Berita > Berita

Antusias Tinggi, 40 Media Ramaikan Kejuaraan Bulutangkis Antar Media 2018

Rabu, 07 November 2018 08:49:32
116 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Sejumlah 40 media ramaikan Kejuaraan Bulutangkis Antar Media 2018 Zona Barat yang akan dimulai hari ini (Rabu, 7/11) di GOR Tanah Abang, Jakarta. Kejuaraan yang didukung Bakti Olahraga Djarum Foundation ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp.177 juta.

Tak hanya bisa meliput saja, kini para awak media pun bisa merasakan aura pertandingan yang sesungguhnya di arena. Para awak media bisa merasakan hal yang sama seperti layaknya para atlet yang bertanding di lapangan.

''Ini saatnya para awak media bisa merasakan aura kompetisi, dan bisa memberikan pengalaman berharga. Harapannya, bulutangkis akan semakin populer,'' ungkap Ivana Lie, Perwakilan Bakti Olahraga Djarum Foundation, mengenai tujuan diselenggarakannya kejuaraan dikalangan media ini, di Kawasan Senayan, Jakarta, pada Senin (5/11).

Disebutkan Ivana, legenda bulutangkis Indonesia era 1980-an, dukungan ini membuktikan komitmen Bakti Olahraga Djarum Foundation yang tak pernah putus memajukan olahraga bulutangkis di Tanah Air.

Selain memberikan aura pertandingan bulutangkis kepada para awak media, ada dua tujuan lain yang ingin dicapai. Yaitu sebagai ajang silaturahmi diantara para awak media, dan media sebagai pilar dalam pengembangan serta peningkatan prestasi bulutangkis Indonesia, dengan menyebarkan informasi keseluruh pelosok Tanah Air.

Kejuaraan Bulutangkis Antar Media yang memasuki memasuki satu dasawarsa ini kini dibagai setiap tahunnya. Pada tahun genap adalah penyelenggaraan kejuaraan perorangan nomor ganda, dan pada tahun ganjil diselenggarakan kejuaraan beregu.

Kejuaraan perorangan nomor ganda ini dibagi menjadi tiga kelompok usia (KU), agar didapat persaingan yang berimbang. Yaitu KU 25-35 tahun, KU 35-45 tahun, dan KU 45 tahun ke atas. Kejuaraan yang diselenggarakan Bakti

“Kejuaraan bulutangkis ini sudah berlangsung kurang lebih 12 tahun, sejak 2006. Tapi, 10 terakhir, ada nomor pertandingan perorangan dan beregu. Event terbagi tiga zona, yakni Barat, Tengah, dan Timur,” ujar Tri Iksan, Panitia Pusat Kejuaraan Bulutangkis Antar Media 2018.

Kejuaraan Zona Barat yang mulai dipertandingkan hari ini meliputi Sumatera, DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Untuk Zona Tengah meliputi Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan, memulai penyisihan di GOR Tri Lomba Juang, Semarang, Jawa Tengah, pada 23-24 November. Sedangkan Zona Timur meliputi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Papua, fase penyisihan berlangsung di GOR Sudirman, Surabaya, Jawa Timur, pada 14-15 November 2018.

Para juara di masing-masing zona akan mendapatkan hadiah. Juara 1 mendapatkan hadiah uang sebesar Rp. 4 juta, Rp 3 juta bagi juara 2, dan Rp 2 juta bagi juara 3. Hal menarik, para awak media yang mencapai babak perempat final di setiap kelompok akan mendapat voucher belanja masing-masing sebesar Rp 500 ribu.

“Pemenang masing-masing zona dan ditambah satu pasangan runner-up terbaik, dipertemukan di grand final,” tambah Iksan.

Partai grand final yang akan berlangsung di GOR Jati, Kudus, Jawa Tengah, pada 28-29 November 2018, akan memakai sistem setengah kompetisi (saling bertemu). Para juara di setiap zona yang akan bertanding di grand final akan ditanggung biaya transportasi dan penginapannya. (*)

Berita Berita Lainnya