Forum > Kesehatan & Kebugaran

Riset Membuktikan, Apel Berbahaya Bagi Kesehatan Gigi

Selasa, 10 Januari 2012 10:10:09
2984 klik -- 2 respon
Versi cetak

BUAH apel mampu menangkal berbagai macam penyakit, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan gigi. Bahkan risikonya lebih tinggi ketimbang bahaya minuman bersoda.

Demikian studi yang dihasilkan para peneliti dari King’s College London Dental Institute.
Para peneliti mengamati kondisi gigi dari 1.000 responden berusia 18-30 tahun. Para responden meneliti kerusakan hingga 2 milimeter dari permukaan enamel & dentin gigi, elemen yang menopang bentuk gigi.

Responden yg sering mengonsumsi apel cenderung mengalami kerusakan di area dentin. Anehnya, mereka yang nyaris setiap hari menyeruput minuman bersoda justru tidak mengalami kerusakan gigi.

Apa yang menyebabkan apel beresiko bagi kesehatan gigi? Rupanya apel mengandung gula yang setara dengan empat sendok teh gula pasir yang meningkatkan tingkat keasaman mulut. Apel sendiri juga mengandung zat asam, unsur yang membantu pembuatan produk cuka apel.

“Bukan persoalan apa yg Anda makan, tapi bagaimana Anda memakannya,” ungkap Profesor David Bartlett, pimpinan riset ini, seperti dikutip Daily Mail.

“Apa yg disarankan pakar kesehatan mengenai khasiat apel memang benar, tapi jika Anda mengonsumsinya zat asamnya yg tinggi akan merusak gigi Anda secara perlahan,” lanjut Bartlett.


Tak hanya apel, beragam jenis buah-buahan pun memiliki kandungan zat asam dan kadar gula tersendiri yg dapat berbahaya bagi gigi. Untuk mengurangi ancaman kerusakan gigi oleh asupan buah, Dr. Glenys Jones dari Medical Research Council berbagi sedikit tips bagi Anda.

“Meminum jus buah dengan sedotan merupakan salah satu cara melindungi gigi. Selain itu, biasakan menggosok gigi sebelum melahap buah untuk membuat benteng antara gigi dan makanan,” tutur Jones.

Jones juga menyarankan untuk segera meneguk segelas air putih setelah mengonsumsi buah apel untuk menetralisir zat asam di dalamnya. Tabloidbintang.com

Respon

  • Re: Riset Membuktikan, Buah Apel Berbahaya Bagiu Kesehatan Gigi
    Selasa, 10 Januari 2012 10:55:32

    Helllooooooo..... Pak dokter.... kenapa ga di buat Jadi 1 tread saja

  • Info Buat Yang Lagi Nyari Dokter Gigi Bagus di Jakarta
    Oleh : clowie
    Kamis, 11 Oktober 2012 18:15:40

    Halo Gan semua , ngomingin kesehatan, sy cuma mau sharing aja kalo ada yang lagi nyari Dokter Gigi yang bagus (Dental Clinic), Fresca Dental lagi ngadain promo kerjasama cicilan 0% dengan 3 bank UOB, BCA & Mandiri. Jadi buat yang punya kartu kredit salah satu itu bisa mencicil untuk treatments seperti: Implant, Ortho/Behel, Crown, Veneer, Whitening, dll. Di sini juga kalo bersihin karang gigi, nambal dan cabut juga bagus banget karena dokternya sendiri yang nanganin dan harga termasuk ok lah.

    Sekarang mereka lagi promo pasang behel dengan bahan metal asli dari USA cuma mulai dari 6,5jt tapi ini waktunya terbatas, makanya buruan geh. Eh mereka situ juga bisa pasang diamond alias blink blink di gigi wah cakep lho apalagi cewek2 tuh tambah sexy wuiiih.

    Ini telpnya kalo mau tanya (021) 3190 8218. Alamat di UOB Plaza Basement 1, Thamrin Nine, JakPus. Mesti telpon booking dulu kalo mau dapet! Buruan deh!

Respon Anda?

Untuk meramaikan diskusi, Anda harus login terlebih dahulu.


HSBC BWF World Tour Finals 2020



@portalbulutangkis

Forum Diskusi

Diskusi Terbaru

Respon Terbaru