Berita > Artikel > Sportainment

Gilang Bogy Apresiasi Tontowi dan Liliyana dalam karya WPAP

Rabu, 25 Januari 2017 00:07:26
17975 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

  • ©Gilang Bogy

  • Current
Foto Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir saat meraih medali emasi di ajang Olimpiade Rio 2016 tentunya sudah banyak dilihat masyarakat Indonesia. Keceriaan duet ganda campuran Indonesia dengan medali emas menggantung di leher kerap terlihat di berbagai media. Namun keceriaan Tontowi/Liliyana dalam karya WPAP mungkin tidak banyak diketahui para penggemar bulutangkis di Tanah Air.

Usai meraih medali emas yang melanjutkan tradisi emas bulutangkis Indonesia di ajang olimpiade, sebuah foto Tontowi/Liliyana dalam karya WPAP tersebar di media sosial. Adalah Gilang Bogy yang menuangkan potret Tontowi/Liliyana dalam karya WPAP.

WPAP (Wedha's Pop Art Portrait) adalah merupakan teknik ilustrasi potret wajah yang bersaling-silang secara geometri (tanpa garis lengkung) dengan penggunaan kontradiksi warna-warna khusus. Teknik ilustrasi WPAP ini merupakan karya anak bangsa, Wedha Abdul Rasyid, yang menemukannya saat menjadi illustrator di majalah remaja HAI untuk mengilustrasi cerita-cerita karya Arswendo Atmowiloto dan Hilman Hariwijaya.

“Awalnya cuma kepikiran, gimana ya cara merayakan atau sekadar memberikan support kepada kedua putra dan putri bangsa yang sedang memperjuangkan nama Indonesia di kancah internasional,” Gilang Bogy bertutur kepada Bulutangkis.com awal muasal membuat potret Tontowi/Liliyana dalam ilustrasi WPAP.

“Berhubung bisanya bikin WPAP, ya sudah langsung aja nyalain laptop buat bikin. Karya WPAP Owi Butet itu saya bikin waktu pertandingan final, sudah masuk set kedua dengan rasa optimis pasti juara dan ternyata benar,” lanjut Gilang, yang kini menuntut ilmu di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS angkatan 2012 jurusan manajemen.

Kiprah Gilang yang menekuni ilustrasi WPAP sejak tahun 2013 ini membuat kita berdecak kagum. Satu karya ilustrasi WPAP Gilang, Robin van Persie yang terpajang di media daring akhirnya memikat Coca-cola Jerman. Gilang diminta untuk membuat ilustrasi tim nasional sepak bola Jerman. Ada 24 desain wajah pemain tim sepakbola Jerman selesai dikerjakan Gilang dalam satu bulan di penghujung tahun 2015. Ternyata kemudian Gilang merasa surprise bahwa karya ilustrasi potretnya menghiasi kaleng Coca-cola yang diproduksi menjadi edisi khusus menjelang Piala Euro 2016.

Tak hanya menggambar atlet olahraga luar negeri, Gilang Bogy pun mengapresiasi pencapaian Tontowi/Liliyana di Rio de Janeiro dengan karya terbaiknya dalam karya ilustrasi WPAP.

Bagi penggemar bulutangkis yang penasaran dengan karya-karya Gilang Bogy bisa melihatnya lewat Behance, Instagram dan Pinterest dengan akun ‘gilangbogy’.

Sukses Gilang Bogy! (fk)


Berita Sportainment Lainnya