Berita > Artikel > Sportainment

Diplomasi Badminton Ala Jokowi

Jumat, 04 Mei 2018 09:42:14
7889 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Saat berkunjung ke Mabes TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (3/5) sore, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri mengajak tamunya, Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam, untuk bermain bulutangkis.

Usai acara resmi Mabes TNI, sekitar pukul 17.15 WIB, Presiden Jokowi dan rombongan memasuki GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap. Jokowi melakukan pemanasan bermain bulutangkis dengan Menko Polhukam Wiranto, yang juga merupakan Ketua Umum PP PBSI.

Eksibisi bulutangkis dimulai dengan permainan bulutangkis ganda kedua kepala pemerintahan. Jokowi, berpasangan dengan Alan Budi Kusuma, peraih medali emasi Olimpiade Barcelona 1992. Sementara tamunya Sultan Hassanal Bolkiah berpasangan dengan Hendry Saputra, kepala pelatih tunggal putra Pelatnas Cipayung. Pertandingan berakhir dengan skor seri 25-25.

Presiden Jokowi mengemukakan, seperti kami lansir di situs resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id, bahwa pertandingan bulutangkis tersebut merupakan salah satu bentuk diplomasi. Proses diplomasi tersebut, dilakukan Presiden Jokowi bukan dalam bentuk formal namun soft diplomacy.

“Ya, persahabatan antarnegara ini tidak selalu dilakukan dalam sebuah forum yang formal saja, ada yang namanya soft diplomacy, dan memang saya tahu Sultan Hassannal Bolkiah itu memang hobinya badminton. Sehingga waktu di Asean Summit kemudian di Australia, dan ketemu kemarin di Singapura, ya saya mengajak beliau untuk datang ke Indonesia main badminton,” kata Presiden.

Mengenai hasil soft diplomacy itu, diungkapkan Presiden di situs tersebut sudah dalam proses.

Selain Menko Polhukam Wiranto, tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Menteri BUMI Rini Soemarno, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan beberapa pemain bulutangkis senior Indonesia. (*)


Berita Sportainment Lainnya