Berita > Artikel > Sportainment

Olimpiade Rio de Janeiro Resmi Digelar

Sabtu, 06 Agustus 2016 19:00:37
1091 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Olimpiade Rio 2016 hari Jumat (5 Agustus) atau Sabtu pagi waktu Indonesia resmi dibuka di stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil.

Mengutip di BBC, pembukaan yang dihadiri 50.000 penonton diawali dengan sajian dari penari dan musisi Brasil mengisahkan kehidupan rakyat Brasil yang hidup di hutan-hutan pada masa lampau.

Sajian pembukaan yang megah dan menawan ini menyampaikan pesan khusus kepada puluhan ribu penonton di stadion dan 3 miliar pemirsa televisi diperkirakan ikut menyaksikannya dari berbagai penjuru dunia. Setiap atlet akan diberikan bibit tanaman yang akan ditanam di Hutan Atlet yang akan menjadi warisan para atlet untuk Rio de Janeiro.

''Mereka akan meninggalkan sebuah pohon di Brasil. Mudah-mudahan dalam waktu dua tahun kita akan memiliki hutan Olimpiade yang bagus. Kami akan merayakan kemanusiaan dan kami akan merayakan Rio,'' ungkap Marco Balich, produser utama pertunjukan seperti kami kutip di situs BBC.

Berikut di bawah ini kami kutip catatan olimpiade dari koran Tempo. Olimpiade yang digelar selama 17 hari penyelenggaraan akan diikuti 11.366 atlet (28 di antaranya atlet Indonesia). Terdapat 3.200 wasit dan asisten wasit.

Atlet yang berlaga akan memperebutkan 306 medali emas. (161 medali emas untuk atlet pria, 136 medali emas untuk atlet wanita, dan 9 untuk atlet ganda campuran).

Pesta olahraga terbesar di dunia yang berlangsung empat tahunan ini menghabiskan dana hingga 150 triliun rupiah. Olimpiade Rio merupakan yang pertama kali digelar di belahan Amerika Selatan dan di negara dengan bahasa resmi Portugus ini mempertandingkan 41 cabang olahraga yang berlangsung di 33 lokasi pertandingan.

Pesta olahraga ini juga diikuti 10 atlet berstatus pengungsi yang akan membawa bendera Tim Olimpiade.

Tersedia 7,5 juta tiket pertandingan. Sementara 500.000 turis membanjiri Rio, serta 25.000 jurnalis akan meliput. (*)

Photo: ©Reuters

Berita Sportainment Lainnya