Berita > Berita

Wahyu/Ade Jegal Langkah ''Comeback'' Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong

Kamis, 06 Juni 2019 03:24:01
1494 klik
Oleh : admin
Kirim ke teman   Versi Cetak



Pebulutangkis Indonesia yang seharusnya merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini bersama keluarga, kali ini mereka harus mengorbankan waktunya demi mengikuti ajang Crown Group Australian Open 2019 di Sydney, Australia. Ajang HSBC BWF World Tour Super 300 berhadiah total USD 150,000 ini, berlangsung di Quaycentre, Sydney Olympic Park.

Di hari pertama (Selasa, 4/6) pertandingan masih memainkan babak kualifikasi di lima nomor dan dilanjutkan sebagian mengawali laga babak utama sektor ganda campuran. Menutup laga di hari kedua (Rabu, 5/6), sektor ganda campuran berhasil meloloskan tiga wakil ke babak dua lewat pasangan Akbar Bintang Cahyono/ Annisa Saufika, Praveen Jordan/ Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faisal/ Gloria Emanuelle Widjaja.

Dua pasangan, Akbar/Annisa dan Akbar/Annisa, mengamankan tiket babak dua pada laga hari pertama di Quaycentre. Akbar/Annisa mengalahkan pasangan Taiwan, Lu Ching Yao/ Lee Chia Hsin dengan rubber game 21-19, 17-21 dan 21-17. Dan duet Praveen/Melati mengalahkan pasangan Jepang, Kohei Gondo/ Ayane Kurihara dua game langsung 23-21 dan 21-11.

Sementara duet Hafiz/Gloria berhasil menambah satu lagi wakil ganda campuran Indonesia ke babak dua usai menaklukkan pasangan Taiwan, Yang Po Hsuan/ Hu Ling Fang dengan skor 21-17 dan 21-16.

Sukses melaju ke babak dua, Hafiz/Gloria akan berhadapan dengan ganda Hong Kong, Chang Tak Ching/ Ng Wing Yung. Sebelum lolos ke babak dua, Chang/Ng, melewati babak satu dengan mengalahkan pasangan Indonesia lainnya, Tontowi Ahmad/ Winny Oktavina Kandow dengan skor 19-21 dan 20-22.

Jika ganda campuran berhasil meloloskan tiga wakilnya ke babak dua, tunggal putri Indonesia harus menelan pil pahit kekalahan. Enam tunggal putri, Lyanny Alessandra Mainaky, Ruselli Hartawan, Gregoria Mariska Tunjung, Yulia Yosephin Susanto, Choirunnisa dan Fitriani, semua harus terhenti langkahnya di babak satu.

Lyanny dihentikan Busanan Ongbamrungpan dari Thailand dengan skor 12-21 dan 12-21. Ruselli kalah dari wakil Jepang, Aya Ohori dengan skor 17-21 dan 18-21. Gregoria kali ini harus mengakui kemenangan wakil Kanada, Michelle Li usai laga tiga game 21-13, 18-21 dan 13-21. Yulia ditekuk tunggal putri Hong Kong, Cheung Ngan Yi dua game langsung 12-21 dan 6-21. Choirunnisa kalah di tangan tunggal putri India unggulan tiga, Pusarla V. Sindhu, dalam laga dua game langsung 14-21 dan 9-21. Dan Fitriani dihentikan wakil China, Zhang Yiman dengan skor 15-21 dan 22-24.

Tak seperti tunggal putri, tiga sektor lainnya masih menyisakan wakil berlaga di babak dua. Tunggal putra masih menyisakan harapan Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto. Sementara dua tunggal putra, Shesar Hiren Rhustavito dan Chico Aura Dwi Ardoyo harus berakhir langkahnya.

Sektor ganda putri nyaris bernasib seperti tunggal putri jika duet Greysia Polii/ Apriyani Rahayu tak berhasil merebut kemenangan. Tiga pasangan ganda putri lainnya, Della Destiara Haris/ Rizki Amelia Pradipta, Yulfira Barkah/ Jauza Fadhila Sugiarto dan Agatha Imanuela/ Siti Fadia Silva Ramadhanti, sudah harus tersingkir di babak satu.

Ganda putra berhasil meloloskan tiga wakilnya ke babak dua lewat pasangan Mohammad Ahsan/ Hendra Setiawan, Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/ Ade Yusuf Santoso dan Berry Anggriawan/ Hardianto.

Ahsan/Hendra yang menempati unggulan tiga menumbangkan ganda Malaysia, Ong Yew Sin/ Teo Ee Yi dengan skor 21-18 dan 21-16.

Duet Wahyu/Ade berhasil menjegal langkah ''comeback'' ganda Korea Selatan, Lee Yong Dae/Yoo Yeo Seong dengan rubber game 21-18, 12-21 dan 21-16. Kemenangan Wahyu/Ade kali ini akhirnya memperbaiki rekor dari ganda Negeri Ginseng ini menjadi 1-3. Sementara duet Lee/Yoo harus bersabar untuk mengulang sukses ''comeback'' Ahsan/Hendra.

Sedangkan duet Berry/Hardianto mengalahkan pasangan Taiwan, Lee Jhe-Huei/ Yang Po-Hsuan dengan skor 21-18 dan 21-15.

Sementara dua ganda putra lainnya, Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto dan Akbar Bintang Cahyono/ Moh Reza Pahlevi Isfahani harus berakhir langkahnya di babak satu. Fajar/Rian yang menempati unggulan empat dihentikan wakil Korea Selatan, Choi Solgyu/Seo Seung Jae dengan rubber game 21-17, 13-21 dan 19-21. Dan duet Akbar/Reza dikalahkan pasangan China, He Jiting/ Tan Qiang dengan rubber game 21-15, 18-21 dan 21-19. (*)

Berita Berita Lainnya