Berita > Artikel > Tips

Mengapa Buah Pisang Bermanfaat Bagi Olahragawan?

Kamis, 25 Februari 2016 01:33:35
4553 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Saat menonton Saina Nehwal bertanding, kita kerap melihat Saina menyempatkan diri memakan buah pisang saat jeda. Tidak hanya sekali dua kali Saina mengkonsumsi buah pisang, namun Saina, tunggal putri India ini tak pernah lupa membawa bekal pisang di dalam tas bulutangkisnya.

Bagi teman-teman yang menonton video Saina melawan Wang Yihan dari Tiongkok di ajang perempat final All England 2015 sangat jelas kita lihat Saina membawa pisang dalam bungkusan plastik transparan. Bahkan saat Saina memasukkan pisang ke dalam tas raketnya, kamera secara khusus menyorot ke dalam tasnya untuk melihat bungkusan pisang dalam plastik.

Tak hanya Saina seorang yang selalu mengkonsumsi buah pisang saat bertanding, tapi atlet-atlet tenis kelas dunia pun melakukan hal yang sama. Saat jeda berlangsung, petenis selalu menyempatkan diri memakan buah pisang.

Bagaimana atlet-atlet kita di Indonesia? Apakah mereka melakukan kebiasaan yang sama? Sangat jarang terlihat atlet kita mengkonsumsi buah pisang saat bertanding di lapangan. Jika tidak salah, penulis pernah melihat Greysia Polii mengkonsumsi pisang di saat bertanding. Jika teman-teman pernah melihat atlet kita lainnya yang mengkonsumsi pisang di saat bertanding, bolehlah bantu penulis menyebutkannya di form komen yang ada di bawah artikel ini.

Atlet yang baik tentunya harus punya bekal pengetahuan akan gizi untuk menunjang kesuksesannya. Tentunya atlet tidak sembarangan memakan makanan yang tidak sesuai kebutuhan sebagai seorang olahragawan.

Lalu kenapa atlet harus memakan buah pisang saat bertanding? Ternyata buah pisang yang merupakan bahan pangan sumber energi (karbohidrat) dan mineral serta kalium. Dalam buah pisang memiliki 3 kandungan gula alami yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa. Serta serat yang memberikan energi yang cukup besar dan berkelanjutan secara instan.

Disebutkan juga bahwa hasil penelitian (seperti disebutkan dalam tayangan video di bawah ini) bahwa dua buah pisang dapat memberikan energi yang cukup untuk melakukan kegiatan berat selama 90 menit. Hasil penelitian inilah yang membuat para atlet seperti Saina atau atlet tenis lainnya mengkonsumsi buah pisang saat bertanding.

Jika memang bermanfaat kenapa tidak dicoba? (*)


Berita Tips Lainnya