Berita > Berita > Asian Games

Broto Happy dan Koleksi Boneka Maskot Olahraga

Selasa, 14 Agustus 2018 19:38:42
3201 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Meliput event olahraga ke mancanegara menjadi kesempatan Broto Happy Wondomisnowo untuk menyalurkan hobinya yang unik.

Sebagai jurnalis senior yang dikenal sebagai kamus berjalan bulutangkis ini gemar mengoleksi aneka boneka. Tidak sembarang boneka tapi boneka maskot peristiwa olahraga.

Koleksi pertama Broto yang wajahnya sangat akrab sebagai komentator bulutangkis di televisi ini adalah Poppo dan Cuccu, sepasang merpati jantan dan betina yang melambangkan perdamaian dan harmoni.

''Boneka maskot ini saya dapatkan ketika meliput langsung Asian Games 1994 di Hiroshima,'' tutur Broto yang tinggal di kota hujan Bogor.

Seringnya meliput ke luar negeri tak dilewatkan Broto untuk menambah koleksi boneka maskotnya. Beberapa boneka, Broto juga menitip kolega. Mulai dari maskot PON, SEA Games, Asian Games, Olimpiade, sepakbola Piala Asia, Piala Eropa, hingga Piala Dunia ada di koleksinya.

''Sayang, Zabivaka, maskot Piala Dunia 2018 Rusia, belum sampai ke tangan,'' tutur Broto. ''Kalau maskot SEA Games 2015 diberi oleh Marcus Fernaldi dan maskot Asian Games Incheon 2014 dari Greysia Polii,'' tambah Broto.

Koleksi Broto pun semakin lengkap dengan maskot-maskot dari turnamen bulutangkis internasional. Kini jumlahnya mencapai puluhan maskot.

Dan yang paling anyar, tiga boneka maskot Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Bhin Bhin, Atung, dan Kaka, pun sudah ada di lemari koleksinya.

Sebagai jurnalis bulutangkis, beberapa buku juga telah ditulisnya. Buku-buku karya Broto adalah Taufik Hidayat, Magnet di Bulutangkis (2003), Hariyanto Arbi, Smash 100 Watt(2006) dan Baktiku Bagi Indonesia : 60 Tahun Tiada Henti Mencetak Juara, 9 Juara Dunia dan 4 Peraih Medali Olimpiade (2011).

Tak hanya sebagai jurnalis, Broto juga biasanya seminggu sekali tak melewatkan berlatih bulutangkis di gor dekat rumah untuk mengasah ketajamannya menulis bulutangkis.

''Cuma sekarang lagi absen, dengkulnya lagi cedera gara-gara main voli,'' Broto mengakhiri obrolan dengan Bulutangkis.com lewat pesan whatsapp.

Ingin mengoleksi boneka maskot Asian Games 2018 seperti Broto Happy? Yang tinggal di Jakarta dan Palembang bisa cari ke venue terdekat sambil menonton pertandingan olahraga secara langsung. Tentunya sambil memberi dukungan kepada atlet-atlet Indonesia yang bertanding. (*)

Berita Asian Games Lainnya