Forum > Kesehatan & Kebugaran

Penanganan cedera atlit bulutangkis Indonesia yang asal

Sabtu, 29 Oktober 2011 13:03:22
4793 klik -- 8 respon
Versi cetak

Grey/Mel tetap akan mengikutiDenmark dan Perancis SS 2011 mendatang. Meskipun pasangan ini sempat dikahwatirkan absen akibat cedera tangan yang diderita oleh Greysia. “Cedera yang dialami Greysia sudah berangsur pulih, kini kondisinya 80-90%, sementara kita masih memiliki waktu sekitar 2 minggu. Kita akan lihat kondisinya,'' kata Paulus. Demikian berita dari situs PBSI sebelum Denmark/France SS.

Berita terbaru: ''Grey/Mel Batal Tampil di SG krn Cedera!'' (Setelah sebelumnya 3 X dipaksakan tampil dan tumbang di babak awal!).

Benar-benar heran dengan cara penanganan cedera pemain-pemain bulutangkis Indonesia ini. Kenapa baru 80-90% sudah dikirim tanding! Kenapa tidak berkonsentrasi dulu untuk memulihkan diri sampe 100% dan menghindari resiko cedera lebih parah dan berkepanjangan?

Sebelumnya kejadian tragis serupa yang gue inget betul terjadi pada pasangan dunia Kindra. Dimana Kindra kena cedera di akhir tahun di Hongkong SS dan dalam kondisi belum pulih memaksakan ikut Copenhagen Master dan kalah di babak awal. Dan kesalahan ini dilanjutkan di awal taun berikutnya Malaysia SS dimana mereka tetap memaksakan main (dan kalah lagi dibabak awal). Dan akhirnya mereka harus mengundurkan diri dari Korea SS minggu depannya. Dan tragis! Akhirnya Kindra harus mundur dari All England yang sudah digadang-gadang untuk jadi next target mereka setelah OG!

Di sisi yang lain gue juga miris melihat cedera berkepanjangan MKY dan sekarang SDK. Untuk yang ini gue ngga tau apakah cederanya yang benar-benar parah atau penanganannya yang tidak maksimal.

Tapi yang pasti gw baca kutipan Li Yongbo di internet ttg cederanya Wang Lin. =He said Wang Lin would receive the best treatment for her injury and the team were preparing relevant visa documents for her trip to Germany or the United States to undergo surgery.=

Ditengah minimnya stock pemain dunia indo, PBSI harus berani dong do their best untuk melindungi asetnya yang berharga yang lagi cedera ini. Kalo perlu sampe jerman ato Amrik! Tapi pasti lagi2 masalah dana sbg alasan.......

Respon

  • Re: Penanganan cedera atlit bulutangkis Indonesia yang asal
    Oleh : ngakak
    Sabtu, 29 Oktober 2011 13:16:31

    ini hrs di konfirmasi dulu, apa bener mereka2 yg cidera itu di PAKSAKAN utk tetep tampil ? apa mereka2 yg cidera itu yg tetep NGOTOT utk tampil ? klo cideranya PARAH, gak mungkin lah DI PAKSAKAN tetep maen. kan atlit yg cidera itu, tetep bs maen apa gak nya berdasarkan REKOMENDASI dr dokter. 'Ia menambahkan, pihaknya terus memantau perkembangan Greysia di lapangan dan hasil pemeriksaan dokter juga menjadi bahan pertimbangan. Jika sudah dinyatakan pulih dan bisa bertanding, 'kenapa tidak' tuturnya.

    baca aja artikel selengkapnya :

    http://id.berita.yahoo.com/greysia-meiliana-dijadwalkan-ke-denmark-dan-prancis-032604888.html

    klo emang greymel DI PAKSAKAN tetep tampil di sea games, ngapain jg posisi greymel di ganti sama ANNIT ? nih kutipan dr komentarnya greysia : '“Kami memutuskan untuk mun-dur karena bermain di SEA Games itu adalah tang-gung jawab besar untuk Indonesia. Kami tidak mau main-main mengemban tanggung jawab tersebut. Sementara ini memang dibutuhkan waktu untuk latihan dan mengembalikan tenaga pasca cedera yang saya alami. Kami sadar bahwa kemampuan kami belum kembali normal lagi,” kata Greysia yang saat ini tengah berada di Paris.

  • Re: Penanganan cedera atlit bulutangkis Indonesia yang asal
    Oleh : ngakak
    Sabtu, 29 Oktober 2011 13:27:51

    MKY itu emang gak mau di operasi, dia takut di operasi, trus kata dia masa penyembuhannya lama. nah trus, klo atlitnya sendiri udah bilang gak mau di operasi, trus gimana dong ? apa iya hrs DI PAKSA supaya dia mau di operasi ?

    'Cedera yang dialami Maria itu dapat sembuh bilamana dioperasi. Tapi ketakutan untuk menjalani operasi ditambah masa penyembuhan yang lama membuat pemain asal klub Djarum itu enggan.

    Kalau dari aku, operasi belum tentu langsung bisa main lagi. Pasti ada proses-proses buat sembuh, latihan lagi. Butuh waktu lebih banyak, ujar pemain berusia 25 tahun itu.

    nih linknya :

    http://www.mediaindonesia.com/read/2011/01/01/195523/5/3/Maria-Kristin-Terdegradasi-dari-Pelatnas

  • Re: Penanganan cedera atlit bulutangkis Indonesia yang asal
    Sabtu, 29 Oktober 2011 13:36:26

    @Ngakak, iya gw tau, gw sumbernya sama ma elo tapi gw edit karena keterbatasan 200 karakter posting.
    Gw setuju masalah perlunya konfirmasi tapi yang pastikan Pelatih/PBSI yang memiliki wewenang atau memutuskan apakah si atlet itu tanding atau tidak. Mau atletnya ngotot sengototnya kalau kata pelatih/pbsi ga bisa berangkat ya tetep ga bisa kan. Jadi disini peran pelatih/pbsi gw nilai sangat besar.

    Dan gw juga tau kalo cedera parah mana mungkin bisa maen. Yang gw permasalahkan kan adalah kenapa kondisi yang baru sekitaran 80% itu yang udah dikirim. Nyatanyakan dengan kondisi grey/mel (pasti) belum 100% mrk tumbang di babak2 awal DAN cederanya jadi berkepanjangan.

    Gw ga pernah bilang grey/mel dipaksakan tampil di SG bro. Yang gw bilang dan gugat adalah kenapa mereka dipaksakan tampil di 3 turnamen setelah Taiwan GP sehingga mengakibatkan cedera berkepanjangan dan mrk jadi tidak bisa ikut SG yang sebenarnya salah satu target PBSI.

    Coa kalau setelah mereka cedera dikonsentrasikan utk pemulihan sampai 100% dulu baru main, kan ga mungkin terjadi pengunduran diri di SG ini. Ini maksud gw....

  • Re: Penanganan Cedera Pemaen Indo Yang Asal!
    Oleh : ngakak
    Sabtu, 29 Oktober 2011 14:14:30

    'tapi yang pastikan Pelatih/PBSI yang memiliki wewenang atau memutuskan apakah si atlet itu tanding atau tidak. Mau atletnya ngotot sengototnya kalau kata pelatih/pbsi ga bisa berangkat ya tetep ga bisa kan' ini kata siapa nih ? pernah ada yg ngomong bgini ? siapa yg ngomong bgini (atlit, pelatih atau PBSI) ?

    klo atlitnya msh ngerasa cidera, gak mungkin lah di kirim. itu jg kan krn persetujuan dr atlitnya jg + rekomendasi dr dokter...

    klo sampe pelatih/PBSI yg MAKSA atlitnya tanding walau msh cidera, tp atlitnya ngerasa blm pulih/msh blm mau tanding alias gak mau denger masukan dr atlitnya, PASTI udah HEBOH di media massa. bs2 mereka jd pemain pro. tp nyatanya gak kan ?

    klo atlitnya pengen di kirim walau msh blm pulih, pastinya di kirim lah, sesuai dgn rekomendasi dokter jg, klo dokter bilang msh blm boleh bertanding, atlitnya jg pasti nurut, klo atlitnya tetep NGOTOT minta di kirim, akibatnya jd cidera berkepanjangan, itu jd konsekuensinya...

    kan udah jelas tuh, greymel batal ikut sea games gara2 msh cidera. itu artinya kan pelatih/PBSI mau nerima masukan dr atlitnya...

    gak usah di permasalahkan sih soal kyk ginian. wang lin aja dulu pernah beberapa kali di kirim. tp skrng UDAH LAMA gak kedengeran lg namanya. bs aja, itu buat uji coba, supaya tulang2nya gak kaku mungkin. sama lah kyk pmain2 INA...

  • Re: Penanganan cedera atlit bulutangkis Indonesia yang asal
    Oleh : muchimuchi
    Sabtu, 29 Oktober 2011 14:21:18

    pernah baca komentar member atau postingan dimana gitu #lupa

    Greymel ikut di pernacis dan denmark untuk kejar ranking super series kalau gak salah :O

  • Re: Penanganan cedera atlit bulutangkis Indonesia yang asal
    Sabtu, 29 Oktober 2011 20:20:56

    @Ngakak oklah gw sudahin diskusi ini. Lo terlihat sangat defensive. sori kalo kesannya gw terlalu menyalahkan ke pelatih/pengurus.

    Pelajaran yang bisa dipetik dari kejadian ini (menurut gw), berhati2lah dalam memutuskan utk ikut kembali bertanding jika cedera belum 100% pulih karena beresiko cedera berkepanjangan. Peace!

  • Re: Penanganan cedera atlit bulutangkis Indonesia yang asal
    Oleh : admin
    Senin, 31 Oktober 2011 08:16:43

    @muchimuchi
    Perburuan poin tentunya harus memperhitungkan dengan seksama kondisi atlit. Keikutsertaan atlit dalam kejuaraan merupakan wewenang pelatih dan pengurus sepenuhnya.

    @jks_niceguy
    Postingan anda sangat bermanfaat. Tak hanya bagi PBSI saja, juga bermanfaat bagi pelatih dan pengurus klub bulutangkis untuk menjadi evaluasi.

  • Re: Penanganan cedera atlit bulutangkis Indonesia yang asal
    Oleh : Dies
    Kamis, 03 November 2011 14:09:24

    lanjot

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


HSBC BWF World Tour Finals 2020



@portalbulutangkis

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru