Berita > Artikel > Tips

Memperbaiki Shuttlecock Yang Patah

Rabu, 02 Mei 2018 13:03:20
914 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

  • ©Char-la-la

  • ©Char-la-la

  • Current
Saat kita bermain bulutangkis, sering kita mengalami shuttlecock yang mudah patah, padahal kita baru memukulnya beberapa kali pukulan. Tentunya ini sedikit mengganggu, tapi gak perlu jengkel hati. Jangan dibuang, kumpulkan. Saat luang waktu, kita bisa mereparasinya menjadi baru lagi.

Sebelum kita memperbaiki shuttlecock (kok) yang sudah terkumpul untuk kita perbaiki, mari kita siapkan peralatan yang diperlukan. Alat-alat yang diperlukan adalah tang lancip, gunting dan obeng minus yang kecil. Serta lem (sejenis merek isarplas) untuk merekatkan bulu kok.

Sebelumnya kita sortir kok yang akan kita perbaiki dan kok yang akan kita ambil bulunya sebagai pengganti bulu kok yang patah. Kita cabut bulu kok, lalu bentuk bulu kok disesuaikan dengan bentuk bulu kok yang akan kita ganti. Tempelkan bulu kok pada bulu koko yang akan kita pasang untuk mengukur apakah bulu kok sudah sesuai. Bila belum sesusai bisa digunting bulunya untuk disesuaikan. Secara umum bulu kok sudah standar, sehingga hal ini tidak begitu diperlukan.

Bulu kok yang akan kita gantikan dipotong dengan menggunakan tang. Perlu diperhatikan agar jangan sampai benang pengikat bulu kok terputus. Agar memudahkan pemasangan bulu kok nantinya, sebaiknya lobang pengikat di benang dan di gabus agar dilonggarkan dengan obeng minus.

Setelah itu, bulu kok bisa dipasang (ditanam) pada bulu kok yang sudah kita cabut dan longgarkan lobang pengikatnya. Langkah terakhir, lem bisa dioleskan di sekitar benang dan lobang gabus agar bulu kok terpasang kuat.

Demikian tips kecil memperbaiki kok yang patah. Video yang diupload Penang Channel di Youtube ini semoga bisa lebih membantu.

Selamat bermain bulutangkis. (*)


Berita Tips Lainnya