Forum > Kesehatan & Kebugaran

Cedera Lutut

Jumat, 16 Mei 2008 09:52:36
2654 klik -- 0 respon
Oleh : jae
Versi cetak

Lutut adalah sambungan tulang sendi terbesar yang dipunyai tubuh manusia.
Sambungan lutut terdiri dari bagian bawah yang kita sebut sebagai tulang BETIS (femur bahasa kerennya) dan tulang PAHA ( tibia bahasa tegalnya ).

Pangkal tulang betis terdapat sebuah tembok mini yang berdiri hamper ditengahnya yang berfungsi menyangga ujung femur/tulang sendi (berbentuk seperti dua buah batok yag satu lebih besar dari satunya) diatas tibia atau ACL diatas PCL (bertemunya ujung tulang) agar bisa bergerak maju dan mundur. Bertemunya femur dan tibia ditobang oleh 2 kabel besar yang bahasa sop kaki kambing disebut sebagai URAT yang bersilangan.

Jaringan urat-urat lainnya di bagian atas dan samping(femur) bertugas membantu meluruskan kembali kaki jika ditekuk.

Bagian dalam tulang sendi lutut bertugas menjaga keseimbangan lutut bagian dalam, dan bagian luarnya yag juga terdapat jaringan2 urat bertugas menjaga keseimbangan persendian. Tugas bagian tengah pertemuan atar sendi adalah untuk membatasi ruang gerak lutut agar tidak keluar.

Bulutangkis adalah olah raga yang sangat bergantung kepada persendian lutut. Bayangkan sewaktu stretching mendadak ditengah berlari dan harus bangkit serta melompat maka gerakan2 seperti tiu sangat membuat persendian lutut stress berat.

Untuk menjaganya maka dibutuhkan suplemen seperti glukosamin, choindritin, minyak ikan dsb guna menguatkan dan memberikan lubrikasi yang cukup, juga menjaga berat tubuh agar tetap ideal.

Bagi pemula pemain badminton sangat besar akan terkena cedera lutut bahkan menurut survey 34% mendapatkan cedera yang berat.
Maka hati2 lah dan bijaksanalah menggunakan lutut kita didalam badminton ria.

Respon

    Belum ada respon.

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Audisi Umum PB Djarum





DANISA Denmark Open 2019

Seeded Entries
Players
Draws
Matches
Website
Live Score

@portalbulutangkis

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru