Berita > Berita > Sirnas

Dimas Setiawan Atasi Andalan Tuan Rumah

Selasa, 02 Oktober 2018 20:38:47
230 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Langkah andalan tuan rumah Muhammad Rifaldi Rani Saputra dari PB Hevindo Balikpapan harus terhenti pada ajang Djarum Sirnas Kalimantan Timur 2018 yang digelar di GOR Hevindo, Balikpapan hari ini (Selasa, 02/10)

Turun di nomor tunggal taruna putra, Rifaldi harus mengakui keunggulan pendatang baru, Dimas Setiawan wakil PB Bintang Solibad Indonesia, Jakarta, usai laga dua game langsung 19-21 dan 10-21.

Melawan wakil tuan rumah dan memakai tangan kiri, sedikit membuat Dimas kerepotan karena pemain yang menggunakan tangan kiri memang sulit untuk ditebak arah bolanya akan kemana.

“Kesulitan kalau main sama yang tangan kiri, soalnya beda aja. Terus banyak bola-bola yang gak bisa ketebak sama gerakannya susah ditebak juga,” ujar Dimas.

Nyaris kehilangan permainan pada set pertama, Dimas berhasil merebut set pertama 21-19 dan berhasil merebut set kedua, 21-10 sekaligus mengamankan tiket ke babak selanjutnya.

“Set pertama belum bisa menyesuaikan dan hampir kalah tadi, soalnya emosinya belum bisa terkontrol,” ucapnya.

Kendala lain bermain dengan pemain yang sudah hafal akan kondisi lapangan adalah arah angin dan cuacanya, pemain tuan rumah pasti sudah terbiasa dengan kondisi yang ada, sedangkan pemain dari luar harus bisa menyesuaikan dengan waktu yang relatif singkat.

“Disini gornya panas, sama anginnya juga gede. Jadi lumayan lama bisa menyesuaikannya. Apalagi lawan tuan rumah yang sudah biasa main disini, ini kan gornya dia, jadi dia yang lebih tau kondisi disini, tapi syukur saya bisa cepat beradaptasi,” jelas Dimas.

Seperti diketahui, memang hampir semua pemain akan bermain rangkap atau ikut ke tingkat yang lebih tinggi agar bisa menambah jam terbang mereka. Sama seperti Dimas yang mengikuti di tiga nomor yang berbeda yaitu, tunggal taruna putra, ganda taruna putra dan ganda dewasa campuran. Hal itu ia ikuti karena rekomendasi dari pelatihnya dan ingin menambah pengalaman.

“Saya main di tiga nomor, di tunggal taruna putra, ganda taruna putra dan ganda dewasa campuran. Soalnya buat pengalaman sama disuruh pelatih juga biar mainnya lebih tenang dan polanya maju,” tambahnya.

Bermain di tiga nomor yang berbeda memang memerlukan stamina yang lebih dan istirahat yang cukup agar tetap bisa bermain maksimal di setiap nomor.

“Istirahat harus dijaga, jadi dua jam sebelum main itu saya harus udah pemanasan, apalagi main di tiga nomor yang berbeda, harus pinter-pinter nyari waktu buat istirahat sama asupan makanannya juga,” ucap Dimas.

Di babak selanjutnya Dimas akan berhadapan dengan Aldy Firmanda asal PB Djarum Kudus yang berhasil menang WO atas lawannya. Aldy adalah unggulan kedua di nomor tunggal taruna putra, tapi Dimas akan berusaha dan akan membuat kejutan.

“Buat disini saya coba main lepas aja, gak ada target tapi mudah-mudahan bisa masuk semi final dari tiga nomor itu. Buat nomor dewasa saya pengen cari pengalaman lebih aja. Besok buat main sama unggulan dua saya coba main tenang aja dan mudah-mudahan bisa buat kejutan,” pungkasnya. (*)

Berita Sirnas Lainnya