Forum > Kesehatan & Kebugaran

Fitness & Badminton

Kamis, 01 Mei 2008 01:25:07
13167 klik -- 27 respon
Oleh : bano
Versi cetak

Dear rekan2 bulutagkis.com. Salam kenal, saya orang baru di forum ini. Ini posting pertama saya. Uda ngubek2 search engine tp ngga ketemu yang pengen saya tanyain. Apabila salah kamar, or uda pernah di post sebelumnya, atau ada perkataan saya yang salah, mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Sesuai dengan judul ruang diskusi ini, hubungan antara fitness (Weight Training) dengan badminton. Pengaruhnya, seberapa penting fitness (Weight Training), Otot-otot apa yang paling berperan penting saat melakukan gerakan-gerakan dalam permainan badminton, dan latihan apa saja yang perlu di lakukan untuk meningkatkan performa saat bermain.

Tentang weight training, di PEDOMAN PRAKTIS > PELATIHAN FISIK ada sedikit dijelaskan. Tetapi tidak lengkap. Oleh karena itu, saya angkat lagi topic tersebut disini.

Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih atas respond yang diberikan. Mudah2an pertanyaan saya tidak hanya bermanfaat buat saya, tetapi juga untuk semua orang. Terima Kasih.

Respon

  • Fitness & Badminton
    Oleh : bejorio
    Kamis, 01 Mei 2008 20:49:17

    @Bano
    Sebenarnya di bulutangkis yg dibutuhkan adalah kecepatan, kelenturan & kelincahan tubuh kita karena gerakannya memang dinamis tanpa henti (bahasa kerennya SPEED & POWER). Jadi fitness yg dilakukan sebaiknya jgn membentuk otot tapi memperkuat otot, terutama sekali otot kaki, paha, lengan bawah, lengan atas & pergelangan tangan, utk detilnya coba tanyakan ke instruktur fitness yg lebih paham, kalau dijabarin disini bisa 3 halaman..:)

    Hal penting yg harus diperhatikan sekali sebenarnya adalah stamina, di bulutangkis stamina sangat berperan sekali, percuma teknik pukulan bagus, footwork lincah, strategi jitu tapi stamina ngedrop pasti kedodoran di tengah jalan. Mungkin hal tsb tdk akan berpengaruh jika lawan kita levelnya masih dibawah, tapi kalau sudah ketemu lawan yg imbang, stamina & mental berperan sekali.

    Penjelasan diatas diasumsikan teknik kita sudah terbentuk ya. Kalau blm, yg pertama diperhatikan ya belajar teknik semua pukulan & footwork di bulutangkis.

    Mungkin itu penjalasan dari ane, rada gak nyambung ya sama topiknya..:) mungkin ada yg lebih pakar lagi ngebahas soal fitness & bulutangkis.

  • Fitness & Badminton
    Oleh : sifuyono
    Jumat, 02 Mei 2008 08:32:12

    aku juga setuju ama bejorio

  • Fitness - badminton
    Oleh : seb
    Jumat, 02 Mei 2008 09:52:10

    @bano

    Penjelasan om bejo itu bener banget tuh...

    Gw cuman nambahin doang dari sisi practise... yg pasti sebelon latihan badminton, jangan melakukan aktivitas2 yang berhubungan dengan otot, al. ya fitness ini juga relaksasi otot (refleksi, sauna, shiatsu,...)... ini akan membikin otot anda tidak dapat mempunyai kekuatan optimal, seperti loss of power juga kaki akan terasa berat. Contoh: Om Hansip kemaren Mabar forum, cuman bisa jumping smash 90cm berturut-turut 3x (yg biasanya bisa 5-7x), ternyata ada bocoran dia melakukan aktivitas berat yang berhubungan dengan otot utama...

    Saat akan bermain, cukup melakukan pemanasan/pelemasan otot dengan senam2 kecil... juga lakukan senam peregangan kembali setelah bermain... terutama yang udah mulai kepala 4... dimana otot2 udah mulai tidak bisa diajak kompromi kelenturannya....

  • Fitness dan Badminton
    Oleh : h4n5ip
    Jumat, 02 Mei 2008 16:22:22

    @Bano
    Memang kalo di inget2 dulu latihan di PB waktu kecil yah selain stamina jg skill(pukulan)yg di pelajari.
    Sebenernya paling enak ikut Klub, ato kalo gak ikut latihan aja ama Bli Putu, pasti tokcer.

    Stamina
    coba kalo bisa rutin tiap pagi lari pagi, sit-up, push-up. Skipping jg membantu kecepatan dan stamina. kalo bisa jg latihan bayangan.

    Skill/Pukulan
    nah kalo yg ini harus sering maen, kalo bisa mmg harus ada yg kasih contoh bgm lob,smash,drop shot yg baik dan benar. Pegangan tangan jg mempengaruhi pukulan yg benar. Otodidak jg bs sih, cm mgkn agak lama.

    Setelah itu mungkin nanti bisa belajar ama Seb gmn pukulan tipu menipu, biasa nya harus latihan dulu tuh dirumah nipu siapaaa gitu, wakakakak.

    @Seb
    bukan nya game pertama anne banyak jump smash? waktu game ke 3 itu udah cuapek tenan,
    dah gitu lawan nya bikin lier lagi, wakakak

  • Fitness en Badminton
    Oleh : bano
    Jumat, 02 Mei 2008 16:56:59

    Bnr jga sih. Jd inget dulu, pas msh SMP, wktu itu ikut PB Tangkas di pluit. Beh.. latnya, pas awal2 banyakan lat fisik drpd blj teknik. Kalo skarng uda tua. Badan juga uda berat bgt rasanya. Perut buncit.

    Yang penting skr buat saya olahraga buat sehat. Nga cpt cape kalo naik gedung 19 tingkat pk tangga. Hahaha..

    U/ Om Hans
    Hati2 om... Suka nipu beresiko pada jantung menyebabkan gangguan pada kehamilan dan janin ^^ Wakakakk.....

    BTW sya orang baru ni di forum ini. Salam kenal yach semuanya.

  • Yang mau kurus, silahkan baca ini....
    Oleh : bano
    Jumat, 02 Mei 2008 17:07:45

    Sekedar info, bagi yang ingin menguruskan tubuh, biar lebih gesit di lapangan.

    Bebrapa waktu lalu, saya ad ikut seminar ttg hidup sehat. pembicaranya Ade Rai en Adrian Maulana.

    Menurut pendpt mrk, agar olah raga yang kita lakukan sepenuhnya untuk membakar lemak, sebaiknya melakukan lat otot(weight Training) sebelum melakukan latihan kardio (treadmil, sepeda, basket, bultang, tennis, dsb).

    Lat otot dilakukan di awal, betujuan untuk memanaskan tubuh, dan meningkatkan heart rate ke mode fat burn. Sehingga lat badminton yang kita lakukan stlh Lat beban, sepenuhnya untuk membakar lemak.
    Selain itu, Lat beban juga berguna untuk mengencangkan otot2, mengingkatkan power, dan yang pasti untuk membentuk tubuh.

    Pola latihan tsb mereka anjurkan bagi orang2 yang ingin membentuk tubuh dan membakar lemak. Mudah2an info ini berguna buat semuanya. Thx.

  • Fitness & Badminton
    Oleh : bejorio
    Jumat, 02 Mei 2008 18:15:01

    @Bano
    Salam kenal om Bano...
    Ente ternyata jebolan PB Tangkas toh...:)
    Jgn2 ente ngelatih juga ya disana?

  • PB Tangkas...???
    Oleh : bano
    Minggu, 04 Mei 2008 02:47:02

    Om Bejo tau PB Tangkas??? Terkenal Juga yach....??

    Ngelatih? Buset d. Ngga lah. Main aja ngga becus. ^^ saya dulu di Tangkas uda sekitar 8 or 9 tahun yang lalu. uda lama bgt.

    BTW, disini yang mainnya di deket2 pluit sapa aja yach?? Main yookk....???

  • Yang perlu dlm BTKIS
    Oleh : tjepy
    Minggu, 04 Mei 2008 15:05:31

    Emang benar,semua yang dikatakan rekan2 btks or yg memerlukan speed n Power,jd laatihan2 mendsr sjak kcl sangat diperlukan,terutama spt yg dikatakan bung hans dan bung Seb.Kesemuanya itu akan berguna dlm penguasaan lapangan dan permainan,dan yg bgs an bisa gendong kita2 yg tuwir2 d,he,he,heeeeeeeeeeee

  • Badminton dan persiapannya...
    Oleh : seb
    Minggu, 04 Mei 2008 22:28:57

    Seperti yg dibilang Om Tjepi dan Om Bejo, Kalo badminton itu dibutuhkan stamina dan persiapan yg memadai karena termasuk olahraga speed and power dengan intensitas mobilitas gerak yang tinggi/dynamic (high aerobic).

    Banyak yang bilang kalo olahraga ini lebih pas buat anak2 muda,... tapi gimana ya wong namanya demen... dan juga yang dah uzur belon tentu kalah ama yang muda, kekekekekkkkk....Alfons/RHZ/Gendruw/Hans/Sifu/Bozzio/3yono/bowo/bos putu.... siaaaaap????? kapan2 boleh tuh diadu kepala 3 lawan kepala 4 keatas (plus suiti)... huahahahahaha
    Team kepala 4 keatas buanyaaaaaak lho yang andal, al: Jae, Admin, Tjepi ya?, de Fido, .... pokoknya pantang mundur sebelum fight... HAto/Bung Jacque/Bung Nanang/Bung Nurman - siap???

    Makanya beruntung'lah yang udah usia dengan digit pertama angka 4 keatas masih bisa main dan menikmati olahraga ini... Yang penting sebelum main, persiapan kita cukup (pemanasan dan badan dalam kondisi fit), juga jangan terlalu diforsir. Yang penting cari keringat, sehat, enjoy the game dan fun bisa ketemu dan ngobrol2 dengan teman sealiran penggemar bultang, it's more than enough... Setuju???

  • SUITI...???
    Oleh : bano
    Minggu, 04 Mei 2008 23:34:44

    Om Seb...
    Suiti itu sapa sich??? Jd penasaran....
    Ngefans bgt tu si om Seb.......

  • suiti
    Oleh : jae
    Senin, 05 Mei 2008 06:43:21

    om bano,
    suiti itu semacam trophy yg diperebutkan pemain putra di mabar bultang.com. Seperti Thomas cup gitu.

    om seb gugur di babak pra kualifikasi, makanya dia penasaran banget. Yg menang saat ini baru om hansip, maka dia bisa foto bareng dengan sang trophy.

    Persyaratan untuk dapat trophy hanya boleh melihat tapi gak boleh pegang jika menang, dan trophynya dijaga ketat oleh pasukan garnisun bultang.com.

    Dampaknya lebih hebat daripada obat sakit kepala, sebab suiti ini bisa membuat om bano kehilangan konsen dikala bermain bultang. Yg terparahlah yg menang, jadi tim juri telah melihat om hansip gak bisa konsen gak karuan. Tadinya bisa jumping smash 1 meter saat itu 1 cm saja gak bisa, maka kalah telak beliau dihadapan suiti.

    Untuk jelasnya silahkan mendaftarkan perebutan suiti di mabar selanjutnya. Btw om seb adalah pemain pertama yg gugur maka dia penasaran banget. Om gendruw wasit pertama yg di diskualifikasi karena salah hitung terus gara2 melihat trophynya.

    Pokoke serulah om bano, peraturannya boleh lihat tapi gak boleh pegang.

  • fitnes & badminton
    Senin, 05 Mei 2008 08:30:06

    wah kyknya rema bgt. sya bru bljr bultang & otodidak... emang awalnya sulit trutama fisik. klo teknik sih bsa liat tmn2 yg kliatan pinter (itung2 emang ndk da platihnya). pas latihan prtama byk kdodoran (diejek,dicemoohkan,dll) wih ngeri, pas dpt 5 bln bru kliatan hslnya (krn fisik/otot kaki+tangan sdh kuat)(sya emang ngebet banget meski ndk bsa. org lain 2-3 set, q bsa 5-6 set) skrg yah lumayan... sdikit2 org2 bsa di KO (bikin mreka heran... heh..ehe). itung2 ngebersihin hati mreka biar ndk sombong lgi gtu..he.. (wah kyai lewat).
    (maaf lho sya org bru... mhn dijewer klo da yg slah...lah msh muda sih)

  • Suiti ??????
    Oleh : diojoe
    Senin, 05 Mei 2008 10:20:33

    Sama kayak Bano, aq juga bingung sapa tuh suiti kok kata itu lagi naek daun yach di dunia Bultang.com He5x. Kasih bocoran duoongg..
    @Jae bilang kayak trophi lah piye tho iki.
    jangan2 dari kata sweet coz di foto mabar temen2 ada yg sweety buanget gitu. Kayak Kuiz siapa dia aja. hehehehe

  • Suiti lagi.... Suiti Lagi........
    Oleh : bano
    Senin, 05 Mei 2008 13:47:18

    OOOOhhhhh... jd Suiti itu maksudnya sering di suitin ama om seb yach.... wakakakk.....

    Trus di forum ini kalo lagi mabar, selain ada pocarian cup, ada Suiti cup juga....??? Suiti cup ini, piala bergilir or kalo uda dapet jd hak milik....??? Wakakak.....

    Boleh nich..... Hrs sering2 latihan biar bisa menang pada event bergengsi ini SUITI CUP. Hahahaha......

  • FITNESS & BULUTANGKIS
    Oleh : nophi
    Selasa, 06 Mei 2008 17:06:31

    saya jg mo nambahin nih,,,krn saya suka bultang and suka fitness juga,,,latihan otot yang saya latih utk bultang yaitu :
    -Trisep : otot belakang lengan belakang,gunanya bisa utk power saat smash baik forehand maupun backhand (latihannya pake barbel,pake dua tangan sekaligus,,enak tuh...berasa)
    - Abdominal : otot perut, penting banget utk stamina saat main dan menjaga supaya gak kondor kata orang2, kalo otot perut udah kuat otomatis kita gak perlu pake supporter lagi deh.bisa dgn latihan sit up
    - otot sekitar kaki dan paha, gunanya utk ketahanan tumpuan badan,,,kaki memegang peranan penting dlm bultang soalnya,,,latihannya dinamakan squat alat nya namanya smith machine...
    masih banyak lagi sih bro...

  • Fitness & Badminton
    Oleh : bano
    Selasa, 06 Mei 2008 23:54:08

    U/ Nophi
    Thx bgt ya tips2nya.

    Td saya uda diskusi dengan instruktur fitness saya. Dia bilang, fitness untuk bulutangkis sebaiknya menggunakan beban yang ringan hingga sedang. Jangan berat2.
    Karena spt yang dikatakan oleh om Bejo, yang dibutuhkan dlm permainan bulu tangkis adalah Kelenturan, Kecepatan, dan Kelincahan.

    Dengan berlatih menggunakan beban yang berat, dapat membuat otot menjdi besar dan kaku (Seperti Binaragawan). Jd sebaiknya menggunakan beban yang ringan hingga berat, dengan jumlah repertisi yang banyak pada tiap setnya. Hal itu akan dapat meningkatkan power dan endurance (ketahanan) dari otot.

    Selain yang sudah disebutkan oleh bung Nophi, saya tambahkan otot2 yang perlu dilatih, otot2 tubuh bagian atas. Seperti Punggung (terutama otot sayap), Bahu, Tangan (Terutama pada pergelangan tangan), perut, dan Kaki(Paha&Pantat).
    Latih juga otot dada dan otot2 lainnya, agar tidak menggangu keseimbangan bentuk tubuh (proporsional).

    Demikian informasinya. Semoga Berguna untuk semuanya. Apabila ada informasi lainnya yang kurang, mohon ditambahkan (Biar sama2 belajar). Thx.

  • fitness & Badminton
    Oleh : nophi
    Rabu, 07 Mei 2008 12:53:03

    woi temen2,,,saya mo nanya nih,,,kalo utk pukulan forehand hampir semua berpendapat mudah dan tidak lama utk belajar jadi mantep,,,tapi saya pengen banget bercita2 bisa smash backhand kayak di video nya taufik,,ada yg bilang pake perasaan gini nih..: waktu ancang2 smash backhand...tenaga kita kumpulin di pergelangan tangan...sssseeeeetttt kalo dah pas..baru di smash,,,krn katanya tanaga utk backhand smash yg diperlukan oleh lengan hanya 30% sisanya 70% diperlukan oleh pergelangan tangan,,apakah benar pendapat trsebut atau hanya mitos belaka??atau hanya sugesti??udh 1 tahun saya setiap pemanasan selalu mukul pake backhand terus tapi sepertinya masih jauh utk dpt power seperti taufikkasih tips nya donk...plizzz

  • PB tangkas...?
    Oleh : nophi
    Rabu, 07 Mei 2008 13:32:53

    om bano,,,maennya di pluit yah??dimana tuh ??di deket bimoli bukan???apa yg dibelakang mega mal,yg ada kolam renang nya dulu??kalo saya dulu pernah latihan di jl roa malaka utara,,,

  • Fitness - Bulutangkis - Makan Nasi
    Oleh : zakki
    Rabu, 07 Mei 2008 13:57:19

    wah..semua penjelasannya ok punya,apalagi saya bisa dikatakan jarang fitness. salam kenal buat semua..
    salam

  • Badminton & Backhand
    Oleh : bejorio
    Rabu, 07 Mei 2008 14:17:39

    @Nophi
    Ane mau coba sharing nich..
    Informasi yg ente utarakan sebenarnya sdh
    benar, yg mana jika melakukan backhand (jgn smash dulu) memang sebagian bertumpu pd kekuatan pergelangan tangan. Tapi perhatikan pula posisi pegangan/grip pd saat melakukan backhand. Grip pd saat melakukan backhand return smash dg backhand clear atau backhand smash itu agak berbeda walaupun kalo dirasa2 sepertinya tdk ada bedanya, namun bagi yg sudah mahir melakukan backhand hal tsb berpengaruh sekali pd kekuatan dorongan bola.

    Terus terang utk urusan teknik backhand sebenarnya backhand clear lebih sulit drpd backhand smash, jadi matangkan dulu backhand clearnya jgn buru2 mau bisa backhand smash. Pertama sekali sebaiknya ente latih dulu kekuatan pergelangan tangan ente & pegangan/grip ente. Utk mengukur semuanya itu coba melakukan backhand clear dari 3/4 lap (posisi mendekati 2 garis belakang, jika pengembalian ente sdh bener2 clear (artinya tidak tanggung & tdk gampang diserang) berarti kekuatan pergelangan ente sdh bagus & posisi gripnya udah benar.
    Setelah itu baru deh latihan backhand smash. Utk backhand smash posisi badan harus tegap, kaki jgn terlalu ditekuk karena kekuatan smash bertumpu pd kaki yg lurus, pd saat ingin memukul bola (contact point) diusahakan posisi bola jgn melewati kepala kita, krn akan sia2 tdk akan ada powernya pd saat dipukul kalau posisi bola sdh lewat kepala kita. Posisi tangan lurus keatas, pd saat mengayun ayunan sama seperti backhand clear tapi ini bola diarahkan ke bawah (disinilah peran kekuatan pergelangan tangan).

    Btw, kalau ada yg mau kekuatan backhandnya seperti Taufik Hidayat, ane daftar duluan deh...:), itu kecepatan backhand smashnya aja udah diatas 200 km/jam...wuih....sama dg kekuatan smash forehand kita kali ya atau malah kurang ? :)

    Demikian pendapat ane...
    Mungkin ada yg lebih pakar lagi utk membahas soal backhand-membackhand...(kita sama2 belajar koq disini).

  • backhand smass ala Taufik
    Oleh : gendruw
    Rabu, 07 Mei 2008 15:52:25

    @nophi:
    Cita2 yg mulia... tips saya sie gampang aja, anda siap latihan seperti taufik kah? pagi-sore tiap hari? other than that, penjelasan bro bejorio oke tuh :)

    Klo saya sie cukup puas ama pengembalian backhand saya yang pas2an dan setengah tanggung, soalnya cuma maen 2x atau 1x seminggu hehehe

  • Backhand
    Oleh : sugik
    Rabu, 07 Mei 2008 16:12:35

    saran aja kalo usia2 veteran,mau latihan backhand sering2 aja main single,atau saat pemanasan,kalo pas main double saya yakin jarang kepake.untuk latihan beban sama aja dengan latihan umumnya yaitu kekuatan pergelangan tangan.dan ketepatan/timing ayunan,usahakan posisi kock sedikit didepan kita saat kita menghadap kebelakang/posisi pukulan backhand.

  • pukulan back hand
    Oleh : tjepy
    Kamis, 08 Mei 2008 01:33:46

    Untuk veteran yang mau latihan back hand saran saya cm 1,hati2 keseleo,krn saya pun gak bs back hand dan krn da tua,jd gak ada obat nya,he,he,heeeeeeeeeeee,tul gak bli?

  • artikel yg bermanfaat
    Oleh : jimbeam
    Selasa, 29 Juli 2008 01:27:27

    hmmmmm salam sejahtera semua ,,,,,artikel yg sungguh bermanfaat bg saya

  • Re: Fitness & Badminton
    Oleh : bob
    Rabu, 30 Juli 2008 19:38:15

    bro..mau tanya...

    kalau footwork tuuhh yang jelas nya apa s..??
    istilah2 di badbinton ane kurang hafall..

    thank teman...

  • f4riz
    Kamis, 20 November 2008 14:53:00

    salam kenal smua..
    yup,aku setuju
    untuk dapat bermain bagus tidak berdasarkan pada besarnya otot yang dimiliki.

    fitness pada dasarnya untuk membentuk power,padahal tidak cuma power yang dibutuhkan, tetapi stamina,refleks,teknik dan kecepatan juga sangat berperan.

    tetapi,tidak ada salahnya melakukan fitness untuk menjaga kebugaran.

    ada baiknya konsultasi dulu sama instrukturnya jenis latihan apa saja yang mendukung untuk bermain badminton.

    jangan sampai fitness yang kita lakukan malah tidak efektif dan mengurangi kecepatan kita dalam bermain.

    Bila tidak sempat fitness latihan2 yang cukup efektif dilakukan sendiri di rumah sbb:
    1.skipping (lompat tali)
    2.jogging
    3.latihan memukul dengan raket pemberat (misal karet ban yang dililitkan di frame raket), ckup bayangan saja
    4.memukul kok pada dinding
    5.push up,sit up, back up

    apabila latihan diatas dijalani dengan rutin, dijamin dalam 2 bulan saja musuh2 kita bakal kaget pd perubahan kita..
    hehe..


Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Shuttle Science - The Film

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru

Facebook Fanpage