Berita > Artikel

Blibli.com Superliga Junior 2018 Manjakan Penggemar Bulutangkis Dengan Live Streaming

Minggu, 21 Oktober 2018 10:50:37
438 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Penggemar bulutangkis Indonesia dalam sepekan ini dibanjiri turnamen bulutangkis. Dua turnamen digelar di luar negeri, Denmark Open 2018 dan Singapore International Series 2018. Langkah pebulutangkis Indonesia di kedua turnamen cukup tersebut cukup menggembirakan. Pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/ Marcus Fernaldi Gideon, berpeluang merebut gelar juara di turnamen seri HSBC BWF World Tour Super 750 berhadiah total USD 775.000, setelah mereka berhasil merebut tiket final.

Di Singapura, satu gelar juara dipastikan menjadi milik Indonesia setelah terjadi partai All Indonesian Final di tunggal putri antara Choirunnisa melawan kompatriotnya Aurum Oktavia Winata. Selain itu, gelar tunggal putra juga bisa dibawa pulang pebulutangkis Indonesia, Krishna Adi Nugraha yang berhadapan dengan andalan Hong Kong, Lee Cheuk Yiu.

Di Tanah Air, tepatnya di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah, atlet-atlet junior dari 13 klub bulutangkis nasional dan internasional bersaing memperlihatkan talentanya berlaga pada ajang Blibli.com Superliga Junior 2018 yang berlangsung pada 16-21 Oktober 2018. Empat piala bergengsi diperebutkan dari dua kategori usia menggunakan format beregu Thomas Uber di dua kategori usia yaitu U17 dan U19. Piala Liem Swie King untuk U19 Putra, Piala Susy Susanti untuk U19 Putri, Piala Hariyanto Arbi untuk U17 Putra dan Piala Yuni Kartika untuk U17 Putri.

Memasuki hari terakhir (Minggu, 21/10), dua piala, Piala Liem Swie King dan Piala Susy Susanti, masih akan diperebutkan, pada final beregu Putri U19 dan Putra U19. Menariknya, kedua piala akan diperebutkan dua klub bulutangkis di Tanah Air, PB Djarum dan PB Exist, yang berhasil menembus partai final untuk menjadi yang terbaik. Sedangkan dua piala lainnya telah berakhir diperebutkan pada final yang berlangsung hari Sabtu (20/10) malam. Piala Yuni Kartika direbut PB Djarum usai mengalahkan PB Jaya Raya 3-1, dan PB Exist membawa pulang Piala Hariyanto Arbi setelah mengalahkan PB Djarum 3-1.

Tak seperti di era 1970an hingga 1980an, saat stasiun televisi masih hanya ada TVRI, masyarakat Indonesia masih kerap menyaksikan pertandingan bulutangkis lewat stasiun kebanggaan bangsa Indonesia. Namun kini setelah stasiun televisi menjamur, pertandingan bulutangkis malah dirasakan semakin berkurang, padahal olahraga bulutangkis menjadi salah satu cabang olahraga populer di Tanah Air. Dan kerap atlet-atlet bulutangkis Indonesia mengharumkan nama Indonesia.

Namun di era internet yang semakin membaik, penggemar bulutangkis tak lagi perlu kecewa jika stasiun televisi tak berniat menyiarkan pertandingan-pertandingan bulutangkis saat stasiun-stasiun televisi menilai pertandingan bulutangkis tak begitu menguntungkan untuk disiarkan. Kini banyak turnamen bulutangkis telah menyediakan fasilitas live streaming seperti yang dilakukan Blibli.com Superliga Junior 2018 yang begitu memanjakan penggemar bulutangkis dimanapun berada untuk bisa menyaksikan laga para pebulutangkis junior berlaga di GOR Djarum, Magelang.

Panitia turnamen menyediakan layanan live streaming dimulai saat memasuki babak semifinal pada hari Jumat (19/10). Dan menariknya layanan live streaming ditemani komentator bulutangkis yang sudah tak asing lagi dan cukup handal. Daryadi, pemimpin redaksi Majalah Bulutangkis bersama Yuni Kartika, komentator yang sudah tak asing lagi pada even-even bulutangkis dunia yang ada di stasiun televisi swasta.

''Wah, kemarin sempat pusing, kurang enak badan,'' ujar Daryadi kepada kami saat sarapan pagi tadi bersama di penginapan. ''Kemarin itu paling padat, siaran mulai jam 8 sampe jam 10an malam,'' tambah Daryadi yang hari ini akan menemani live streaming kembali bersama Yuni Kartika pada babak final beregu putra dan putri U19.

Sementara Yuni Kartika, mantan pebulutangkis era 1990an yang namanya diabadikan sebagai piala yang diperebutkan pada kategori beregu putri U17 mengungkapkan live streaming sangat membantu.

''Adanya live streaming akan membantu para pecinta bulutangkis untuk menonton live badminton di tempatnya masing-masing,'' ungkap Yuni pagi ini di GOR Djarum, Magelang.

Yuni yang lahir di Semarang, 16 Juni 1973 ini, berterimakasih atas apresiasi kepada dirinya karena namanya diabadikan sebagai salah satu piala yang diperebutkan. Kiprah Yuni di bulutangkis mulai terlihat ketika ia berhasil menjuarai Kejuaraan Dunia Junior Bimantara 1991, ia juga memenangkan gelar di German Junior Open 1990. Catatan prestasi lainnya, Yuni ikut mengantar sukses tim putri Indonesia merebut Piala Uber 1994 sebagai tunggal kedua. Lalu di tahun yang sama, Yuni ikut menyumbangkan medali perak beregu putri di Asian Games Hiroshima.

Adanya layanan live streaming Blibli.com Superliga Junior 2018, para penggemar bulutangkis tak lagi perlu galau. Dimanapun kita berada, jika tersedia gadget dan paket data yang cukup kita tak lagi perlu khawatir tak dapat menonton pertandingan bulutangkis.

Pertandingan final Blibli.com Superliga Junior 2018 beregu putra dan putri U19 dimulai pukul 13.00 WIB. Bisa disaksikan lewat live streaming di bawah. (*)

live streaming :
https://livestreaming.djarumbadminton.com/#!/superliga-junior-2018/1I

Berita Artikel Lainnya