Berita > Berita

Firman Hadapi Andalan Thailand di Perempat Final

Jumat, 02 November 2018 06:22:44
549 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Tunggal putra Indonesia Firman Abdul Kholik menjaga asa di turnamen Macau Open. Firman lolos ke perempat final bertemu dengan andalan Thailand Sitthikom Thammasin.

Firman menjadi asa tunggal putra Indonesia di turnamen berhadiah total USD 150,000. Sebelumnya di babak satu empat tunggal putra Indonesia lainnya, Sony Dwi Kuncoro, Shesar Hiren Rhustavito, Chico Aura Dwi Wardoyo dan Panji Ahmad Maulana, sudah langsung harus terhenti.

Langkah Firman akhirnya menembus babak perempat final setelah pada babak dua hari Kamis (01/11) yang berlangsung di Tap Seac Multisport Pavilion Macau, berhasil menumbangkan unggulan dua asal Hong Kong, Wong Wing Ki Vincent dua game langsung 21-17 dan 21-18 dalam waktu 47 menit.

Kemenangan Firman ini sekaligus memperbaiki rekor pertemuannya menjadi 1-1. Satu kekalahan yang dialami Firman dari Wong terjadi pada German Open 2015, kala itu Firman harus mengakui keunggulan Wong dalam laga dua game 12-21 dan 19-21.

Menghadapi Sitthikom hari ini (Jumat, 2/11) merupakan kesempatan bagi Firman untuk memperbaik rekornya. Firman tercatat pernah kalah dari Sittikhom pada ajang Akita Masters 2018, Firman kalah rubber game 21-13, 15-21 dan 16-21. Melihat peringkat yang ada, kedua pemain berada di peringkat yang berimbang. Firman kini berada di peringkat 56, sedangkan Sitthikom menempati peringkat 54.

Di tunggal putri, Lyanny Alessandra Mainaky, juga menjadi harapan semata wayang Indonesia. Lyanny lolos ke perempat final bertemu dengan andalan Jepang, Ayumi Mine. Sebelumnya di babak dua, Lyanny, meraih kemenangan atas tunggal Taiwan, Pai Yu Po, yang mengundurkan diri di babak satu saat kedudukan 11-6.

Satu tiket semifinal menjadi milik Indonesia setelah terjadi laga sesama skuad Indonesia di babak delapan besar hari ini antara Yulfira Barkah/ Jauza Fadhila Sugiarto melawan Winny Oktavina Kandow/ Virni Putri.

Jika skuad ganda putra tak berhasil meloloskan langkah hingga ke babak perempat final, tapi ganda campuran Indonesia menorehkan hasil yang gemilang dengan sukses menempatkan tiga wakil di perempat final. Tiga ganda putra yang menjadi andalan Indonesia, Wahyu Nayaka A.P./ Ade Yusuf, Akbar Bintang Cahyono/ Moh Reza Pahlevi Isfahani dan Sabar Karyaman Gutama/ Frengky Wijaya Putra, kandas di babak satu.

Sementara ketiga andalan ganda campuran Indonesia yang berhasil mengantongi tiket delapan besar adalah Ronald Alexander/ Annisa Saufika yang akan berhadapan dengan pasangan Malaysia, Hoo Pang Ron/ Cheah Yee See. Akbar Bintang Cahyono/ Winny Oktavina Kandow melawan pasangan Hong Kong, Mak Hee Chun/ Yeung Nga Ting. Dan Alfian Eko Prasetya/ Marsheilla Gischa Islami yang menempati unggulan tujuh bertemu pasangan Hong Kong lainnya yang merupakan unggulan satu, Tang Chung Man/ Tse Ying Suet.

Bagi duet Alfian/Gischa, bertemu duet Hong Kong di turnamen seri HSBC BWF World Tour Super 300 ini akan menjadi pengalaman berharga. Laga perdana ini akan menjadi ujian bagi juara Chinese Taipei Open 2018 untuk menimba pengalaman dan melangkah ke elit ganda campuran. Pasalnya duet yang juga merupakan pasangan juara Malaysia Masters 2018 ini kini berada di peringkat empat dunia, sementara Alfian/Gischa kini masih berada di peringkat 58 dunia. (*)

Berita Berita Lainnya