Berita > Artikel > Produk Sport

Flypower Badminton Machine, Membantu Berlatih Bulutangkis

Jumat, 11 Desember 2015 10:17:55
2953 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

  • Flypower Badminton Machine

  • Hariyanto Arbi

Bulutangkis adalah olahraga permainan yang dilakukan satu lawan satu (tunggal) atau dua lawan dua (ganda) dari dua bidang yang dibatasi net. Permainan ini menggunakan raket dengan memukul shuttlecock (bisa disebut bola) menyeberangkan ke bidang lawan, hingga lawan tidak dapat mengembalikannya ke bidang lawan untuk mendapatkan poin.

Teknik memukul bola dengan raket tersebut bisa dengan berbagai cara, seperti service, smash, lob, dropshot, drive dan backhand. Selain fisik dan mental yang baik, teknik memukul shuttlecock yang baik merupakan kunci sukses untuk menjadi seorang pebulutangkis yang handal.

Saat ini dengan kemajuan teknologi yang ada, pelatihan teknik memukul shuttlecock bisa dibantu dengan alat disebut dengan '˜drilling machine'™. Pelatih yang selama ini melatih dengan memukul shuttlecock dengan berbagai variasi pukulan ke anak didiknya memiliki keterbatasan tenaga. Apalagi dengan jumlah anak didik yang cukup banyak, kemampuan melatih drilling ada batasnya. Selain itu pelatih juga tidak bisa secara bersamaan mengoreksi pukulan anak didiknya tanpa harus memberhentikan latihan drillingnya dengan mendekati ke si anak didik untuk memberikan koreksi.

Kini keterbatasan pelatihan drilling tersebut bisa diatasi dengan menggunakan mesin drilling. Sebuah alat yang bisa melemparkan shuttlecock dari satu bidang ke arah bidang lainnya yang siap dipukul. Dan kini FLYPOWER, perusahaan peralatan bulutangkis ternama di Tanah Air telah menyediakan alat pelatihan tersebut. Flypower Shuttlecok Shooting Machine demikian nama alat pelatihan drilling yang dikeluarkan FLYPOWER.

'Mesinnya bisa buat pukulan lob, smash, cop dan drive,' jelas Hariyanto Arbi, Direktur FLYPOWER. 'Ini menggunakan remote untuk kontrolnya,' tambah Hariyanto.

Menggunakan remote control memudahkan penggunaannya serta pengontrolannya.

'Kecepatan bola dapat sepenuhnya disesuaikan, arah bola built-out control,' jelas Hariyanto. 'Ada lima fungsi remote control yaitu, mengatur kecepatan bola, frekuensi, work/pause, fixed point dan sudut lemparan bola mencapai 30 derajat,' paparnya.

Dijelaskan Hariyanto bahwa pedoman elevasi penyesuaian mencapa 38 derajat untuk smash ball, flat ball, and high clear ball. Lalu kecepatan bola diatur 20-150 km/jam. Feed frequency 1.2-4 detik/bola. Infinity variable adjusment.

'Mesin ini cocok untuk pemain profesional atau amatir agar mendapat akurasi pukulan dan ketepatan titik pukul yang pas,' sebut Hariyanto, yang juga sekaligus pemilik saham FLYPOWER.

Shuttlecock ini sudah biasa digunakan diluar negeri untuk memudahkan pelatihan. Selain itu rekor pelatihan atlet bisa diukur kemampuannya.

'Atlet-atlet Korea Selatan banyak yang menggunakan, begitu juga di sekolah-sekolah,' papar Hariyanto mengenai peminat mesin penembak shuttlecock ini. 'Pelatnas PBSI juga menggunakannya untuk latihan ganda campuran. Hendra Setiawan juga sering menggunakan,' jelas Hariyanto.

Tak hanya menjual peralatan bulutangkis saja, seperti sepatu, raket, shuttlecock, kaus, celana, tas, dan karpet lapangan bulutangkis, produk lainnya yang berkaitan dengan pelatihan bulutangkis pun kini tersedia di FLYPOWER.

'Iya, kita juga ingin bulutangkis kita bisa maju lagi prestasinya. Semoga dengan ketersediaan peralatan seperti ini bisa memudahkan latihan bulutangkis,' harap Hariyanto Arbi, juara All England 1993 dan 1994, serta juara dunia tahun 1995.

Kini produk-produk FLYPOWER tak hanya dikenal di Indonesia saja, tapi juga di Malaysia, Singapura, Korea Selatan, India, Swiss, Belanda, Jerman dan Prancis.

'Ini merupakan harapan kami agar FLYPOWER bisa dikenal dunia,' ungkap Hariyanto, yang mendapat julukan SMASH 100 Watt dalam buku yang ditulis Broto Happy Wondomisnowo, wartawan senior bulutangkis di Tanah Air.

Yang unik, FLYPOWER juga ikut memajukan budaya Indonesia lewat kaos-kaos bulutangkisnya yang bertemakan batik di mata dunia. Tak salah bila Flypower kini mengusung tagline 'Dari Indonesia Mendunia'. Sukses FLYPOWER! (fk)


Berita Produk Sport Lainnya