Berita > Artikel > Sosok

Akhmad Wiyagus, Nakoda PBSI Jabar 2018-2022

Jumat, 20 April 2018 16:01:12
15523 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Akhirnya Musyawarah Olahraga Provinsi (Musprov) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jawa Barat lanjutan yang digelar di Hotel Mercure, Karawang, Jawa Barat, pada 16 – 17 April 2018 memilih Akhmad Wiyagus sebagai Ketua Umum PBSI Pengprov Jawa Barat untuk masa periode kepengurusan 2018-2022.

Akhmad Wiyagus yang sebelumnya merupakan Wakil Ketua II Pengrov PBSI Jawa Barat terpilih setelah 11 suara memberikan dukungan kepadanya. Sedangkan calon lainnya, Yudi Diharja, hanya memperoleh 5 suara.

Terpilihnya Brigjen Pol Dr Akhmad Wiyagus SiK, Msi, MM, lulusan Akpol tahun 1989 ini, sekaligus memecahkan kebuntuan pada saat Musprov yang berlangsung 3-5 Januari 2018 lalu di Bekasi, Jawa Barat. Kala itu tidak ada kata sepakat di antara peserta musprov saat proses pemilihan Ketua Umum PBSI Jabar 2018-2022.

Setelah berakhirnya masa kepengurusan Lutfi Hamid, ada tiga calon ketua umum yang bakal menjadi orang nomor satu PBSI Jawa Barat muncul pada saat musprov di Bekasi lalu. Mereka adalah Akhmad Wiyagus, Taufik Hidayat dan Yudi Diharja. Taufik Hidayat, mantan pebulutangis nasional peraih medali emas Olimpiade Athena 2004 ini di kepengurusan sebelumnya sebagai Wakil Ketua I. Yudi Diharja, aktif di kepengurusan PBSI Jawa Barat, terakhir beliau sebagai Kabid Daerah. Namun saat musprov lanjutan terakhir, nama Taufik Hidayat tak lagi ikut dalam bursa pencalonan Ketua Umum.

Sebelum musprov lanjutan, satu sumber Bulutangkis.com yang tak ingin disebutkan namanya, menyebutkan dukungan kepada Akhmad Wiyagus, yang menjabat Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim POLRI sudah semakin menguat. Selain itu, Akhmad Wiyagus, yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina Keabsahan SI PBSI di PP. PBSI Periode 2016-2020, dinilai paling pas untuk menjadi nakoda baru PBSI Jawa Barat untuk periode lima tahun mendatang.

Tak hanya mencintai bulutangkis, memang darah bulutangkis telah mengalir di tubuh Akhmad Wiyagus. Putra H. Oma yang pernah menjabat Sekum Pengkab PBSI Tasikmalaya selama 2 periode ini memiliki kenangan masa kecilnya yang memang tak jauh dari bulutangkis. Saat di usia 12-15 tahun, Akhmad Wiyagus Kecil sering membantu orang tuanya mendistribusikan shuttlecock untuk pembinaan usia dini dan anak ke beberapa klub di Tasikmalaya dengan bersepeda. Di masa remajanya, Akhmad merupakan atlet bulutangkis seangkatan Susi Susanti dan Rudi Gunawan. Sebagai atlet bulutangkis, ia pun sempat memperkuat Kabupaten Tasikmalaya di beberapa kejuaraan daerah dan wilayah.

Darah bulutangkis masih terus menyala-nyala di tubuhnya. Dan ini membuat Akhmad Wiyagus tak bisa menolak saat suara dukungan insan bulutangkis Jawa Barat mengajaknya untuk memimpin organisasi bulutangkis Jawa Barat yang penuh dengan atlet-atlet bertalenta dunia.

Kini, Akhmad Wiyagus pun siap memajukan olahraga bulutangkis Jawa Barat agar bisa terus berkontribusi buat bulutangkis nasional seperti yang sudah berjalan sebelumnya. Program utama Akhmad Wiyagus adalah menjadikan PBSI Jawa Barat sebagai barometer kepemimpinan PBSI Nasional yang amanah, berintegrasi dan bertanggung jawab.

Lutfi Hamid, mantan ketua umum lama yang dijuluki Bapak Bulutangkis Jawa Barat menyambut gembira atas terpilihnya Akhmad Wiyagus meneruskan nakoda bulutangkis di Jawa Barat. Ia pun berharap roda organisasi PBSI Jawa Barat bisa kembali berjalan normal, dan kelak Jawa Barat bisa melahirkan pebulutangkis-pebulutangkis sekaliber Susy Susanti, Ricky Ahmad Subagja dan Taufik Hidayat.

“Beliau sangat low profile. Marilah seluruh insan bulutangkis Jawa Barat bersatu padu untuk mendukung Pak Akhmad Wiyagus sebagai nakoda untuk pembaharuan dan peningkatan kualitas organisasi demi kejayaan bulutangkis Jawa Barat yang akan datang,” sebut Lutfi Hamid kepada Bulutangkis.com dua hari lalu.

Hasil musprov lanjutan yang menetapkan Akhmad Wiyagus sebagai Ketua Umum memberikan kesempatan dengan formateurnya dalam 30 hari untuk menyusun roda organisasi.

Akhmad Wiyagus pun kini bersiap memilih para awak yang bisa mendukungnya untuk memajukan bulutangkis Jawa Barat. Semoga. (fk)

Berita Sosok Lainnya