Berita > Berita

Daihatsu Astec Open 2019, Animo Semakin Tinggi

Senin, 10 Desember 2018 12:44:03
520 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak

  • Current
Grand Final Daihatsu Astec Open 2019 yang berlangsung di GOR Sumantri, Jakarta, hari Sabtu (8/12) menutup seri turnamen yang disponsori perusahaan otomotif ternama di dunia ini sepanjang tahun 2018.

Ajang Daihatsu Astec Open 2018 merupakan kali ketiga digelar di berbagai kota. Selain Jakarta sebagai ajang berlangsungnya grand final pada 2 - 8 Desember 2018, ada 8 kota lain sebagai tempat penyelenggaraan. Seri 1 diawali di Bandung (19-24 Februari). Kemudian seri 2 Denpasar (6-10 Maret), seri 3 Makassar (3-7 April), seri 4 Yogyakarta (30 April-5 Mei), seri 5 Pontianak (17-21 Juli), seri 6 Batam (7-11 Agustus), seri 7 Padang (4-8 September), seri 8 Banjarmasin (6-20 Oktober, dan seri 9 Manado (6-10 November).

Sebelumnya ajang ini hanya diselenggarakan di satu kota saja. Namun setelah didukung Daihatsu, perusahaan otomotif ternama di dunia ini, turnamen pun semakin dilirik para atlet-atlet untuk turun berlaga. Dari tahun ke tahun terdapat peningkatan jumlah peserta.

Meningkatnya animo peserta ini membuat Daihatsu sebagai pendukung utama turnamen semakin bergairah untuk ikut memajukan bulutangkis Indonesia. Kehadiran Daihatsu sebagai pendukung utama berdampak positif pada penyelenggaraan turnamen.

Saat turnamen didukung Daihatsu pertama kali di tahun 2016, langsung digelar di tujuh kota. Target awal jumlah atlet yang berpartisipasi sebanyak 4.000 peserta, ternyata ada 4.831 peserta yang meramaikannya.

Begitu juga di tahun berikutnya, kembali di 7 kota Daihatsu Astec Open digelar dengan menargetkan 4.000 peserta, ternyata hasilnya ada 4.992 peserta. Sukses dua tahun sebelumnya, tahun ini kota penyelenggara pun bertambah menjadi 10 kota. Turnamen yang digelar bersama PBSI dengan menargetkan peserta 6.500 orang, ternyata hasilnya diikuti 7.050 peserta.

Rupanya PBSI juga memberikan apresiasi yang positif atas berjalannya turnamen yang didukung Daihatsu dua tahun terakhir. Apresiasi diterima penyelenggara dengan meningkatnya level turnamen sejak 2016. Pada 2016, PBSI memberikan level 1 kota swasta nasional, di 2017 menjadi 1 kota swasta nasional, 6 kota kejuaraan wilayah, dan di 2018 menjadi 1 kota swasta nasional, 8 kota sirkuit nasional B, 1 kota kejuaraan wilayah.

Animo juga akhirnya mengundang peserta luar negeri untuk ikut berpartisipasi seperti atlet-atlet dari Malaysia, Jepang, Prancis, dan Inggris.

“Daihatsu aktif melakukan berbagai kegiatan brand social responsibility, yang salah satunya dengan menggelar turnamen bulutangkis baik lokal maupun global. Daihatsu memilih bulutangkis karena merupakan salah satu cabang olahraga terfavorit di Indonesia dan telah terbukti mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia,” ungkap Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and CR Division Head PT AI-DSO Operation, dalam acara jumpa pers di GOR Sumantri.

Lebih jauh Hendrayadi mengungkapkan, turnamen tahun ini istimewa karena PBSI meningkatkan level menjadi Sirkuit Nasional B di hampir seluruh regional kota penyelenggara dan Swasta Nasional untuk di Jakarta.

“Sehingga semakin memperbesar peluang para atlet masuk seleksi Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas),” tambah Hendrayadi.

Meningkatnya jumlah kota, partisipasi peserta, dan level turnamen tidak terlepas dari tingginya animo masyarakat terhadap olahraga bulutangkis. Dan ini disiasati penyelenggara untuk berbagi ilmu bulutangkis di setiap kota dengan menggelar coaching clinic  yang melibatkan Alan Budikusuma dan Susy Susanti, pasangan legendaris Emas Olimpiade Barcelona 1992.

Harapan Susy kiranya Daihatsu bisa terus mendampingi Astec untuk mengembalikan kejayaan bulutangkis Indonesia di masa mendatang.

Susy yang mewakili PBSI mengatakan, PBSI memberi apresiasi bagi turnamen Daihatsu dan Astec Open yang bisa membuat kalender internasional bergairah untuk atlet muda.

“Turnamen ini juga meningkatkan potensi menuju tingkat nasional. Besar harapan kami Daihatsu Astec Open tetap dilaksanakan di 2019,” ujarnya, menyampaikan sambutan Alex Tirta, Ketua Harian PBSI.

Kejuaraan Daihatsu Astec Open 2018 dibagi menjadi tujuh kategori berdasarkan umur, dimulai dari U-11, U-13, U-15, U-17, U-19, Dewasa, dan Veteran.

“Kami mengucapkan terima kasih atas animo yang baik dari masyarakat. Kami berharap, melalui turnamen bulutangkis Daihatsu Astec Open ini dapat menjaring generasi baru atlet bulutangkis Indonesia yang nantinya dapat berkontribusi pada kejayaan bulutangkis nasional hingga ke kancah internasional, serta menjadikan Daihatsu semakin dekat dengan masyarakat,” ujar Tetsuo Miura. (*)

Berita Berita Lainnya