Berita > Artikel > Food & Drink

Jus Kurma, Minuman Sehat Saat Berbuka

Jumat, 18 Mei 2018 07:08:31
1553 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Di saat bulan Ramadhan, buah kurma yang berasal dari Timur Tengah ini sangat gampang dijumpai. Buah kurma merupakan komoditi buah utama di Iran, Saudi Arabia, Mesir dan negara-negara Timur Tengah lainnya.

Buah yang berasal dari pohon kurma ini, seperti kami kutip dari wikipedia, diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen.

Bentuk buah yang kecil-kecil oval berwarna coklat tua, memiliki rasa manis dan lembut. Tak hanya sekedar makanan ringan, buah kurma juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Mengkonsumsi buah kurma ternyata banyak manfaatnya, diantaranya adalah menjaga metabolisme tubuh. Juga menguatkan fungsi lambung, menguatkan fungsi hati, mengobati diare, dan memperlancar buang air kecil.

Nah, gimana saat berbukan sore nanti kita menyiapkan satu menu berbuka dengan buah kurma. Kali ini kita bikin Jus Kurma. Gampang mendapatkan bahan-bahannya, cukup mampir ke gerai Indonmaret atau Alfamart. Beli secukupnya, bisa buat untuk buka bersama keluarga ataupun teman-teman.

Kali ini resep jus kurma kita ambil dari Masak.tv untuk konsumsi satu orang. Bahan-bahannya, 6 butir buah kurma, 4 sendok makan madu, 75 ml air putih, 6 sendok makan es batu.

Cara membuatnya, masukkan ke dalam blender satu persatu bahan-bahannya yaitu buah kurma (setelah dibuang bijinya), es batu dan air. Lalu blender. Jika sudah halus, pindahkan ke dalam gelas, tuang madu ke dalam gelas.

Nah, saat menunggu berbuka bisa dicoba, sambil menyiapkan makanan pembuka puasa.

Wow, segarnya. (fk)


Berita Food & Drink Lainnya