Berita > Artikel > Sportainment

Tangkas, 67 Tahun Berkomitmen Mencetak Jawara Bulutangkis

Senin, 03 Desember 2018 09:42:48
392 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Setelah tujuh tahun berselang, kembali PB Tangkas meluncurkan buku perjalanannya dalam membina bulutangkis di Tanah Air. Buku “Tangkas, 67 Tahun Berkomitmen Mencetak Jawara Bulutangkis” diluncurkan
bersamaan dengan acara syukuran HUT PB Tangkas ke-67 di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Kamis (29/11).

Perkumpulan Bulutangkis Tangkas Intiland (PB Tangkas Intiland) yang banyak mencetak juara dunia dan peraih medali emas olimpiade seyogianya merayakan hari ulang tahunnya pada 21 Februari 2018 silam.

Tak singkat untuk menyelesaikan buku setebal 450 halaman dengan cover siluet Jonatan Christie, peraih medali emas Asian Games 2018. Broto Happy Wondomisnowo bersama Justian Suhandinata, Ketua Umum PB Tangkas sekaligus saksi sejarah perjalanan olahraga tepok bulu di Tanah Air, harus menghabiskan waktu beberapa bulan untuk menuntaskannya.

''Perlu waktu sekitar 8 bulan untuk merampungkan karya ini, di sela-sela kesibukan saya sebagai jurnalis, pengamat dan komentator bulutangkis di layar kaca,'' sebut Broto Happy, mantan wartawan senior Tabloid Bola, kepada Bulutangkis.com.

Buku perjalanan 67 PB Tangkas ini berisi sejarah perjuangan klub yang telah mencetak 4 peraih medali Olimpiade, 10 juara dunia, 9 juara All England, dan 10 peraih emas Asian Games.

Di tahun 2011, dalam acara ulang tahun juga, meluncurkan buku bertitel ''PB Tangkas, Baktiku Bagi Indonesia''. Buku ini berisikan cerita awal berdirinya PB Tangkas dan sosok-sosok atlet dan pelatih yang berkiprah meniti sukses di arena bulutangkis bersama PB Tangkas. Membaca buku ini, boleh dibilang akan membaca sebagian perjalanan sejarah bulutangkis Indonesia. Penasaran dengan buku, boleh berburu ke toko buku Gramedia. Jika beruntung, bisa didapat dengan harga discount.

"Buku yg terakhir ini melengkapi sambungan cerita hingga sejarah PB Tangkas yang terkini. Data yg disampaikan berusaha ditulis lebih lengkap dan rinci,'' ungkap Broto Happy.

Selain dua buku di atas, Broto Happy, yang selalu akrab menemani kita menyaksikan pertandingan bulutangkis di layar kaca telah banyak menghasilkan karya tulis selama berkarir di Tabloid Bola. Ada delapan buku lain yang pernah ditulisnya, yaitu, Pedoman Praktis Bermain Bulutangkis (2002), Indonesia Dalam Bingkai Olahraga, Tak Pernah Menyerah (2002), Taufik Hidayat, Magnet Bulutangkis (2003), Hariyanto Arbi, Smash 100 Watt (2006), Biografi IGK Manila, Surga di Telapak Kaki Ibu (2012), Jas Merah Sepakbola Nasional (2013), Kiprah Taufik Hidayat di Indonesia Terbuka (2014), Jaya Raya, Tiada Henti Lahirkan Juara (2016).

Rupanya masih ada karya tulis Broto Happy segera diluncurkannya. Masih seputar dunia bulutangkis juga.

''Menjaga Tradisi Emas Bulutangkis Indonesia, menunggu peluncuran,'' ungkap Broto menyebutka judul buku yang segera diluncurkannya dalam waktu dekat.

Rupanya tak salah jika dirinya kerap mendapat julukan sosok kamus berjalan. Di saat menjadi komentator di layar kaca, Broto Happy selalu memberikan informasi seputar bulutangkis yang sangat faktual.

Yang penasaran dengan karya tulis Broto Happy ini, membaca kedua buku PB Tangkas ini, boleh dibilang bisa melengkapi pengetahuan kita akan sejarah bulutangkis Indonesia.

Yuk, kita berburu ke Gramedia. (fk)

Berita Sportainment Lainnya