Berita > Berita > Asian Games

Jokowi Beraksi Ala “Mission Impossible” Buka Asian Games 2018

Minggu, 19 Agustus 2018 08:09:10
2492 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

  • Jokowi & Jusuf Kalla

  • Erick Thohir & Ahmad Al-Fahad Al-Sabah

    ©voaindonesia.com

Asian Games 2018, yang merupakan pesta olahraga terbesar di Asia resmi dibuka Presiden RI Joko Widodo di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8/2018).

Disebutkan Presiden yang lebih dikenal dengan Jokowi, bahwa pesta olahraga Asian Games 2018 menunjukkan rasa persaudaraan dan persatuan antar negara-negara di Asia. Seluruh negara yang berprestasi menurut Jokowi punya tujuan sama mengejar prestasi.

“Kita bangga kedatangan tamu-tamu istimewa dari 45 negara. Dalam Asian Games 2018, kita bangsa-bangsa seasia ingin menunjukkan bahwa kita bersaudara, kita bersatu, kita ingin meraih prestasi,” sebut Jokowi dalam pidato pembukaan.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim (atas nama Tuhan, yang paling murah hati dan penyayang), Asian Games ke-18 saya nyatakan dibuka,” ucap Presiden Jokowi, yang berdiri berdampingan dengan Wapres Jusuf Kalla.



Sebelum Jokowi memberikan sambutan, Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir dan Presiden Komite Olimpiade Asia Sheikh Fahad Al-Sabah memberikan sambutan pembuka.

Erick Thohir dalam sambutannya mengharapkan Asian Games bisa menjadi inspirasi bukan hanya bagi Asia, tetapi juga bagi seluruh dunia.

“Welcome to Indonesia, The Energy of Asia,” seru Erick Thohir mengawali sambutannya, dan disambut gemuruh penonton. “Rakyat Indonesia bangga menyambut kedatangan saudara-saudara. Marilah bertanding dengan nilai-nilai sportivitas, untuk menjadikan yang terbaik sehingga dikenang di masa mendatang. Dari GBK, kami mengajak seluruh asia, jadilah inspirasi dunia. Dengan Energy of Asia kita ciptakan dunia yang damai,” Erick memberikan sambutannya.

Pembukaan Asian Games 2018 tadi malam berlangsung meriah dan spektakuler di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), yang merupakan stadion yang dibangun untuk ajang Asian Games 1962, pertama kali Asian Games digelar di Indonesia. Upacara pembukaan yang dihadiri hampir 40.000 penonton yang datang ke Stadion Gelora Bung Karno diawali dengan penampilan tarian Saman, tarian tradisional dari Aceh, provinsi paling barat di Indonesia. Tarian yang begitu mempesona ini diisi oleh 1,500 penari yang berasal dari sekolah menengah atas di seluruh ibu kota.



Atlet dari 45 kontingen Komite Olimpiade Nasional (NOC) berdefile diiringi tarian. Para atlet dan tim official yang diawali kontingen Afganistan berjalan ke arena di depan panggung megah yang dirancang menyerupai gunung. Setiap kontingen dipimpin oleh perwakilan yang mengenakan kostum berbentuk burung yang dirancang oleh Dynand Fariz, yang terkenal karena ciptaannya dari parade tahunan Jember Fashion Carnaval.

Kontingen Indonesia yang tampil terakhir, mendapat sambutan yang luar biasa dari hadirin yang ada di GBK. Begitu juga Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana terlihat antusias melambai-lambaikan tangan ke kontingen Indonesia.

Penyanyi Via Vallen yang tampil dipanggung mengenakan kostum putih juga mendapat sambutan yang meriah saat membawakan lagu Meraih Bintang.



Banyak hal-hal menarik di acara pembukaan tadi malam yang tak mudah dilupakan. Kontingen Korea Utara dan Korea Selatan berbaris di dalam satu defile kontingen Korea. Tak hanya para atlet yang Korea yang bersatu bergandengan tangan, di podium terlihat Perdana Menteri Republik Korea Lee Nak-yeon dan Duta Besar Korea Utara untuk Indonesia An Kwang-il juga berdiri bergandengan tangan, seraya melambai ke para atlet Korea.

“Kita mencetak sejarah hari ini, karena Korea Selatan dan Korea Utara bergabung dalam satu tim untuk berkompetisi di Asian Games 2018,” demikian sambutan Al-Sahab di acara pembukaan tadi malam.

Di tengah kedukaan masyarakat Lombok yang menderita akibat diguncang gempa bumi yang hebat, acara mengheningkan cipta dilakukan saat upacara pembukaan untuk menghormati para korban.

Dan yang paling spektakuler saat pembukaan Asian Games 2018 tadi malam adalah Presiden Jokowi tiba di stadion ala jagoan Mission Impossible di layar lebar. Semua terkagum-kagum, begitu juga dengan penonton yang menyaksikannya dari layar televisi di rumah. Luar biasa! (*)


Berita Asian Games Lainnya