Berita > Artikel > Food & Drink

Jus Kurma Pisang, Sehat Segar Berenergi

Selasa, 22 Mei 2018 07:54:09
1111 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Dua menu buah kurma sudah kita bagikan ke teman-teman bulutangkis sebelumnya. Jus Kurma dan Susu Kurma, keduanya sehat menyegarkan. Banjir buah kurma di bulan Ramadhan rasanya kita perlu mencoba aneka minuman buah buah kurma supaya tak membosankan saat berbuka.

Kali ini kita coba menu Jus Kurma Pisang. Minuman khas dari Timur Tengah ini, seperti disebutkan di Masak.tv, memiliki khasiat untuk menambah berat badan dan menambah energi dengan cepat, karena pada 100 gr buah kurma mengandung hampir 300 kalori.

Oh ya, resep Jus Kurma Pisang ini tepatnya bernama Smoothie Kurma Pisang. Masih banyak kita yang keliru menyebutkan nama kedua minuman sehat ini. Ada perbedaan antara jus dan smoothie, perbedaannya lebih kepada cara mengolahnya.

Jus adalah cairan murni yang didapat dari proses pemerasan buah atau sayur. Biasanya alat yang kita gunakan untuk memeras adalah juicer atau juice extractor. Pada proses membuat minuman jus dari buah ataupun sayur, serat-seratnya tidak akan ikut karena proses pemerasan hanya menghasilkan cairan dari buah ataupun sayuran.

Sementara smoothie adalah bubur buah atau sayur yang didapat dari proses penghalusan dengan blender, dimana serat-seratnya ikut kita konsumsi. Dan saat mengolahnya kita sering mencampurnya dengan bahan lainnya seperti susu, yogurt, gula ataupun madu.

Nah, kini kita telah bisa memahami perbedaan antara jus dan smoothie. Minuman jus yang kita konsumsi di restoran atau di kafe selama ini tepatnya adalah smoothie. Tapi tidak mengapa, kedua jenis minuman ini jus dan smoothie menyehatkan tubuh.

Seperti buah kurma, buah pisang juga merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral serta kalium. Dalam buah pisang memiliki 3 kandungan gula alami yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa. Serta serat yang memberikan energi yang cukup besar dan berkelanjutan secara instan.

Rasanya smoothie kurma pisang merupakan menu lengkap energi. Pisang mengandung gula yang menghasilkan energi secara instan ditambah dengan kurma yang kandungan glukosanya bertahan lebih lama di dalam tubuh.

Sebelum membuat smoothie kurma pisang, siapkan bahah-bahan sebagai berikut, 6 buah kurma tanpa biji, 30 gram pisang atau 1 buah pisang ambon, 250 ml susu cair dan es batu secukupnya.

Cara membuatnya tak sulit cukup gampang dan tak memakan waktu. Siapkan blender, kemudian masukkan satu persatu semua bahan-bahannya, buah kurma, pisang ambon, susu cair dan es batu. Blender semua bahan hingga halus. Oh ya, baiknya pisang ambon sebelum diblender masukkan ke freezer agar beku.

Selesai diblender, sajikan smoothie ke dalam gelas gede siap untuk sajian berbuka hari ini. Jika kita punya persediaan es krim vanili, boleh ditambahkan dua skop es krim.

Wow, segarnya! (fk)


Berita Food & Drink Lainnya