Forum / Atlet Bulutangkis

Atlit di mata Rudy Hartono & Tan Joe Hok

Jumat, 16 Juli 2010 12:47:49
1831 klik -- 19 respon
Oleh : ngakak
Versi cetak

SEMANGAT JUANG TIPIS

Selasa, 23 Juni 2009

Terpuruknya prestasi bulu tangkis Indonesia menimbulkan kekhawatiran berbagi pihak. Dua legenda bulu tangkis Indonesia, Rudy Hartono dan Tan Joe Hok, menilai persoalan terjadi karena faktor mental para pemain dan pembinaan dari pengurus.

JAKARTA , Kabut gelap masih menggantung di langit perbulutangkisan Indonesia. Belum ada perubahan berarti, mengakibatkan prestasi menurun tajam sepanjang setengah tahun ini.

Tuaian buruk terakhir disaksikan langsung publik sendiri di Indonesia Open Super Series. Perjuangan tuan rumah dalam sepekan sia-sia. Tak satu pun gelar diraih. Para penggawa pelatnas paling jauh terhenti di semifinal. Markis Kido/Hendra Setiawan dan Sony Dwi Kuncoro tampil mengecewakan. Nova/Liliyana tak beranjak dari perempat final.

Di bagian putri, pemain pelapis Maria Febe Kusumastuti sedikit menghibur meski terhenti di perempat final. Pencapaian terbaik digapai mantan Pelatnas Taufik Hidayat. Namun ambisinya kandas di tangan Lee Chong Wei di final tunggal putra.

Kondisi ini membuat prihatin legenda bulu tangkis Indonesia, Rudy Hartono. Juara All England delapan kali itu menyorot tipisnya semangat juang para pemain.

�Mereka harus sadar diri. Latihan serius dalam persiapan dan mengevaluasi kekurangan. Saat di lapangan pemain sendiri yang menentukan. Mau jadi juara atau tidak. Jangan hanya bicara saja ingin juara tapi tidak dipraktikkan. Seperti tong kosong nyaring bunyinya,� sorot Rudy.

Respon

  • Re: atlit di mata rudy hartono & tan joe hok
    Oleh : ngakak
    Jumat, 16 Juli 2010 12:50:03

    lanjutt...

    Menurutnya, pemain tidak boleh dimanjakan dengan mengikuti turnamen terus walau tidak mencapai target. Sebaiknya, kata Rudi, jangan dikirim bertanding selama dua bulan jika gagal. Materi pemain apa adanya juga memengaruhi prestasi kita. Terlambatnya regenerasi membuat gap antara yunior dan senior tujuh tahun jauhnya, ucapnya.

    Dia berharap pemain meningkatkan disiplin latihan yang selama ini dilihatnya sangat kurang. Pemain-pemain dulu selalu berlatih keras. Bahkan latihan sendiri tanpa Pelatnas. Sekarang sebenarnya sudah enak sekali ada yang mengurusi. Jangan disia-siakan, anjurnya.

    Lain halnya dengan legenda bulu tangkis Indonesia lainnya, Tan Joe Hok. Menurut dia, para pemain sekarang lebih memikirkan uang daripada prestasi.

    Mind set pemain harus diubah. Jangan hanya memikirkan uang dan hadiah tapi semangat nasionalisme dan kebangsaan untuk menjadi yang terbaik karena membawa nama bangsa, tuturnya.

    Menurutnya, dibanding negara-negara lainnya, Indonesia telah tertinggal dalam program pembinaan. China, Korea Selatan, Malaysia punya program lebih jelas dan kelebihannya punya uang ditopang swasta dan pemerintah. Kita kekurangan dana.

    Lama-kelamaan bisa kebobolan dari Malaysia atau India karena mengambil pelatih-pelatih kita yang berani dibayar mahal, papar Tan Joe Hok.

    Bahan dasar pemain juga sangat kurang. Tetap mengandalkan pemain itu-itu saja. Tidak bisa menyalahkan kepengurusan juga. Memang kondisi sekarang seperti ini, tambahnya.

    sumber : koran jakarta

  • Re: atlit di mata rudy hartono & tan joe hok
    Oleh : imamzm
    Jumat, 16 Juli 2010 13:53:17

    kayaknya yg benar2 belajar dan berkembang dlm situasi ini (kondisi perbulutangkisan INA) CUMA penggemar bultang INA aja. mereka dg rajin menyorot turunnya prestasi atlit. menyorot disini termasuk di dalamnya kritik, saran, harapan, sanjung dan caci. smuanya itu sy yakin agar perbulutangkisan INA bs lbh baik lg.
    hphfff....

  • Re: atlit di mata rudy hartono & tan joe hok
    Oleh : zulfatun
    Jumat, 16 Juli 2010 14:06:18

    ni artikel kpn???
    kok febe ke perempat final????

  • Re: atlit di mata rudy hartono & tan joe hok
    Oleh : sisnayuli
    Jumat, 16 Juli 2010 14:09:16

    klo rudi hartono aja bilang klo kondisi skrang lebih enak dr yg dl,itu membuktikan bahwa atlit g boleh bergantung pada pelatih,pengurus,ato yg lain2 aja. melainkan harus bisa punya motifasi sendiri dan mental yg kuat.

  • Re: atlit di mata rudy hartono & tan joe hok
    Oleh : Novan
    Jumat, 16 Juli 2010 14:10:49

    Udh capek nih menyoroti keterpurukan prestasi INA yg katanya evaluasi2 ayo donk beri kami hasil nyata. Makasih

  • Re: Atlit di mata Rudy Hartono & Tan Joe Hok
    Jumat, 16 Juli 2010 15:00:13

    Prihatin tapi gak bisa berbuat apa2 juga percuma aja...saya juga perihatin, tetangga sy juga prihatin, temen2 BL jg prihatin...bisa buat apa kita.?? Tapi klo seorang Rudy hartono dan eks pemain hebat lainnya gw yakin byk yg bisa mereka bantu buat bulutangkis INA, tapi sayangnya mereka cuma sekedar prihatin tanpa bantuan nyata....ckckck

  • Re: Atlit di mata Rudy Hartono & Tan Joe Hok
    Oleh : poliiholic
    Jumat, 16 Juli 2010 15:06:51

    jujur sampe skrg saya msh sangat bingung.. npa sih pemerintah sptny lebih memperhatikan sepakbola Ina ketimbang bulutangkis??
    pdahal kan sdh kelihatan yah, dr zaman Susi medali olimpiade tuk Kita slalu di capai dr bidang yg satu ini...
    ayolah Pak SBY, supply dana donk ke PBSI..
    dan tentu, pengurusnya jg hrs lebih transparan lg..

    kalo prestasi begini terus, saya ragu apakah 2 th lg di Olimpiade akan ad medali yg di bawa Indonesia mengingat IO lalu walau ga ad pemain China, INa gagal memboyong 1 gelar pun

  • Re: Atlit di mata Rudy Hartono & Tan Joe Hok
    Oleh : auroradea
    Jumat, 16 Juli 2010 15:57:30

    yg gw baca di slah stu koran katanya akan didatangkan pelatih dari china ya?tapi banyak yg protes trmasuk legenda blutangkis INA,icuk sugiarto.bner gak sih mw didtengin platih dri china?

  • Re: Atlit di mata Rudy Hartono & Tan Joe Hok
    Jumat, 16 Juli 2010 16:05:26

    memang semakin canggih teknologi semakin manusia males dlm melakukan kreatifitas,, padahal teknologi yang canggih hrs kita manfaatkan sebaik mungkin..

    @jemialfredo: saya setuju dgn anda,, klu bisa rudy hartono dan tan joe hok jadi pelatih aja di paltnas dgn segudang pengalaman mereka berilah ilmunya ke atlet2 kita jangan cuma miris doank,, kasih kek motivasi yang bisa membuat atlet2 kita ga merasa jenuh dan selalu semangat dalam setiap pertandingan..

  • Re: Atlit di mata Rudy Hartono & Tan Joe Hok
    Oleh : sando
    Jumat, 16 Juli 2010 16:42:34

    kalau pemain dulu lebih fokus latihan krn dulu tidak ada HP BB,I phone ,lap top,dll atlet indonesia sekarang serba komplit mereka lebih mementingkan style dari pada berpikir utk kemajuan mereka.coba deh para pengurus dan pelatih bikin deh suatu peraturan bahwa tidak diprbolehkan main hp dan lap top.apalaagi kalau mereka sudah punya BB dari merk cuerve sd BB ONYX mereka punya di FB saya baca Wall sebagian atlet Putri mereka menggunakan BB jadi mereka lebih pentingkan HP dan alat elektronik ketimbang latihan.kita sebagai masyarakat menginginkan mereka itu disiplin boleh dan bisa pegang hp dan Laptop tapi mungkin harus ada waktunyta sehingga kan kalau chating udah lupa waktu giliran latihan malas malasan ini masukkan buat kemajuan bukan buat kemunduran.

  • Re: Atlit di mata Rudy Hartono & Tan Joe Hok
    Oleh : craven_1
    Jumat, 16 Juli 2010 17:09:31

    sebenarnya bingung mau komentar apa.. mo dibilang teknologi yg jadi penghambat kemajuan, gw yakin atlet2 China dan Korea peralatan elektroniknya jauh lebih canggih dari atlet kita tp prestasinya ttp mengkilap, mungkin kedisplinan yah, tapi ga tau juga..bingung mau melihat dari sisi mana..

    tapi yg jelas setelah baca thread yg judulnya Tati Sumirah, gw jadi berpikir, kayanya wajar atlet mikirin duit, toh mereka juga mau sejahtera di hari tua nya.
    dulu ada ujar2: pikirkanlah apa yg bisa anda berikan kepada negara, jangan pikirkan apa yg diberikan negara kepada anda..(sekarang bisa ditambahkan: karena memang negara ga akan berikan apa2 begitu anda ga berprestasi lagi) hehehehe....

  • Re: Atlit di mata Rudy Hartono & Tan Joe Hok
    Oleh : mforot
    Jumat, 16 Juli 2010 17:27:58

    PBSI kan katanya kekurangan dana.. knp oli top 1 g jadi sponsor tambahan buat atlit INA?

    Kemarin pas final piala dunia pak SBY bersama para menteri nobar sampe2 esoknya para menteri pd ngantuk saat rapat. Kr2 pak SBY pernah g nobar acara TUC maupun Sudirman cup atau OB kemarin?

  • Re: Atlit di mata Rudy Hartono & Tan Joe Hok
    Oleh : kinciray
    Jumat, 16 Juli 2010 17:32:13

    ih..
    Urang mah ente boga komentar
    Serahin atuh ke atlitna.

    Mudah2an prestasi INA bangkit...

  • Re: Atlit di mata Rudy Hartono & Tan Joe Hok
    Oleh : Zeltrac
    Jumat, 16 Juli 2010 18:05:28

    Stuju sm @craven, klo gw ntar punya anak pikir2 lg deh bt jd atlet. Ibarat pepatah habis manis sepah dibuang.

    Aku pernah baca dkoran,mantan atlet peraih perak sea games skarang cuma jd tukang bikin rumah, miris memang...Untung tuh medali ga djual.

    Yg di atas itu koran waktu DIOSS 2009 mgkn. Aq jg pernh denger tuh PBSI pngn datengn pelath dr cina, waduh2 apa kata legenda2 bultang Ina ya??

  • Re: Atlit di mata Rudy Hartono & Tan Joe Hok
    Oleh : imamzm
    Jumat, 16 Juli 2010 19:19:37

    ayolah atlit2ku sayang, berusahalah lbh baik lg. menghasilkan prestasi bukan lg masalah prestise, tp itu sdh kewajibanmu.

  • Re: Atlit di mata Rudy Hartono & Tan Joe Hok
    Oleh : riz_a2
    Jumat, 16 Juli 2010 19:39:12

    Ini artikel 2009 yah?
    Pantesan fbe ke perempat final, nolyn jg di perempat final.,

    hendaknya wacna2 ma artikel2 bginian ditempel di dpn kantor pbsi, kamar atlet, kamar pelatih, n kamar pegawai (ptugas d pbsi). Ayo..ayo!

  • Re: Atlit di mata Rudy Hartono & Tan Joe Hok
    Oleh : poliiholic
    Jumat, 16 Juli 2010 20:13:37

    @riz_a2
    ayuuukkkk.... biar mereka sadar...
    haha

  • Re: Atlit di mata Rudy Hartono & Tan Joe Hok
    Oleh : antokbali
    Jumat, 16 Juli 2010 20:44:52

    Tooooooooooooooop banget apa yang diuraikan oleh Rudy Hartono dan Tan Joe Hok.

    Kalau kalimat tersebut diukir indah dihati para pemain yang benar-benar punya nasionalisme tinggi, aku yakin seyakin-yakinnya bahwa Badminton Indonesia bakal kembali melejit.

    Salut banget dengan kalimat Tan Joe Hok yang sangat berani dan terbuka menilai bahwa pemain sekarang lebih mementingkan uang dari pada prestasi.

    Mungkin juga karena trauma melihat bekas pemain top yang jatuh miskin. Tapi kalau kita berprestasi, otomatis uang bertambah. Nah tanggung jawab kedepan buat mereka sendiri ialah menabung untuk kedepan.

    Coba dech ucapan tokoh dunia itu di camkan dengan baik-baik oleh pemain sekarang, tentunya akan bisa meningkatkan motivasi dan haus menjadi juara.

  • Re: Atlit di mata Rudy Hartono & Tan Joe Hok
    Oleh : yanna
    Sabtu, 17 Juli 2010 21:19:04

    ada yang bisa memberitahu saya tidak,orang2yang di pbsi tu mantan pemain bulutangkis tidak?terimakasih sebelumnya

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Inspiring Story

FZ FORZA

Candra Wijaya

Rivaisport.com

We care!

BWF Destination Dubai World Superseries Finals

Players
Matches
Visual LiveScore

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru