Berita > Berita

Tiongkok Juara Piala Thomas 2018

Minggu, 27 Mei 2018 22:34:23
4473 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Tiongkok kembali memperlihatkan dominasinya di bulutangkis putra dunia dengan merebut Piala Thomas yang kesepuluh kalinya. Pada partai final Piala Thomas 2018 yang berlangsung di Bangkok, Thailand, hari ini (Minggu, 27/5), Tiongkok mengalahka Jepang 3-1.

Gelar kesepuluh ini tak mudah didapat Tiongkok. Mereka harus kehilangan poin di partai pertama. Chen Long yang turun di tungga pertama harus mengakui ketangguhan pebulutangkis Jepang, Kento Momota. Pebulutangkis Negeri Tirai Bambu juara dunia dua kali ini kalah dari Momota dua game langsung 9-21 dan 18-21 pada final yang berlangsung di Impact Arena Bangkok.

Kento, yang selama dua tahun terakhir sempat menghilang saat menjalani hukuman, tampil sangat mengesankan sepanjang pertandingan. Akurasi pukulan-pukulannya yang begitu rapi dan terarah baik, benar-benar membuat Chen tak berkutik, khususnya di game. Game kedua, Chen sedikit berhasil mengimbangi, tapi tak mampu merebut poin kemenangan.

Peluang Tiongkok terbuka saat nomor ganda lewat pasangan Liu Cheng/ Zhang Nan mampu merebut kemenangan. Duet Liu/Zhang mengalahkan ganda Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko dua game langsung 21-10 dan 21-18.
Shi Yuqi, juara All England 2018, membuka peluang Tiongkok dengan menyumbangkan satu poin kemenangan. Turun di partai ketiga sebagai tunggal kedua, Shi mengalahkan Kenta Nishimoto dua game langsung 21-12 dan 21-17. Kemenangan Shi membawa Tiongkok unggul 2-1.

Duet Li Junhui/Liu Yuchen menjadi penentu kemenangan Tiongkok untuk naik ke podium juara. Li/Liu yang kini berada di peringkat 4 dunia berhasil mengalahkan ganda Jepang, Keigo Sonoda/ Yuta Watanabe lewat pertarungan rubber game. Mereka menang dalam partai dramatis tiga game 17-21, 21-19 dan 22-20 dalam waktu 1 jam 10 menit.

Dominasi putra Tiongkok ini kembali diraihnya setelah mereka gagal mencapai partai puncak pada dua ajang terakhir. Tahun 2016, Denmark naik ke podium juara dengan mengalahkan Indonesia 3-2, dan dua tahun sebelumnya Jepang yang naik ke podium juara dengan mengalahkan Malaysia 3-2.

Langkah tim Thomas Indonesia hanya sampai di babak semifinal usai dikalahkan Tiongkok 1-3. (*)

Berita Berita Lainnya