Berita > Artikel

Ini Dia Buku Bulutangkis Favoritku

Senin, 22 Mei 2017 22:16:18
7166 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Mengenal bulutangkis, dalam arti, aku mempelajarinya sebagai olahraga kegemaranku saat aku sudah tak muda lagi. Keinginanku berlatih bulutangkis pun bukan lagi untuk meraih prestasi, tapi memenuhi ajakan teman-teman di komplek rumahku untuk menjalin silaturahmi diantara kaum bapak.

Akupun akhirnya memilih olahraga bulutangkis sebagai kegiatan rutin berolahraga dua kali setiap minggunya bersama teman-teman. Tak pernah berlatih bulutangkis sebelumnya pun jadi kendala untuk bermain dengan baik bersama teman-teman. Biasanya untuk penyemangat saat kita bermain maka taruhan sekaleng Pocari pun tak bisa dielakkan. Dan aku yang pemula tak bisa terhindar sebagai korban Pocarian teman-teman bermain, dan ini pun beresiko bagiku. Kemampuan bulutangkis yang terbatas membuat beberapa teman enggan berpasangan dengan aku lagi bila permainan diisi dengan Pocari. Atau biasanya akulah juga yang menanggung Pocari bagi pasanganku bila kalah bertanding. Kalau pun sekali menderita kalah, tak apalah. Tapi kalau menuai kekalahan setiap berlatih rasanya tak sedap juga. He he he.

Mau tak mau beberapa teman ada yang khusus ambil kursus cepat berlatih bulutangkis, ada juga yang ikut berlatih dengan beberapa kelompok bulutangkis lainnya agar jam terbangnya bertambah. Sementara aku mencuri berlatih bersama anak-anak yang juga berlatih di sore hari. Saat menjemput anak-anak yang berlatih bulutangkis, usai mereka berlatih aku selalu menyempatkan diri barang sebentar untuk berlatih beberapa stroke dan cara memukul kok dengan benar. Bila waktu masih sempat kadang aku bermain game juga bersama anak-anak dan pelatihnya. Tak jarang berdiskusi dengan pelatih untuk mengenal cara main bulutangkis yang benar.

Tak hanya itu, aku pun mencari referensi lain dengan membaca buku berlatih bulutangkis. Tak seperti dulu, saat ini video-video belajar bulutangkis banyak bertebaran di Youtube yang bisa membantu kita untuk lebih mahir lagi main bulutangkis. Satu bulutangkis yang aku rasa cocok dibaca adalah Bulutangkis, Petunjuk Praktis Untuk Pemula dan Lanjut penulisnya Tony Grice. Buku berlatih bulutangkis ini judul aslinya Badminton: Steps to Success, diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Eri Desmarini Nasution, dimana di Indonesia diterbitkan PT Rajagrafindo Persada. Buku yang sudah lama aku dapatkan ini merupakan edisi ketiga tahun 2002 dengan covernya foto pebulutangkis Denmark, Poul-Erik Høyer Larsen, lagi bertanding di lapangan. Poul-Erik Høyer Larsen merupakan juara All England 1995 dan 1996 yang kini menjadi presiden Badminton World Federation (BWF).

Walau buku ini sudah lama ditulis, tapi rasanya isinya masih layak dibaca dan relevan sebagai teori dan praktek dasar bermain bulutangkis yang baik dan benar. Bulutangkis, Petunjuk Praktis Untuk Pemula dan Lanjut berisikan langkah-langkah sukses bermain bulutangkis. Ada 10 langkah sukses yang diperkenalkan kepada pembaca yaitu, Langkah 1 Bersiap-siap untuk Bermain: Penanganan Raket dan Footwork, Langkah 2 Servis: Panjang, Pendek, dan Tanggung, Langkah 3 Pukulan Overhead: Forehand dan Backhand, Langkah 4 Pukulan Clear : Tinggi dan Panjang, Langkah 5 Pukulan Drop : Tinggi dan Panjang, Langkah 6 Pukulan Smash : Cepat dan Tajam, Langkah 7 Pukulan Drive : Datar dan Menyamping, Langkah 8 : Pukulan di Sekitar Kepala : Cepat dan Fleksibel, Langkah 9 : Permainan Tunggal : Stamina dan Kesabaran, Langkah 10 : Permainan Ganda : Rotasi dan Kerja Beregu.

Melihat isi buku, kita diajak mengenal lebih dulu perlengkapan yang akan kita gunakan seperti raket bagaimana kita menggunakannya dengan benar. Lalu tak kalah pentingnya adalah footwork dalam bermain bulutangkis. Setelah itu kita diajak mengenal beberapa pukulan dan bagaimana kita harus melatih diri. Dua langkah terakhir merupakan panduan bagi pemain yang ingin mendalami permainan tunggal dan ganda. Mengenal karakter permainan tunggal dan ganda yang berbeda juga akan memudahkan pemain untuk meraih sukses. Gambar-gambar yang ada di sertakan akan memudahkan kita untuk memahami teori yang diajarkan. Pada ada akhir buku ada satu tips yang diberikan untuk menilai kemajuan berlatih kita.

Mungkin patut disimak saran Tony Grice selaku penulis bagi pembaca buku Bulutangkis, Petunjuk Praktis Untuk Pemula dan Lanjut. Tony memberikan saran demikian, ”Jika anda ingin mencapai tingkat yang lebih tinggi, anda harus membaca, bertanya, mengobservasi, meniru pemain-pemain lain yang lebih berpengalaman, dan yang paling penting anda harus lebih banyak berlatih dan bermain bulutangkis.”

Buku ini sangat pas bagi atlet yang ingin mendalami permainan bulutangkis dengan baik. Begitu juga para pelatih sudah seharusnya menjadikan buku ini sebagai referensi untuk melatih, tidak hanya mengandalkan pengalaman bulutangkis yang ada selama menjadi atlet. Para orang tua pun disarankan untuk membaca buku ini agar mengenal bulutangkis dengan baik sehingga tak memberikan pelajaran bulutangkis yang keliru bagi anak-anaknya. Para pemain Pocarian pun patut membacanya agar tak selalu menjadi korban saat bertanding di lapangan, atau setidaknya lawan tak meremehkan kita saat bertanding Pocarian. He he he.

Tertarik membacanya, silakan cari di rak-rak buku olahraga toko buku Gramedia. Semoga menemukannya. (fk)

Berita Artikel Lainnya