Bulutangkis.comBerita > Artikel > Sportainment
Apresiasi Pahlawan Olahraga Indonesia, Kemenpora Launching Buku Foto
Oleh : admin Senin, 31 Desember 2018 16:36:20
Tahun 2018 menjadi catatan manis para olahragawan Indonesia. Prestasi emas ditorehkan para olahragawan Indonesia di ajang Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.
Tahun 2018 menjadi catatan manis para olahragawan Indonesia. Prestasi emas ditorehkan para olahragawan Indonesia di ajang Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.

Indonesia pesta emas di ajang paling bergengsi di kawasan benua Asia. Merebut 31 emas, 21 perak dan 43 perunggu, membawa Indonesia berada di peringkat 4 perolehan medali di bawah China, Jepang dan Korea Selatan.

Tak mau ketinggalan atlet para games Indonesia juga menorehkan prestasi emas di ajang Asian Para Games 2018 dengan menempati peringkat 5 di bawah China, Korea Selatan, Iran dan Jepang. 37 emas, 47 perak dan 51 perunggu disabet atlet para games Indonesia

Prestasi yang ditorehkan para atlet Indonesia yang merupakan Pahlawan Olahraga ini pun diabadikan dalam buku Foto Pahlawan Olahraga Indonesia sebagai bentuk apresiasi atas perjuangan para atlet yang telah mengharumkan Indonesia di Asian Games dan Asian Para Games 2018.

''Kita tidak ingin catatan prestasi para pahlawan kita ini akan terlupakan begitu saja,'' ungkap Erly Bahtiar, Ketua Tim Penyusun, dua pekan silam (Selasa, 18/12) di Wisma Karsa Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senayan, Jakarta,

Buku Pahlawan Olahraga Indonesia ini terdiri dari dua buku foto, buku pertama berisikan aneka foto aksi para atlet Asian Games 2018 mendulang medali, dan buku kedua juga berisikan foto-foto aksi para atlet Para Asian Para Games 2018. Kedua buku foto ini tidak akan diperjualbelikan secara bebas, tapi akan disebar di seluruh perpustakaan kementerian dan sekolah-sekolah sebagai tanda sejarah kebangkitan olahraga Indonesia.

Tak hanya meluncurkan buku, kegiatan akhir tahun kemenpora ini juga diikuti pameran foto sebagai refleksi akhir tahun 2018.

Sementara itu, Sandi Suwardi Hasan, Asisten Deputi Industri dan Promosi Olahraga yang mewakili Menpora dalam pembukaan Pameran Foto dan Peluncuran Buku Foto Pahlawan Olahraga Indonesia menyampaikan bahwa kegiatan pembuatan buku dan pameran foto adalah gagasan langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Menpora berharap ini bisa menjadi pengingat sejarah kebangkitan olahraga Indonesia dan bisa membangkitkan semangat bagi atlet-atlet Indonesia lainnya.

“Refleksi akhir tahun 2018 ini beserta pameran foto, ini merupakan ide dari Bapak Imam Nahrawi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga. Kenapa itu menjadi penting, karena ini merupakan bagian sejarah di mana semua harus berkonsentrasi dan ini harus disebarkan ke seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadi knowledge, teladan, energi baru dan banyak hal,” sebut Sandi.

Kepada Bulutangkis.com, Broto Happy W., salah seorang penyusun buku Pahlawan Olahraga Indonesia ini mengungkapkan bahwa untuk penulisan narasi buku juga taklah mudah. Kadang penyusun harus mengontak para peraih medali lewat media sosial. (*)
Bulutangkis.com : http://bulutangkis.com
Versi online: http://bulutangkis.com /mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=106457