Berita > Artikel > Food & Drink

Sarapan Pagi Sehat Zaman Now

Kamis, 12 April 2018 14:25:24
803 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

  • ©Autumnslunchbox.com

  • ©Autumnslunchbox.com

  • Current
Saat bangun pagi selalu kebingungan, mau sarapan pagi apa yang paling pas untuk memulai aktivitas hari ini. Mi instan pakai telur yang paling mudah, atau mampir ke warung pinggir jalan cari lontong sayur atau nasi uduk. Ah, itu lagi, itu lagi. Pastilah membosankan.

Kini tak perlu bingung lagi. Mari kita coba satu menu baru yang sesungguhnya bukan menu baru. Tapi banyak teman bulutangkis yang tak memikirkan betapa gampangnya membuat menu ini sebagai sarapan pagi. Tak hanya gampang, tapi bahan yang digunakan pun cukup sehat bagi tubuh kita.

Yuk, kali ini kita coba bikin sarapan pagi “Egg banana pancake”. Wuih, keren banget ya namanya. Indonesianya, pancake pisang telur, he he he. Kalau makan di cafe, menu yang berbahasa Inggris biasanya harganya jadi mahal kan. Kalau ini bahannya cukup murah.

Oh ya, cerita sedikit ya. Roti pancake atau biasa juga disebut panekuk adalah kue dadar yang biasanya bahan-bahannya berupa tepung terigu, telur, gula dan susu. Bahan-bahan dicampur berupa adonan kental dan digoreng di atas wajan atau pan yang datar yang telah diolesi dengan minyak makan. Nah, sangat mudah kan menyajikannya sebagai sarapan pagi yang tak perlu memakan waktu lama.

Kali ini, roti pancake kita coba dengan bahan-bahan yang sederhana dan simpel tapi sehat tentunya. Yang belum pernah mecoba, yuk, siapkan dulu bahan-bahannya yang tak banyak. Kita siapkan satu buah pisang ambon 1 buah, lalu telur ayam 2 butir dan bubuk coklat atau bubuk Milo juga bisa.

Pertama kupas pisang ambon, dan masukkan ke dalam mangkuk kecil, kemudian diaduk merata pake garpu. Lalu kedua telur ayam masukkan ke adonan pisang, dan aduk merata. Bagi yang ingin rasa lain, boleh dicampur sedikit dengan tepung coklat atau bubuk Milo. Aduk merata adonan pisang, telur dan tepung Milo.

Siapkan wajan yang datar di atas kompor. Hidupkan kompor dengan kepanasan sedang. Wajan boleh diolesi minyak makan atau mentega untuk menggoreng pancake. Setelah panas, tuang sedikit demi sedikit membentuk bulatan. Tak lama, bila sudah terlihat warna kuning dan kecoklatan, pancake bisa dibalik. Dan kemudian bisa diangkat disajikan dalam piring, siap untuk disantap.

Beberapa pancake yang telah tersaji di dalam piring, boleh diolesi dengan maple sirup di atasnya. Atau lebih enak dan sehat lagi bila ditambahkan satu skup es krim bila di kulkas kita tersedia es krim. Dan segelas susu atau teh manis bisa melengkapi sarapan pagi kita.

Hmm, yummy! (fk)


Berita Food & Drink Lainnya