Bulutangkis.comBerita > Artikel > Produk Sport
Pocari Sweat Minuman Isotonik Teratas di Indonesia
Oleh : admin Selasa, 03 Januari 2017 15:36:44
“Yuk, pocarian!” demikian ungkapan yang selalu kita dengar di lapangan bulutangkis. Ungkapan ini tak asing bagi yang selalu bermain bulutangkis. Ini merupakan ajakan bermain bulutangkis dimana pemain ataupun pasangan yang kalah akan membelikan minuman Pocari Sweat bagi pemain yang menang.
“Yuk, pocarian!” demikian ungkapan yang selalu kita dengar di lapangan bulutangkis. Ungkapan ini tak asing bagi yang selalu bermain bulutangkis. Ini merupakan ajakan bermain bulutangkis dimana pemain ataupun pasangan yang kalah akan membelikan minuman Pocari Sweat bagi pemain yang menang.

Begitu populernya nimuman Pocari Sweat ini di kalangan pemain bulutangkis, akhirnya kata pocari menjelma menjadi “pocarian” (pokarian) yang berfungsi sebagai kata kerja yang arti sederhananya merupakan ajakan bermain dengan taruhan minuman Pocari Sweat.

Minuman Pocari Sweat yang diproduksi PT. Amerta Indah Otsuka, anak perusahaan Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., perusahaan farmasi yang berkedudukan di Jepang. Saat pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1990, Pocari Sweat hanya dijual sebanyak 30.000 kaleng setahunnya. Pasokan sebanyak itupun harus didatangkan dari pabrik minuman Pocari Sweat di Korea Selatan. Setahun kemudian di tahun 1991 Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd mendirikan PT. Amerta Indah Otsuka dengan membuka pabriknya di Lawang (Malang, Jawa Timur) yang memproduksi Pocari Sweat.

Sambutan pertama kali masuk di Indonesia, Pocari Sweat yang diposisikan sebagai minuman isotonik hanya sendiri di segmen yang digarapnya. Minuman isotonik adalah minuman yang diposisikan sebagai minuman pengganti cairan tubuh yang terbuang akibat aktivitas setiap hari. Seperti diketahui tubuh manusia terdiri dari cairan, dimana pada lelaki dewasa jumlah cairan sekitar 50%-60% dari total berat tubuh. Hilangnya cairan tubuh akibat aktivitas sehari-hari bisa mengakibatkan dehidrasi bila asupan cairan tidak diganti dengan cairan baru. Dehidrasi dalam tubuh manusia bisa bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Sebagai minuman isotonik, Pocari Sweat mengandung berbagai ion yang penting untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dimana Pocari Sweat mengandung natrium, magnesium, dan klorida. Ketiga senyawa tersebut bisa menggantikan ion-ion dalam cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Peranan Ion dalam tubuh manusia sangatlah penting untuk meningkatkan vitalitas tubuh dan membantu kerja organ tubuh. Dengan mengonsumsi minuman isotonik seperti Pocari Sweat karena rasanya yang segar dan mampu menghilangkan rasa haus.

Penetrasi pasar yang tepat dan gencarnya komunikasi marketing yang tepat membuat Pocari Sweat merajai pasar minuman isotonik di Indonesia. Sukses Pocari Sweat pun boleh dibilang karena strategi kemasan yang memenuhi kebutuhan konsumen mulai dari kebutuhan perorangan (kaleng 330 ml, botol 350 ml, botol 500 ml), ukuran sedang (botol 900 ml) dan ukuran keluarga atau jumbo (botol 2 liter). Tak hanya itu, untuk membuat lebih praktis mudah dibawa kemana saja, Pocari Sweat tersedia dalam bentuk bubuk yang dikemas dalam saset ukuran 15 mg. Bubuk Pocari Sweat tinggal dimasukkan ke dalam segelas air berukuran 300 ml. Pocari Sweat enaknya diminum dalam keadaan dingin agar terasa lebih segar.

Selain menggantikan cairan tubuh yang hilang, Pocari Sweat juga memiliki beberapa fungsi lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa fungsi Pocari Sweat lainnya adalah cepat menghilangkan haus, menjaga kesehatan kulit, menstabilkan suhu tubuh, melancarkan proses pembuangan, dan memulihkan kondisi tubuh sesudah sakit.

Setelah lebih dari 15 tahun dipasarkan di Indonesia, Pocari Sweat kini merajai pasar minuman isotonik. Dari penjualan sebesar 30.000 kaleng saat pertama kali dipasarkan di tahun 1990, kini Pocari Sweat memiliki pabrik berkapasitas produksi sebesar 600 botol/menit dengan jam kerja selama 23 jam per hari.

Sukses Pocari Sweat ini bisa dibilang karena Otsuka sebagai perusahaan farmasi memiliki filosofi ''People creating new products for better health worldwide."

Dengan merajai pasar minuman isotonik, hampir dipastikan Pocari Sweat sangat dikenal masyarakat Indonesia. Dan bagi penggemar bulutangkis di Tanah Air bisa dipastikan pernah meminumnya. Bagaimana dengan Anda?

Yuk, pocarian yuk! (pr)

Bulutangkis.com : http://www.bulutangkis.com
Versi online: http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=103878