September 2009 14:23:13

    @sharahlee
    wah kalau soal makan apa saja masuk yang penting bergizi bung...wqwq

  • Balas : Cedera dalam Bulu Tangkis
    Oleh : BliPutu
    Selasa, 29 September 2009 15:36:54

    @robby
    Minuman yang mengandung kalsium apa nich bos...????

    Beberapa bulan yang lalu saya mengalami sakit pada pangkal lengan tangan kanan saya. Sakit akan amat menyiksa jika akan melakukan smash. Dan siku tangan kanan bagian dalam juga mengalami cidera (golf elbow). Akhirnya saya melakukan terapi (fisio therapy). Kebetulan itu merupakan tempat therapynya anak2 diklat jayaraya atau diklat ragunan dan atlit pelatnas pratama. Karena lokasi itupun saya dapatkan dari sang ayah anak pelatnas tersebut yang kebetulan teman sepermainan dengan saya. Akhirnya proses therapy saya lakukan. Dengan 4X kunjungan sekarang lengan saya sudah bisa untuk melakukan smash lagi. Sedangkan untuk ceidera golf elbownya masih saya tahan2 dulu.

    Salam

  • Cedera dalam Bulu Tangkis
    Oleh : will
    Selasa, 29 September 2009 17:15:56

    @Bilputu
    Jadi untuk cedera apakah memang harus dilakukan dengan terapi agar tidak kambuh kembali?

  • Balas : Cedera dalam Bulu Tangkis
    Oleh : BliPutu
    Selasa, 29 September 2009 23:54:36

    @will
    Saya sebenarnya bukan ahli dalam hal ini, secara kebetulan saya ini hanyalah korban. Di forum ini sebenarnya ada seorang dokter yang sangat ahli dalam hal ini. Beliau menggunakan id ''ELTHOM''. Cuma beliau agak jarang muncul di forum ini.

    Sebenarnya cidera dalam olah raga bulutangkis itu hal yang biasa (spt di tulis oleh bung robby), hanya saja kita inginnya semua serba instant. Cidera (jika memang kita sudah terkena cidera tersebut) yang kita alami sebetulnya memang memerlukan perawatan khusus/terapi. Tetapi jika memang kita belum terkena cidera tersebut, alangkah baiknya kita melakukan stretching/pemanasan terlebih dahulu sebelum kita berolah tepok bulu ini.

    Demikian masukan dari saya.

  • Balas : Cedera dalam Bulu Tangkis
    Oleh : robby
    Rabu, 30 September 2009 11:47:49

    @BliPutu
    waduh bro satu ini nge-test orang pulau, JKT mah banyak minuman ber-kalsium atau kalo perlu makan banyam banyak2 biar kayak popeye hahahahaa..eeh tp miracle water yg aku info kan itu jg salah satu yg manjur kalo bisa minum, take it for yourself saat ini ntar dipikir crazy lo :))))

    Bli apapun yg berhubungan dengan bulu mesti kudu pake pemanasan ya nggak ;)

  • Cedera dalam Bulu Tangkis
    Oleh : will
    Rabu, 30 September 2009 14:31:31

    @bilputu
    oh...baik...betul...hahaha...
    sungguh meganggu cedera apabila muncul..

  • Re: Cedera dalam Bulu Tangkis
    Oleh : troebs
    Senin, 18 Oktober 2010 10:36:22

    sedikit informasi juga, kalo cedera juga terjadi dalam lapangan. walaupun sudah pemanasan. jadi perhatikan juga pukulan2 smash. adakalanya yang membuat cedera karena ketika mau smash dan sudah mengeluarkan tenaga besar tau'nya salahnya mukul bola. ini menyebabkan power yang kita keluarkan tidak sesuai dan bisa mengarah kepergelangan tangan kita cedera.

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru