Bulutangkis.comBerita > Artikel > Sportainment
Pertamakali, Turnamen Bulutangkis di Stasiun Luar Angkasa
Oleh : admin Selasa, 06 Februari 2018 22:06:50
Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Turnamen Bulutangkis diadakan di Stasiun Antariksa Internasional di Orbit Bumi.
Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Turnamen Bulutangkis diadakan di Stasiun Antariksa Internasional di Orbit Bumi.

Turnamen Ganda Putra ini diikuti oleh Aleksander Misurkin (Roskosmos/Rusia), Anton Shkaplerov (Roskosmos/Rusia), Joseph Acaba (NASA/USA), Mark Thomas Vande Hei (NASA/USA) dan Norishinge Kanai (JAXA/Japan).

Salah satu kegiatan para astronot (kosmonot) di bumi adalah bermain bulutangkis. Seperti halnya Komandan Ekspediri ke-54 Aleksander Misurkin adalah juara pada Turnamen Bulutangkis “Shuttlecock Star” yang diadakan di kota Star City, Rusia, dalam rangka Hari Astronot.

Kenapa bermain Bulutangkis di Luar Angkasa? Menurut Aleksander Misurkin, “Karena saya suka bulutangkis”.

Bagi Misurkin walaupun dia telat menyukai olahraga ini sehingga tidak mencapai hasil yang maksimal, hal itu tidaklah penting, karena bulutangkis bukan olahraga bukan pula hobi. Bulutangkis bagi Misurkin adalah gaya hidup yang dapat membantu meningkatkan kesehatan, termasuk kesehatan mata, mengembangkan fisik, mengisi waktu dengan hal yang positif.



Sudah menjadi tradisi, bulutangkis menjadi salah satu olahraga bagi astronot Rusia. Astronot pertama Rusia “Gagarain” adalah penyuka bulutangkis.

Pada akhirnya selang beberapa tahun, bulutangkis dimainkan oleh astronot di ruang angkasa.

Orang Rusia menganggap bulutangkis sebagai gaya hidup. Padahal olahraga ini baru popular di Rusia 10-15 tahun belakangan, walaupun sudah cukup lama dikenal di Rusia. Banyak sekali laki-laki atau perempuan yang sudah di atas 40 tahun baru belajar memegang raket.

Bahkan di usia tersebut, tanpa ada merasa minder, berlatih secara privat dengan membayar pelatih yang tidak murah (untuk ukuran orang Indonesia). Belum lagi harga shuttlecock yang cukup mahal. Bagaimana dengan masyarakat Indonesia yang mayoritas penyuka bulutangkis? (dasep)
Bulutangkis.com : http://bulutangkis.com
Versi online: http://bulutangkis.com /mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=105143