Berita > Berita > Klub

Engga: “Saya berharap mereka bisa memiliki karakter yang lebih kuat”

Rabu, 28 Februari 2018 08:18:57
1146 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Usai sudah rangkaian Outbound PB Djarum 2018. Kegiatan yang digelar selama tiga hari di Zone 235 Cikole, Lembang berakhir pada Selasa (27/2) sore. Sebanyak 92 atlet usia U15 mengikuti outbound gelombang kedua ini dengan diawasi langsung oleh para pelatih, salah satunya Engga Setiawan.

Engga yang merupakan pelatih tunggal putra U13 ini menilai positif kegiatan yang digelar di alam terbuka ini. 

“Kegiatan ini bagus, mereka bisa lebih mengerti dan mengikuti instruksi. Sebelumnya mereka berada di zona nyaman, semua kebutuhan mereka tercukupi dan tersedia sementara di sini mereka merasakan sesuatu yang berbeda,” ujarnya.

Engga pun berharap atlet-atletnya bisa membawa pulang pelajaran berharga saat kembali ke Kudus. 

“Saya berharap sepulang dari sini mereka bisa memiliki karakter yang lebih kuat. Mereka tidak lagi manja, lebih disiplin dan lebih bertanggung jawab. Kalau mereka sudah disiplin dan bertanggung jawab, efek kelapangan juga akan bagus,” tambahnya.

Usai melakukan observasi selama kegiatan, Engga pun mengaku akan mengadaptasi beberapa kebijakan para instruktur untuk diterapkan di asrama. 

“Ada beberapa kebijakan yang saya lihat bagus dan akan diterapkan di asrama. Misalnya saat mereka tidak mendengarkan instruksi mereka langsung mendapat hukuman. Hukumannya seperti apa nanti akan kami sesuaikan,” lanjutnya.

Ia pun mengakui bahwa melatih atlet yang usianya masih sangat muda memiliki tantangan tersendiri. Banyak dari anak didiknya masih tergantung dengan orang tua dan manja.

“Banyak hal yang harus dibenahi. Mereka masih manja, dan masih mencari orang tua. Mereka masih kesulitan mengikuti instruksi. Mereka masih melanggar aturan yang ada di asrama, kami harus mengulang penyampaiannya. Tapi memang seperti itu, kita harus bersabar untuk mereka. Kita harus mencoba terus, pasti akan ada fase dimana mereka mulai bertanggung jawab,” pungkasnya.

Usai menjalani latihan di Lembang ini, Engga akan kembali mempersiapkan atlet-atletnya untuk turun di turnamen yang akan digelar bulan Maret mendatang. Atlet-atlet yang berasal dari Kudus dan Jakarta pun telah meninggalkan arena Zone 235 pada Selasa (27/2) sore untuk kembali ke asrama dan memulai kembali latihan pada Kamis (1/3) mendatang. (pbdjarum)

Berita Klub Lainnya