Forum > Kesehatan & Kebugaran

Lengan pegal...

Jumat, 20 Juli 2007 02:54:04
10949 klik -- 36 respon
Oleh : antokbali
Versi cetak

Hallo teman2 semua,

Aku punya masalah nich. Seluruh lengan kanan sampai pangkal lenganku pegal sekali. Apakah itu karena racket atau tarikan senar? Ceritanya gini. Dulu aku pakai Armortec 700 dg tarikan 10kg dan sekarang aku pakai Flypower super glitter dg tarikan senar 10kg. Sudah sekitar 2 bulan ini aku pakai Flypower. Dan latihanku rata2 sekitar 8,5 jam per minggu. Getaran dr Flypower sangat aku rasakan karena racketnya ringan banget. Apakah karena itu aku cidera? Tolong bantuan inputnya dan cara mengatasi dan menyembuhkan pegal2 ini. Thanks banget.

Respon

  • Untuk antokbali
    Oleh : Michael
    Jumat, 20 Juli 2007 21:38:36

    Tarikan senar 10 kg emanknya ada???
    Biasanya saya ambil tarikan 24 ato 26...
    Kalo latian 8,5 jam seminggu sih menurut saya sdikit...Paling gak musti 10jam jadi gak ngaruh ma lengan pegal2...
    Lengan kamu pegal2 mungkin lama gak maen trus lsg maen lama kali??Saya dulu juga gitu...Kalo pegal2 coba aja pake minyak gosok lalu dipijat di bagian yang sakit...
    Biasanya 5hari sembuh...

  • U/Michael
    Oleh : antokbali
    Jumat, 20 Juli 2007 22:17:55

    Hallo Michael, Trims banget udah mau kasih tanggapan. Tarikan 10kg itu ada. Kamu biasa ambil tarikan 24 atau 26 (itu khan satuan berat lbs dan bukan kg). ;-)- betulkan?
    24 Lbs = 10,8kg
    26 Lbs = 11,7kg
    Iya, mungkin aku kurang latihan yaaa..;-)
    Maklum lah aku emang ngga banyak waktu buat main Badminton. 8,5 itu aja udah maksimal banget buatku. 8,5 jam per minggu kalau di Swiss untuk pemula seperti aku sudah terlalu banyak. Mereka bahkan ada yg hanya 1,5 jam perminggu. Anyway, thanks banget atas tanggapannya. Salam dr Swiss.

  • Lengan pegal...
    Oleh : sifuyono
    Sabtu, 21 Juli 2007 08:15:21

    u/ antokbali
    saya mau nanya kamu pake senar apa yach?
    soalnya kalo cuma 10kg tarikannya, jarang banget kasus terjadi seperti kamu. biasanya mulai 11-12 kg ke atas baru terasa pegal, dan yg parah siku kita meradang. Laen kali cona pemanasan dulu paling ga 15 menit yach.. jangan dipijat, cukup dioles balsem aja ato dibiarin, karena pegalnya dari pangkal lengan berarti itu penumpukan asam dan bukan cidera.
    8,5 jam per minggu tuh berapa kali seminggu?
    Saya kasih solusi aja: coba pake overgrip yg tebal, trus senarnya pake yg tebal juga.

  • Lengan Pegal...
    Oleh : Michael
    Sabtu, 21 Juli 2007 22:08:39

    Dari swiss??Wow orang bule yah?he10x...

  • U/Sifuyono...
    Oleh : antokbali
    Senin, 23 Juli 2007 17:39:49

    Bung Sifuyono,

    Aku pakai senar Yonex BG70 pro. Waktu itu emang aku pijat karena pegal banget. Rasanya enak banget kalau dipijat, tapi ngga sembuh2. Akhirnya, aku olesin cream dan kompress dg es. Kemarin aku latihan lagi selama 2 jam, smashku mulai pulih. Aku berusaha ngga maksain diri buat main smash. hanya banyak main drop.Aku latihan rutin setiap hari:
    Senin(1,5-2jam dg club), Rabu (3jam dg club), Jum'at hanya Fokus ke training (1 jam/private), Minggu (2jam dg Club).

    Ok, aku akan pemanasan dulu kira2 15 menit seperti yg kamu sarankan. Oh yaa..apakah aku seharusnya pakai senar BG65 saja? Apakah ada yg lebih tebal lagi dr BG65? Tarikan senarku apakah sudah ok? haruskah aku tambahin atau kurangin?
    Untuk overgrip, aku sudah tambahin.
    Thanks banget.

  • U/Michael...
    Oleh : antokbali
    Senin, 23 Juli 2007 17:48:03

    Woowww..kamu Atlit junior di PB.Pamungkas Bogor. Aku seneng dengernya. Berarti kita punya banyak cadangan atlit junior untuk menggantikan Atlit senior kedepan.

    Aku ASIN alias ASli INdonesia. 1000X Heee..
    Khan banyak ASIN dipelbagai belah dunia. Iya khan.

    Salam dr Swiss.

  • u/ antokbali
    Oleh : sifuyono
    Selasa, 24 Juli 2007 08:19:37

    bg-70 udah yg terkuat n tertebal punya yonex (setahu saya), lari dulu 15 menit, baru stretching 15-20 menit, kemudian baru pemanasan pukul bola, baru maen.

  • U/Antokbali...
    Oleh : Michael
    Rabu, 25 Juli 2007 21:43:49

    Lha?koq tahu??
    Hehehehehe ya ya ya makasih yeee....
    Doa'in spy saya bisa gantiin Taufik...
    Salam untuk semua penggemar badminton indonesia di swiss !!!

  • U/Michael...
    Oleh : antokbali
    Kamis, 26 Juli 2007 07:14:57

    Ya tahuuu.dooongg.....khan kita juga seneng Badminton. heeee..apa hubungannya. ;-)))

    Iyaa..aku do'a kan semoga cita2mu berhasil. Siapa tahu kamu dikirim ke Swiss Open. Khan aku dan anak2 Indo di Swiss bisa sorak2 kasih dukungan. Tapi pesanku, jangan sombong yaaa...kalau nantinya kamu terkenal. Kalau disapa dg baik sesama anak Indo atau siapapun, balas dg baik juga. Itu aja pesanku.

  • U/Michael...
    Oleh : sifuyono
    Kamis, 26 Juli 2007 08:19:41

    jangan mau seperti taufik... nti kamu kawin ama anak pejabat trus prestasinya meredup.
    kayak rudi hartono aja, habis pensiun jadi bos hehehe...

  • Untuk Semuanya...
    Oleh : antokbali
    Kamis, 26 Juli 2007 22:04:22

    Iya ya, knapa Taufik mainnya tergantung mood ya. Khan jadinya ngga konsekwen. Tahulah kita kalau pemain pasti ada naik turunnya, tapi jangan menurun terus doong. Lihat si Lin Dan. Dia bisa dibilang stabil. Antara naik dan turunnya imbang. Heemmm...pusing dech jadinya. Apakah Taufik udah takut, malu atau kapok kalau kalah yaa...ngga ada yang tahu khan? Gimana dong Taufik. Semangat lagi doong.
    Aku setuju dg pandangan Bung Sutiyoso. Seharusnya jadi tambah semangat untuk menang sekalian cari kado terbaik buat calon anak pertamanya.

  • U/ sifuyono dan antokbali...
    Oleh : Michael
    Kamis, 26 Juli 2007 22:44:10

    Untuk sifuyono : oke deh bos!!!saya mau kayak Lin Dan aja...he3x lagian di tempat saya latian juga banyak yg bilang kalo saya mirip Lin Dan (mukanya maksudnya...kalo permainan masi jauh bgt)
    Untuk antok bali : Siap bos!!! nanti saya bakal balas sapaannya...he3x

  • U/Michael...
    Oleh : antokbali
    Senin, 30 Juli 2007 06:56:52

    Hallo Michael,

    Nach gitu dongg....;-)
    Bagus dech kalo kamu sudah mirip Lin Dan. Meski hanya mukanya. Entar mainnya doongg...ok?
    Yg penting kamu dapat inspirasi pemain yg bagaimana yg kamu inginkan. Latihannya yg rajin yaaa...

  • U/ Antokbali
    Oleh : Michael
    Senin, 30 Juli 2007 21:36:00

    Sip lah...
    kalo boleh tanya anda umur brapa ya?
    Kalo lagi kuliah mungkin sekitar 20th?betul?

  • Prestasi Taufik
    Oleh : putuarga
    Selasa, 09 Oktober 2007 15:05:23

    Melihat perkembangan Kang Taufik Hidayat (Ucil) yang kayaknya mulai menurun, rasanya harus di analisa kembali oleh pengurus PBSI.

    Coba kita lihat, Kang Taufik (Ucil) hanya bisa sebagai finalis saja. Padahal Kang Taufik (Ucil) ingin sekali memberikan kado untuk buah hatinya (namanya lupa bo'....).

    Padahal kita tahu persis bahwa angan2 pemain di seluruh dunia itu hanya ingin mengalahkan Ucil, meskipun orang tersebut tidak bisa sebagai juara pada akhirnya.

    Apakah ini pertanda akan habisnya ERA Taufik Hidayat...???

    Mudah2an nggak. Kenapa saya katakan demikian..???

    Karena belum ada muncul Taufik Hidayat yang lain..

  • to mas sifu ...ok
    Oleh : elan
    Selasa, 19 Februari 2008 14:32:18

    saya pendatang baru nih ...awalnya cuma iseng2 aja baca koment nya mas sifu tapi ok! jg..jd ikutan deh.. saya setuju klo mas sifu buat postingan buat yg kya sya yg masih sngt pemula ini...yg pernah pegel selama 1 mg bila abis maen ampe panas dingin he 3x msk angin kli . tp jujur oke bngt deh mas sifu itu tuh.. buat tarikan senarnya .

  • ada yg pnya cd cara latihan fisik ga...
    Oleh : elan
    Selasa, 19 Februari 2008 14:37:35

    perlu.. skali bgi sya buat pemula biar ga salah otot klo ada yg punya boleh dong berbagi nih... klo beli dimana dan berapa harganya,.. nuhun..

  • u/ elan
    Oleh : sifuyono
    Selasa, 19 Februari 2008 14:43:15

    ga perlu beli cd untuk latihan fisik.
    yg saya maksud di sini adalah latihan meningkatkan stamina dan bentuk tubuh.
    kalo stamina, gampang.... lari aja (murah dan berkasiat)
    kalo fisik, ini yg agak susah, karena bentuk fisik dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti pola makan, asupan gizi, fitness, dan senam. DAn bentuk fisik tidak bisa dan tidak diperkenankan berubah secara drastis salam waktu yg singkat karena sangat berbahaya.
    Saran saya u/ fisik: ikutan senam aerobik dan yoga, serta atur pola makan. Saran saya berlaku juga buat jae yang sudah kayak gentong.

    GBU,
    sifu

  • Om Elan
    Oleh : jae
    Selasa, 19 Februari 2008 16:51:25

    Om, gak usah beli. melainkan nyontek di web ini saja dgn cara lihat dibagian kiri hal ini dan cari Pedoman Praktis lalu klik deh mengenai latihan phisik. Tul kata Opa, 3 taon lalu aku juga pemula. Yg pertama adalah lari dgn menaiki jembatan penyebrangan, 20 kali saja om sehari. Jadi 10 kali pagi, 10 kali malam (jangan jam pulang kantor krn rame). Gak usah yoga, karena Opa sifu sendiri ketiduran sewaktu yoga. Untung gak pake ngiler si opa. Untuk pergelangan tangan , om main dumbel yg 2,5 kg saja sekitar 10 menit deh. Karena biar aku sudah transform jadi gentong tapi tetap lincah dan smesku kuat dibanding pemula lainnya. Dan kata opa sifu kalo punya uang, les privat deh lebih sip.

  • Latihan pergelangan
    Oleh : zatara
    Rabu, 20 Februari 2008 08:23:12

    Saya membuatnya dari raket yg gak kepake, trus saya kasih ban dalam bekas mulai dari batang raket hingga kepala raket. Latihannya lakukan gerakan smash ato backhand dengan raket tsb (yg lebih berat dari raket biasa karena ada lilitan ban dalam bekas). Ato kalo iseng2 sambil nonton TV menggerakan raket tsb untuk melatih pergelangan tangan.
    Hasilnya pergelangan tangan saya sudah kuat buat backhand dan smash.

  • /u Sifu (Beda stamina & fisik)
    Oleh : bejorio
    Rabu, 20 Februari 2008 13:59:43

    Bung, setau saya stamina identik dg fisik, jadi menurut bung Sifu perbedaannya dimana nih, kita musti samakan persepsi dulu biar ga kejauhan ngebahasnya dan jadi bingung.
    Terima kasih.

  • u/ bejorio
    Oleh : sifuyono
    Rabu, 20 Februari 2008 14:05:55

    fisik lebih ke bentuk tubuh dan kemampuan/ kekuatan melakukan gerakan tertentu, mis: skotjump

    stamina yah stamina, bodi gentong, pukulan boleh keras, tapi apa bisa 100 kali smash terus? cth: si A bodi gentong, tapi mampu lari sejauh 10km, sedangkan si B bodi atletis, kuat jumping 1 meter, tapi lari cuma bisa 3km.

    Pertanyaannya mana yg lebih kuat stamina? si A khan? tapi kalo fisiknya? disuruh jumping ala FHF? jelas si B.

    Sekarang masih bingung??

  • /u Sifu
    Oleh : bejorio
    Rabu, 20 Februari 2008 15:20:28

    Gile lo, ternyata ente emang pakarnya bo'. Salut ane. Udeh kagak bingung ane. Sorry pake bahasa Jakarte biar lebih akrab gitu...hehe..

    Jadi kesimpulannya stamina itu lebih tepat dikatakan daya tahan, dan fisik itu postur/bentuk tubuh gitu. Jadi selama ini orang sering bilang fisiknya ga kuat berarti salah ya ???

    Tengkyu...tengkyu..

  • u/ bejorio
    Oleh : sifuyono
    Rabu, 20 Februari 2008 16:24:07

    gue ngidam soto betawi neh..... hahaha...
    contoh lain:
    aku kalo smash kuat banget, mau lari sampe model guling-guling trus langsung jumping smash masih bisa, tapi cuma kuatnya satu kali doank... itu artinya staminanya yg payah, musti dikasih soto betawi dulu...

  • Bung Sifu Lagi
    Oleh : azhar
    Rabu, 20 Februari 2008 17:00:11

    Bung Sifu,

    Thanks atas pencerahanya mengenai Rhs String. Aku pribadi mau nanya ni Om, AT 700 cenderung raket offensive play tapi dari Yonex sendiri di recomended pakai string Yonex BG 66 (dihandle raket waktu beli baru)padahal BG 66 sendiri cocok untuk control play, Gimana ni Om?, thanks atas pencerahanya lagi.

  • u/ azhar
    Oleh : sifuyono
    Kamis, 21 Februari 2008 08:15:59

    stiker tsb ditempel oleh pemasok dari indonesia, bukan dari yonex-nya, makanya terkadang ada promo dapet tas tipe tertentu.

    untuk rekomendasi senar ada baiknya dilihat aja di website yonex japan, disana tertera jelas u/ pria/wanita dan u/ power/ control hitter pake senar apa.

    GBU,
    sifu

  • Latihan Pergelangan
    Oleh : siddiqwira
    Kamis, 21 Februari 2008 08:57:03

    sy latihan pergelangan dengan raket lama yang ga kepakai, lalu headnya ditutup dengan kantong plastik :) biar ada tahanannya... dengan raket itu sy shadow drill...

  • Turut nimbrung
    Oleh : Eling
    Kamis, 21 Februari 2008 13:13:25

    Maaf aku baru beberapa kali ini buka dan mau bergabung. Aku pemula yang baru belajar maen btangkis, semula sih cuma maen begitu saja tanpa tehnik dan tau tehnik ya disini ini dan akan aku praktekkan meski umurku sudah kepala 4. Mudah2an bisa ngalahin Bung Sefu he he he ... Latihan maenku di Bojong-Cibinong. Temen2 memanggilku Eling. Tks

  • u/ eling
    Oleh : sifuyono
    Kamis, 21 Februari 2008 14:04:49

    cukup latihan terus aja selama 3 bulan, dah pasti eling bisa kalahin saya, jangan kuatir, saya gampang dikalahkan kok...

    kalo ada yg kurang jelas tanya aja, teman-teman pasti membantu anda

  • U/ Bung eling
    Oleh : zatara
    Kamis, 21 Februari 2008 14:59:54

    Tetap semangat Pak. Saya malahan pernah ketemu ada orang baru main bultang ketika usia 50 tahun ke atas.
    Tapi kalo saya perhatikan banyak orang yg dulu maen tenis yang pindah main bultang.
    Ketika saya tanya capek mana Pak maen bultang apa Tenis? Hampir semua mengatakan capek maen Bultang.

  • u/ zatara
    Oleh : sifuyono
    Kamis, 21 Februari 2008 15:57:02

    sama, semua yg aku tanya juga bilang capek bulutangkis.
    di grup aku, yg diatas 70 tahun ada 1 org, yg diatas 60 thn ada 1 org, lainnya dibagi rata antara anak, pemuda, dan dewasa yg sudah berumur.
    herannya lagi, skill kita semua rata-rata, jadi kalo maen pasangan sama siapa aja masih tetap asik..

  • Nyeri Sendi Pundah
    Oleh : grizly
    Senin, 19 Mei 2008 15:20:04

    Dear All,
    Salam buat semua yang mencintai bulu... hehe bulu tangkis tentunya.
    Mohon pencerahan nih ..... masalahnya kenapa persendian pundak sering sakit kalau melakukan smash beras, bahkan sekarang kalau digerakkan berputar baik kearah kedepan maupun kebelakang seperti ada bunyi ringan ... klek... kluk... begitu.

    Nah.... aku mesti gimana ... rasanya main tanpa smash kurang afdol hehehhe

    Makasih

  • Re: Lengan pegal
    Kamis, 12 Maret 2009 13:59:42

    @Antokbali

    Pengalaman saya klo tangan terasa pegal dan sakit, coba kmu ambil barbel yg 5kg aja cukup. Coba barbel itu kmu ayunkan kedepan dan ke belakang, klo ke belakang coba sampe kerasa yg sakitnya. Insyaa allah sakit dan pegal nya hilang, asal kita melakukan nya seminggu 3x.

    Selamat mencoba .........

  • re : nyeri sendi pundak
    Oleh : indratodeh
    Senin, 13 Juli 2009 10:13:32

    Sama bro saya juga pundak nya sering agak sakit dan udah bunyi klek klek. Saya gak tau dari kapan tapi memang sudah agak lama sudah bertahun tahun.

    Kalo maen sih gak kerasa bunyi nya mungkin karena sudah agak panas jadi berkurang. Kalau pegang raket lalu saya angkat raket itu dari bawah keatas dengan posisi raket lurus dan tangan juga lurus maka sendi pundak juga bunyi dan bahkan gerakan nya juga jadi agak terhambat karena tulang nya seperti nya tidak leluasa bergerak.

    Saya juga gak tau gimana cara nya supaya bisa lancar lagi sehingga saya sudah tidak begitu pusing mikirin, maen aja terus.

  • Re: Lengan pegal...
    Oleh : BAGONG
    Selasa, 26 Januari 2010 14:56:51

    Rasa pegal pada tangan dan pinggang, apakah usia berpengarauh atau ada tip-tip khusus untuk mencegah rasa pegal/nyeri?

  • Re: Lengan pegal...
    Oleh : elanda
    Jumat, 26 Maret 2010 14:00:11

    UNTUK Om ANTOKBALI


    Om Kalau di Indonesianya kira-kira apa ya namanya obat TILUR itu, aku sudah tanyakan di apotik-apotik tidak ada, ternyata itu obat dari Swiss.
    tolong dong.

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru