Berita > Artikel

Belajar Serve Greys!

Senin, 13 Februari 2017 21:58:56
10464 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

  • Greysia

    ©Badmintonindonesia.org

  • Rosyita & Greysia

    ©Badmintonindonesia.org

Memasuki 2017 ada yang berubah dari Greys. Nama panggilannya kini Kak Ge. Tapi melihat penampilannya di Thailand Masters GPG 2017 ada yang masih belum berubah. Servicenya masih buruk!

Aku nggak habis pikir kenapa servicenya ini seperti bawaan yang gak bisa diubah? Bahkan setelah bertahun-tahun bermain dan berlatih. Berbeda dengan pukulan lain seperti netting, smash atau drop shot yang tergantung banyak faktor seperti pukulan dari lawan, arah angina dan lain-lain. Tapi, service itu kan pukulan pertama yang hanya tergantung dari diri kita sendiri.

So what’s wrong kalau service masih nanggung terus?

Pada turnamen-turnamen penting, di saat-saat genting atau lawan-lawan yang mengintimidasi mungkin masuk akal kalau service pemain jadi error atau nanggung. Tapi ini aku lihat dari babak-babak awal Thailand Masters GPG 2017 dan lawan pemain non unggulan Thailand service Greys ini masih naggung juga. Jadi mungkin bukan mental problem.

Aku curiganya sih sesuatu yang salah dengan tehniknya. Tap kalau ini masalahnya kenapa Coach Eng Hian nggak bisa ngatasin “masalah sepele” ini? Kok latihan tiap hari dan pengalaman bertanding bertahun-tahun nggak bisa merubah ini? Entahlah.

Coba perhatiin foto di atas saat Greys lagi service. Posisi tubuh Greys ini terlihat berdiri tegak sempurna, tangan juga lurus sempurna. Tapi ini jadi terlihat kaku. Walau Cuma satu gambar tapi bisa ketebak pasti pas difoto itu servicenya nanggung. Koreksi aku ya kalua salah. Tapi ini terlihat jelas something wrong banget. Begitu susahkah service yang “standard”?

Satu lagi kekurangan yang cukup parah dari service Greys ini. Service lambungnya. Sudah tau nggak bisa service tipis, coba alternatifnya belajar service lambung yang tinggi dan dalam ke belakang model-model service panjang Gabrielle Adcock yang Praveen saja nggak bisa menyemashnya. Tapi ini service panjangnya juga nanggung dan kebaca banget gesture tubuhnya kalau Greys ini mau curi service panjang.

Di Kejurnas beregu 2016 lalu, ada kejadian memalukan (buat aku). Greys maen ganda campuran berpasangan dengan Alfian Eko Prasetya melawan Praven Jordan/ Deby Susanto dan satu kali service tanggungnya disamber Praven kena kepalanya. Tapi Greys dengan cool seyum-senyum aja. :P (Chico Aura)

Berita Artikel Lainnya