Berita > Berita

Taklukkan Jepang 3-0, China Juara Piala Sudirman 2019

Minggu, 26 Mei 2019 18:50:12
3114 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



China kembali naik ke podium juara pada kejuaraan beregu campuran Piala Sudirman 2019. Di laga final yang berlangsung di Nanning, China, (Minggu, 26/5), skuat Negeri Tirai Bambu ini menggilas skuat Jepang 3-0.

Keperkasaan China benar-benar sempurna ditampilkan para andalan yang di turunkan berlaga siang tadi.

Laga di sektor ganda putra mengawali perebutan piala yang didedikasikan namanya bagi Bapak Bulutangkis Indonesia, Dick Sudirman ini. Andalan tuan rumah, Li Junhui/Liu Yuchen sukses menggilas andalan Negeri Matahari Terbit, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dua game langsung selama 54 menit dengan skor 21-18 dan 21-10.

Langkah tuan rumah sempat seperti terhadang Jepang, manakala tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi berhasil memenangkan game pertama 21-17 atas Chen Yufei. Namun langkah Yamaguchi dihadang Yufei di dua game berikutnya dengan skor 15-21 dan 17-21.

Bagi Yufei kemenangan ini sekaligus memperbaiki rekor pertemuannya dengan Yamaguchi menjadi 6-9.

Di partai ketiga sektor tunggal putra, Shi Yuqi yang menjadi andalan tuan rumah bertemu Kento Momota. Sebuah laga ideal mempertemukan Yuqi yang kini berada di peringkat dua dunia dengan Momota yang bercokol di peringkat 1 tunggal putra dunia.

Momota yang unggul empat kemenangan atas Yuqi di lima pertemuan sebelumnya mencoba mencuri poin bagi timnya untuk membuka jalan hampir terbuka. Momota berhasil menang di game pertama dengan skor 21-15. Namun di game berikutnya, Yuqi yang mendapat dukungan dari publik Guangxi Sports Center Gymnasium tak memberi kesempatan bagi Momota. Yuqi merebut kemenangan dua game berikutnya 21-5 dan 21-11 dalam laga selama 1 jam 9 menit.

Kemenangan Yuqi mengantarkan tim China merebut Piala Sudirman untuk yang kesebelas kalinya. Dua tahun silam, China tersandung di final dikalahkan Korea Selatan 2-3 pada ajang yang berlangsung di Gold Coast, Australia.

Bagi Jepang, kekalahan ini mematahkan impian mereka untuk bisa merebut Piala Sudirman. Sebelumnya mereka pernah menembus partai final saat berlangsung di Dongguan, China. Namun, tuan rumah mematahkan perlawanan Jepang dengan skor 3-0.

Hingga saat ini, hanya tiga negara yang pernah merebut Piala Sudirman. Selain China, dua negara lainnya adalah Indonesia dan Korea Selatan. (*)

Hasil lengkap pertandingan final Piala Sudirman 2019, China vs Jepang 3-0
Ganda putra :
- Li Junhui/Liu Yuchen vs Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe 21-18,21-10
Tunggal putri :
- Chen Yufei vs Akane Yamaguchi 17-21,21-16 21-17
Tunggal putra :
- Shi Yuqi vs Kento Momota 17-21,21-16,21-17
Ganda putri :
- Chen Qingchen/Jia Yifan vs Mayu Matsumoto/ Wakana Nagahara (tidak dimainkan)
Ganda campuran :
- Zheng Siwei/Huang Yaqiong vs Yuta Watanabe/ Arisa Higashino (tidak dimainkan)

Berita Berita Lainnya