Berita > Artikel > Sportainment

Tiga Tipe Servis Kevin Yang Amazing

Selasa, 01 Mei 2018 13:22:35
5029 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

  • Kevin & Greysia

    ©Badmintonindonesia.org

  • Kevin & Marcus

    ©Badmintonindonesia.org

Kehebatan Kevin Sanjaya Sukamuljo rasanya tak habis-habisnya digunjingkan. Betapa tidak, menyaksikan Kevin berlaga di lapangan, rasanya kita berada di arena sirkus. Semua pukulan yang dimiliki Kevin bikin kita berdecak kagum.

Kehebatan Kevin ini pun bikin penasaran semua orang. Tak hanya bagi penggemar bulutangkis, sampai-sampai wartawan dengan lugunya bertanya ke Kevin, “Kog, kamu bisa begitu ya mainnya?”

Ditanya demikian, Kevin pebulutangkis andalan Indonesia yang kini berada di peringkat satu dunia bersama pasangannya Marcus Fernaldi Gideon, pun jadi bingung juga menjawabnya.

“Iya, gimana lagi ya. Memang sudah bawaan lahir,” jawab Kevin, yang lahir di Banyuwangi, 2 Agustus 1996. “Sebenarnya saya mainnya biasa saja, saya menikmati bulutangkis,” ungkap Kevin dalam acara pemberian penghargaan kepada dirinya oleh Djarum Foundation usai merebut All England yang kedua kalinya.

Keajaiban pukulan-pukulan Kevin memang benar-benar membikin decak kagum. Tak hanya kepada penggemarnya, tapi juga lawan-lawannya di lapangan pun tak bisa berkutik dibuat Kevin. Seperti disebutkan Shuttle Flash di videonya, apakah aksi Kevin ini yang mendasari keluarnya aturan tinggi service 115 cm?

Kali ini pada video di bawah ini, kita bisa melihat kehebatan Kevin saat berada di lapangan. Cuplikan video Youtube yang diupload Shuttle Flash di Youtube kita bisa melihat beberapa aksi Kevin saat “service”. Pada tayangan pertama terlihat aksi Kevin yang berpasangan dengan Selvanus Geh melawan Markis Kido/Marcus Fernaldi Gideon pada ajang Yonex-Sunrise Indonesian Masters 2014. Flick service Kevin benar-benar mengecoh Kido dan Marcus.

Tak hanya Kido dan Marcus yang pernah menjadi “korban” servis flick Kevin. Bahkan pebulutangkis dunia lainnya pun pernah menjadi korbannya. Zhang Nan pun sempat tak bisa menyembunyikan kejengkelannya kala dikalahkan Kevin yang berpasangan dengan Greysia Polii pada ajang BCA Indonesia Open Super Series Premier 2014. Zhang Nan yang berpasangan dengan kekasihnya Zhao Yunlei yang menjadi unggulan satu tersingkir di babak satu menghadapi Kevin/Greysia dalam laga rubber game 21-15, 18-21 dan 21-23. Usai pertandingan, Zhang sempat protes, protesnya tak diterima wasit, ia pun membanting raketnya sambil keluar lapangan. Akhirnya raket pun diambil Zhao sambil menenangkan hati sang kekasih.

Aksi Kevin memang banyak mendapat protes dari lawan-lawannya. Tapi hakim servis menyatakan servis Kevin tak menyalahi aturan.

Di era sebelumnya, service ganda yang paling fenomenal pernah dilakukan “Sidek Bersaudara” Razif Sidek dan Jalani Sidek dari Malaysia. Servis Sidek bersaudara ini bisa membuat servis pendek dengan kok berputar-putar melayang menuju lawan di seberang, lawan pun sehingga memukul kok ke arah yang salah. Kok bisa menyangkut di net atau keluar lapangan. Dan Kevin juga bisa menirukan gaya servis Sidek Bersaudara.

Penasaran dengan aksi servis tipuan Kevin yang ketiga? Coba simak tayangan video yang ada di bawah.

Kevin, So Amazing! (*)


Berita Sportainment Lainnya