Berita > Artikel > Sportainment

Medali Pebulutangkis Astronot

Rabu, 21 Februari 2018 06:52:45
4124 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

  • Current
Masih belum hilang dalam ingatan kita, belum lama ini sempat viral di media masa berita tentang pertandingan bulutangkis yang dimainkan di stasiun luar angkasa. Bahkan di beberapa media masa Indonesia sempat diulas.

Tentunya main bulutangkis di luar angkasa tidak seperti kita bayangkan selama ini. Aturan mainnya tidak menggunakan peraturan seperti layaknya di bumi. Tidak ada garis, tidak ada net, bahkan hitungannya pun punya peraturan sendiri. Tidak ada yang menang, tidak ada yang kalah.

Tapi itu tidaklah penting. Yang paling penting bagaimana ide itu muncul, sehingga para astronot bisa membawa raket dan kok ke ruang angkasa yang notabene bukan bagian dari misi ruang angkasa.

Atas prakarsa dan dedikasinya terhadap bulutangkis, Konfederasi Bulutangkis Eropa memberikan medali penghargaan terhadap 5 orang astronot sebagai peserta pertandingan bulutangkis luar angkasa.

Upacara pemberian penghargaan diselenggarakan pada acara penutupan Kejuaran Bulutangkis Eropa antar tim di Kazan tanggal 18 Februari 2018. Medali tersebut akan diserahkan kepada peserta pertandingan pada saat kembali ke bumi.

Sekjen Konfederasi Bulutangkis Eropa Brian Agerbak menganggap ini adalah terobosan baru, kok bisa menembus ruang angkasa, olahraga tanpa batas.
Ketua Dewan Federasi Bulutangkis Rusia, Wakil Presiden Bulutangkis Eropa Andre Antropov merasa yakin bulutangkis akan menjadi bagian dari Ruang Angkasa. Astronot Rusia pertama Yuri Gagarin adalah pecinta bulutangkis. Sekarang bulutangkis dimainkan di luar angkasa. Di masa yang akan datang harus dimainkan di kapal selam, dan itu sudah dipikirkan.

Menurut Misurin, salah satu astronot Rusia, olahraga ini cocok untuk dimainkan oleh orang yang bekerja di tempat terbuka. Dia merasa yakin olahraga ini akan terus berkembang khususnya di Rusia.

Peserta turnamen bulutangkis ruang angkasa adalah Aleksander Misurkin (Roskosmos), Anton Shkaplerov (Roskosmos), Yosep Akaba (NASA), Mark Vande Hai (NASA) dan Norisige Kanai (JAXA).

Disini terlihat begitu besar perhatian Rusia terhadap dunia olahraga. Bahkan bulutangkis yang bukan merupakan olahraga utama, bukan merupakan olahraga rakyat, cukup mendapat perhatian dari pemerintah. (dasep)

Berita Sportainment Lainnya